Kategori: Surat Pembaca

Sulitnya Penggantian Kartu Debit Bank CIMB Niaga

Halo Media Konsumen,

Teruntuk PT Bank CIMB Niaga Tbk, saya adalah salah satu nasabah dengan sistem Payroll menggunakan CIMB Niaga.

Pada tahun 2017 namun saya lupa bulan dan tanggal berapa karena sudah sangat lama sekali, kartu debit saya tertelan mesin ATM di SPBU Gunung Batu Kec. Cicendo, Kota Bandung. namun kesalahan saya, tidak langsung mengurus kejadian tersebut karena saya pikir masih bisa bertransaksi menggunakan OCTO Clicks (Internet Banking).

setelah 5 tahun berlalu dan tidak pernah ada masalah dengan transaksi saya lewat OCTO Clicks, pada tanggal 02/12/23 saya memutuskan untuk mengajukan kartu baru lewat call center CIMB Niaga, setelah semua verifikasi valid dan terakhir adalah alamat rumah, betapa kagetnya saya ketika alamat yang saya sebutkan tidak sesuai dengan sistem CIMB dan hasilnya di-reject oleh costumer service CIMB.

Karena kebetulan terdapat rumah di kota yang berbeda, saya pun mencoba kembali dengan alamat rumah yang lain dan hasilnya tetap di-reject atau dengan kata lain tidak sama dengan yang terdaftar di sistem CIMB. hingga saya mencoba ke 4xnya dan tetap hasilnya nihil.

bagaimana bisa tidak sama, ketika saya mendaftarkan rekening saya menggunakan KTP saya sendiri ?

Karena hal yang sangat mendesak, pada 13/01/23 saya pergi ke salah satu digital lounge CIMB di mall Botani untuk mengajukan pencetakan ulang kartu debit saya dan kebetulan KTP yang saya miliki juga sudah rusak dan dalam pengajuan pencetakan ulang di DISDUKCAPIL KOTA Cimahi.

Untuk membuktikan bahwa nomor rekening yang saya ajukan pencetakan kartu tersebut adalah milik saya, saya menunjukkan SIM, foto KTP dan bukti pengajuan KTP baru saya. Pelayanan yang sangat baik saya terima pada saat itu, walaupun mbaknya juga ga yakin bisa berhasil tapi masih dicoba untuk diajukan dan setiap pertanyaan verifikasi tentang identitas saya bisa saya jawab.

Hingga pada tahap akhir mbak CSnya telpon untuk verifikasi pencetakan kartu dan akhir nay ditolak dengan alasan “jika tidak membawa KTP maka harus membawa buku tabungan untuk pencetakan ulang kartu debit” dan saya masih belum dapat kartu debit saya.

Setelah 2 hari kemudian saya kembali lagi ke digital lounge CIMB membawa foto KTP, SIM, Bukti pengurusan KTP dan BUKU TABUNGAN, mbak csnya ingat dan langsung proses sesuai dengan statement dia 2 hari lalu dan seharusnya kartu saya sudah bisa dicetak.

Dengan penuh rasa kecewa, ketika mbak CS-nya selesai telepon verifikasi pencetakan kartu, dia bilang bahwa kartunya tidak di-approved untuk dicetak ulang.
Lalu saya harus bagaimana lagi? Bisakah semuanya dibuat lebih mudah? Apakah semua kartu digital yang dikeluarkan pemerintah (NPWP, Kartu Keluarga, KTP) tidak bisa dibenarkan? Buat apa digitalisasi ketika fasilitas belum siap. Dengan saya bisa akses OCTO Clicks dan nomor yang terdaftar pada CIMB, apakah tidak bisa menjadi bukti bahwa saya pemilik yang sah?

Saya masih punya kewajiban kepada CIMB Niaga untuk fasilitas Xtra Dana dan Kartu kredit, mungkin 2-3 bulan ke depan adalah terakhir saya menggunakan payroll dari CIMB karena saya harus keluar kota untuk urusan pekerjaan yang lain. Saya ingin mencetak ulang kartu debit saya untuk memenuhi semua kewajiban saya kepada Bank CIMB Niaga agar semuanya berjalan lancar dan tidak ada hambatan.

Terima kasih.

Ridwan Nurdin
Kabupaten Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Komentar

  • Sepertinya banknya sangat berhati-hati dalam memberikan kartu debit pengganti, apalagi kamu tidak bisa menunjukkan KTP asli kamu yang masih diproses di Disdukcapil.

    Sebaiknya kamu menunggu e-KTP kamu selesai diproses lalu kembali dengan membawa e-KTP tersebut.

    • saya setuju dengan hati hati, tetapi seharusnya juga disiapkan solusi solusi terkait permasalahan yg akan muncul, contoh nya seperti saya ini :)
      masih banyak cara validasi identitas sebetulnya, tinggal fasilitas nya sendiri sudah siap atau belum ?
      Kartu Keluarga
      SIM
      e-KTP istri (satu alamat satu rumah)
      semua saling terkait kok, tinggal pilih cara mudah atau susah :)

      thx for advice

  • makanya pak, kl dr awal fisik atm nya hilang/tertelan, langsung diurus biar cepet beres.jgn digampangin aja krn msh bs transaksi pk internet/mobile banking