Surat Pembaca

Transaksi QRIS via Aplikasi Livin’ Mandiri Gagal, tapi Limit Kartu Kredit Berkurang

Saya adalah pengguna kartu kredit Bank Mandiri dengan 4 digit awal dan akhir 4140-****-****-6631. Pada tanggal 18 Januari 2023 pukul 14.05 WIB, saya melakukan transaksi QRIS dari aplikasi Livin’ by Mandiri di salah satu merchant offline bernama MaveRickZ Store di daerah Tangerang (dalam hal ini pengakuisisi dari QRIS merchant adalah aplikasi DANA).

Adapun nominalnya senilai Rp9.475.000 dan sumber dananya menggunakan kartu kredit Bank Mandiri yang saya sebutkan di atas. Karena saya sedang tidak membawa fisik kartu kreditnya, menjadi salah satu alasan saya melakukan transaksi tersebut melalui QRIS. Namun saat sedang melakukan checkout, entah karena ada masalah koneksi ataupun yang lainnya yang mengakibatkan timeout, transaksi QRIS tersebut menjadi tertunda (bisa dilihat dari screenshot di bawah). Kondisi terakhir screenshot ini diambil di tanggal 19 Januari 2023 jam 16.00 WIB)

 

Normalnya, ketika transaksi QRIS Mandiri berhasil, akan muncul notifikasi melalui email, yang menyatakan bahwa transaksi tersebut memang benar berhasil, tapi yang saya dapat adalah notifikasi transaksi tertunda.

Setelah itu saya segera melihat histori transaksi tersebut melalui menu transaksi kartu kredit di Livin by Mandiri. Ternyata transaksi tersebut sudah terhitung berhasil dilakukan dan mengurangi limit kartu kredit saya, walaupun statusnya masih belum tertagih.

Saya bergegas menelepon Mandiri Call Center di nomor 14000 untuk melaporkan kasus saya ini. Jawaban dari Customer Service yang bersangkutan adalah dicoba untuk ditunggu selama 1×24 jam, agar bisa dilihat jika nantinya limit kartu kredit saya bisa kembali karena dihitung transaksi gagal. Saya pun akhirnya menuruti instruksi tersebut. Untuk berjaga-jaga, saya juga sudah mengirimkan surat sanggahan transaksi melalui email.

Lalu sehari setelahnya, pada tanggal 19 Januari 2023 jam 14.30 WIB, sudah lewat dari 1×24 jam semenjak transaksi yang gagal/tertunda tersebut, transaksi QRIS saya ternyata sudah terposting ke histori transaksi. Yang mana artinya transaksi tersebut akan masuk ke statement kartu kredit saya di bulan berikutnya. Namun di histori transaksi Livin’ saya belum ada notifikasi berhasil untuk transaksi tersebut. Untuk mengecek apakah transaksi saya sudah diterima merchant yang bersangkutan, saya akhirnya menelepon pemilik toko, dan pemilik toko juga mengkonfirmasi bahwa transaksi QRIS tersebut belum masuk ke saldo DANA beliau.

Untuk itu saya meminta pihak bank mandiri agar segera menginvestigasi kasus saya ini dan memberikan saya solusi kongkret untuk pengembalian dana/limit kartu kredit saya sebesar transaksi yang saya lakukan di atas. Karena memang transaksinya tidak berhasil hingga surat pembaca ini ditulis dan dana yang terpotong juga sangat besar.

Imam Kriswanto
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Poin Pertama kamu belanja apa dengan qris nominal 9 juta pasti gesol , gesol , gesol , poin kedua dana membutuhkan 2 hari kerja masuk ke akun dana dari dana bisnis setelah gesol alias gesek online selesai , poin ke 3 , SC aplikasi si pembeli dana sudah tidak minus lagi alias sudah dengan nominal yg di gesol alias gesek online tersebut. Semoga gesek online nya lancar jaya dan ga fraud

    • Di kasus ini, pada intinya, limit kartu kredit saya sudah terpotong, tapi sampai hari ini pun, status transaksi saya masih tertunda dan bisa dibilang tidak berhasil. Yang mana nominal transaksi tersebut belum diterima oleh merchant hingga komentar ini ditulis.

      saya masih keep in touch dengan si merchant hingga hari ini, dan beliau juga mengkonfirmasi masih belum terima transaksi tersebut. Betul seperti yg dikatakan mbak shely kalo DANA membutuhkan 1-2 hari kerja sampai uangnya masuk, tapi transaksi tersebut bahkan katanya tidak terposting sbg transaksi pending di sisi merchant, alias tidak ada sama sekali histori transaksi tersebut.

      • di kasus ini juga pada intinya abang gesol mending jujur aja transaksi 9juta beli hp aja di eraphone suruh pake kartu. kenapa ga power cash aja 0%. mudah mudahan lancar aja bang transaksi dan limit cepat kembali

      • Qris dana bisnis ..skr lemot...atau mercht lupa ngcek saldo di dna bisnis yg biasanya tertulis dlm proses...proses 2 hari kerja....dana itu gk akan otomatis...bila blm di proses dan di tarik..

    • Transaksi mencurigakan mungkin. Makanya ga langsung masuk..
      Kalau memang bener dipake gesol syg bener. Padahal mandiri lagi banyak promo powercash 0%

      Mudah2an lancar deh..

      • mandiri dan BRI serta CIMB lebih dulu bisa transaksi cc pake QR paling awal cc cimb toh di qris gesol tampa ke deteck edc haram kan , kalau di edc bank bisa ke detek ini merchant gesol , kalau Qris semua org bisa membuat masuk akal kalau ratusan ribu paling gede 500 pake qris ini jutaan sejak awal saya curiga sayang aja mandiri kan ada power cash

  • Ngeri transaksi QRIS 9 Juta,
    90% Pasti Gestun ini mudah-mudahan aja nanti pihak mandiri pas selesai investigasinya gak ngedetek Fraud, kalo kedetek bisa-bisa kena penalty CCnya.

  • Ini kenapa pada bilang si penulis gesol ya? Apa karena jarang transaksi Qris 9 juta. Jarang bukan berarti tidak ada loh..
    Tapi memang penulis tidak bilang iya atau tidak sih.

    Btw saya punya toko dan sering ada transaksi Qris diatas 9 juta. Karena memang toko grosir..

    Buat penulis,
    Kalau belanja, apakah barang nya dibawa pulang atau tidak. Minta seller buat screenshot transaksi di dana dari hari itu sampai dua hari kedepan nya.. karena kan itu sebagai bukti apakah transaksi nya sukses.. siapa tau seller nya curang, dana masuk bilang tidak masuk..
    Screenshot kirim ke mandiri..
    Bila tidak masuk, minta juga seller hubungi ke pihak dana..

    Semoga membantu..

  • Gak ada sih 1-2 kerja kalau itu bukan transfer atau transaksi luar negri pakek dana, ane selalu pakek dana transfer transaksi dolar indo, proses bank luar Ama bank indo makan waktu 4days 4 hari lancar PK CC jg

  • Buat yg bilang gesol, jangan fitnah dulu. Saya punya toko offline jual elektronik dan pakai QRIS bank mandiri (benar2 daftar di bank mandiri cabang utama kota saya) maksimal 10 juta transaksi dan gak terpakai karena customer gak nyaman dan lebih mau transfer antar rekening langsung.

    Cek dulu kredibilitas toko "M S" itu.

    [Setelah saya cek sebelum komentar ini di post] ... dan saya cek secara online, gak ada di maps, ig atau apapun yg bernama itu di tangerang. Kalau toko jual barang dengan nominal sebesar itu harusnya punya salah satu (logika saya, modalnya banyak tapi kenapa gak mau pakai sosmed atau mencantumkan di maps yg jelas gratis?). QRIS juga harus ada tempat fisik dan Jujur, bingung mau bilang apa :/

  • Ini mah fix gestun..... Karena udah terlihat dr cerita nya.... Point pertama
    1. Tidk d jelaskn jenis belanjannya
    2. Toko nya kya nya g ada fisiknya.

    Dr crita itu udh jlas...... Gestun.... Cz mirip kebiasaan q klo lb gestun CC

  • Kebetulan kemarin sempet kejadian juga yang sama di saya pas saya bayar belanjaan di Yogya menggunakan Qris pakai kartu kredit, sekitar semingguan limit CC berkurang dan status transaksi belum tertagih.

    Di cek secara berkala, sekarang limit sudah kembali lagi dan transaksi yang kemarin hilang dari histori.

    Jadi kesimpulan saya transaksi tersebut gagal, dicek aja secara berkala, jika nanti tiba2 status transaksi berhasil langsung konfirm ke merchant/toko saja untuk pengembalian uang.

    Abaikan saja jawaban ngasal yang nuduh gesol2, mereka iri aja karena ga punya limit gede untuk transaksi / bahkan ga punya CC? Hahaha

    Semoga jawaban ini membantu