Surat Pembaca

Kecewa dengan Admin Bukalapak

Terima kasih sebelumnya untuk mediakonsumen.com. Pada tanggal 20 Januari 2023 pukul 12:14 WIB, saya melakukan pembelian mainboard di Bukalapak, dengan nomor transaksi: 233495492023. Karena barang tidak sesuai deskripsi, pada tanggal 23 Januari 2023 17:12 WIB saya pun ajukan komplain, dan penjual pada 24 Januari 2023 pukul 08.13 WIB menyetujui solusi untuk retur barang. (Gambar Bagan 1).

Pada tanggal 25 Januari 2023 14:39 WIB, saya mendapatkan chat diskusi dari admin Bukalapak untuk segera mengirimkan barang retur. Beberapa menit kemudian setelah packing barang, saya pun memulai proses retur via BukaSend, nomor transaksi: 230026811419BPT, dibayar tanggal 25 Jan 2023 pukul 15:11 WIB. (Gambar Bagan 2).

Jujur saja saya memilih fitur BukaSend agar tidak repot mengirim resi manual dan pada saat itu saya memilih opsi DIJEMPUT KURIR. Jadi pada tanggal 25 Januari 2023 15:11 WIB, sebetulnya paket sudah siap untuk dijemput kurir. Hanya saja berhubung sudah sore, saya pikir paling diambil besok. Yup di daerah saya kurir-kurir biasanya ambil paket pada hari berikutnya kalo request pickup di atas pukul 2 siang. Dan ya pada tanggal 25 Januari 2023, tidak ada satu pun info dari Lion Express untuk melakukan penjemputan.

Nah yang bikin kaget, tiba-tiba pada tanggal 26 Januari 2023 08:33 WIB, saya mendapatkan chat diskusi dari admin bahwa komplain ditutup dan dana diteruskan kepada penjual. Aneh saja sih, kenapa admin tiba-tiba melakukan pembatalan secara sepihak? Bukankah saya sudah ikuti prosedur retur dengan menunggu penjemputan? Dari segi waktu juga terlalu cepat memutuskan.

Dari statement yang dikirim oleh admin, juga menunjukkan kalau admin gagal paham dengan status “MENUNGGU PENJEMPUTAN” (Gambar Bagan 3)

“Admin cek kamu menginformasikan resi retur menggunakan Bukasend B18WQRQLF8 dengan status menunggu penjemputan. Dikarenakan kamu tidak mengantarkan barang ke gerai ekspedisi hingga batas waktu yang telah ditentukan, maka diskusi Admin tutup dengan dana diteruskan kepada Pelapak.”

Saya pun sudah mengajukan komplain via live chat dengan CS Oliva dan disalahkan karena tidak mengirim nomor resi di chat diskusi. Yang lucunya admin saat membuat keputusan sepihak sudah menyertakan kode resi dari BukaSend. Why???

Sampai detik tulisan ini dibuat 26 Januari 2023 12:54 WIB, tidak ada satu pun telepon/WA dari kurir Lion Express menghubungi saya untuk melakukan penjemputan. Saya minta pertanggung jawaban pihak Bukalapak untuk masalah ini. Terima kasih.

Teguh Waluyo
Pati, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan perihal Kecewa dengan Admin Bukalapak

Dengan hormat, Terima kasih atas masukan yang diberikan kepada Bukalapak melalui kanal Media Konsumen. Kami informasikan bahwa terkait dengan kendala...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Admin BL kirim email 25jan23 pkl 14.39, request pembeli utk antar sendiri ke pihak ekspedisi menggunakan asuransi. Pembeli respon @25jan23 pkl 15.11 tapi malah nunggu pickup. Ini barang retur walau rusak tetap menjadi tanggung jwb pembeli krn terlalu lama di tangan pembeli. Apa susahnya sih antar sendiri dlm 2-3 jam ke kantor ekspedisi biar tuntas supaya bisa secepatnya input resi. Saya jg pernah retur seprti ini tapi saya bergegas antar sendiri ke kantor ekspedisi dlam 2-3 jam dr sejak barang di terima ga sesuai.

  • Kamu adminnya ya? Mas saya tu pilih opsi pengembalian pakai request pickup. Bisa dilihat kan status transaksi dari bukasend "Menunggu penjemputan"? Kalo by system ga ada opsi request pick up sperti shopee, saya juga fine2 aja antar ke gerai. Seperti pembelian barang yg sama si shopee tapi seller kasih barang yg sudah gosong. Proses retur ga ribet. Nah di bukalapak ini kasusnya seller kirim barang seken tapi ngakunya baru dgn selisih 200 rb dibanding marketplace lain makanya saya kembalikan. Di shopee jg seamless proses returnya. Ga perlu konfirmasi ke admin brg sudah dikirim. Begitu sudah di drop, sistem retur jalan sendiri.

  • Saya sudah mendapat telpon dari bukalapak tp masih belum ada solusi terkait dana saya. Seller sendiri sudah saya hubungi via call dr pertama kejadian tp ga diangkat.

  • Update: Team Bukalapak sudah menghubungi saya dan membuka kembali forum diskusi terkait komplain. Solusinya adalah saya mengirim ulang & barang sudah saya kirim dengan cara manual. Makasih buat mediakonsumen.com atas bantuannya sehingga terbuka kembali penyelesaian atas permasalahan saya. Makasih jg buat Mbak Kiki dari Bukalapak. You've been so helpful... Saat ini proses retur masih berjalan. Saya update lagi apabila telah selesai. Semoga ngga ada kejutan lagi deh...

  • Bukan admin, barang ga sesuai mau kondisi baru/bekas biasakan langsung saja buru2 dikembalikan sblm batas waktu yg di tentukan. Seller jg perlu utk di jual lagi. Lagi pula BL untung apa kalau tdk ada transaksi.

  • Alhamdulillah proses retur sudah berhasil dan dana dikembalikan. Makasih bt mediakonsumen.com yg telah memuat pengaduan saya. Makasih jg bt Mbak Kiki dari Bukalapak yg proaktif menangani keluhan saya... Dengan ini saya nyatakan case closed. ???