Surat Pembaca

Belum Setengah Tahun, Sudah 2 Kali Ganti Kampas Rem Depan Honda Vario 160 CBS

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah meluluskan artikel saya. Pada bulan Oktober 2022, saya mendatangi dealer sepeda motor Honda Trio Motor di daerah saya, untuk membeli unit Honda Vario 160 CBS 2022 secara cash. Setelah melakukan pembayaran uang DP, sekitar seminggu unit yang saya pesan diantar ke rumah, setelah menyelesaikan pelunasan unit tersebut.

Singkat cerita, setelah menggunakan unit tersebut dan telah melakukan service kedua, kira-kira 2 minggu setelahnya, terdengar suara srekk sreeekk saat melakukan pengereman dan ada suara dokk dokkk saat melewati jalan yang tidak rata.

Menurut pengalaman saya, kalau bunyi demikian, kemungkinan ada kerusakan di kampas remnya. Namun saya gak curiga, soalnya motor matic baru mana mungkin kanvas remnya sudah rusak? Untuk memastikan hal tersebut, esoknya sepeda motor saya bawa ke bengkel resmi Honda di cabang dealer tempat saya membeli unit tersebut.

Setelah dicek mekaniknya, fix kanvas rem depan harus diganti. Karena permasalahan ini di luar garansi service gratis, jadi dikenakan biaya kampas rem depan sebesar Rp88 ribu dan biaya service Rp15 ribu. Untuk bunyi saat jalan tidak rata, karena frame plat yang saya gunakan. Setelah dilakukan perbaikan, saya sempat berbincang dengan mekaniknya, menanyakan kenapa kampas remnya cepat habis. Jawaban mekanik, penyebabnya karena perjalanan jauh dan rute jalan banyak tanjakan dan turunan.

Saya jawab saya gak pernah melakukan perjalanan jauh, paling jauh kurang lebih 10 Km dan kontur jalan biasa. Mekanik terdiam dan tidak bisa menjawab. Ok masalah rem clear, tapi masalah bunyi saat melalui jalan tidak rata masih ada. Hal ini saya tindak lanjuti dengan membuat laporan melalu email ke Honda Care pusat, dengan bukti berupa foto dan telah mendapat tanggapan dari CS Honda Care dengan menghubungi saya via SMS dan telepon. Saya diarahkan untuk mendatangi dealer di mana saya membeli unit tersebut.

Keesokan harinya saya membawa Vario saya ke dealer dan menceritakan masalah unit saya. Setelah dilakukan pengecekan dan perbaikan suara bagian depannya sudah hilang. Saya sempat berbincang dengan salah satu mekanik kenapa hal ini bisa terjadi dan juga menceritakan bahwa kerusakan yang sama juga dialami teman saya pada bagian rem depan Vario 160 CBS 2022.

Saya mendapat tanggapan dari mekanik bahwa untuk unit Vario CBS 2022, penggunanya banyak mengeluh hal yang sama. Pihak dealer Honda didaerah saya sudah membuat laporan ke Honda pusat, tapi belum mendapat tanggapan.

Kendala motor matic saya sudah clear saat itu. Eh belum sampai sebulan, masalah terjadi lagi di bagian rem depan, terdengar bunyi sreek..sreekk lagi. Whaattt? Apa kampas remnya lagi yang kena? Kan gak mungkin, baru saja diganti. Apa bunyi sreek..sreekk karena kampas rem basah? Maklumlah dalam bulan ini kan musim hujan.

Akhirnya kembali saya menghubung Honda Care via telepon dan mendapat respons yang baik dan diarahkan untuk kembali membawa matic saya ke dealer dan diterima langsung oleh pimpinannya (Pak Kris, makasih atas pelayanannya). Fix Vario saya didiagnosis harus ganti kampas rem lagi. Alhamdulillah kali ini gak dikenakan biaya pergantian spare part-nya (makasih Pak Kris).

Kata mekaniknya kerusakan kampas rem karena kesalahan pemakaian. Kembali saya dibuat bingung, rasanya cara pemakaian saya biasa saja, seperti saya menggunakan motor Y*m*h*a saya (sudah menggunakan lama dan baru ganti 2x kampas rem depan). Bahkan saya menggunakan pengereman depan dan belakang untuk melakukan pengereman, pasti para biker ngerti lah.

Kemudian disarankan oleh Pak Kris untuk sering membersihkan bagian rem depan, dengan menyiram air setelah menggunakan pada saat hujan (makasih Pak Kris sarannya). Namun jika terjadi kerusakan lagi pada bagian rem depan gak bisa diklaim lagi, fix harus bayar spare part-nya dan service.

Duh, bayangkan kalau tiap bulan harus ganti kampas depan bisa tekor nih. Baru service kedua, ganti kampas belum sebulan sudah harus ganti kampas rem lagi. Gimana kalau tiap bulan harus ganti kampas rem? Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Moga-moga gak kejadian lagi ke depannya. Tapi gimana kalau terjadi lagi??

Jujur saya kecewa dengan produk yang Honda, saya baru mengalami hal tersebut, apalagi saya pengguna baru produk Honda motor. Sebelumnya dan sampai sekarang saya masih menggunakan produk 2 motor Y*m*h*, belum pernah mengalami masalah yang berarti. Saya mohon maaf jika ada kekurangan dalam penulisan saya.

Salam hormat saya.

Luthfi Azhari
Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Honda atas Surat Bapak Luthfi Azhari

Salam Satu Hati Menanggapi keluhan Bapak Luthfi Azhari di www.mediakonsumen.com di tanggal 06 Februari 2023 perihal “Belum Setengah Tahun, Sudah...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Walah, apa ini termasuk cacat produksi ya untuk seri ini ? Menurut mekaniknya banyak keluhan di bagian rem depan ini ?

      • Bang kalo saya lihat itu kampas lepas dari plat dudukan kampasnya ya? . Kalo bener lepas berarti next ganti kampas merk after market aja bang , daytona , elig , itu bagus semua bang

        • Ntr mlh g BS klaim garansi service resmi bang.klw kita udh service diluar bengkel resmi

          • Beli partnya bang , bawak kehondanya ketika mau service , sekalian minta pasangin . Kalo orangnya jujur pasti mau mereka masangin bang

          • Wah, ternyata bukan cuma saya ya. Motor saya juga Vario CBS 160 2022. Saya juga mengalami hal yang sama. Belum ada 6 bulan udah ganti kampas 2x. Ya ampun, suaranya bener-bener mengganggu banget.
            Kalau kaya gini caranya tekor nih.
            Sedangkan motor Vario CBS 125 tahun 2013 saya, belum pernah ganti kampas. Padahal pemakaian lebih lama dan ekstra berat dibandingkan Vario CBS 160 ini.

        • Kayanya bukan masalah dikampas remnya bang, motor saya yg 160 abs pun punya kendala yg sama.
          Malah sengaja beli kampas rem depan buat vario 125 saya yg udh mulai tipis malah akhirnya dipake buat yg 160 yg abis duluan
          Itu pun sekarang udh mulai tipis lagi.
          Sedang yg 125 yg udh mulai tipis malah belom diganti eh yg 160 udh mo abis lagi.

          • 22 tinggal bantalan kanvas doang bang..y itu nunggu tanggapan di pihak Honda motor pusat..kaya nya byk user yg ngalami hal yg sama.

          • @rovi
            Klw yg saya alami dan ABG alami itu termasuk kerusakan upnormal BKN kesalahan konsumen jika ABG dikenakan biaya pergantian spearpart dan mekanik nya bisa diklaim dan segera laporkan.itu klw ABG melakukan perbaikannya di di bengkel resmi Honda dgn menunjukkan bukti seperti di artikel saya..klw pergantian spearpart nya diluar bengkel resmi itu saya kurang tau..dan jika terjadi lgi maka kita tidak dikenakan biaya pergantian spearpart dan biaya mekanik.
            Itu bang info yg saya dapat waktu pihak Honda cab kalsel-teng bersilahturahmi kerumah saya.

        • Bukan lepas bang..tp habis total..tinggal bantalannya..utk penggantian pertama pun seperti digambar.biasanya sih wkt saya mengganti kanvas rem dpn utk motor saya yg lainnya masih ada sisa kanvas nya yg nempel di bantalan besi nya bang..

        • Sampai saat ini belum ada respon dari AHM pusat..klw dr dealer pusat Kalimantan udh merespon dengan menelpon saya setelah artikel ini terbit..dan saya menjelaskan service dan layanan mrk baik dan maksud dr artikel saya hanya ditujukan pada AHM pusat..dan dr pihak dealer Kalimantan pun menginfokan ke saya akan ada respon dr AHM pusat ke saya.
          Tp sampai saat ini blm ada..saya kn tunggu respon mrk seperti apa??

        • Itu tipe CBS? CBS kan klo kita pencet rem belakang, otomatis yg depan jga bakal ngerem, tapi cuma berapa persen gitu. Mungkin itu yg bikin cepet abis. Coba pas ngendarain motor jgn bentar2 ngerem, apalagi banyak jga tuh yg pas lagi macet dia nge gas tapi remnya jga dipencet

          • Logika j bang penggantian yg kedua belum sampai sebulan dr penggantian pertama..saya juga menggunakan Yamaha Vixion setiap pengereman menggunakan Double rem dpn n blakng baik saat laku maupun santai. ..br pasti taulh guna nya untuk apa.. dr 2013 SMP skrng Bru 2x ganti kanvas rem dpn
            Dan juga pernah menggunakan Scoopy yg menggunakan kunci remote kurleb setahun g ngalami hal trsebut

          • Saya pengguna vario 125 cbs iss 2022. Dibuat kerja tiap hari pp 30 km lebih. Sampai sekarang genap 1 tahun belum ganti kampas depan/belakang karna masih bagus/maksimal pengeremannya. Kalo cbs ngaruh pastinya saya udh ganti kampas dong

          • Sama barusan saya juga ganti kampas rem depan bang, Vario saya bulan 1 2023 kemarin , akhirnya saya ganti after market saja, mudah mudahan awet. Salam dari jatim

    • Gak tau bang..Bukan saya saja yg mengalami nya temen juga beda sebulan dari saya kanvas rem depannya ikut ganti juga..Vario seri yg sama dengan saya

      • Saya pengguna vario 125 cbs iss. Kerja pp 30 km lebih. Sekarang genap 1 tahun belum ganti kampas depan/belakang. Karna masih enak dan maksimal pengeremannya. Aman aman aja. Kenapa yg 160 gitu ya. Mungkin dari segi bahan kualitasnya, untuk keuntungan belaka

    • Sama seperti yg saya alami pada vario 160 ABS saya.
      Baru 6000 km lebih dikit kampas rem depan sudah habis.
      Awalnya saya sempet beli parts kampas rem depan cadangan untuk motor vario 125 techno saya yg sudah mulai tipis.
      Kondisi saat itu kampas rem depan vario yg 160 masih tebal.
      Ketika sekitar 6000-an km mulai bunyi kasar dikampas rem depan vario 160 dan setelah saya cek ternyata kampas rem depannya sudah habis, sedangkan saya cek kampas rem vario 125 saya masih cukup aman.
      Akhirnya setelah saya cek, ternyata kampas remnya sama antar vario 125 dan 160.
      Padahal secara pemakaian, yg lebih berat pemakaiannya yg 125, karena dipakai buat ngojol setiap hari.
      Yg 160 hari sesekali aja saya pakai buat ngojol.
      Kalo dibilang habis karena pemakaian yg berlebih atau apa punitu, seharusnya yg habis duluan itu yg 125, bukan yg 160.
      Sekarang aja setelah km 8000-an, kampas rem yg saya ganti di km 6000-an sudah mau habis kembali, sedangkan yg 125 malah belum saya ganti sama sekali.
      Sungguh aneh.
      Mohon respon pihak honda motornya.
      Apakah memang ada cacat produksi pada motor vario 160 baik yg ABS maupun yg CBS?
      Soalnya udh banyak kasus yg sama dg pemilik vario 160 ini.

  • Banyak kekurangannya vario 160. Saya lebih prefer new vario 125. Vario 160 posisi engine mounting di atas jadi blok mesin di bawah rentan pecah. Jok keras dan susah terkunci. Dek kotor kalau jalanan basah kotoran dari roda depan tembus lewat sela-sela sambungan bodi kasar dan bodi halusnya. Lampu kurang terang.

    • Kalo dilihat dari pengamatan saya melalui grub facebook, ini kasusnya banyak terjadi di vario 160 yang CBS sedangkan vario 160 yang ABS relatif lebih aman, saya user vario 160 ABS juga gak menemui masalah serupa.

      • Iyabang kebetulan waktu itu saya sempat tes ride matic mekanik nya yg Vario 160 ABS..smoot bnget

      • Saya pakai yg 160 ABS ngalamin kasus serupa juga.
        Baru km 6000-an sudah habis.
        Saya ganti pake parts yg buat cadangan motor saya yg 125, eh baru km 8000-an udh mo abis lagi.
        Sedang yg 125 belom saya ganti².
        Pemakaian malah lebih berat yg 125, karena tiap hari dipakai buat ngojol.

    • Iya bang jok nya keras..udah maju kebelakang duduk nya glongsor ke depan lgi.ngunci jok nya agak keras

    • Sedikit info nih,bikers yg mau beli motor model cbs sebaiknya dipikirin dulu,banyak masalahnya dr rem ga pakem,sampai slip,kampas cepet habs lbh baik yg abs krn lbh baik dr sistem pengereman

      • Udh terlanjur bang.emg bener sih rem belakang LBH pakem dari rem depan..saya baru coba produk Honda bang..utk Vario 160 CBS blm 1/2thun..Scoopy 2020 kisaran 1thn..sebelum nya saya pengguna 2produk Yamaha salah satu nya Vixion nvl awal pengeluaran produksi nya dan masih setia memakainya utk perjalan jauh dan berat.blm pernah mngalamain kendala apapun Bru 2x ganti rem depan

      • Gak juga saya punya pcx160 CBS 2021 sudah 2 tahun km 40rb baru ganti kampas 1x rem juga pakem gak ada masalah kecuali CBS yg tromol emang banyak gak pakemnya smua tergantung cara pemakaian kalo kasus yg ditulis ts kemungkinan bisa jadi cacat produksi

      • Saya aman aman aja tuh. Tapi new 125 2022 cbs iss. 1 tahun blm ganti kampas. Yang banyak kasus itu cuma yg 160 bukan semua motor tipe cbs

  • Alhamdulillah Vario 160 CBS warna merah saya sampai saat ini tidak ada kendala baik masalah kanvas rem maupun yang lainnya.
    Untuk kunci jog motor yg infonya susah dan keras,saya sarankan jangan ditekan jog pas diatas pengait kuncinya, melainkan tekan ujung jog bagian belakang agak dorong kedepan pasti klik smooth.?

    • Berarti ABG beruntung..emang g semua produknya..tp kebanyakan user mngeluhkn kejadian seperti saya.khusus untuk Kalimantan selatan keluhannya sudah dilaporkan ke pusat tp blm dapat tanggapan dari Honda pusat..gitu kata kepala mekanik nya bang..bahkan temen saya mengalaminya Vario 160cbs warna merah seperti punya abang.

      • Cek cakramnya.. Sama kalo bisa jangan biasain jari nempel rem terusan.. Karena kadang ga sadar rem bekerja karena jari terus nempel di tuas rem..
        Siapa tau ngaruh..
        Soalnya banyak pwngendara motor punya habit jari nempel terus dituas rem dan ga sadar kepencet, keliatan dr lampu rem nyala terus

        • Ganti kanvas kedua blm sampai sebulan dr ganti kanvas pertama bang..itu yg anehh nya..pemakaian normal bang..saya juga PK Yamaha Vixion nvl udh tahunan sering melakukan pengereman Double dpn blkng..jari sering di handle rem..dan juga sempat memakai Honda Scoopy 2020 selama setahun pemakaian normal dan jari juga selalu dihandle rem..g ngalamin ganti kanvas rem depan..

          • Lebih baik ganti kampas aftermarket, garansi ga bakalan gugur kecuali boreup, dan ecu di ganti after racing ataupun yang non racing. Kalau mau awet pakai bandi*, dayt*na, astr* dll kalau di bengkel resmi kadang mereka juga sering beli di bengkel pinggir jalan kebanyakan barang ckd? udah ga kaget kalau di ah*s setiap servis minta ganti kampas, padahal sebelum masuk bengkel saya lihat masih tebel di suruh ganti ? nanti sparepart yang masih bagus di simpen sama mekanik nya buat ....... Tau lah. Jadwal servis berikut nya di bengkel yang sama bilang nya kampas kw padahal servis di dealer yang sama part nya dari mereka ?

        • Kebanyakan terbiasa jari nempel. Karna kalo ada rem mendadak lebih efisien. Bukan ngaruh jarinya tapi emang produknya

      • Gini yah, gantipart di luar honda itu gak masalah selama bagus part nya, kalau soal klaim sih bisa saja selama pemasangan di bengkel resmi, jadi lebih baik periksa kabel rem atau selang rem, sensor rem abs, ganti brake pad yang sintered atau ceramic kalau ada uang, jelas mahal karena daya tahan dan kekuatan bisa 3 kali lebih baik. Bisa kok beli part sendiri kita bawa sedia tapi pemasangan di bengkel resmi, kita tetep dapet garansi dan klaim bisa di lakukan, saya sering begitu kalau ada part motor cbr yang butuh kunci khusus atau bagian mesin yah saya serahin aja tenaga ahli. Tapi bagian luar seperti rem, oli, ban, lampu, rantai, gear, selama bisa di kerjakan sendiri yah kerjakan saja karena ngirit dan saya kere kalau k bengkel terus bisa miskin.

  • Kampas rem cepat habis harusnya kerasa ngerem terus motornya,, itu yg salah kayaknya di part remnya. Punya saya vario 125 old sudah 6 tahun gk ganti padahal suka pakai rem depan... Mantab

  • Ya mungkin kelihatan nya gak presisi antara posisi piringan cakram dgn rumah rem nya jd terjadi gesekan terus antara kampas rem dengan piringan cakram.

    • Curiga saya sih gitu bang..tp byk user 160cbs yg mngalami hal yg SM dgn saya..apa mungkin cakram nya gitu semua..atau ada yg sebagian wkt memproduksi nya..itu yg buat binggung

      • Kirain motor saya saja yg begitu.ternyata emang Vario 160 semua sama penyakit nya begitu.saya kira karet nya lepas ternyata emang habis,sudah saya ganti sekarang sebulan sudah srek srek lagi..gimana ini honda

        • Iya abis total tinggal besi nya saja.klw istilah nya tanggal kanvas nya mungkin mngakibatkn roda tidak berputar dan tentu serpihan pecahannya msh tertinggal..ni serbuk kanvas nya melekat di bagian lobang2 dicakramnya.

        • Coba dibongkar dibengkel rekanan terpercaya aj om. Honda yg sy rasakan dari Vario 110 Techno thn 2012 sampai vario terbarupun, pengereman mmg jelek. Dibandingkan motor yamaha, walaupun sekelas mio karbu. Sy skrg pakai v160 abs. Pengereman depan ny dibanding blkg. Pakeman yg blkg. Padahal master rem sy sudah upgrade gunakan yg racing. Saran bisa dibengkel rekanan dibongkar master rem & selangnya. Bisa aja itu dia sedikit mengerem automatis.. makanya kampas cepet habis. Disetel ulang pengereman nya

          • Rencana gitu bang..kebetulan saya punya temen yg buka bengkel coba dulu konsultasi dengannya..nunggu dlu gimn respon dari AHM pusat.

          • Tidak semua produk honda mas. Tapi lebih ke 160 nya. Soalnya saya pakai vario 125 cbs iss 1 tahun blm ganti kampas masih bagus saja. Padahal pp kerja 30 km lebih

  • penyakitnya VARIO itu motor ngeden bang, saya juga punya Vario 150 beli baru juga. paling gedeg ngeden, seperti yang di utara tulisan diatas tapi ga nyampe ganti kampas rem, emang bener kaya sreeek sreek gitu. pemakaian normal juga buat sehari hari aja.

    penyakitnya cuma satu itu aja sih.

    • Jalan lancar j g ada ngden ngeden..aplg klw jln lurus mulus sip bnget. pas saya tanya ke mekanik nya jawabannya sprt di ts saya..kn g mungkin bang blm sebulan udh ganti kanvas baru..ini saya tunggu respon dr Honda pusat nya.mtentang produk mrk

  • Motor saya Honda beat sudah 6tahun KM 50K baru ganti kampas rem kemarin ganti gak mau di Ahass / di dealer trauma body baut hilang dan pengerjaan gak beres dl pnh ganti vanbelt Honda beat setelah di ganti malah tenaga dr mesin ke roda hilang malah ngeden kayak jalan nanjak padahal rute nya jalan datar trs rmh kantor sejak saat itu pindah ke planet ban dan merasa cocok saya disitu kemarin aja ganti kampas rem cakram nya ganti di planet ban sama ganti oli nya juga.... Goodbye ahass

    • Klw untuk Honda saya sempat menggunakan Honda matic Scoopy 2020 ya kurleb setahun blm pernah mengalami masalah.dan beralih ke Vario 160cbs dikatagorikan baru lah bang.sebelum nya saya menggunakan Yamaha Jupiter z burung hantu warna ijo dan Vixion nvl (msh menggunakannya)blm pernah mengalami kendala berarti bang."gak ada niat utk menjatuhkan produk Honda"
      Disini saya dan mungkin anggota media konsumen yg mngalami kendala yang sama dengan saya menunggu respon dari AHM pusat
      Untuk masalah didealer tempat saya tidak mengalami masalah apa apa..Alhamdulillah mendapat pelayanan yang prima khususnya utk pimpinan BUANA motor,terima kasih pak kris atas pelayanannya.
      Dan utk dealer Kalimantan td saya sdh dihub cs nya untukeminta data pribadi saya.
      Demikian utk informasi bersama menunggu tanggapan dari AHM pusat

  • Naik motor jangan dibiasakan jari diatas handle rem terus, tp posisi jari bersama ibu jari megang handel stang, manuver lebih gampang dan reflek lebih bagus.
    Masih bagus itu motor bensin jari diatas tuas rem ga ngaruh ke motor, coba naik motor listrik pake perilaku yg sama, bakal kyk naik kuda liar, loncat2 motornya.

    • Saya juga mengalami hal yg sama ternyata bukan saya saja yang heran, dan alasan mekanik honda pun sama alasan nya karena pemakaian jauh dan naik turun, pdhl motor yg saya pakai sebelumnya di pake untuk jarak yang sama tapi kanvas rem nya awet

  • Itulah honda, banyak masalah tapi cuma bilang semua itu uda lolos quality contol mereka. Kaya nya barangnya emang lolos quality control, tapi sdm nya ga lolos quality control.

    Bengkel resmi honda deket rumah saya aja pernah belanja sparepart ke bengkel biasa waktu saya lagi mo beli oli di bengkel biasa.

  • Satu2nya logika kanvas rem bisa habis dalam 1 bulan, ya pasti "termakan" cakram... Artinya tanpa disadari sebenarnya ban itu ngerem terus.

    Tinggal dicari penyebabnya, bisa memang kesalahan desain sistem pengereman dari pabrikan, kesalahan di onderdil (sparepart), atau kesalahan penggunaan.

    • Blm sampai sebulan bang...???
      Y itu aneh nya..biasa nya kanvas rem depan paling lama penggantiannya drpd kanvas rem depan