Surat Pembaca

Kesalahan Penempelan Resi Ekspedisi J&T Cargo

Surat ditujukan untuk J&T Cargo. Saya memesan sofa bed dari aplikasi Shopee, tapi yang datang malah topi berlusin-lusin. Nomor resi J&T Cargo: 200146971711. Saya sudah menanyakan penjual kenapa hal ini bisa terjadi. Ternyata penjual sudah benar mengirimkan paket sofa bed, dengan bukti foto paket yang bertuliskan nama barang, dll. Namun resi yang ditempelkan ketika di gudang pusat J&T Cargo salah. Jadi tertukar dengan paket lain yang karungnya sama, besarnya sama, tapi tidak ada tulisan apa-apa.

Saya sudah menghubungi driver yang mengirim paket tersebut, meminta melaporkan kesalahan paket tersebut dan sudah dilaporkannya. Dari pihak driver sudah melapor ke kantor pusat, pihak penjual juga sudah melapor ke kantor J&T Cargo, saya pun juga sudah melaporkan ke CS J&T Cargo. Namun semuanya itu hanya disuruh menunggu.

Sudah 3 hari menunggu gak ada kabar kejelasannya. Saya harus menunggu sampai kapan? Tolong segera diselesaikan masalah ini! Jangan berlarut-larut terlalu lama, saya kan butuh paket saya itu. Tujuan saya mengirim surat di sini, agar bisa didengar langsung oleh orang kantor yang bertugas supaya ada kejelasan kapan paket saya yang benar bisa sampai dan juga supaya paket saya cepat ditukar kembali dan dikirimkan dengan secepatnya! Terima kasih.

Ida Maulidah
Jakarta Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan J&T Cargo atas Surat Ibu Ida Maulidah

Jakarta, 13 Februari 2023 Kepada Yth. Ibu Ida Maulidah Jakarta Selatan Perihal: Surat Tanggapan Keluhan Ibu Ida Maulidah Dengan hormat,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • emang edan ni ekspedisi. ga reguler tapi cargo segede gaban aja masih tertukar resi. yang saya juga pengiriman reguler tertukar tgl 24 lalu. beda MP pula. kemasan beda. resi jelas resi thermal. ketempel bisa salah di dua paket kiriman. dibanding ekspedisi lain yang satu ini banyak sekali keknya kejadian salah tempel. ntah emang ngerekrut SDM yang begitu semua atau emang prosedurnya yang mesti dibenerin.

    • Sebetulnya ga begitu masalah bagi saya kalo ada tanggepan dari pihak J&t cargonya, kapan barang dikembalikan atau sebagainya, tapi ini ga ada tanggepan sama sekali, padahal saya sudah lapor berkali² setiap hari.. cs nya cuma bales begitu² aja, "mohon ditunggu, laporan sedang di proses", dan sampe sekarang pun kaga ada balasan apa², sampe surat ini diterbitkan juga kaga ada responnya dia, malah pihak shopee yg langsung telpon saya untuk membantu permasalahan ini

  • Saya juga pernah mengalami hal yg sama....paket tertukar resi di jnt cargo.
    Yg mana brg yg saya krm adalah magic com yongma yg beratnya itu 7 kg ketukar sama
    Spart part motor yg beratnya 1 kg...dan saya tau paket tertukar jg dr pembeli saya,, yg chat kesaya...dan krm foto paket yg di terima...yg bkn atas nama dia..
    Dan saya lgsg komplen ke pihak jnt cargo,,,Dimana prosesnya berbelit2 dan butuh wkt sangat2 lama. .
    20-30 harian,baru ketemu paketnya...dan itu pun saya lgsg info nmr resi dan nama penerima paket yg tertempel di paket yg salah,,yg di terima pembeli saya ...klo ga tau nama dan resi ketukar sama siapa..ya pasti di nyatakan hilang.
    Tiap kali saya hub pihak jnt cargo jawabannya ya sllu di ulang2 menunggu investigasi...tp ga ada hslnya .

    • Alhamdulillah paket yg benar sudah saya terima, terimakasih media konsumen, cuman disini solusi terakhir dan terbaik laporin semua masalah, dan saya juga berterimakasih kepada pihak shopee yg udah bantu follow up ke pihak ekspedisi.. masalah sudah selesai!.

  • Belanja via shopee kan. Ajukan komplain aja di pusat resolusinya. Nanti biar diurus shopee kan

  • Saya juga baru mengalami pengalaman buruk juga dengan J&T cargo.. Kirim motor dari jogja ke banjarmasin, saya cek setiap hari resi nya dari tanggal 14 Januari - 19 Januari 2023 motor tidak ada pergerakan dari jogja "kurir sudah mengambil paket" Sampai tanggal 21 Januari saya minta tolong pihak pengirim mendatangi outlet J&T Cargo nya.. Sesampainya disana enak sekali bilang ganti resi dan tidak ada pemberitahuan ke konsumen.. Saya minta history paket dari tgl 14-19 Januari itu tidak ada, baru ada history nya di tanggal 19 januari dengan resi baru yang kami sama sekali tidak diberitahu.. Error sekali.. Alhasil paket terlambat datang.. Saran saya mesti getol minta tolong ke pihak penjual bertanya ke outlet J&T cargo pengirim..

  • Toko saya juga pernah kena ama ni ekspedisi. Ada 2 paket dari 2 marketplace. Paket A kirim ke Surabaya, paket B kirim ke Jambi.

    Eh paket A discan pakai barcode pesanan B, jadinya dikirim ke Jambi. Lalu pas scan paket B, ga bisa discan dong. Nah geblegnya, ga info ke kita. Kalo saya ga melakukan scan smua pesanan, ga akan ketauan ada pesanan mo expired yaitu paket si A. Kaget dong. Saya trace ke tim, penempelan resi sudah benar. Saya cek ke admin di drop point ekspedisi, ga direspon. Lalu saya kontak orang yg biasa ambil, dia cepet responnya dan minta maaf ternyata paket yang si B ditaruh sebagai paket double scan. Lhadalah. Berbekal wa dari kurir itu, saya kontak marketplace untuk perpanjang masa pickup sekaligus info ke si A. Eh bener aja, si pembeli paket B komplain, dia beli barang B kok yg dateng A.

    Akhirnya sih happy ending for all, not so happy buat pembeli A dan B karena barangnya jadi lama banget. Si B harus retur dulu, dan si A juga rame nanyain mulu. Dan ekspesdisi ini saya pantau untuk bertanggung jawab dan yes, mereka langsung bergerak menukarkan barang yang tertukar

  • Saya sebagai penjual juga pernah mengalami pakai J&T Regular. Nama di paket dan di label resi nya berbeda. Akhirnya saya yang pusing sendiri ngurus penukaran paket antar konsumen. Capek banget. Untungnya dapat customer yang pengertian dan sabar. Mau nangis, mau komplain, komplain ke siapa. Di market place hanya ada fitur komplain ke seller. Tidak ada tempat untuk komplain ke ekspedisi.