Surat Pembaca

Kartu ATM BRI Tertelan, Saldo Raib

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera.

Saya memposting keluhan ini, karena tidak tahu lagi cara yang efektif agar saldo saya kembali.

Kronologinya, pada tanggal 16 Januari 2023, saya bermaksud mengambil uang di ATM BRI Benteng Betawi, Tangerang/depan Hotel D’prima. Tidak ada yang janggal dari ATM itu, kartu pun saya masukkan. Namun tidak muncul instruksi selanjutnya sebagaimana lazimnya. Saya tekan cancel, tetapi saja tidak ada respons. Lalu saya coba masukkan PIN, tetapi tidak ada respons juga.

Saya tunggu sekian lama, dengan harapan kartu saya keluar. Akhirnya saya berinisiatif datang ke kantor cabang BRI yang berada tidak jauh dari situ. Alangkah kagetnya saya ketika muncul SMS notifikasi BRI.

Padahal sewaktu di ATM saya tidak menginput nominal. Satpam menganjurkan saya untuk telepon CS, tapi saya memilih datang langsung ke CS BRI keesokan harinya karena toh saldo saya sudah kosong tertarik semua. Singkat kata, CS pun meminta saya menunggu 20 hari kerja dan membuatkan surat laporan.

Alangkah kagetnya saya ketika kemarin dapat SMS notifikasi:

Logika sederhananya, bila kartu ATM tertelan berarti mesin ATM itu tidak beres, bagaimana mungkin transaksi bisa normal atau sukses???

Saya pun kembali komplain ke CS BRI Poris Tangerang pada hari ini, 1 Feb 2023. CS malah menyarankan saya mengecek CCTV di lokasi ATM berada (?) Setahu saya itu tidak sembarangan. CS pun melampirkan surat-surat dan kata-surat yang bagi saya teramat rumit.

Menurut saya bila mengikuti saran CS, cek CCTV, dsb. Akan memakan waktu dan biaya yang lumayan dan maaf bila saya merasa bakal seperti bola ping pong yang dilempar ke sana kemari. Apakah prosedur yang dilakukan CS itu sudah benar? Toh, di awal-awal CS sudah menyatakan bahwa itu adalah kesalahan sistem.

Saya berharap pihak BRI bisa mengembalikan uang tersebut, yang bagi saya cukup lumayan besar. Nalar saya sebagai orang awam, bila kartu ATM tertelan berarti mesin itu bermasalah kan?? Lalu bagaimana mungkin transaksi dinyatakan sukses atau normal?? Sementara saya sama sekali tidak mengetik nominal yang tersebut.

Sudi kiranya para pembaca Media Konsumen memberikan saya saran yang efektif untuk menyelesaikan masalah saya ini dan pihak yang terkait (BRI) dapat membantu menyelesaikan ini. Terima kasih.

Susi Lusiana
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Susi Lusiana

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan turut prihatin atas kejadian yang Ibu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Terima kasih utk semua saran dan kritik kawan².
    Ini jd pembelajaran buat saya.

    Terima kasih n salut jg utk pihak BRI Royal yaitu Pak Joko dan Manager BRI Tangerang Pak Rizki beserta tim yg telah memberikan respon cepat tanggap dg mendatangi rumah saya kemarin sore dan memberikan penjelasan mengenai adanya vandalisme di mesin ATM berupa pengganjalan mulut mesin ATM .
    Pihak BRI berjanji akan memberikan informasi perkembangan penelusuran CCTV kepada saya.
    Serta memberikan edukasi tentang BRImo dimana ada fitur penarikan dan penyetoran baik di mesin ATM maupun di teller tanpa menggunakan kartu ATM cukup dengan BRImo, sehingga mencegah terjadinya kejahatan di mesin ATM .
    Maklumlah ,selama ini saya menggunakan BRImo hanya utk cek transferan.

    Semoga ke depannya tdk ada lg yg mengalami kejadian serupa.
    Dan semoga para pelaku segera diberi hidayah utk mencari rezeki dg cara yg halal.
    Aamiin.
    Terima kasih semuanya???

  • Kalo bri, mau narik duit mending di atm yg ada di kantor bank. lebih aman daripada amsyong begini

  • Saran saja buat semua
    Lain kali narik uang menggunakan ATM di agen BRIlink saja bu lebih aman, menggunakan mesin EDC anti skimm dan ATM tertelan
    Lokasi Putri Cell agen bank tidak jauh dari tempat tersebut, disamping terminal Poris Plawad
    Semoga narik ATM di agen bank bisa jadikan solusi aman tarik dan transfer uang

  • Saya dri tangsel mengalami hal sama tapi kartu tidak tertelan ambil uang dAtm gak kluar saldo berkurang sudah datengin 2 kantor bank bri blm ada balasan semoga gak kya kasus yg lain,smga bri cpt tanganin krna kejadian kan di atm bri gak berbelit"hingga 20 hri