Surat Pembaca

Kartu Kredit Bank Mega Dibobol Tanpa PIN dan OTP, Tagihan dan Biaya Overlimit Dibebankan ke Saya

Saya adalah nasabah aktif kartu kredit Mega dengan logo Mastercard dari tahun 2018. Pada bulan Juni atau Juli 2022, saya mendapatkan kiriman Kartu Kredit Mega berlogo VISA, yang belum saya aktifkan sampai saat ini (karena informasi Mega Mastercard, per tanggal 30 November 2022 sudah tidak dapat digunakan).

Kejadian yang saya alami terjadi pada tanggal 20 Januari 2023. Saya tidak menggunakan produk Apple dan tidak mempunyai ID APPLE. Pada tanggal tersebut saya sedang berada di luar kota (Jakarta) dan tidak melakukan transaksi apa pun menggunakan Kartu Kredit Mega. Yang membuat saya kaget, terjadi 9x transaksi di Apple.com (pembobolan kartu kredit tanpa PIN, tanpa OTP di merchant Apple.com), dengan nilai yang sama berturut-turut.

Pada malam harinya saya segera melakukan pemblokiran, dengan harapan transaksi tersebut dapat segera dicegah/diinvestigasi/ditangani oleh pihak Bank Mega. Namun yang terjadi kemudian, pada tanggal 21 Januari 2023, ada transaksi di merchant luar negeri, dengan meminta OTP di SMS, sekitar 5x transaksi.

Dengan adanya hal tersebut saya menghubungi kembali pada tanggal 22 pagi harinya. Namun tanggapan dari pihak Bank Mega sepertinya tidak ada upaya membantu saya. Saat saya tanyakan info untuk surat sanggahan (formulirnya tidak ada email seperti yang dijanjikan), saya hanya diminta menunggu saja.

Saya kuatir, limit kartu saya hanya Rp7 juta, sementara transaksi tersebut sudah melebihi limit dan kemudian tidak ada pencegahan dari pihak Bank Mega mengatakan sudah melakukan blokir. Lalu kenapa bisa ada transaksi atas kartu yang sudah DIBLOKIR?

Kemudian saya mengirimkan email surat sanggahan sebagai berikut ke pihak Bank Mega pada tanggal 25 Januari 2023, karena form sanggahan baru dikirimkan pada tanggal 24 Januari 2023.

Akan tetapi pada tanggal 28 Januari 2023 tagihan e-billing ditagihkan kepada saya, beserta dengan biaya overlimit Rp250 ribu.

Terbit tanggal 28 Januari 2023

Dapat saya jelaskan saya tidak melakukan transaksi apa pun pada bulan Desember dan Januari. Hal ini sangat MERUGIKAN saya. Apakah pihak Bank Mega benar-benar melakukan investigasi?? Padahal jelas di email Bank Mega menyatakan bahwa kartu Mastercard sudah tidak dapat digunakan setelah 30 November 2022.

Saya mohon kepada pihak Bank Mega untuk segara dapat mengatasi kasus tersebut, dan menyelesaikan penagihan atas transaksi yang tidak pernah saya lakukan

Terima kasih.

Irawati
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Awalnya gue bingung orang di medsos banyak yang jualan top up murah.
    Contoh harga 100 diamond di sebuah game 100rb rupiah, tapi hanya di jual 60rb rupiah.

    Apa mungkin mereka yang jual" seperti itu retas CC orang.

    Soalnya ga mungkin banget sekelas google play & Apple kasih diskon sampai 40% begitu.

    Klopun developer yang kasih diskon, harga yang dijual oleh orang" di medsos juga ikut turun.

  • Kejadian yg sama terjadi pada saya bulan dec 2023... terdapat 4 transaksi yg dilakukan di luar negri tepatnya di uber.eats.. ada sms tansaksi berhasil yg masuk ke nomor sy, sy baru ngeh setelah sms ke 4 kali dipagi hari... sy langsung blokir kartu dan melakukan sanggahan... sy follow up lagi dengan email dan twitter, kartu sy lansgung diganti baru, tp transaksi masih di investigasi, lalu pada tagihan bulan berikutnya transaksi itu di kredit kembali oleh bank mega dan tidak dibebanan kepada saya... apa krn sy pengguna aktif sudah lbh 10thn dan limit jg 50jt? Ga tau jg... apa mbak nya pernah pakai beli game di google play?? Hati2 loh itu....

    • saya ga maen game, mungkin kakaknya customer prioritas ya, menurut mega hari ini saya telp ke megacall betul transaksi nya dikreditkan hanya saya cek tagihan via telp masi sama.

      tinggal nunggu untuk biaya overlimitnya spy ga dibebankan, saya minta penghapusan, ga otomatis di hapus sifatnya masih pengajuan

      makasih ya atas sarannya

      • Biasanya bisa kok di nego untuk hapus tagihan... intinya selama nasabah recordnya baik pasti di mantain jg sama bank nya... cuma sy heran akhir2 ini banyak bgt yg kena hack CC di beberapa Bank...

    • saya ga maen game, mungkin kakaknya customer prioritas ya, menurut mega hari ini saya telp ke megacall betul transaksi nya dikreditkan hanya saya cek tagihan via telp masi sama.

      tinggal nunggu untuk biaya overlimitnya spy ga dibebankan, saya minta penghapusan, ga otomatis di hapus sifatnya masih pengajuan

      makasih ya atas sarannya

  • Salam hormat

    Tanya, ini bagaimana kelanjutannya, sudah beres kah?

    Saran saya, kalau masih belum beres, cari email2 Board of Directors, terus anda email keluhan anda ke mereka semua, lebih cepat itu prosesnya

    • halo kak terimakasih sdh mampir , sdh kak sdh di tutup dan penghapusan biaya overlimit jg di hapuskan
      terimakasih

  • Halo gan, saya punya pengalaman tidak menyenangkan dg CC bank Mega. Saya awalnya punya rekening bank mega utk belanja di carrefour dulh. Lalu tahun 2019 ditelpon mau dikirimi cc sama bank Mega. Sudah saya tolak tapi disuruh nerima aja, aktiviasi ya g usa ke bank. Langaung gitu. Lalu saya pake eh kok uda ada tagihan fee 250 rb, padahal sevelumnya dibilang free biaya. Karena sudah g sreg saya minta tutup lewat megacall, karena prosesnya repot dan lama, saya langsung ke Bank Mega ke CS utk tutup rekening sayadi Bank mega dan sekalian tutup CC nya, lalu dari CS bilang mereka g bisa tutup CCnya di kator cabang di SBY, jadi saya disambungkan sama CS ke bagian penutupan kartu bank Mega Jakarta. Saya sudah sampaikan mau tutup, mereka sampaikan masih ada taguhan langaing saya bayar juga ke CS,dari mereka bilang persyaratan sudah lengkap dan cc bisa ditutup, saya tnykan lalu kartu kreditnya ini saya serahkan ke mana? Mereka bilang bawa aja kartu kreditnya.
    Semenjak itu saya sudah g dapat kiriman surat tagihan ke rumah dari Bank mega. Tapi 2021 tiba ada sms masuk kl masih ada tagihan. Lalu saya dtg ke CS bank Mega Sby, di cek kenapa maaih ada fee kartu kredit padahal sudah ditutup, CS bilang supaya saya abaikan saja. Jadi saya pikir CC itu sudah ditutup.

    Lalu saya sudah lupa kartu itu saya letakan dimana sehingga waktu saya berpergian, tas saya dicuri dan waktu saya cek itu adalah kartu kredit bank Mega yang hilang. Saya pikir krn sudah ditutuup tidak masalah, saya tidak segera melalor, tapi tiba2 ada transaksi dan saat sy konfirmasi ternyata CC masih aktif. Bank Mega tidak merasa saya sudah menonaktifkan padahal rekening tabungan saja sudah saya tutup. Mereka akhirnya meminta saya untuk membayar 100 rb untuk investigasi 2 transaksi tersebut, dan membuat surat sanggah.
    Sekarang sedang proses investigasi dan surat sanggah, saya tidak tahu bagainana hasilnya, menurut agan2 apa yang harus saya lakukan ? Supaya sy bisa dianulir dari transaksi tersebut? Terima kasih agan2