Surat Pembaca

Beli Handphone di Blibli.com yang Diterima Pasta Gigi, Proses Retur Hampir 1 Bulan Belum Diberikan Solusi

Pada tanggal 29 Desember 2022, saya melakukan pembelian handphone merk OPPO A16E 3/32 di aplikasi blibli.com di nomor pesanan.

  1. 12121142333.
  2. 12121142405.

Barang diterima pada tanggal 2 Januari 2023, melalui ekspedisi ANTERAJA dengan nomor resi:

  1. BLIAJA0003659476032.
  2. BLIAJA0003659476020.

Alangkah terkejutnya 2 paket yang harusnya berisikan handphone Oppo A16e 3/32, tapi 2 paket isinya pasta gigi semua. Pada hari itu juga saya proses untuk pengembalian barang, dan prosesnya disetujui oleh pihak Blibli untuk pengembalian barang dengan melalui pihak JNE dengan kode boking:

  1. RMA639962.
  2. RMA639959.

Diterima pihak Blibli tanggal 3 Januari 2023, saya membaca di syarat dan ketentuan pengembalian barang, prosesnya paling lama 3 hari kerja sudah akan diberikan solusi. Tapi kenyataan yang saya terima hampir 1 bulan belum diberikan solusi sama sekali. Hampir setiap kali ditanyakan bagaimana perkembangannya, jawabannya selalu sama masih butuh waktu pengecekan oleh pihak Blibli, sampai diminta video unboxing 4x.

Sangat disayangkan e-commerce sekelas blibli.com yang jargonnya “KARENA KAMU NOMOR 1” memberikan pelayanan yang mengecewakan customer.

Beginikah susahnya penanganan retur di blibli? Apakah seperti ini Blibli memperlakukan customer?

Saya sangat kecewa dan merasa dipermainkan, setiap kali ditanya kapan akan diselesaikan yang diberikan hanya janji-janji, katanya jangan khawatir akan diberikan solusi terbaik, diprioritaskan, diproses secepatnya. Sudah hampir 1 bulan uang 2.6 juta ditahan oleh pihak Blibli.

Saya mohon dengan sangat pihak BLIBLI tolong segera diberikan solusi, segera dikembalikan uang saya.

Terima kasih.

Duma Primawardhani
Purwodadi, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat Tanggapan Blibli terkait Keluhan Solusi Retur

Menanggapi surat keluhan proses retur yang dikirimkan oleh Ibu Duma Primawardhani, yang diunggah pada Media Konsumen pada 29 Januari 2023...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Lakban beda warna
    Ada kartu indosat
    Expresi pembeli datar
    Official store kalau mau nipu ya mempertaruhkan namanya

  • Ayo blibli sambangi alamatnya, di video sudah jelas alamatnya di cek resi jg kelihatan nama penerimanya Udin (ybs). Jelas sekali di video ada 2 lakban warna coklat (coklat tua dan agak muda) .
    Apalagi ini yg ngirim official oppo, coba tindak lanjuti keluhan buyer ini. Biar netizen tau termasuk saya, siapa yg jujur siapa yg ngawur

    • Saya mungkin sudah beli ribuan item dari toko online kalau ditotalkan dari sepuluh tahun yang lalu. Official store maupun pro merchant dsb yang sudah memiliki ribuan penjualan dan berdiri lama tidak mungkin menipu, dengan mengirimkan odol sebagai ganti hp. Nama baik dan reputasi toko yg sudah susah payah dibangun bertahun-tahun bisa hancur dalam semalam. Ini jelas pembelinya yg jahat dan harus di black list oleh para seller.

      • Ada 2 resi ada 2 paket. Video paket unbox ke 2 mana? Paket di terima pada hari jam yg sama, tapi beda penerima. Yg 1 udin yg 1 duma. Akun YT duma baru di buat tgl 28jan2023. Akun blibli nama nya agungnoer06. Di jelaskan lebih detail lah TS. Knp beli nya hp yg sama terpisah kenapa ga sekalian jadi 1 dus.

  • Sepertinya unboxing sdh settingan,tp aktingnya gak hebat wkwkwk. Gak ada kagetnya dan datar2 aja.

    • Sangat diapresiasi respon blibli care yg sangat cepat namun karena topik ini telah masuk media konsumen, ada baiknya pihak blibli memberikan klarifikasi dan solusi yg diambil terkait kasus tersebut. Respon laporan investigasi logistik blibli yg lambat dan kurang tegas pada kasus ini menjadi perhatian konsumen.

  • Selama saya beli berkali2 di blibli selalu aman kok, pakai yg disediakan blibli dan system 2 jam sampai aja. Aman kardusnya juga gambar blibli dan lakbannya biru blibli juga. Saran klo beli hp cari yg saya tulis ini... Jangan seller, tp klo saya liat video itu seperti ada yg aneh ?.

    • Aku jg pertama nnton videonya udh tau klo itu tipu2 kak. G kaget lho orgnya wlopun isinya pasta gigi. Trus, kek sengaja gt nunjukin segel yg masih blom rusak. Tipu2 ituuu

  • Kalau pembeli yang nipu ini harus dipidana karena sudah mencoreng nama baik toko dan e-commerce serta kurirnya. Biar jadi pelajaran.

  • Wkwkwkwk...TS ngilang....punya ilmu canggih dia....bisa mengilang...ak kaget....wkwkwkwk..mau nipu ternyata netizen MK lebih jeli...

  • Yg beli kalau nipu kurang cerdas yg jual pasti punya video juga saat Peking sebelum di kirim pengembalian barang itu paling lama 1 Minggu duit udah di balikin

    • Saya yakin dan percaya blibli dpt menyelesaikan persoalan ini dgn baik. Bukankah hp ada imei nya ? Apakah bisa di tracking dimana posisi hp tsb berada dari awal sampai saat ini ?. Kalau bisa maka siapa yg nakal bakal ketahuan.

  • Ngapain beli diblibli . Gue aja beli hp harga 5 juta aja lewat Shopee. bahkan penjualnya di Sumatra sedang kan gue dijakarta aja aman kok pake expedisi Jnt express