Surat Pembaca

Tagihan IndiHome Berjalan Terus

Saya adalah pelanggan IndiHome, dengan nomor pelanggan: 121429210449. Saya sudah mengajukan pemberhentian layanan kepada IndiHome sejak tanggal 27 Desember 2022. Namun sampai sekarang saya masih mendapat email tagihan yang terus berjalan.

Saya tidak akan mau membayar tagihan tersebut, karena sejak tanggal 20 Desember 2022 pun semua layanan IndiHome di rumah saya tidak bisa dipakai. Saya minta klarifikasi dari pihak IndiHome kenapa billing layanan saya masih berjalan? Sedangkan saya sudah mengajukan pemutusan dan semua layanan pun sudah diblokir oleh pihak IndiHome.

Sebagai pelanggan IndiHome yang sudah cukup lama memakai IndiHome di rumah saya, saya sangat kecewa dengan pelayanan ini. Terima kasih IndiHome atas pelayanan yang sangat mengecewakan. Bukti saya telepon mengenai pemutusan saya lampirkan.

Fandie Irawan
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Telkom atas Keluhan Tagihan IndiHome Berjalan Terus

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen Terima kasih kepada mediakonsumen.com yang telah menayangkan surat keluhan pembaca Bapak Fandie pada tanggal 17...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Pemutusan kalau tidak lewat plasa memang rawan bermasalah. Apakah anda sudah bayar tagihan bulan desember (pemakaian november) dan tagihan pemakaian desember pada saat pemutusan?
    Ingat tagihan indihome tetap berjalan meski diblokir jika anda belum putus resmi.

    Tagihan desember yang tertulis 338.800 ada tagihan untuk pemkaian november (1-30 nov) beserta denda, dimana max pembayaran tgl 20 desember. Indihome anda akan diblokir jika tidak bayar sampai tgl 20 des.
    Tagihan januari 310.800 adalah pemakaian desember (1-31 des) meskipun sudah terblokir atau jika anda putus tgl 27 berarti iti tagihan tgl 1-27 des.

    Kalau anda putus tgl 27 seharusnya 2 tagihan itu anda lunasi baru bisa putus resmi

    • Pendapat Yohanes betul, pada bulan Desember Bpk harus sudah bayar pemakaian bulan November ( indihome pakai dulu baru bayar) jadi sebelum tgl 20 Desember Bpk harus membayar yang bulan November, kemudian berhenti tgl 27 Desember maka harus bayar pemakaian yang Dari tgl 1 Desember sampai 27 Desember.

      Di indihome pakai dulu baru bayar bukan bayar dimuka sehingga pada proses pengajuan pemberhentian 27 Desember maka harus bayar pemakaian November Dan Desember Dari tgl 1-27.

      • Ts ga menulis langganan sejak kapan?
        karena kalo untuk berhenti langganan tapi masih dibawah 1 tahun akan kena penalti

        untuk mau berhenti apakah sudah menjalankan prosedur yg bener dateng ke plaza telkom dan mengembalikan perangkat atau cuma didiemin doang?
        kalo cuma didiemin doang ya tagihan akan tetep berjalan mau dipake atau ga

        dan lihat lagi itu tagihan bulan november belum dibayar jadi wajar masih belum bisa berhenti sampe melunasi tagihan november

      • Nokomen krn blm pasang indihome, dlu ditempat kerja telat bayar krn lupa langsung shari setelah JT mati ga bisa dipake tlp, Internet mati.itu aja komennya ga banyak komen. Cuma kasih tau pengalaman aja.⁹

      • Kyknya dia itu ga putus resmi, saya cek di billing nya, bulan Desember belum dibayar yg dimana tagihan Desember itu pemakaian bulan November dan untuk pembayaran penggunaan dari tgl 1-tanggal pemutusan juga dia blm bayar.

  • Apa yg Bpk sebutkan tidak tertera di klausul surat perjanjian berlangganan, jika ada tolong buktikan ke Saya bahwa point² yg bpk sebutkan ada di klausul perjanjian berlangganan, Bagaiamana mungkin Saya harus membayar apa yg tidak Saya gunakan.Terima kasih.

    • Saya juga pelanggan indihome yang berhenti, waktu pengajuan pemberhentian 32-10-2022 saya datang langsung dan bayar tunai saat itu serta ada bukti pembayaran Lunas dan berhenti berlangganan indihome, juga ada berita acara serah terima barang. Bulan depannya tak ada tagihan

      Bukti berhenti ada surat yang ditanda tangani dan bukti pembayaran

      Kalau TS buktinya apa berhenti tsb?

    • TS menulis.... Saya tidak akan mau membayar tagihan tersebut, karena sejak tanggal 20 Desember 2022 pun semua layanan IndiHome di rumah saya tidak bisa dipakai.

      Ya jelas tidak bisa dipakai sbb sudah diblokir indihome tsb karena belum bayar pemakaian bulan November yang harus dibayar max tgl 20 desember

    • Saya juga mengalami hal yg sama, udah pakai indihome 14 bulan, sudah ke plaza telkom mengajukan pencabutan indihome, sudah bayar deposit pemakaian bulan terakhir dan ada bukti bayar. sudah serahkan perangkat indihome ke plaza telkom. Katanya tinggal tunggu diproses.
      Eh tau nya bln depan masih ada tagihan muncul, saya langsung komplain ke 147 dan ternyata pengajuan pencabutan dari plaza blm diproses ke pusat makanya masih muncul Tagihan.
      Setelah saya komplain di 147 Tagihan yg masih muncul tadi langsung ada keterangan sudah dibayar.
      Itu pengalaman dari saya

  • Ya memang harus bayar pak...
    Itu untuk tagihan bulan sebelumnya, bukan bulan berjalan.

    Itu aja udah, mo ngeyel dan gk menghiraukan terserah .. yg penting saya sudah kasih tau

    • TS menulis.... Saya tidak akan mau membayar tagihan tersebut, karena sejak tanggal 20 Desember 2022 pun semua layanan IndiHome di rumah saya tidak bisa dipakai.

      Ya jelas tidak bisa dipakai sbb sudah diblokir indihome tsb karena belum bayar pemakaian bulan November yang harus dibayar max tgl 20 desember

    • Jadi kalau saca cermati kejadian ini. Penulis telat bayar > lalu di blokir > lalu minta pemutusan namun belum juga dilakukan. Setau saya Indihome memang mengsyaratkan pembayaran pemakaian bulan terakhir. Jadi jika bapa masih pakai sampai sebelum di blokir artinya bapak tetap wajib bayar. Semoga dari pihak indihome segera merespon surat ini.

  • Ngerti konsep pascabayar tak??? Itu artinya anda pakai layanan dulu baru membayar, kalo tagihan masuk bulan desember berarti itu pemakaian periode november, jadi kalo anda nggak bayar anda masih punya hutang layanan setidaknya hingga 20 desember 2022,.dan salah satu syarat untuk berhenti berlangganan adalah bapak sudah tidak memiliki tagihan yang belum dibayarkan, itu dibuktikan dengan surat keterangan lunas. Nah bapak punya nggak??

  • Apakah berhenti berlangganan sudah dilakukan dengan mendatangi Plasa Telkom? Apakah seluruh peralatan (misalnya router dan STB) sudah dikembalikan ke petugas di Plasa Telkom dan dibuatkan berita acara dan tanda terima? Apakah deposit (jika ada) sudah dikembalikan kepada anda? Apakah sudah dibuatkan surat berhenti berlangganan oleh Telkom?

    Bukti-bukti yang anda sertakan di surat pembaca ini tidak kredibel, tidak ada bukti sama sekali jika anda sudah berhenti berlangganan. Pernyataan berhenti berlangganan secara sepihak tidak membuktikan apa-apa.

  • indihome: "Sepertinya saya ga perlu bikin surat balasan, para komentator sudah mewakili :) "

  • Kasian mau nyari pembelaan malah kena buly wkwkkw klo anda merasa sudah lapor pencabutan itu lapor cabut kemana ?? Bisa tunjukan surat pencabutanya??? Tag desember utk pemakaian nov tag januari utk pemakaian desember wifi anda otomatis di isolir setelah tgl 20 desember logikan tgl 1-20 desember wifi masih bisa digunakan baru di tgl 21 des wifi terisolir kalau anda pemakai indihome lama harusnya sudah paham bahwa indihome itu pascabayar bukan prabayar jika ingin cabut silahkan ke plasa telkom bawa perangkatnya dan lunasi sisa tunggakanya urusan selesai

  • Saya juga pelanggan indihome sejak 8 tahun akhirnya memutuskan berhenti berlangganan karena tagihan naik terus tiap tahunnya. Saya juga bolak balik ke Plaza Telkom untuk pemutusan sambungan Indihome dan membayar denda. Emang BUMN nyusahin. Bukan hanya Indihome saja yang kami putus, Telkom pun juga kami putus sambungannya.

  • Saya juga pelanggan indihome sejak 8 tahun akhirnya memutuskan berhenti berlangganan karena tagihan naik terus tiap tahunnya. Saya juga bolak balik ke Plaza Telkom untuk pemutusan sambungan Indihome dan membayar denda. Bukan hanya Indihome saja yang kami putus, Telkom pun juga kami putus sambungannya.