Surat Pembaca

Kecewa dengan Pengajuan BSI Hasanah Card

Terima kasih saya ucapkan kepada Media Konsumen yang telah menerima surat saya. Awalnya saya tertarik dengan yang namanya Hasanah Card dari BSI karena berdasarkan prinsip Syariah. Lalu saya ajukan saat ada pameran di salah satu universitas. Saya berharap disetujui.

2 minggu berlalu tidak ada kabar apa pun, lalu saya putuskan mengajukan di KCP dan kembali menunggu 2 minggu, Namun tetap tidak ada kabar apa pun. Pada hari setelahnya saya coba tanyakan langsung kepada CS BSI dan saya sangat shock, dia mengatakan salah satu syaratnya harus ada transaksi Rp500 juta sebulan. Saya tahu itu bukan syarat dari BSI. Akhirnya formulir itu dikembalikan (jadi selama ini formulir saya cuma disimpan di laci wkwkwk).

Saya kecewa, hanya untuk berhutang di Hasanah Card dengan limit classic Rp4 juta – Rp6 juta, harus ada transaksi Rp500 juta. Jikalau ada transaksi 500 juta sebulan, tak perlu saya ajukan kartu kredit limit Rp4 juta – Rp6 juta.

BTW terima kasih kepada CS BSI yang telah buat saya malu dengan satpam dan nasabah pada saat itu. Saya akui saya tak punya transaksi Rp500 juta sebulan. Akhirnya saya menuju pintu keluar dan kembali bekerja.

Terima kasih Sahabat Syariah…

Aulia Ichwan Munasti
Langsa, NAD


Catatan redaksi (diperbarui 29/1/2023): Penulis menyatakan masalah di atas telah diselesaikan dengan baik oleh pihak-pihak terkait.

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

    • Ngk jadi berhutang kok malah malu sama satpam dan nasabah d situ.
      Terus buat posting an di medsos ni apa gak tambah malu mbak?

      Kadang pun mbak ada tunggakan, makanya gak dapat kartu credit dr bsi.

      Kalau belum dapat, berarti kita belum rezeki.
      Lebih byak bersukur dan berdoa, insya Allah rezeki selalu dtg.

      • (sy tdk ada tunggakan) sy malu krn cs tanya "abg udah ad transksi 500juta blm?" seolah" sy manusia yg tak paham di jelaskan berkali".. sy sengaja tny berkali" tuk pastikan cs tdk salah berikan info.. bkn bangga berhutang. judul sudah sy tulis kecewa..

        • Kartu pertama Saya milik adalah Hasanah Card yg masih Bni syariah. penuh kesabaran di buat nya.
          ngajuain via cabang
          proses cetak dan kirim 3 Bulan, cape tanyain dan nungguin.. akhir nya sampai..
          kartu di aktivasi dan ada HOLD DANA Di Rekening 10% dari limit.
          Byr AF, Pay Good.. Ajuin deh Cc Bank Lain
          skrng dah Punya Lebih dari 3 kartu.
          udh Close cc Hasanah nya.
          jd Menurut saya Trx 500jt Info dari CS nya Salah. cs nya Blom Paham Produck CC hasanah. Harus nya Cs Ajuin aja.. Toh nanty pihak Analis yg akan menyetujui apakah Nasabah tersebut layak atau tidak.

        • Setau saya tidak ada yg mengharuskan trx 500jt utk mendapatkan kartu credit.
          Kalau syarat nya ditanya berapa penghasilan itu pasti ada.
          Setiap bank manapun juga gak mungkin buat aturan seperti itu. Kalau ada aturan seperti itu, PNS, TNI polri atau pegawai bank itu sendiri juga sudah pasti tidak dapat layanan kartu credit.

      • Aku kemarin gak pernah ngajuin, dapi ada penawaran.
        Di pake transaksi aja rekening bsi nya kak
        Sambil maksimalkan cc yang udah ada untuk transaksi.

        Emang cs cabang itu sok tau,
        Kemarin aja ngobrol sama cs di cabang lebih aneh lagi, harus pns atau pengusaha, swasta gak bisa ajuin. Kan goblok.wkwk dalam hati cuma ketawa aja.
        Trus di suruh coba isi yang klasik, gak mau lah. Buat apa cc recehan.

        Tapiiii.
        Ribetnya hasanah card ini gak ada pemberitahuan kalo ccnya udah di kurir dan tidak di beritahu resinya. Gak ada nomor hp yang cantumkan. Gak kek penerbit cc sebelah.

    • CIMB mahal coyy
      Produk nya masih bundling dengan konvensional.
      Biaya tarik tunai aja untuk yg platinum 100.000
      Sedangkan Hasnah Card biaya tarik tunai rata 25.000 mau jenis kartu apapun.
      Dan CIMB Niaga syariah kalo lewat jatuh tempo sehari saja sudah terkena biaya ta'widh (biaya penagihan) sebesar 100.000, kalo hasanah card kalo lewat tagihan 2 bulan baru di kenain biaya ta'widh.
      Mangkanya aku berpindah ke hasanah card kalo lewat jatuh tempo masih dikasih kesempatan 3 hari buat membayar,
      Kalo emang kita niatnya mau hijrah, bayarnya full payment, inshaallah aku gapernah dikenakan biaya ini itu sepeserpun, karna setauku hasanah card kartu pembiayaan bukan kartu krediy

    • Tak perlu kecewa, itukan cuma kartu kredit, kartu kredit hanya mempermudah transaksi, bukan fasilitas untuk berhutang, banyak yang mendambakan kartu kredit, buat gaya gaya an,

      • Yoii lbh baik jgn gunain cc kl blm bs kontrol diri kec 4-5x/bln ke LN perlu cc utk register di hotel ,ntar kl gk bs byr,nunggak d uber collector lngsng bt dongeng indosiar deh

    • Syariah itu cm branded sj kok semua sistim perbankan sm cm beda branded tata kata sj yg d bedain aplg dgn branded agama??

  • Kayanya nggak masuk akal deh harus ada transaksi 500 juta sebulan lu transaksi segitu dah dapet CC premium sekelas Visa signature keatas.. g perlu ngajuin malah ditawarin.. tapi emang sejak jamannya masih under BNI ngajuin Hasanah card paling susah..

    • sy tau itu . cuma sy berfikir cs ny kok bgitu. menganggap nasabah itu bisa dibodohi. sy gk mau ribut" di sana..

      • Sepertinya emang seperti itu buu, temen punya kredit an ber MM langsung dikirim , Tampa pengajuan cc dengan limit Pantastis

    • Nah cs nya masuk kerja ke org dalam jadi jelasin nya kampungan , sini aku jelasin , kalau mau apply CC min gajih 3-5 juta untuk fresh grad udah cukup bakal dapat limit 2x dari gaji. Pastikan BI ceking bersih , data valid gajih boleh di poles kontak darurat boleh di kondisikan. CC apa untuk org pemula apply online sayang, boleh ovo card di aplikasi ovo , tokped di apk Tokopedia , BNI di BNI mobile atau di web cukup Selfi dan upload data beres , CIMB sama , Mega sama , nah jikalau masih di tolak dan tak di ACC itulah seni kartu kredit bebeb! Yg mulus aja datanya kadang g approve but terus berjuang jika memang CC buat kamu penting ya syg.

      • saya g tau ya di NAD sulit dapet CC konvensional g sih?.. ? karena ada aturan harus syariah.. pilihannya cuma 2 CIMB niaga syariah.. atau BSI?..

  • Sepertinya CS salah lihat produk.

    Syarat minimum kartu hasanah itu:
    Penghasilan Minimum Setahun Rp 36.000.000,- atau 3jt per bulan.

      • Gini
        Sebenernya bukan harus transaksi 500 jt
        BSI ini punya list coorporate untuk bisa apply CC nya kebanyakan BUMN/BUMD sama swasta Tbk terpilih saja kalau diluar itu di tolak langsung sebelum masuk ke meja analis
        Kalau misalkan tidak bekerja disalah satu perusahaan tersebut,bisa di ajukan asal jadi nasabah prioritas dengan saldo min 500jt
        Begitu

          • Emang ga ada logika..punya saya saja limitnya 8jt penghasilan 3.6jt

            Sekalian mau nanya.. pembayaran minimum itu apa ya? Apakah misal tagihan saya 5jt dan pembayaran minimum nya 1jt....lalu saya bayar 1jt di bulan tersebut dan sisia hutang nya saya biarkan ke billing bulan depan.apakah saya akan di hubungin Tim penagihan/DC?

        • Engga juga ah saya punya BSI platinum bahkan tabungan nya pun ga punya , g ada persyaratan seperti itu di kartu kredit BSI , kecuali tear kasta tertinggi ,CC mah umum semua bisa hanya saja g tau trik nya saja , kalau tau trik nya mau CC apapun bisa

          • Coba apply nya sekarang sejak covid
            Itu kebijakan management
            CS sendiri yg infokan
            Apply zaman sekarang dengan dlu sudah beda
            Sekarang ketat gak semudah dulu

  • Dari dulu BSI emng sulit sih,,
    Penulis antara tergiur atau ingin coba-coba ketika melihat pameran hasanah card,
    Seakan-akan banyak peminatnya kan saat d pameran
    Padahal sih sepertinya lebih dari 90% tdak d setujui tuh

  • Sebenarnya tidak ada kartu kredit yang syariah, krna hukum syariahnya hutang itu untuk tolong menolong ( tidak ada keuntungan ) sehingga tidak cocok di jadikan bisnis seperti kartu kredit.
    Mnkin bapak bertemu dengan CS yg mengerti itu tetapi dia tidak bisa menolak bapak dengan alasan itu karena program tersebut dari perusahaan sehingga dia mencari alasan lain supaya bapak menyerah untuk mengajukan kartu kredit.

  • Gak perlu mengajukan kredit card BSI itu.
    Kartu kredit nya B aja gak banyak Promo nya. Terus CS yg ngomong gitu. Cuma CS yg Gak paham produk. Mana ada seperti itu.
    APA BANK BSI GAK ADA TRAINING ?
    Kurang jauh mainnya kalau cuma training di Aceh doang pak .

  • Wah itu sih anda sdh dilecehkan sih cs kurang ajar itu. Mungkin sblm ketemu cs anda disuruh ketemu agen kali dan gak berhasil jd dia jutek.

  • Saran nih kalau pengen kartu kredit juga mending yang konvensional aja, coba buka tabungan permata endapkan minimal 1 juta selama 3 bulan lalu ajukan kartu kredit permata bisa acc dengan limit 1 - 3x saldo yang di endapkan