Surat Pembaca

Klaim Asuransi Pengiriman Tokopedia Diterima, tetapi Dana Tidak Dikembalikan ke Limit GoPayLater

Assalamualaikum wr. wb.,

Pada tanggal 31 Desember 2022, saya memesan barang di Tokopedia senilai Rp2.400.000. Pembayaran menggunakan GoPay Cicil, dengan nomor invoice: INV/20221231/MPL/2941737403 dan disertai asuransi Tokopedia karena diwajibkan dari pihak toko.

Namun setelah menunggu selama 7 hari, pesanan saya tidak kunjung sampai. Akhirnya saya memutuskan untuk komplain ke penjual via aplikasi Tokopedia pada hari Jumat tanggal 6 Januari 2023 pukul 14.34 WIB.

Setelah menunggu 1 hari dan pesanan saya tetap tidak ada kejelasan, dalam kolom diskusi pada tanggal 7 Januari 2023 saya minta cancel saja pesanannya. Namun tidak bisa dan tidak ada respons dari pihak penengah, yaitu CS Tokopedia.

Sampai pada tanggal 11 Januari 2023 pukul 14.43 WIB, batas waktu pengecekan resi sudah melebihi batas investigasi. Pihak Tokopedia melalui Virtual Asistant memberitahukan proses klaim sudah bisa diajukan oleh penjual. dan dana akan dikembalikan ke saldo refund pembeli (saya) dalam 2×24 jam.

Setelah beberapa saat klaim dinyatakan diterima dan transaksi saya dinyatakan selesai secara otomatis.

Setelah pihak asuransi menyetujui klaim saya, tertulis pergantian dana akan diproses maksimal tanggal 13 Januari 2023 kembali ke limit kredit saya.

Tanggal 13 Januari 2023 sudah lewat, bahkan sampai tenggat waktu maksimal 14 hari kerja setelah kendala di pusat resolusi ditutup, limit kredit saya tidak kunjung dikembalikan. Saya sudah berulang kali chat bantuan CS Tokopedia untuk membantu. Jawaban yang saya terima selalu sama, hanya disuruh menunggu.

Saya sangat kecewa dengan penanganan komplain pihak Tokopedia yang sangat lambat dan terkesan tidak ditangani perihal klaim asuransi pengembalian limit kredit saya di GoPayLater. Sampai surat ini saya tulis hari ini tanggal 1 Februari 2023, saya sudah ditagih pihak GoPayLater karena harus bayar cicilannya. Namun dari pihak CS Tokopedia masih memberikan jawaban yang sama, selalu disuruh menunggu.

Mohon kiranya keluhan saya di dengar oleh pihak Tokopedia dan limit kredit saya dikembalikan. Mohon maaf apabila saya ada salah kata atau ada tulisan yang kurang berkenan di media ini.

Wassalamualaikum wr. wb.

Muhamad Lutfi Abror
Kab. Blitar, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • biasanya tokped kalau sudah masuk MK bakal di respon cepat, di tunggu aja.

    jika sudah selesai hapus app tokped nya, pindah marketplace lain

    • Iya, semoga aja. Soalnya sampe hari ini saya tanya ke cs selalu disuruh nunggu mulu gaada kejelasan..

      • Sudah di cek pada saldo Tokopedia?

        Kalo Claim seperti itu biasanya masuk Ke saldo Tokopedia
        Lalu di lanjutkan penarikan ke rekening pribadi.

        • Sudah saya cek, dan sudah lebih dari 14 hari kerja sesuai estimasi sistem juga tidak ada dana masuk saldo maupun payletter. Pihak gopay letter juga nelpon nagih" terus ngancam klo tidak bayar kena denda.

          • Sama kayak gw nie... yg harusnya pengembalian dana dr tokped maksimal tgl 27 januari sampe sekarang belom ada dana yg masuk.

      • Gopaylater cicil saya tersedia sampai 12 Desember 2022,saya juga menggunakan salah satu kartu kredit, jika saya membatalkan transaksi di Tokopedia atau pengembalian dana ke kartu kredit saya akan dilakukan pada bulan berikutnya,ketentuan dari kartu kreditnya,mungkin bisa membantu.

        • Masalahnya ini juga sudah masuk bulan berikutnya, sudah ganti bulan. tp tidak juga ada kejelasan. Sampai saya ditagih" terus sma pihak gopay letter.

  • Terlalu lama ini, sy kejadiannya tgl 31 januari kemarin beli Hp mi 12 lite harga promo 4.5jutaan.. sudah bayar melalui virtual account bca, no paylater2an ehh.. katanya lagi ada pemeliharaan sistem untuk transaksi virtual account BCA, masa pemeliharaan sistem pada bank swasta terbesar/yg paling banyak digunakan jam 10 pagi di hari terakhir flash sale (tgl 31) klo tengah malam/subuh gw ngerti dah.. akhirnya duit nyangkut dan dikembalikan 24jam setelahnya.. ini duit cash loh, gw transfer balikinnya harus nunggu 24 jam.. klo paylater? Dijamin lebih ribet

    Sekedar embun pagi : perlindungan di konsumen itu lemah sekali.. klo kita wanprestasi.. 1 hari saja, lgs dikasih palu denda, didatangi DC dll.. tp klo kesalahan dr perusahaan timbal baliknya apa buat kita? Contoh kasus penulis ini.. bayar 2.4jt pake paylater.. harusnya balik 3 jt nih paling enggak.. tokopedia harus kena denda karena sudah lewat dari ketentuannya sendiri.. atau kita ambil kasus meikarta.. sudah bayar apartemen dan nyicil.. 4 th kemudian masih hutan belantara.. lippo grup harus bayar denda ke konsumen yg benernya mah tp kan enggak.. oh indonesia

    • Ya begitulah, kalo konsumen yg telat selalu ditekan habis"an sma tukang tagih. Tp klo perusahaan yg telat, jawaban selalu disuruh nunggu dan gak jelas ujungnya dmn..

        • Sudah saya jawab gitu bang, tp tetep aja tukang tagihnya maksa suruh bayar. Kalo gak bayar diancam denda. Repot bang

        • Sepengalaman sy pakai cicilan tanpa kartu kredit, sekali pengajuan cicilan disetujui, kita tetap harus nyicil. Untuk kredit yg terpotong akan dikembalikan ke rekening atau saldo refund. Refund jg biasanya gak sebesar yang kepotong karna biaya admin gak bs dikembalikan.

          • Untuk pengembalian tsb jangkanya berapa lama kak? Bisa share pengalamannya lebih detail kak..

  • Sama nasib nya dengan saya klaim biaya asuransi bilang cs dan cs sudah saya suruh telp saya dan jelaskan bahkan saya record percakapan via telp nya yg menyatakan klaim berhasil dan nunggu proses pencarian sejak komplain bulan Desember dan di acc asuransi klaim tgl 4Januari hingga kini pun belum kembali bahkan 3x komplain ditutup sepihak sama Tokopedia care, bahkan yg kedua sampai di buat kan komplain prioritas tp nyata nya nihil walau sudah di acc klaim nya duitnya gak balik2

      • Gak tau lapor kemana lagi capek bls chat Tokopedia care isi nya orang pada begok gak tau kenapa tokepd rekrutmen karyawan nya gak beres entah mereka karyawan tetap atau kontrak via pihak ke 3 yg pasti kalau komplain ke tokped nya jwb menunggu harus sabar bikin emosi

        • Padahal saya juga seller di tokped tp sejak akhir tahun 2022 saya rasa performance karyawan cs tokped jelek bgt

          • Iya kak betul. Komplain Cs harusnya bisa kasih solusi, eh nyatanya malah gak jelas solusinya..

        • Hi kak mau nanya apakah saldo refundnya sudah balik? Soalnya ini saya udh 11 harian setelah acc pun belum masuk ke saldo pdahal sudah masuk prioritas

  • Halo kak untuk sekarang statusnya sudah ke refund kah? Brapa lama totalnya? Soalnya saya baru mengalami kejadian ini

  • Bagaimana kak kelanjutan dana pengembaliannya sampai saat ini?! Apakah sudah diterima. Karena saya butuh informasi tentang masalah ini juga. Yang saat ini saya alami juga di tokped. Dengan jawaban dan tanggapan yang sama dari customer servicenya tokpednya