Surat Pembaca

Proses Refund Aplikasi Booking.com Membingungkan dan Ribet

Pada tanggal 29 Desember 2022, saya memesan villa melalui aplikasi booking.com. Setelah proses pembayaran, saya dihubungi oleh pihak properti bahwa tanggal yang saya pesan sudah terisi, sehingga saya diminta untuk membatalkan.

Di aplikasi booking.com, nama villanya adalah villa ZF Pacet. Setelah itu saya batalkan dan proses pengajuan refund untuk pembayaran saya. Namun sampai saat ini belum terbayarkan. Saya coba hubungi lewat chat, informasinya masih menunggu konfirmasi dari pemilik villa. Respons dari aplikasi sangat lama, dan tidak ada nomor customer service yang bisa dihubungi.

Mohon penjelasan, karena kami merasa dirugikan akan hal ini. Ke mana lagi saya harus menghubungi supaya uang saya kembali?

Roni Dimas Hidayatullah
Sidoarjo, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Waduh ga pernah pesan akomodasi lwt booking.com, bahkan hampir smua aplikasi sih ? slx pengalaman pemesanan hotel via aplikasi lwt tr*velok* sdh bayar full stlh sampe di hotel kamarnya malah diberikan ke orang lain dan uangnya malah di refund alhasil semaleman nyari hotel pdhl posisi lg diluar daerah. pengen mudah malah jd ribet dgn aplikasi

  • Kalau menurut saya sbgai user booking.com jga nih, urusannya ada di anda sm pihak akomodasi hubungi mrka klau perlu jga datengi tempatnya minta lgsg ke yg punya tempat atau managernya,soalnya mrka pasti ada pc atau yg lain buat mantau pesanan,nah kuncinya disitu (pihak akomodasi)mrka hrus cancel manual,atau refund lgsg gtu aja.
    Saran saya gtu,krna saya pernah kerja di villa jga

    • Sudah saya hubungi dan katanya akan cair 48 jam,setelah saya tunggu gak ada update lagi,setelah itu saya wa lagi infonya akan di cek lagi,sampai sekarang gak ada update

      • Saran saya coba buka Facebook dsana mereka punya komunitas villa berdasarkan daerahnya ( contohnya. villa di bogor, villa di Bandung, villa di Jawa Timur), biasanya disana ada koordinator daerah nya dan ada ownernya masing2 villa bergabung di group itu, siapa tau aja kalo ownernya yg baca jdi cepet urusannya

        • Mas kan katanya bergantung dari yang pegang Villa yah sudah dicancel apa belum, nah Mas nya sudah infokan ke yang WA Mas itu belum?

    • Kalau lewat tanggal check in kayanya ga bisa di cancel deh... Kalopun mau refund pasti ga 100 % uangnya balik

  • Wkwkwk booking.com pernah bikin saya luntang-lantung d negara org. Hotel dtolak di tengah malam dan saya terpaksa harus cari hotel lain saat high season. Kompensasi cuma 100 USD dan ga pernah cair. Janji doang. Secara kamar hotel pengganti per malam 4,5jt an. Kapok pake apps ini. Ga beres emang.

    • Alhamdulillah semua booking penginapan saya lwt booking.com dalam 7 thn terahir belum pernah mengalami kendala...

      biasanya untuk antisipasi, setelah booking di konfirmasi, saya menggunakan fasilitas komunikasi dengan property lgsg lwt system booking.com untuk memastikan bahwa order sdh memang di terima dan mengajukan bbrp pertanyaan lain yang belum jelas untuk saya..

      Alasan penolakannya yang diberikan oleh pihak penginapan waktu itu apa mbak?

      • Harga nya kemurahan menurut hotel, padahal sesuai dengan publish rate d booking.com. Dulu ga ada fitur chat properti. Kejadian th 2015. Sekarang semua saya mending booking ke hotel langsung. Bs member dan pasti dapet.

        • waktu itu utk pembayaran ambil opsi bayar lewat booking.com atau pay at the property mbak?

          Wah ngeri jg ya klw pihak property melakukan penolakannya lgsg ke customer, aplg klw mrk sdh terima uang pembayaran yg dibayarkan lwt booking.com, hrsnya kan itu internal problem antara booking.com dgn property ya, tp malahan menyusahkan dan merugikan pihak customer...:-(

  • Jadi Inget dulu gw hampir jadi gelandangan di Negara para Nguyen (Binh Duong province)..gara2 Booking.com.

  • Barusan dapat konfirmasi lagi,,

    Yth. Roni Dimas Hidayatullah,

    Kami menghubungi Anda terkait pembatalan di Villa ZF Pacet, nomor pemesanan 3550708890. Akomodasi ini telah setuju untuk mengurangi biaya pembatalan Anda dari Rp 3.120.768 menjadi Rp 0.

    Refund sebesar Rp 3.120.768 saat ini sedang diproses dan mungkin memakan waktu 7-12 hari sampai Anda terima.

    Terima kasih atas kesabaran Anda dan telah memilih Booking.com.

    Salam,
    Tim Layanan Pelanggan Booking.com

  • Waduh lama banget,refund memakan waktu 7-12 hari.
    Itulah aplikasi semaunya, logikanya kita tf,detik itu juga uang udah msuk ke kita. Seperti kita waktu bayar boking..cepat kan...
    Giliran pengembalian dana ruwet.jangan jangan dananya masih diputar lgi. Semoga permasalahan cepat selesai boz,dan uangnya cepat kembali.

    • Mau gimana, itu app luar bukan lokal. Sistem refund mereka harus terkoordinasi dengan sistem dan sistemnya sendiri belum tentu diletakkan di Indonesia.

      Pernah juga mengalami pakai kiwi dan refund. Sekitar 7 harian baru balik

  • Terima kasih untuk feedback nya,
    Hari ini uang refund sudah di transfer kembali ke rekening saya tanpa dipotong sama sekali.
    Case closed, thanks

    • mas roni boleh minta bantuany utk case tsb? karna saat ini saya kendala case yg sama di booking.com mas??

    • kak, kalo boleh tau. yang mengembalikan uang refund tersebut dari pihak villa atau booking.com nya?

  • kak, boleh tau tindakan apa saja yang dilakukan sehingga uang tersebut kembali ?
    karna uang saya sampai sekarang juga belum balik. udah satu bulan tidak ada konfirmasi lanjut dari pihak booking.com mengenai refund tersebut.