Surat Pembaca

Akun Kredivo Dibobol, tapi Transaksi di Blibli Tidak Bisa Dibatalkan Meski Saya Lapor 20 Menit Setelah Kejadian

Tanggal 26 Januari 2023, saya melihat di IG mengenai kartu flexicard. Kemudian saya diarahkan ke WA. Terus saya dimintai data pribadi, diarahkan untuk mengisi form dan akhirnya saya menyadari bahwa akun Kredivo saya terdebit untuk transaksi yang saya tidak lakukan senilai Rp18.550.000 (dengan pembayaran dicicil selama 12 bulan).

Saya langsung hubungi CS dan meminta agar transaksi dibatalkan. Namun mereka bilang saya harus hubungi aplikasi merchant, yaitu Blibli.

Berbekal info dari pihak Kredivo, saya hubungi CS Blibli minta agar transaksi dibatalkan. Anehnya pihak Blibli bilang tidak bisa dibatalkan, karena barang sudah terkirim. Padahal selang waktu antara transaksi dan pelaporan saya hanya 20 menit. Alhasil, saya ditagihkan oleh Kredivo transaksi yang saya tidak lakukan.

Linda Veranika
Tangerang, Banten


Update (3 Februari 2023): Surat pembaca di atas juga mendapat tanggapan dari pihak Blibli sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Kredivo atas Surat Ibu Linda Veranika

Pertama-tama kami mengucapkan terima kasih atas kepercayaan dan kesetiaan pengguna Kredivo sampai saat ini. Menanggapi surat konsumen yang ditulis oleh...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • "saya melihat di IG mengenai kartu flexicard. Kemudian saya diarahkan ke WA. Terus saya dimintai data pribadi, diarahkan untuk mengisi form"

    Awalnya coba coba akhirnya... penjahat online sekarang makin canggih bu. jangan sesekali memberikan indentitas diri pribadi kpd orang yg tidak berhak. Semoga cepat masalahnya selesai.

  • Heran hampir tiap hari ada korban nya. Br kemarin jg yg kebobolan 24 juta. Sdh berapa kali kasus yg sm dan dilaporkan di MK. kredivo dan blibli sprti gak meningkatkan pengamanan. Yg diuntungkan dr kejadian ini si penipu, kredivo dan blibli. Kamu ttap harus nyicil jd korban sendirian. Cibercrime polri apa gak gerak. Apa gak ada yg laporan dan milih nyicil.

  • Transaksi yang sudah terproses ga bisa di batalkan kak. Dan ini murni kesalahan nasabah karena memberikan OTP.

  • Jadikan sebagai pembelajaran, lumayan ini 2 semester lah kalau kuliah untuk pengalaman yang berharga seumur hidup. Untuk anak cucu mantu.

    Kedepan lebih hati-hati lagi
    Sebarkan pengalaman anda ke teman dan rekan dan anak cucu mantu agar tidak tertipu hal yang sama.

    Jangan menyerah, cek terus ke Sellernya apakah ada indikasi berkomplot
    Datangi tempatnya cek cctv nya apakah benar Ada video pengirimannya.

    Cek juga alamat penerima, karena seller pasti tahu alamat kirimnya.

    Kalau offline kana ada serah terima barang, kali ajah ada foto-foto serah terima atau Sellernya mengenali wajahnya.

    Lapor polisi, gpp keluar uang 2-5jt lagi untuk melacak pelaku penipuan tersebut.
    Khususnya ke polisi Cyber.

  • Saya menghargai pihak kredivo dan Blibli yang sudah menghubungi saya. Tapi saya ingin supaya diberikan keringanan, karena ini transaksi dengan nominal besar dan bukan saya yang lakukan. Kalau saya yang lakukan pasti saya tidak akan meminta keringanan. Dan limit yang besar itu karena selama ini saya juga terus menjaga tanggung jawab saya. Ibaratnya, saya juga bisa mengukur kemampuan saya untuk melunasi, makanya bisa terus bertambah limit. Tapi ini murni kelalaian, saya tidak sanggup untuk membayar sekian besar, jadi mohon agar pihak kredivo bisa memberikan keringanan dan saran saya agar keamanan bertransaksi bisa lebih ditingkatkan lagi.

  • Coba SS dong akun IG kredivo bodong nya, sm ss jg pas isi formulir online nya. Di situs apa.
    Ini msih msih liar asumsi nya. Banyak kemungkinan nya..
    Emg gmn cara nya transaksi ofline di blibli ya sy baru denger..
    Sy kira ini kelalaian pribadi tdk bisa menjaga data, sebaiknya berdoa saja spy rezeki nya d tambah biar bisa bayar aamiin