Surat Pembaca

Salah Input Nominal, Flip Ogah Kembalikan Dana Konsumen

Halo,

Perkenalkan saya Falah. Ini kali kedua saya menulis keluhan di mediakonsumen. sebelumnya saya pernah menulis kendala yang hampir mirip tapi di akun kre***o namun kali ini saya kena masalah lagi dengan akun Flip ID.

Rabu, 25 Januari 2023 saya hendak top up gopay sejumlah Rp 250.000 dan mendapat nominal trf dengan kode unik Rp 250.114 namun saya salah transfer dengan nominal Rp 200.114. Kemudian saya sudah chat cs live chat di aplikasinya namun slow respond walau tetap dibalas. CS live chat info silakan ajukan refund. Oke saya ajukan refund agar dana saya yang salah trf tersebut kembali namun diinfo mereka akan cek terlebih dahulu dan diinfo pengembalian dana butuh waktu normal paling cepat 1-3 jam. Oke saya ajukan dan diproses.

Namun karena 1-3 jam adalah waktu tunggu yang lama sedangkan saya butuh dana di gopay cepat, saya top up lagi gopay saya di Flip ID sejumlah Rp 250.001 dan mendapat nominal transfer dengan kode unik Rp 250.118. Dan transaksi kedua ini berhasil. Dana di rekening terpotong dan saldo gopay juga sudah masuk (clear urusan top up kedua)

Setelah 1 jam berlalu dari pengajuan refund salah nominal top up yang pertama, aplikasi saya mendapatkan notifikasi bahwa pengajuan saya ditolak dengan dalih “Maaf, permintaan refund kamu tidak bisa diproses karena bukti transfer sidah digunakan untuk transaksi lain”. 3 kali saya coba tetap ditolak sehingga saya email kembali CS Flip ID.

Saya dilayani oleh CS atas nama Cahyo. CS meminta saya untuk refund di aplikasi dan saya info refund saya ditolak. Saya juga lampirkan bukti penolakan diaplikasi dan mutasi rekening saya yang terpotong. Setelah itu si Cahyo ini balas email saya dengan balasan yang tidak enak dibaca seakan lepas tangan dengan dalih ini kelalaian saya semata.

Saya akui saya lalai karna salah transfer tapi seharusnya mereka bisa cek di sistemnya karena saya sudah lampirkan bukti mutasi rekening 2x transfer dan riwayat transaksi flip yang mana yang berhasil hanya 1x dan 1x gagal kemudian pengajuan refund 3x juga ditolak.

Berikut saya lampirkan bukti-bukti pendukungnya.

Sekiranya ada pembaca yang mengalami kendala serupa dengan saya mohon info:

  1. Apakah dana kembali?
  2. Berapa lama waktu tunggu sampai dana kembali? (Jika kembali)
  3. Jika tidak kembali apa alasan pihak Flip kekeuh tidak mengembalikan dana padahal bukti2 lengkap semua
  4. Bagaimana upaya agar dana bisa kembali?
  5. Melalui proses apa agar dana segera kembali?

Terima kasih.

Best Regards,

Nurul Falah
Batam, Kepulauan Riau

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mungkin kedepannya langsung top up via m-banking aja mas meskipun kena charge 1000 rupiah tapi gpp lah daripada kejadian kayak gini lagi.

      • saya selalu blik kok kalau refund smapai 1 jt an malah yg penting bukti trf harus valid yaaa sy liat yg di share itu list transaksi bukan bukti transfer yg valid... cb di cek kembali

          • sama matamu. makanya budayakan membaca. satunya kode unik 114 dan satu lagi 118. sama dari mana? pake dulu mata buat liat baru pake tangan buat ngetik komen

    • Flip cepat koq refundnya.. Pernah ngalami juga kirim k bpk sy via flip 2,5 jt lupa kasih kode uniknya.. Auto panik pas tau kelupaan, tapi chat cs nya disertai bukti2 transfernya, diinvestigasi dlm sejam udah dibalikin k rek.

    • Yg pernah saya alami refund selalu kembali asal no rekening yg di isi sesuai yg di gunakan saat transfer ke flip. Dan jumlah nya pun harus sesuai dgn yg di transfer.

    • Saya juga ngalamin kasus spt ini. Salah kode unik nya saja saat transfer. Sebelumnya refund mudah, tp kali ini ada pemberitahuan "bukti transfer sudah digunakan transaksi lain".

      Sebelum refund balik, saya stop pakai flip. Padahal saya pakai flip sdh sejak 2018/2019. Baru kali ini ribet refund.

    • Setuju,sy dr dulu lbh baik menggunakan mbanking dr pd jenis applikasi spt flip dll krn lbh aman & tdk ribet jg bnyk"in applikasi di hp

  • Kalau memang hanya incar free admin buat top up lebih baik pake bank digital aja.
    BCA punya tuh namanya Blu.
    Jadi dari BCA tinggal transfer ke Blu.
    Blu langsung top up ke Gopay.
    Free biaya adminnya.

    Atau kalau mau langsung yang punya GO-JEK bikin aja akun bank Jago. Mau top up berapa kali pun ke Gopay tetep free.
    Daripada pake aplikasi ke 3 begini.

    Dari balasan emailnya udah jelas, ada user lain yang top up Gopay 200 ribu, dikasih nominal transfer 200.114 dan berasal dari bank BCA juga, kebaca deh sama sistem Flip itu transfer dari si pemilik akun padahal bukan. Yang untung disini user tersebut. Dapet Gopay 200 ribu gratisan di top up sama kamu. Ketidaksengajaan yang beruntung buat dia.

    • baru ngeh saya makasud emailnya. tp qadarullah masih rejeki saya. sejam setelah nulis disini duit saya direfund oleh flip dan case closed

      • Dan anda tidak klarifikasi atas statemen anda yg seolah2 Flip lamban?

        FYI, kode mutasi mbanking anda yg 200k dan 250k sama gx beda sama sekali, wajar Flip nolak refund. Silakan anda expand kode mutasi tsb, agar jelas mutasinya. Harusnya setelah diexpand akan beda.

        • sama matamu. makanya budayakan membaca. satunya kode unik 114 dan satu lagi 118. sama dari mana? pake dulu mata buat liat baru pake tangan buat ngetik komen. dah salah statement malah sok bener kocak lu dah wkwkwk

      • sudah balik ya duitnya?
        saya juga pengguna FLIP, yang menurut saya FLIP adalah pihak ketiga paling terpercaya buat transfer gratis ke semua bank di Indonesia.
        buat beli token listrik dan pulsa juga murah.

    • Ya elah bahagia amat ngliat org lg kna susah, inget bro hidup tuh ga selamanya mulus org jg ada lupanya.

    • Si Agus ini kalau gw perhatiin selalu nyinyir susah lihat orang lain senang dan senang lihat orang lain susah
      Komentarnya selalu tidak mutu.
      Mending diam dari pada tidak bisa ngasih solusi

      • Maklumin sj hidupnya sdh susah dr di perut emaknya smp skrg dia antitesa senang krn utk menghibur diri

  • Jelas Itu kesalahan anda, seandainya dibalik.Bila anda dapat transfer gede dari orang yg ga jelas.Pasti anda dengan senang hati menggunakan nya,tanpa mau mengganti....

  • Lain kali lebih hati-hati kak saat hendak transfer di double-check terlebih dahulu. Manfaatkan fitur copy paste Untuk Nomor Rekening Flip dan jumlah yang di transfer agar tidak salah.

  • Saya juga merasakan yg sama dari tanggal 25 januari 2023 dengan nomor laporan 927309.ajukan refund 4x selalu ditolak dan sampe sekarang gak ada kabar refund uang saya malah disuruh tunggu 30 hari.dan saya juga jadi enggan pakai jasa flip sebelum benar2 kembali uang saya.

  • Sejauh ini FLIP sangat terpercaya, bertanggung-jawab dan terus berkembang. Saya sangat terbantu dsn sdh berhemat sejuta lebih