Surat Pembaca

Kartu ATM BRI Tertelan, Saldo Raib

Assalamualaikum Wr. Wb.
Salam sejahtera.

Saya memposting keluhan ini, karena tidak tahu lagi cara yang efektif agar saldo saya kembali.

Kronologinya, pada tanggal 16 Januari 2023, saya bermaksud mengambil uang di ATM BRI Benteng Betawi, Tangerang/depan Hotel D’prima. Tidak ada yang janggal dari ATM itu, kartu pun saya masukkan. Namun tidak muncul instruksi selanjutnya sebagaimana lazimnya. Saya tekan cancel, tetapi saja tidak ada respons. Lalu saya coba masukkan PIN, tetapi tidak ada respons juga.

Saya tunggu sekian lama, dengan harapan kartu saya keluar. Akhirnya saya berinisiatif datang ke kantor cabang BRI yang berada tidak jauh dari situ. Alangkah kagetnya saya ketika muncul SMS notifikasi BRI.

Padahal sewaktu di ATM saya tidak menginput nominal. Satpam menganjurkan saya untuk telepon CS, tapi saya memilih datang langsung ke CS BRI keesokan harinya karena toh saldo saya sudah kosong tertarik semua. Singkat kata, CS pun meminta saya menunggu 20 hari kerja dan membuatkan surat laporan.

Alangkah kagetnya saya ketika kemarin dapat SMS notifikasi:

Logika sederhananya, bila kartu ATM tertelan berarti mesin ATM itu tidak beres, bagaimana mungkin transaksi bisa normal atau sukses???

Saya pun kembali komplain ke CS BRI Poris Tangerang pada hari ini, 1 Feb 2023. CS malah menyarankan saya mengecek CCTV di lokasi ATM berada (?) Setahu saya itu tidak sembarangan. CS pun melampirkan surat-surat dan kata-surat yang bagi saya teramat rumit.

Menurut saya bila mengikuti saran CS, cek CCTV, dsb. Akan memakan waktu dan biaya yang lumayan dan maaf bila saya merasa bakal seperti bola ping pong yang dilempar ke sana kemari. Apakah prosedur yang dilakukan CS itu sudah benar? Toh, di awal-awal CS sudah menyatakan bahwa itu adalah kesalahan sistem.

Saya berharap pihak BRI bisa mengembalikan uang tersebut, yang bagi saya cukup lumayan besar. Nalar saya sebagai orang awam, bila kartu ATM tertelan berarti mesin itu bermasalah kan?? Lalu bagaimana mungkin transaksi dinyatakan sukses atau normal?? Sementara saya sama sekali tidak mengetik nominal yang tersebut.

Sudi kiranya para pembaca Media Konsumen memberikan saya saran yang efektif untuk menyelesaikan masalah saya ini dan pihak yang terkait (BRI) dapat membantu menyelesaikan ini. Terima kasih.

Susi Lusiana
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk. atas Pengaduan Ibu Susi Lusiana

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan turut prihatin atas kejadian yang Ibu...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Fix korban skimming. Semoga dana yang hilang bisa kembali. TS ambil hikmahnya agar selalu waspada dan up-to-date. Jika musibah ini terjadi setelah TS banyak-banyak bersedekah, semoga diberikan rejeki tak disangka-sangka dari atas, bawah, kanan, kiri, depan, belakang.

  • Ikhlaskan Saja Uangnya Dunia Ini Lagi Nge-bug, Tidak Ada Yang Dapat Diperjuangkan Buang-Buang Waktu

    • kesalahan pada anda sendiri, sudah banyak kasus terkait BRI, masih percaya BRI, BRI hanya butuh biaya adm yang di pungut dan pengendapan sebagai pendapatan, berapapun kerugian nasabah dan segala permasalahan menjadi urusan nasabah, karena mayoritas karyawan BRI pun tidak yakin dengan keamanan sistemnya

  • Kartu diganjal terus biasa ada orng yang sok baik ngebantuin ibu nyuruh tekan ulang kode pin kmbali... Ibu pergi kartu yg di ganjal diambil posisi si orng yg sok baik itu udh tau kata sandi ibu... klau kejadian kyk gitu berati itu kesalahan ibu... soalnya kata sandi ataupun apapun itu emng harus dirahasiakan... klo kjdian kyk gitu mnding ibu lapor polisi tpi polisi gk bakalan mau toh nominal cmn sgitu... si polisi psti nunggu korban slnjutnya dg korban yg ruginy lbih dri jutaan

  • Nah jadi memang bener tuh kalo begitu ceritanya,kemungkinan besar ATMnya di ganjil jadinya kartunya macet, ,
    Biasanya modusnya gini:
    1. ATM susah masuk (krna udh d ganjel)
    2. Saat kita panik dtenglah tuh komplotan yg ngantri di belakang kita pura pura bantuin kartunya yg susah masuk
    3. Saat itulah kartu atmnya di tuker sama atm yg pelaku siapkan
    4. Kartu atm yg udh di tukar di seting supaya masuk
    5. Nah baru deh di suruh masukin pin
    6.biasanya org yg panik barusan ga waspada, baru deh masukin pin pdhl msih ada orang d belakang yg liatin
    7.karna atm beda, pinpun pasti salah, stlh bbrpa msukin kode pin akhirnya ketelen tuh kartu.
    8.saat korban pergi ke bank, baru deh pelaku gasak uangnya
    Biasanya begitu cara pelaku gasak uangnya, makanya di suruh buat cek CCTV .
    Btw, kemungkinan uangnya balik hampir mustahil ya hehe
    Selanjutnya harap hati hati saat masukin pin, jangan sampai ada orang yg liat.satpam aja kalo bantuin orang di mesin atm saat masukin pin, dia tutup mata karena itu udh jadi SOP dari bank

  • Senasib sama saya, saya malah saat kejadian saya menunggu lama di atm buat isi pulsa tlpon call center (sekalian ngasih tau yang lain jangan transaksi di mesin ini) krena merasa sudah saya blokir saya merasa aman. Ketika ada waktu luang saya baru ngurus atm dan eng ing eng syok dong saldi berkurang ?, saat ini sedang menunggu cctv tapi tak kunjung di telpon sama cs bri ktnya nanti di kabarin.. lelah hayati mau tutup akun aja nih BRI pelayanannya gak enak bgt

    • Kayaknya kena modus ganjal ATM, aku pernah dan udah tekan nominal juga lalu lapor security tapi 4 jam kemudian Saldo kembali lagi.

  • Untuk lebih aman kartu debit hanya untuk transaksi offline di merchant aja. Kalau tarik tunai pake card less aja.

    OH ya ATM not responding itu bukan berati Kartu Debit tertelan. Untuk lebih pastinya hub call center untuk blokir. Dan pastikan pulsa ada. Jangan sampai 0 juga bunda. Karena harga pulsa ga sebanding kalau dana raib. Ga akan ada solusi. Pasti nasabah dianggap lalai.

  • Saran saja, jika mau duit kembali tentu perlu effort besar. Saran saya buat surat laporan polisi, hal ini akan memaksa pihak bank untuk serius. Kalau hanya mengandalkan CS, mereka tidak melihat kejadian lapangan, apakah sudah ada skimming atau penipuan berbasis social engineering atau apalah. Hanya pada data dari mesin. Not more.. permintaan buka cctv ya harus ada surat laporan kepolisian. Jika mau effort besar ya.

    Kalau ga mau, tinggal ikhlaskan saja. Semoga mendapatkan yg lebih baik.

  • Blokir kartu kayaknya bisa dari aplikasi Brimo . .!?? Insyaallah bank lain juga sama . .!??