Surat Pembaca

Kecewa dengan Pelayanan Purna Jual Sepeda Listrik Uwinfly Indonesia

Saya adalah customer sepeda listrik Uwinfly Indonesia. Saya membeli sepeda listrik DF-5 berwarna orange di Toko Tiobikeshop, melalui e-commerce Shopee. Saya membeli sepeda tersebut secara online pada tanggal 14 Agustus 2022 dan saya terima pada tanggal 19 Agustus 2022.

Kronologi awal permasalahan ini adalah pada tanggal 29 November 2022, saya laporan ke toko bahwa sepeda saya tiba-tiba kondisi daya baterai tidak berfungsi saat di-charge (pengisian daya baterai sudah tidak berfungsi seperti awal beli). Namun tidak ada follow up apa pun kepada saya atas laporan tersebut.

Kemudian saya hubungi kembali pada tanggal 25 Desember 2022 melalui telepon. Saya menyampaikan semua kendala saya, lalu oleh toko saya disuruh menghubungi nomor customer service Uwinfly pusat di nomor 0813-1010-1717. Di sini saya sudah hard complain, karena saya merasa kendala saya tidak ada solusinya.

Akhirnya pada bulan Januari 2023, ada kesepakatan dengan toko bahwa akan dikirimkan teknisi dari pusat semua biaya di-cover oleh pihak toko. Namun tidak berhenti di sini, meski awalnya saya pikir akan berjalan lancar. Pada saat teknisi melakukan kunjungan ke tempat saya pada tanggal 12 Januari 2023, saat itu dia bilang mengaku resmi dari PT. Uwinwly Indonesia (nama teknisi tersebut Rizky).

Hasil dari kunjungan hari itu, dia bilang bahwa aki sepeda listrik saya kosong dan harus di-charge ke pusat. Sehingga keempat aki sepeda saya dicopot dan dibawa beliau pergi, katanya mau di kirimkan ke pusat untuk di-charge. Setelah itu dia bilang saya akan dihubungi kembali oleh Uwinfly untuk dilakukan survey pelayanan. Namun setelah dua hari tidak ada kabar apa pun, sehingga saya menghubungi teknisi Rizky kembali menanyakan kelanjutan service-nya. Jawaban dari teknisi, masih diproses dan saya disuruh menunggu info dari Uwinfly pusat.

Kemudian pada tanggal 21 Januari 2023, saya menghubungi Call Center pusat Uwinfly. Namun tidak ada jawaban sama sekali, chat WA saya diabaikan. Lalu tanggal 24 Januari 2023, saya mencoba hubungi lagi, berhasil terhubung dengan CS Ayu. Infonya pada saat itu tim pusat belum menerima aki dari teknisi Rizky. Jujur hari itu saya sudah hard complain juga dan dia bilang akan bantu konfirmasi lagi saya disuruh tunggu. Namun tidak ada kabar lagi sampai pada tanggal 29 Januari 2023.

Puncaknya pada saat saya hard complain pada tanggal 30 Januari dan respons mereka hanya dialihkan ke form

Di sinilah puncaknya, pelayanannya sangat tidak ramah, aduan saya selalu dialihkan ke form umum komplain Uwinfly, katanya saya akan dihubungi 2 hari setelah isi form. Namun nihil juga hasilnya, sampai hari ini saya tidak pernah dihubungi oleh pihak Uwinfly. Dari awal sampai akhir, selalu saya yang menghubungi semua pihak. Padahal saya meminta hak saya terkait garansi, tapi terkesan seolah saya yang memohon-mohon.

Saya review juga terkait SDM Uwinfly yang perlu diperbaiki lagi. Mereka tidak mengerti posisi sebagai customer, tidak memberi solusi malah cenderung menyalahkan, dan tidak kunjung ada solusinya. Setiap menghubungi hanya berdebat, tapi tidak ada solusinya sama sekali. Singkat cerita, saya tidak direspons oleh mereka.

Akhirnya saya hubungi mereka kembali pada esok harinya, saya komplain kenapa tidak ada kejelasan. Respons dari CS, mereka akan mengembalikan akinya tanpa di-service. Woow keren dooong, udah nunggu lama-lama, tapi mereka sangat tidak etis sama sekali, gak ada nilai service-nya sama sekali. Lalu malam itu saya di-chat oleh teknisi, bahwa akinya akan dikembalikan.

Jujur saya marah juga pada saat itu dan info dari teknisi bahwa toko tidak meng-cover biayanya. Di sini saya langsung kontak toko, tapi toko bilang saya hanya disuruh sabar menunggu. Respons toko juga sangat tidak sopan, komplain saya hari itu dibilang tidak penting oleh beliau. Malah sebelumnya nomor saya yang lainnya diblokir. Orang ini sangat tidak sopan dalam menangani customer.

Intinya yang saya rasakan saat ini sangat merugikan sebagai customer. Bayangkan saja saya laporan dari November 2022, tapi sampai hari ini pun tidak ada hasilnya. Malah sepeda sudah dibongkar, tapi tidak tahu juga gimana perkembangan service sebenarnya. Saya merasa dipermainkan oleh mereka, karena sampai hari saya tidak ada titik terang dan gak tahu juga nasib aki sepeda saya sekarang seperti apa.

Rahadimas Lintang Duhita
Semarang, Jawa Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • maaf sebelumnya, adakah kartu garansi atau tercantum berapa bulan garansi ? baterai termasuk parts yang bisa digaransikan ?

    • Ada kartu garansi, tapi tidak di isi oleh pihak toko, namun secara lisan 6bulan sjak pertma membeli masih dlm garansi. Kemudian kalo tdk temasuk garansi kenapa sepda saya di bongkar2 dnndibawa akinya dg janji2 yg tdk bisa ditepati smpe hari ini, dn skrg tdk tau gmna nasibnya itu ke empat aki yg dibawa. Chat di abaikan dn akses komunikasi pun di blokir. Bagaimana saya tahu untuk perkembanganny. Dari pelayanan pun jg sgt tidak etis caranya.

      • FIX.. TIDAK AKAN PERNAH BELI SEPEDA LISTRIK DAN PRODUK LAINNYA DARI MEREK UWINFLY.. Terima kasih atas keluhan nya kak.. semoga mendapatkan rezeki yg lebih baik.

      • Saya juga mengalami nya mbak. Molis merek BW saya rusak bagian dinamo dan controller. Masih dalam masa garansi. Setelah dicek di pusat Uwinfly di Semarang ternyata sparepart tidak ada stok dan harus import. Udah nunggu lama banget.

  • Iya juga kalo memang awalnya gak ada garansi lagi buat apa teknisinya capek2 datang , tapi saya liat ratingnya cukup bagus byk bintang 5nya, moga2 dibaca oleh ownernya, kalo tidak bisa tercoreng tuh nama tokonya di shoppee. Kita tunggu solusinya sama2 ada niat baik gak sama tokonya.

    • Jujur kalo dari segi produk saya akui jg bagus, keluarga saya jg pada beli spda listrik dr uwinfly. Tp kali ini kasusnya adalah dr segi maintenance nya yg sgt merugikan customer. Semoga jg bisa jdi pelajaran bagi customer yg akan beli sepeda agar lbh berhati-hati

      • Terima kasih ba atas pengalaman dan informasinya. Jadi bisa buat pelajaran buat kita yg sedang ingin membelinya. Kl seperti ini kita mikir 2× untuk membeli produk nya, bila sewaktu2 bermasalah.

        • Semoga lebih berhati-hati. Mohon dipastikan terlbh dahulu saja sblum membeli, tidak semuanya sperti yg saya alami, fokus dr artikel ini adalah pada maintenance mereka yg saya alami di toko tersebut. Krna sblum2nya saya jg beli sepeda listrik namun maintenance sigap dn cepat tidak alot, telfon hari ini disamperin besoknya oleh teknisi, ini brand lain dr uwinfly merknya sepeda Selis. Cuma kali ini saya mungkin lagi apes. Namun agar jdi pelajaran agar bisa menghrgai komplain customer saya up ke media. Gmungkin kan customer complain tnpa sebab. Apalgi posisi aki saya itungannya sdh tdk ada kejelasan krna gatau posisinya dmna dn sepeda jadi mangkrak krna uda di bongkar oleh mereka, dn akses komunikasi sudah diblokir artinya sma sja lari dr tanggung jawab

  • Sebetulnya letak kesalahan ada pada pabrikan atau distributor yang tidak tanggap memberikan kejelasan soal klaim garansi. Pada dasarnya toko hanya (masih untung) mau membantu pengajuan klaim tanpa ada kewajiban menanggung biaya yang timbul.

    TS sebaiknya berhubungan langsung dengan pihak pabrikan/distributor untuk kejelasan klaim garansinya. Jika kedepannya masih tidak memuaskan, toh surat pembaca ini jadi tolak ukur khalayak bahwa produk tersebut tergolong buruk purna jualnya. Saya bisa mengerti respon toko jadi tidak mengenakkan setelah melihat cara TS berkomunikasi dalam tangkapan layar chat.

    • Dr awal saya sdh di jelaskan kalo saya tidak akan mengeluarkan biaya apapun selagi masih masa garansi. Namun pada prakteknya sgt alot sehingga saya hard komplain krna memang omongan tdk ada yg bisa dipegang. Saya jelaskan kembali saya juga sudah trhubng secara lgsung dengan pusat. Jdi disini saya juga menghubungi semua pihak. Dan tidak diam saja. Selalu saya yang memfollow up tp responya selalu tidak jelas. Wajar kalo saya sudh tidk sabr lg, krna kasus ini sudh sejak November. Percuma sja produk bagus kalo misal model bgini pelayanannya. Bisa dibilang menjebak customer hnya utk beli sja, tp kita tdk tau kualitas kondisi barang yg dibeli

      • Maaf nih, sebelum beli harusnya cek rating di google dulu, di google komplen sama semua dengan cerita TS, jadi himbauan juga yang buat yang lain sebelum beli, karena udah ga masuk akal kalau banyak customer mengalami masalah yang serupa, kalau emang tidak ada niatan dari perusahaannya untuk mengembalikan hak customer, bisa di coba jalur hukum saja, saya bisa coba bantu langkah2 apa saja nantinya

        • Kalo berdasarkan yg saya alami, sprtinya ada banyak mungkin yg mengalami, namun customer tdk tau caranya up mungkin, terbukti dr sikap pihak perusahaan dn penjual yg sangt acuh terkesan sdh biasa mnangani hal2 macam ini. Jd mreka sdh trbiasa lari di tggung jawab. Baik kak terimakasih bantuan nya nanti jika ada apdet saya akan hubungi??

        • Jangan mau dikibulin pemerintah buat beli sepeda, motor, mobil listrik Krn Indonesia belum siap teknologinya & purna jualnya .mungkin 5-15 tahun lagi barulah ok, di saat itu barulah kita beli..kalo skrg jangan..liat ja mobil listrik skrg cara musti semalaman, memangnya gak boros listrik? Alih2biaya beli BBM ga ada tapi tagihan listrik jebol kan sama juga bohong? Harga batre pun bisa mencapai 40 juta dimana setelah beberapa tahun wajib ganti btre. Nanti di masa depan setelah teknologi makin maju , barulah kita beralih ke kendaraan listrik. Btw buat ts, sy paham kalo ts dah emosi Krn kesal dipermainkan, tapi tetap harus jaga etika berkomunikasi Krn kalo kebablasan bisa jadi alasan bagi lawan bicara tuk gak melayani kita lagi. Mreka itu orang orang jahat, cari celah salah kita. Nah kalo kita ngomongnya kasar, nanti malah jd alasan bagi mreka tuk blokir kita. Nang malah jd alasan tuk gak melayani kita . Di sinilah buah simalakamanya , dibaikin mreka tar sok tar sok Mulu, dikerasin mreka malah ngambek . Tapi setidaknya kalo kita tetap jaga lisan, maka mreka jd gak punya alasan tuk menolak kita. Posisi kita pun tuk komplain akan semakin kuat.

          • Mohon maaf saya jg mengerti etika. Screenshot yg saya kirim adalah sepintas saja. Km tdak tau prosesnya. Semarah marahnya saya disitu hnya tegas mempertanyakan tggung jwb mereka dnnsaya tdk ada kata kasar dsana. Awalnya saya juga baik2 sja, dnnkrna ada sebab tentu ada akibat jg. Faktanya service tdk clear smpe hari ini, ini juga tdk dibenarkan hnya krna customer marah lalu ignore service. Mestinya hrus ada kebijakan jg kalo sdh bgini ceritanya. Dn saya sah sah saja mempertanyakan atau mempertegas mereka, krna itu barang sudah saya beli.

  • Semoga lebih berhati-hati. Mohon dipastikan terlbh dahulu saja sblum membeli, tidak semuanya sperti yg saya alami, fokus dr artikel ini adalah pada maintenance mereka yg saya alami di toko tersebut. Krna sblum2nya saya jg beli sepeda listrik namun maintenance sigap dn cepat tidak alot, telfon hari ini disamperin besoknya oleh teknisi, ini brand lain dr uwinfly merknya sepeda Selis. Cuma kali ini saya mungkin lagi apes. Namun agar jdi pelajaran agar bisa menghrgai komplain customer saya up ke media. Gmungkin kan customer complain tnpa sebab. Apalgi posisi aki saya itungannya sdh tdk ada kejelasan krna gatau posisinya dmna dn sepeda jadi mangkrak krna uda di bongkar oleh mereka, dn akses komunikasi sudah diblokir artinya sma sja lari dr tanggung jawab

  • Pelayanan purna jual itu sangat penting buat saya. Berarti merk @uwinfly.id akan saya coret dari daftar motor listrik yg akan dipertimbangkan untuk dibeli tahun ini.

  • Padahal rencana mau belikan utk sekolah anak Sy ... Terimakasih sudah menulis keluhan di media konsen ini ...

  • Waduh.. Kok serem gt ya. Mikir 1000kali klo udh tau gini. Pdhl rencana bulan ini mau ambil 4 buat kendaraan karyawan di tiap2 outlet. Makasih gan infonya..

  • Terimakasih infonya, dari sini saya pikir-pikir lagi untuk membelinya. Moga urusannya cepat selesai.

    • Gak jadi deh mau beli nya
      Padahal rencana mau beli 3....cari merk lain aja dah dan kepastian layanan purnajual nya

  • SALUT banget sama mbaknya walapun di ABAIKAN chatnya dengan balesan sesantuy itu tetep tenang. kalo saya udah saya maki maki berbulan2 tidak ada kejelasan, walapun perantara toko tetep harus ada komunikasi yang baik kpd customer. Parah banget admin yang balesnya, saya jadi owner udah saya pecat sih admin nya. Semoga ada tanggapan dari pihak terkait ya Mba.

    • Iyaa seandainya komunikasi lancar dn bisa dipegang omongannya, pasti saya jg gakan bawa ke media