Surat Pembaca

Pelunasan Tagihan Akulaku

Pada tanggal 29 Desember 2022, saya mendapat WA dari Sdr. Wahyu Gin***** dengan nomor HP +6282129515***, dari pihak debt collector yang sebelumnya sudah mendatangi saya ke kantor. Saya diminta hanya membayar tagihan saya yang berjumlah Rp2.538.000, menjadi Rp1.900.000 saja, karena mendapat bantuan keringanan untuk dibayarkan akhir Januari tanggal 31 Januari 2023.

Saat tanggal 31 Januari 2023, saya sudah melakukan pembayaran melalui VA Permata Bank akun Akulaku saya sejumlah Rp1.911.000 sesuai arahan beliau. Namun setelah pembayaran, masih tertera tagihan senilai Rp627.000.

Bukti chat dengan debt collector akulaku

Kemudian saya kontak Sdr. Wahyu terkait masalah ini dan beliau mengatakan sedang mengurusnya ke kantor Akulaku. Namun seolah lepas tangan, tidak ada kabar lagi malah pagi ini saya mendapat penagihan yang kasar dari debt collector lain. Padahal saya sedang membuat laporan melalui customer service Akulaku, dengan nomor laporan 11054592 pagi ini.

Mohon tindak lanjut dari pihak Akulaku terkait perilaku debt collector. Saya sudah melakukan pelunasan sesuai arahan debt collector yang Anda pekerjakan. Jangan malah mencemarkan nama baik saya, karena pihak Pak Wahyu bilang saya tidak mau membayar denda. Padahal saya bayar sesuai arahan dan tawaran keringanan dari pihak Akulaku.

Terima kasih.

Dea Nanda
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Akulaku terhadap Surat Saudari Dea Nanda

Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com di Tempat Dengan hormat, Terkait dengan surat pembaca konsumen dari Saudari Dea Nanda pada tanggal 01...
Baca Selengkapnya

Komentar

      • Oknum akulaku banyak yg nakal sy perna ditipu tapi sy tidak mau bayar hati2 dengan iming iming itu ini

    • Yoi krn si wahyu awalnya ngarep spy byr via dia,lbh baik dtgin ktr akulaku & tunjukin bukti wa dgn collector tsb

    • Akulaku ni sudah aku blokir dan didoain akun ini supaya bangkrut secepatny...krn bukan dipke baik2 suntikan dr ojk ny malah mau buat nipu duitnya

    • Hati hati terhadap penipuan dr pihak penagih sekarang lg marak. Dengan iming iming potongan denda dan apalah. Mau aplikasi akulaku atau yg lain.

  • Anda kena tipu pancingan DC dengan iming-iming diskon keringanan pembayaran.

    Hal begini, mana mungkin ada keringanan. Kecuali kalo nasabahnya sudah Almarhum, mungkin ada keringanan kali ya

    • Hahahaha lagi2 korban tipu debt collector???
      Kok masih ada aja debitur yg percaya keringanan2 dari DC. sudah jelas2 data anda sudah dialihkan ke pihak ke 3 kenapa dipercaya???
      Rata2 korban ini adalah wanita, karna dimata DC wanita ini lemah dan mudah ditekan. Kalo ada unsur ancaman2 kenapa gk direkam lalu laporkan ke pihak kepolisian???
      Kalo gak gini mereka gk bakalan jera , DC gk butuh banyak alasan debitur, yg dia butuhkan adalah bukti kita sdh melakukan pembayaran karna itu baginya sangat bernilai ????

      • Yoi kl benr katanya ada disc lbh baik dtgin ke ktr kreditur br minta surat keterangan discount yg tertulis sbg bukti br byr d tmpt terakhir tutup akun d tmpt ,minta surat keterangan lunas

    • Kata siapa bang gak ada keringanan pembayaran ? Emang udah pernah ngalamin ?

      Kalo emang punya tunggakan dan kita ngerasa gak mampu bayar full segitu kita minta tolong di kurangin bunganya walaupun gak full tapi biasanya dia mau bantu ngurangin bunganya, saya dulu pernah di 2 aplikasi pinjol terutama kredit pintar dia mau ngurangin bunganya ya lumayan lah dikurangin 200/300rb dulu

      • keringanan hanya berlaku saat kita transaksi via CS PINJOL bukan DC. sebab KERJA DC HANYA KEJAR TARGET dr kantor supaya dapat bonus..
        .
        jika sudah kejadian seperti diatas DC LEPAS TANGAN karna bukan kewenangan mereka .?
        .
        trik DC BILANG DAPAT KERINGANAN hanya supaya debitur bayar angsuran dan TARGET AKUMULASI DC TERCAPAI dan DAPAT BONUS???

  • Mangkanya buat pelajaran buat anda dan yg lainnya...jangan pernah percaya dgn iming2 DC ...terlebih dgn aplikasi Akul*** banyak sekali oknum penipunya...perusahaan yg katanya sih besar tapi gampang di retas orang ...banyak sudah korban dari oknum perusahaan itu....hati hati

    • Afpi itu asosiasinya finteck. Brrti wadahnya perusahaan2 pembiayaan brtukar informasi data dan dana. Ya mereka cenderung melindungi anggotanya. Lapor tu ke ojk mskipun mustahil jg ditanggapi.

      • Lebih baik ga usah paylater2 lagi , atw pinjol 2 lagi .. Cukup..
        Apalagi yg kerjanya serabutan jangan berani coba 2 pinjm2 ke apk .. Tdk bisa bayar sakit batin tuh ngerusak segallanya

      • Ke polisi bw bukti & bawa surat lapor ke akulaku & email br gas akan somasi,lain kali kl deci dtg minta surat tugas yg asli,ktp br ngobrol baik" kl perlu rekam pembicaraannpasti gk berani bertingkah si deci

  • Sepertinya itu bukan keringanan pembayaran melainkan anda disuruh membayar spy target penagihan DC bisa masuk dan dapat insentif dari perusahaan tapi biar bgmn pun kan tidak salah jg DC menyuruh anda bayar walaupun dgn iming2 kosong, saran saya klo ga mampu balikin pinjaman + bunganya lebih baik jangan minjem.

    • lu ngomong apa kumur kumur! kalau mampu ngapain minjam gw tanya? yg minjol itu adalah orang orang gak kekurangan uang dan terpaksa untuk memenuhi kebutuhan hidup atau style nya, kalau dia mampu gak perlu pakai duit orang!! Paham?

      • Anda punya otak ga sih? orang minjem itu dasarnya krn tidak mampu untk melakukan pembayaran secara tunai pada saat ingin membeli atau untk memenuhi keinginan akan suatu barang atau jasa tapi klo dengan pembyaran di cicil/angsur sesuai perhitungannya dia itu lebih memungkinkan. ambil contoh aja kredit motor orang kredit motor mah krn dia tidak mampu untk membeli motor tersebut secara tunai makanya menggunakan lembaga pembiayaan agar bisa membayar cicil/angsuran krn dia merasa lebih mudah dgn cara tsb. Sekolah aja dulu otak diberi asupan gizi jgn nge b*kep aja

        • Statement Anda yang mengatakan orang pinjam pasti lagi butuh entah berobat atau pendidikan. Hanya di pinjol mungkin proses dan syaratnya lebih mudah. Jadi sangat bertolak belakang dgn statement Anda sebelumnya jangan pinjam jika tidak mampu bayar.

          • Apanya yg bertolak belakang antara pinjam untk biaya berobat dgn jangan pinjam jika tak mamph bayar? emang untk bayar rumah sakit untk biaya berobat pembayarannya bisa km cicil? dan saya pun pernah merasakan bgmn pada saat jatuh sakit tidak punya uang kemudian pinjam di orang lain dan stlh klaim asuransi keluar saya ganti uang yg saya pinjam sblmnya, apakah otak anda tidak mampu mencerna hal mudah sprt ini? sprtnya otak anda sama sprt yg komen sblmnya, krg asupan gizi. perluaslah wawasan anda dgn belajar dan membaca, punya smartphone jgn cm buat nonton b*kep saja.

      • Lagian tidak semua orang menggunakan Pinjol hanya demi memenuhi gaya hidupnya saja, ada yg mmg benar2 memerlukan entah untk biaya berobat, bayar biaya sekolah anak atau lain2. sempit sekali pemikiran anda dgn menjustifikasi tiap orang yg minjol hanya untk memenuhi gaya hidup. mungkin hanya anda saja yg minjol demi gaya hidup tapi jgn samakan dgn orang lain.

          • Sprtinya anda hidup saja di zaman dulu, jgn pake motor krn dulu orang menggunakan kuda sbg alat transportasi atau berjalan kaki, jgn pake HP krn dulu tidak ada yg namanya smartphone, jgn buat rekening tabungan krn dulu orang menabung dibawah kasur atau dicelengan tanah liat. haduh keg*blokan yang hakiki. intinya klo anda tidak suka dgn pinjol ya ga usah pinjem, klo pun anda butuh untk meminjam ya hrs bertanggung jawablah untk mengembalikan uang yg sdh dipinjam plus bunganya.

  • Diberi harapan palsu oleh wahyu. Yg penting dia brhasil nagih walaupun separo. Klpun ada keringanan psti tertulis di aplikasi. Dc dpt bonus dr ini. Sdh byr sj kekurangannya akulaku gak akan menanggapi.