Surat Pembaca

Pengiriman Anteraja Sameday Tidak Jelas Status Pengirimannya, Sampai 3 Hari Belum Ada Update Status Pengiriman

Pada tanggal 31 Januari 2023 pagi, saya melakukan pembelian barang elektronik melalui marketplace Tokopedia, pilihan kurir yang saya ambil adalah layanan Anteraja yang sameday, karena saya butuh cepat dan pengiriman adalah ke kantor saya.

Berikut adalah status awal pengiriman:

  • 10:30 Pickup sudah di-request oleh shipper, dan SATRIA akan pickup parcel Selasa 31 Januari 2023 sekitar pukul 10:30 – 12:30.
  • 10:32 SATRIA sudah ditugaskan dan parcel akan segera di-pickup.
  • 11:05 Parcel sudah diterima oleh SATRIA.
  • 11:41 Parcel sedang diproses di Hub Jakarta Timur-Cakung
  • Paket sudah di-pick up oleh pihak Anteraja pukul 11.05 WIB.
  • 19:38 SATRIA sudah ditugaskan dan parcel akan segera diantar ke penerima.

Paket baru diantar pukul 19.38 dan sampai di tujuan 21.35, karena alamat pengiriman adalah kantor yang ada jam kerjanya, maka delivery tertunda karena sudah malam.

Asumsi saya, dengan adalah kegagalan pengiriman atau delivery yang tertunda ini, dengan layanan Anteraja sameday maka harusnya barang dikirim ulang esok paginya, tanggal 1 Februari 2023. Sampai siang saya tunggu, belum ada update status pengiriman, masih per tanggal 31 Januari 2023 pukul 21.35 dengan status delivery tertunda.

Saya telepon CS Anteraja melakukan komplain, dan katanya akan segera diprioritaskan. Dan ditunggu maksimal 3 hari kerja.

Esoknya tanggal 2 Februari 2023, barang belum dikirim juga, statusnya pengiriman masih belum berubah masih per tanggal 31 Januari 2023 pukul 21.35 dengan status delivery tertunda. Saya telepon lagi CS-nya, dan diberikan jawaban yang sama, bahwa akan segera diprioritaskan,

Per hari ini, tanggal 3 Februari 2023 pukul 09.30, statusnya masih sama dan belum di update, masih di tanggal 31 Januari 2023. Saya telepon lagi CS-nya, jawabannya masih template, akan segera diprioritaskan dan dilakukan investigasi.

Karena alamat pengiriman ke kantor, yang pada Hari Sabtu Minggu tutup, jadi apabila barangnya tidak dikirim hari ini pada jam kerja, maka barang tidak akan bisa dikirim lagi sampai Senin tanggal 6 Februari 2023. Maka saya menanyakan kepada CS-nya sebenarnya posisi paket saya ini sekarang ada di hub mana, biar saya saja yang mengambil ke hubnya. Namun cs bilang tidak ada prosedur seperti itu, dan dia juga tidak tahu di mana posisi barangnya.

Kalau CS hanya mengetahui posisi barang dari tracking website, apa bedanya dengan konsumen yang bisa mengakses informasi tersebut. Tidak ada informasi tambahan yang bisa diberikan dari CS mengenai posisi barang di mana.

Anteraja ini bukan perusahaan kecil, banyak dipakai orang dan di banyak marketplace juga termasuk di Tokopedia, masa untuk melacak posisi barang saja tidak bisa? sangat tidak profesional. Konsumen memakai jasa sameday, karena butuh cepat. Kalaupun ada delivery tertunda, harusnya besoknya sudah langsung dikirim lagi. Tapi kenyataannya sampai 3 hari berlalu saja belum dikirim lagi, bahkan update status pengiriman saja tidak ada.

Sangat memalukan untuk perusahaan ekspedisi sekelas Anteraja. Waktu itu sangat berharga, dan dengan keterlambatan pengiriman dan ketidakjelasan ini saya merasa sangat dirugikan. Dan bahkan kurir pun pada status terakhir itu mengatakan nomor telepon tidak bisa dihubungi, padahal nomor telepon saya selalu aktif.

Terus terang saya sangat merasa kesal dengan tidak profesionalnya Anteraja ini. Percuma saja memakai layanan sameday, apabila seperti ini pengirimannya.

Terima kasih kepada media konsumen yang telah menerbitkan keluhan saya.

Mungky
Bandung

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Anteraja atas Surat Bapak Agung Mungky

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Bapak Agung Mungky yang berjudul: “Pengiriman Anteraja Sameday Tidak Jelas Status Pengirimannya, Sampai 3 Hari...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Pilih pengiriman sameday tapi pakai alamat kantor. Pengiriman dari Jakarta, kantornya di Bandung atau Jakarta? Untuk meminimalisir masalah dan membantu tugas kurir, hindari pakai alamat kantor kecuali kantornya terbuka 24 jam atau ada resepsionis 24 jam atau penerima paket tidur di kantor.

    Biasanya paket akan dicoba kirim ulang keesokan harinya, tapi jika jadwal pengirimannya justru setelah kantor tutup ya sama juga amsyong. Ada kemungkinan barang dikembalikan ke seller.

    • kantor di jakarta gan. saya sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya.

  • Di tokped kan ada sameday pakai gosend/grab. Knp ga pake itu?
    Anter aja mah "lain tungguaneun", alias gak patut untuk ditunggu.

    • Sama aja kang kalau pakai alamat kantor, malah lebih runyam kalau grab/gosend gagal kirim karena udah tutup. Itu barang pasti dikirim lagi, tunggu 5-7 hari ntar tiba² dikirim, saya pernah begitu. Masalahnya ini barang mahal, harusnya instan saja.

      • Biasa'y seandaikan memakai alamat kantor pun klo toh di anter pastikan ada scurity tuh.. tinggal titipin aja ke scurity, pengalaman sya begitu..

  • Ya sbenarnya sdh dianterin sameday hanya kendalanya jam kantor dan gak ada penunggunya ya ribet. Kalo ada jam kantor ya pake instant kalo mo sameday ya sebaiknya ke rumah kirimnya

  • Salh ts pke smdy anteraja almtnya pke almt kantor.karana samday bwa brng bnyak bukan puluhn tp bisa 50 pket lebih.kl pke almt kantor pasti akn susah karan jadwal kantor terbats alngknlh baiknya pke alamt rumah.sy jg pernh pke jasa anyeraja samdy sy terima jam 8mlm.kl sudh begini samperin barangnya ke dc anteraja terdekat

  • Bjier Kocak yg kemaren pake nomor kantor ini di kirim ke kantor same day owkwowko, ya begitu emang suka sampai malem bapake, aneh aneh aja ya, cod kali ya tp bukan, yaudah dah.

    • iya gan, salah saya juga pake alamt kantor. sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya.

  • Sameday anter aja sih ga usah ditanya, wkwkw pengalaman 3x pake same day jadi nya 3 days,
    Kayanya pake promo potongan ongkir, makanya otomatis jadi anter aja sameday nya, kalo mau lebih pasti same day pake nya gojek atau grab aja, mending ngeluarin duit dikit lebih banyak,tp terjamin sampai nya same day,

  • Terlepas dari kurang proffesionalnya anteraja.. yg saya harapkan segera terkirim barangnya.. ada yg bikin gw melongo di kalimat ini
    "pilihan kurir yang saya ambil adalah layanan anteraja yang sameday, karena saya butuh cepat."
    Butuh cepat kok pake sameday? Instant pakk.. hihi

    • Betul gan, harusnya pake instant. hehe. saya sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya.

  • Koreksi jika salah, samedaye 1 driver mengantarkan ke beberapa tujuan.
    Instan 1 driver ke 1 tujuan saja . .!??

    • Terlepas dr masalah ini saya pakai sameday anteraja itu pernah 3 hari malah ga ada yg pick up akhirnya dicancel konsumen. Sameday lebih disarankan pakai gojek/grab dan jika tingkat urgensi tinggi lebih baik instant. Menurut sy ini ts mau cepat tp pilihny yg ongkir paling hemat dan pilihan jatuh kepada anteraja. Dan pengalaman grab instant yg terbaru saat ini itu ternyata 1 driver bs utk 2 konsumen ga 1 driver 1 konsumen. Makanya sempat heran kok lama ini grab pick up padahal instant. Jadi mungkin lebih baik pilih gojek saja yg masih 1 driver 1 konsumen utk instant.

    • Yes... sameday melayani bnyk konsumen. Instant hanya 1 konsumen 1 driver. Tp kemarin saya pesan grab instant sampe 2 orang konsumen 1 driver. Waktu saya tny driver katanya sekarang begitu. Jadi tentu saja akan lebih lama dari seharusnya. Driver juga blgny sih jadi rugi.

  • Karena sebenernya motto dari antaraja sekarang berubah : ENTARANAJA terbukti si seluruh gerai entar aja di Bali dapat skor bintang 1 semua, boleh di jek di semua google map// google bisnis entar aja pasti retingnya buruk ????, salam ENTARANAJA

  • Gimn ceritanya seh...kirim sameday kok pake anteraja...ya gak myngkinlah...emank belum pernah belanja online ya.
    yg namanya sameday hrs pske gosend atau grab lah...itupun hrs dilihat jaraknya gak lebih 10 km...klo lebih ya gak bisa.
    apalg jakarta bandung ya...gak bakalan nyampe dlm sehari..
    same day aja ada 2 macam...yg lsg kirim dlm 30 menit atau yg 6 jam sd hr esok nya.

    • ke jalarta kirimnya gan. saya sebenernya ga masalah kalo kirim malam terus tutup jadi delivery tertunda, yang saya permasalahkan disini adalah knp pihak kurir tidak mengirim ulang sampai 2 hari lewat, bahkan untuk update statusnya jg tidak ada update dari terakhir gagal kirim itu. terima kasih untuk masukannya

    • Kalo kaya gitu tokopedia nya juga koplak ya, udah tau jarak nya jauh, masih disediakan pilihan 'same day'