Surat Pembaca

Terganggu Penagihan Akulaku ke Nomor Telkomsel yang Baru Saya Pakai Setahun Lebih

Saya pengguna Simpati dengan nomor 0813****3114 dan BUKAN pengguna Akulaku. Saya membeli kartu perdana Telkomsel di GraPARI salah satu mall di Jakarta Barat (CP) pada akhir April 2021 dan melakukan aktivasi beberapa bulan kemudian.


Setelah pemakaian lebih dari setahun, saya mendapat gangguan dari beberapa nomor tidak dikenal, yang mengaku sebagai pihak penagih pinjaman dari aplikasi Akulaku. Mulai bulan Desember 2022 hingga hari ini 28 Januari 2023, saya menerima pesan maupun telepon untuk tagihan atas nama De*** Ra*** Ni*** . Namun saya sama sekali tidak mengenal orang tersebut.

Penagih pinjaman Akulaku mengatakan, bahwa setiap nasabah selalu mendapatkan kode OTP ketika login di aplikasinya. Namun dari awal hingga saat ini saya menggunakan nomor ini tidak pernah mendapatkan kode OTP dari aplikasi pinjaman mana pun.

Dalam surat ini, saya ingin bertanya 3 pertanyaan:

  1. Kepada pihak Telkomsel
    Kenapa sekarang nomor/kartu perdana yang dijual/dikeluarkan oleh GraPARI sudah tidak aman? Apakah karena sistem daur ulang nomor pengguna yang sangat lemah sehingga mengakibatkan gangguan kepada pengguna layanan Telkomsel?
  2. Kepada Akulaku
    Apakah setiap nasabah melakukan pinjaman tidak dilakukan verifikasi yang ketat? Sehingga nasabah Anda bisa menggunakan nomor orang lain untuk mendapatkan pinjaman?
  3. Terakhir, pertanyaan untuk pembaca
    Selain ganti nomor lain, langkah apa yang perlu dilakukan jika mendapatkan gangguan seperti yang saya alami? Misalnya lapor OJK, bagaimana prosedurnya dan apakah hasilnya akan memuaskan?

Terima kasih.

Jonatan
Kab. Bekasi, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudara/i Jonatan

Jakarta, 25 Januari 2023 Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat,  Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudara/i Jonatan...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Syukurlah sudah solved. Saya pernah mengalami hal seperti itu, baru beli kartu telkomsel tau-tau banyak notif sms yang isinya marah2 dan minta pembayaran. auto hapus data dan ga pakai nomor itu lagi. serem soalnya