Surat Pembaca

Perbedaan Harga antara Label di Rak dan Kasir Supermarket

Di sini saya sampaikan, bahwa saya adalah pelanggan cukup lama di Irian Supermarket, sebagai pilihan belanja kebutuhan pokok setiap saat. Hanya saja kali ini saya benar-benar kehabisan kesabaran, harus protes gimana.

Setelah harga kebutuhan pokok naik signifikan di awal tahun 2023, saya memutuskan memilih beras dengan harga dan kualitas worth it di label harga tertera, di Irian Supermarket Jl. Menteng Simp. Ar Hakim Medan. Di situ saya menimbang dan memilih harga beras 10 Kg dan pilihan jatuh pada merek Fortune 10 Kg, dengan harga pada label Rp129.000. Selain itu ada beras IR Sunkist dengan harga Rp128.500, yang biasanya harganya Rp110 ribuan.

Namun saat saya mau membayar, tanpa saya perhatikan, tercantum harga Rp135 ribu di kasir. Saya protes karena di label harganya Rp129 ribu. Saya memilih bersama istri saya, jadi tidak mungkin salah harga. Akhirnya karyawan cek harga (yang berjarak sekitar 7 meter dari kasir), sekitar 10 menit. Ini sangat aneh, hanya cek harga bisa lama sekali, dan benar ternyata harganya Rp135 ribu.

Akhirnya saya memutuskan ganti beras. Saya diminta angkat beras yang sudah saya bawa, tanpa ada yang membantu. Keanehan juga terjadi, selain label harga baru diganti, promo-promo seperti beras Ramos tidak ada lagi di sebelah harga beras Fortune Rp129 ribu yang sebelumnya saya lihat. Saya yakin ini hanya permainan mereka, dengan segenap kekompakan karyawan jahil/malas menggantinya.

harga beras yang akhirnya dibeli

Meskipun harganya jadi benar, saya merasa capek sudah melakukan komparasi harga, mengangkat beras ke sana sini (tetapi dipermainkan oleh label), dan karyawan tidak ada satu pun membantu mengangkat atau dari kasir ke lokasi beras ataupun sebaliknya. Tampaknya kompak sekali.

Saya harap owner membaca dan memperhatikan karyawan-karyawan malasnya. Lebih dari 10 tahun berlangganan, sebenarnya sering terjadi, tetapi saya tidak masalah karena paling berbeda Rp5-10 ribu. Namun kondisi resesi seperti ini, saya rasa tidak pantas melakukan trik kotor seperti itu.

Taufiq Nur Bahtiar
Medan, Sumatera Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mungkin lupa atau belum di update label harganya, penulis memfitnah karyawan memainkan harga

    • Harus nya TS membawa lebel yg ada di rak ke kasir untuk bukti klo memang membeli sesuai harga.Klo memang ada kesalahan dr pegawai supermarket,mereka sadar klo kerja mereka lalai dan tidak mengandalkan harga yg di kasir.Sy juga punya pengalaman yg sama belanja di mini market yg icon nya merah² sm biru,begitu smpe di kasit ko beda hrg nya,sy lgsg bergegas ke rak makanan yg sYa beli sy lepas label itu sy unjukin ke kasir hrga yg ada di rak.Mereka cuma berdalih lupa gangi hrga ke yg baru.Sy bertanya dalam hati " Lupa atau sengaja mau "mengelabui" konsumen yg tidak teliti ..??? "

    • Bisa sajakan itu permainan karyawannya bukankah kejadian seperti itu sudah sering dan banyak terjadi saya saja pernah belanja di sala satu minimarket saat membayar belanjaan tidak dikasih struknya alasannya struknya habis kan bisa saja modus seperti itu bisa dijadikan untuk mempermainkan harga barang demi keuntungan pribadi

  • Supermarket itu self-service
    Apakah penulis orang sangat tua sehingga mengharapkan bantuan untuk angkat beras?
    Mungkin klo orang tua rentan karyawan pasti bantu liat ts pembeli yg cerewet karyawan malas bantu

  • kalau saya biasanya ada selisih harga ikutan ke rak nya supaya menghindari beginian.. jadi mereka gak bisa ganti-ganti label lagi..

  • Kalo yg soal disuruh ngangkat ke rak tolak aja pak. Toh salah mereka sendiri salah naro harga.
    Kalo mereka ga mau ngangkatin/nukerin barang yg salah harga tinggal aja semua barang yg udah bapak ambil. Cari supermarket lain. Biar mereka lebih capek nyusun balik.

    Btw, Indonesia belom resesi pak

  • Aku sih nggak permasalahan harganya, itung-itung sedekah ke sesama manusia nggak luput dari dosa

  • Ini mslhny slh hrga Apa angkt2 beras Apa curiga mereka main harga jebak konsumen. Sy kira shrny prmslhn sdh selesai stlh transaksi. Kl dbw pulng bs g selesai2.

  • Wah anda dua kali "dikerjain" sama supermarketnya. Pertama "salah" label harga, kedua disuruh angkat beras, njir cem kuli beras di pasar jaya, dah gitu mau2 aja lagi, wkwkwk.. harusnya hantam itu pegawai biar keluar kecap, wkwkwk