Surat Pembaca

Penipuan Berkedok Aplikasi Pinjol “Pinjaman Angsuran Ekspres” di Google Playstore

Di sini saya mau cerita pengalaman pribadi saya pada tanggal 15 Januari 2023. Awalnya saya berniat untuk mencoba melakukan transaksi pinjaman online untuk keperluan usaha. Lalu saya ketemu aplikasi yang bernama “Pinjaman Angsuran Ekspres”. Saya lihat respons di Google-nya bagus dan saya download aplikasinya dari Google Playstore.

Okelah saya coba daftar. Gak lama setelah saya isi semua persyaratan, tiba-tiba pinjaman di-acc dengan tulisan dana sedang ditransfer. Saya tunggu, kok belum juga masuk ke rekening saya. Saya coba buka aplikasinya, muncul notifikasi saya harus bayar Rp250.000 untuk keanggotaan.

Saya heran dong, kok seperti ini yah? Lalu saya chat ke CS-nya dan jawabnya CS-nya seperti robot yang menggunakan terjemahan, udah mulai curiga dong. Setelah saya tanya, jawabannya saya harus bayar untuk mempercepat pencairan dananya sekitar 30 menit. Dijamin masuk katanya.

Okelah saya transfer Rp250.000 ke rekening BRIVA nomor: 1033939800166973. Saya kembali ke aplikasinya lagi, masih muncul pop up dan nominalnya makin gede yaitu Rp500.000. Wah ini kenapa kok gini? Lalu saya chat lagi dong ke CS-nya, dan menanyakan kenapa ada lagi. Jawabnya yang Rp500.000 itu adalah admin dan di saat pencairan akan di kembalikan bersama dengan uang pinjaman. Okelah saya transfer lagi ke rekening BRIVA nomor: 1033939800167098.

Setelah itu CS-nya ngomong bahwa uang tidak dapat di transferkan karena sudah jam 8 malam lewat akan online lagi jam 8 pagi besok. Ok saya tunggu. Setelah besoknya jam 9 pagi kurang lebih saya tanya ke CS-nya kenapa masih belum masuk. Lalu si CS jawab dengan bahasa robot dia bilang akan dicek dulu.

Pas dicek katanya nomor rekening salah. Wah saya kaget dong, saya yakin nomor rekening saya benar pas dicek ternyata berubah yang harusnya 568 jadi 586. Saya pun bertanya-tanya, lalu saya coba mengubahnya dan muncul notifikasi gagal. Anehnya nomor KTP saya akhirannya harusnya 4, kenapa jadi 3? Lalau saya ubah kembali jadi 4 dan bisa dong. Namun herannya untuk rekening gak bisa.

Saya mulai agak emosi dan panik. Saya buka menu chat sama CSnya dan kagetnya CS berkata yang seolah menyalahkan saya. Kurang lebih seperti ini bukti pasti ada pada screenshot-nya. “Ini kecerobohan pertama kali saya mendapat nasabah seperti Anda”. Kurang lebih seperti itu.

Nah masa CS seperti itu? Harusnya bilang baik-baik, bahwa nomor rekening salah dan dianjurkan untuk diperbaiki. Saya chat sambil emosi dan dia bilang akan konsultasi dengan pihak bank katanya. Setelah itu ada chat lagi bahwa pihak bank  setuju untuk melakukan open apk katanya. Gak tahu apalah yang di maksud, tapi saya harus bayar 20% dari pinjaman.

Aplikasi penipuan berkedok Pinjaman Online

Makin emosi dong kenapa ganti nomor rekening saja harus bayar. Gak lama muncul pop up lagi dan nominalnya makin gede Rp1 juta. Sudah deh, di sini saya sudah pasrah dan ini adalah penipuan. Bukannya saya dapat pinjaman, yang ada malah saya diperas. Dalam hati saya, ini yang miskin saya, apa aplikasinya?

Sampai saat ini saya masih merasa kecewa, kok bisa aplikasi pinjol berkodok penipuan masih nangkring di Google Playstore dan banyak yang review bagus? Mohon untuk OJK dan Kepolisian Indonesia berantas aplikasi seperti itu dan usut, bukannya membantu malah menipu.

Jika ada yang mengalami hal yang sama, mari sama-sama bantu up cerita ini agar didengar pihak berwajib.

Catatan: Saya mengajukan pinjaman Rp5 juta. Kenapa saya coba meminjam ke aplikasi pinjol? Karena saya sudah mencoba ke Bank BRI terdekat, tapi sampai sekarang belum ada respons, entah karena saya pemula atau kenapa. Saya tidak ditanggapi, cuma sampai satpam saja. Saya tidak bisa ketemu dengan mantrinya, katanya nanti disampaikan ke mantrinya. Padahal untuk jaminan, saya sudah sediakan sertifikat rumah dan usaha.

Saya butuh benar-benar buat usaha, tapi kok slow respons? Beda dengan yang lain, tetangga saya dalam waktu 1 minggu selesai dan dipakai buat beli kendaraan. Tolong yang sudah pernah pinjam ke bank, apa yang harus saya lakukan untuk pengajuan pinjaman?

Anjar Adi Kusmana
Ciamis, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Dari bahasa bot/robot yang ada di chat, terlihat seperti google translate. Sangat mencurigakan. Sudah sepatutnya tidak dilanjutkan

  • Aku juga pernah begitu kak itu malah appsnya dari luar negri saya dah kena 1,5juta untuk 2 app

  • Jadi orang baik gratis berkomentar baik juga gratis jadi orang bijak gratis kenapa harus berkata kasar... coba main skali2 ke komentar komunitas orang luar saling membangun saling menghormati mungkin karna pendidikan dan kualitas lingkungan sekitar mencerminkan yang tidak berpendidikan... harusnya kita supoort kita berterimakasih mau berbagi pengalaman masih jutaan orang ratusan juta orang yang mungkin ga tau tetang ini bisa jadi tau... semoga ini jadi pelajaran dan anggap ini teguran jangan ualngi sabar nanti ajah jalan keluarnya...semangat sehat selalu..

  • "Okelah saya transfer Rp250.000 ke rekening BRIVA nomor: 1033939800166973", okelah lenyap duitnya kalo begitu.. okelah.. haha

  • Selamat Pagi Bpk...
    Jam terbang. Sering baca info d medsos dan jejaring sosial lain nya. Dari situ kita dapat bedakan mana penipuan atau yg bukan. Bila ada pinjaman melalui online pinjaman apapun itu, dengan dalih bayar dahulu sudah dipastikan 100% penipuan..

  • Apapun alasannya,kalau suruh TF uang itu sebenarnya murni penipuan,jangan mau..walaupun ibarat 10 RB. Kalau minta ini minta itu jangan dituruti. Ini sudah kena 750rb. Tapi uang tidak di tf. Dengan tidak mengurangi rasa hormat kepada penulis artikel. Kami ingin mengajak untuk selalu berpikir jernih.Tidak gampang percaya sama aplikasi model begituan. Kalaupun cair bisa bisa jga potongannya 30% lebih. Contoh pinjaman 5 JT. Nanti cuma terima kurleb 3.5 JT.terus bunganya jga tinggi. Kalau ditotal bisa jadi 9 JT. Dlam tempo yg tidak lama, padahal kita terimanya cuma sekitar 4 jtan.saran saya untuk penulis artikel. Lebih baik pinjam secara resmi ke bank besar dengan cara mencari tau pada seseorang yg pernah pinjam di bank tersebut kan ada jaminan sertifikat itu. Biasanya dia kenal sama sales bank itu.suruh bantu ngajuin. Memang untuk pertama kali kita jga kasih uang rokok untuk yg mengenalkannya.Biasanya bank cepat kalau ada yg dia kenal. Apalagi nasabah itu termasuk kreditnya lancar. Jadi untuk pertama kali ya agak susah,tapi kalau nanti scor kredit di bank tsbut bagus pasti kalau bapak pinjam lgi langsung di acc. Kalau tetap mau ke pinjol, saya sarankan yg resmi dan diawasi oleh OJK. Contoh pinang bank raya,ceria BRI,kredivo. Bunganya jga rendah. Tapi pengajuannya agak susah. Terima kasih semoga bapak ibu penulis cepat terbantu dan bisa mendapatkan pinjaman resmi dari bank terpercaya,karena punya jaminan yg bagus.

  • Bang bagi no ny dong ?? Saya mau tau kelanjutannya
    Saya takut kejebak nih bang, karna saya juga terhubung ke apk pinjaman angsuran ekspres ..
    Saya salah liat angkanya, ternyata 45 jt saya pinjam ..
    Mana pas diliat bungany gedee, katanya sih di setujui, tapi belom cair
    Saya sih berharap gausah deh, saya takut ga bisa bayarnyaa

  • minjem duit di apps PLAYSTORE, habis deh elu ditipu apps abal abal banyak sekali di sana, minjem duit di bank online saja yang jelas keberadaannya misal neo, jago, raya, seabank, dicross cek dulu di google

  • Ikut sedih membaca curhatan bapak. sebenarnya kalo pinjam uang itu (1) Pinjam ke keluarga susah tapi kalo 100 ribu kayanya ada ja, he..... (2) Kalo di tempat yg resmi harus ada jaminan sertifikat tanah. (3) Kalo pinjol legal, susah-susah gampang. (4) Pinjol ilegal lebih mudah. Kira-kira begitu urutannya (5) Kalo contoh yg bapak ceritakan itu bukan pinjol legal ataupun ilegal itu murni penipuan. Akhrinya yg namanya butuh dana, asal ada ja pinjaman (legal ataupun ilegal tabrak terus) tanpa mikir panjang, Yg penting dapat....

1 3 4 5