Surat Pembaca

Belum Setengah Tahun, Sudah 2 Kali Ganti Kampas Rem Depan Honda Vario 160 CBS

Sebelumnya saya ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah meluluskan artikel saya. Pada bulan Oktober 2022, saya mendatangi dealer sepeda motor Honda Trio Motor di daerah saya, untuk membeli unit Honda Vario 160 CBS 2022 secara cash. Setelah melakukan pembayaran uang DP, sekitar seminggu unit yang saya pesan diantar ke rumah, setelah menyelesaikan pelunasan unit tersebut.

Singkat cerita, setelah menggunakan unit tersebut dan telah melakukan service kedua, kira-kira 2 minggu setelahnya, terdengar suara srekk sreeekk saat melakukan pengereman dan ada suara dokk dokkk saat melewati jalan yang tidak rata.

Menurut pengalaman saya, kalau bunyi demikian, kemungkinan ada kerusakan di kampas remnya. Namun saya gak curiga, soalnya motor matic baru mana mungkin kanvas remnya sudah rusak? Untuk memastikan hal tersebut, esoknya sepeda motor saya bawa ke bengkel resmi Honda di cabang dealer tempat saya membeli unit tersebut.

Setelah dicek mekaniknya, fix kanvas rem depan harus diganti. Karena permasalahan ini di luar garansi service gratis, jadi dikenakan biaya kampas rem depan sebesar Rp88 ribu dan biaya service Rp15 ribu. Untuk bunyi saat jalan tidak rata, karena frame plat yang saya gunakan. Setelah dilakukan perbaikan, saya sempat berbincang dengan mekaniknya, menanyakan kenapa kampas remnya cepat habis. Jawaban mekanik, penyebabnya karena perjalanan jauh dan rute jalan banyak tanjakan dan turunan.

Saya jawab saya gak pernah melakukan perjalanan jauh, paling jauh kurang lebih 10 Km dan kontur jalan biasa. Mekanik terdiam dan tidak bisa menjawab. Ok masalah rem clear, tapi masalah bunyi saat melalui jalan tidak rata masih ada. Hal ini saya tindak lanjuti dengan membuat laporan melalu email ke Honda Care pusat, dengan bukti berupa foto dan telah mendapat tanggapan dari CS Honda Care dengan menghubungi saya via SMS dan telepon. Saya diarahkan untuk mendatangi dealer di mana saya membeli unit tersebut.

Keesokan harinya saya membawa Vario saya ke dealer dan menceritakan masalah unit saya. Setelah dilakukan pengecekan dan perbaikan suara bagian depannya sudah hilang. Saya sempat berbincang dengan salah satu mekanik kenapa hal ini bisa terjadi dan juga menceritakan bahwa kerusakan yang sama juga dialami teman saya pada bagian rem depan Vario 160 CBS 2022.

Saya mendapat tanggapan dari mekanik bahwa untuk unit Vario CBS 2022, penggunanya banyak mengeluh hal yang sama. Pihak dealer Honda didaerah saya sudah membuat laporan ke Honda pusat, tapi belum mendapat tanggapan.

Kendala motor matic saya sudah clear saat itu. Eh belum sampai sebulan, masalah terjadi lagi di bagian rem depan, terdengar bunyi sreek..sreekk lagi. Whaattt? Apa kampas remnya lagi yang kena? Kan gak mungkin, baru saja diganti. Apa bunyi sreek..sreekk karena kampas rem basah? Maklumlah dalam bulan ini kan musim hujan.

Akhirnya kembali saya menghubung Honda Care via telepon dan mendapat respons yang baik dan diarahkan untuk kembali membawa matic saya ke dealer dan diterima langsung oleh pimpinannya (Pak Kris, makasih atas pelayanannya). Fix Vario saya didiagnosis harus ganti kampas rem lagi. Alhamdulillah kali ini gak dikenakan biaya pergantian spare part-nya (makasih Pak Kris).

Kata mekaniknya kerusakan kampas rem karena kesalahan pemakaian. Kembali saya dibuat bingung, rasanya cara pemakaian saya biasa saja, seperti saya menggunakan motor Y*m*h*a saya (sudah menggunakan lama dan baru ganti 2x kampas rem depan). Bahkan saya menggunakan pengereman depan dan belakang untuk melakukan pengereman, pasti para biker ngerti lah.

Kemudian disarankan oleh Pak Kris untuk sering membersihkan bagian rem depan, dengan menyiram air setelah menggunakan pada saat hujan (makasih Pak Kris sarannya). Namun jika terjadi kerusakan lagi pada bagian rem depan gak bisa diklaim lagi, fix harus bayar spare part-nya dan service.

Duh, bayangkan kalau tiap bulan harus ganti kampas depan bisa tekor nih. Baru service kedua, ganti kampas belum sebulan sudah harus ganti kampas rem lagi. Gimana kalau tiap bulan harus ganti kampas rem? Berapa biaya yang harus dikeluarkan? Moga-moga gak kejadian lagi ke depannya. Tapi gimana kalau terjadi lagi??

Jujur saya kecewa dengan produk yang Honda, saya baru mengalami hal tersebut, apalagi saya pengguna baru produk Honda motor. Sebelumnya dan sampai sekarang saya masih menggunakan produk 2 motor Y*m*h*, belum pernah mengalami masalah yang berarti. Saya mohon maaf jika ada kekurangan dalam penulisan saya.

Salam hormat saya.

Luthfi Azhari
Banjarmasin, Kalimantan Selatan

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Honda atas Surat Bapak Luthfi Azhari

Salam Satu Hati Menanggapi keluhan Bapak Luthfi Azhari di www.mediakonsumen.com di tanggal 06 Februari 2023 perihal “Belum Setengah Tahun, Sudah...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Untuk info terbaru setelah saya mengirim email ke AHM CC pusat untuk segera merespon artikel saya di media konsumen dan mendapat balasan dr CC nya yg bernama mbak Risma isi nya telah menerima pesan saya dan telah berkoordinasi dengan pihak terkait prihal permasalahan saya dan akan menghubungi saya.sampai saat ini belum ada pihak AHM pusat menghubungi saya.

  • Sama punya saya juga vario 160 cbs belum setahun uda 4 kali ganti trus mekanik honda bilang tangannya jangan diposisi ngerem,aneh sy pakai motor merk lain gk masalah posisi tangan di rem,tapi semenjak ganti di bengkel bukan resmi honda agak lumayan panjangan umurnya karena begitu diganti semua dibersihin emang sih sy liat kalo ganti cuma ganti to gk pernah dibersihin dalem2 nya

    • Y iya bang pasti kesalahan ada dipihak konsumen tanpa hrs mencari penyebabnya apa..saya bukan baru dlm menggunakan motor.dan ngerti sedikit tentang perbaikan motor.

  • Percayalah kualitas mekanik ahass tdk jauh lebih baik dari bengkel mandiri. Paling buruk adalah ahas yg ada Dealer penjualan. Bahkan sop pengerjaan d ahas menurut saya juga sangat simple sekali mungkin supaya service tdk memakan waktu lama. Parahnya menurut saya para mekanik tdk dpt menyelesaikan keluhan pelanggan dgn baik. Berkali2 saya mengalami servis d dealer ahass justru motor semakin tdk enak d kendarai.

  • biasanya sih kanvas ori lebih tahan lama,daripada pad nya abis malah disk nya yang tipis.haha
    coba ganti sama part aftermarket,mungkin bisa jadi solusi

    • Iya bang ini lg nunggu jawaban dr AHM pusat gimana sulusi baik nya jika terjadi hal dikemudian hri

  • Menurut pengalaman discpad cepat habis karena habit pemakaian, beban & tenaga motor lebih besar.
    Saya pernah pakai nmax juga cepat habis karena habit orang pakai motor matic selalu pegang handle rem, walau tdk ngerem tp rem akan tertekan terus & sering terjadi gesekan sehingga discpad cepat habis.
    Coba aja pakai motor kl jalan tanpa pegang handle rem tp cukup pegang grip (agak aneh memang) & tekan handle rem hanya saat mau mengurangi kecepatan Insya Allah discpad lebih awet.
    Sudah saya coba pada nmax & Aerox saya.

    • Saya sampai sekarang masih menggunakan Yamaha Vixion nvl 2013 utk perjalanan jauh dan berat kebetulan saya hoby mancing dialam liar.kebiasaan saya tangan tetap dihandle rem dan selalu melakukan Double rem(rem depan dan belakang) baik untuk pengereman disaat laju mau pun pelan.tp baru 2x ganti kanvas rem dpn.dan melakukan juga di Scoopy 2020 selama kurleb 1thn dan blm lgi melakukan pergantian kanvas rem depan maupun blkng

  • Apakah roda pada bagian rem yang cepat habis kampas remnya terasa macet/berat ketika rem bebas tidak bekerja? Jika diputar terasa berat ada hambatan pada bagian rem. Seharusnya klaim part penyebabnya bukan akibatnya.

  • sama seperti PCX awal2 keluar kampas nya sering bermasalah dan susah cari kampas nya.... produk AHMpass memang hebat ya laku kayak kacang goreng tp aftersales dan kualitas nya yah bs di liat sendiri #imho

    • Mungkin bagi Honda kwalitas belakangan..yg penting keluar kan produk dulu masalah kwalitas belakangan.g ada keluhan ok ada keluhan y masa bodoh g sesuai dengan slogannya SALAM SATU HATI
      klw gni ubah aja slogannya jadi SALAM SAKIT HATI??????

  • Untuk informasi terkini..Alhamdulillah pada hari Rabu 15.00wita.pimpinan,CS AHM dan kepala mekanik dri AHM cab kalsel-teng telah bersilahturahmi kerumah saya terkait keluhan saya dimedia konsumen.Alhamdulillah telah memberi solusi terbaik mengenai permasalahan yg saya alami..TERIMA kasih kpd media konsumen yg telah memuat artikel saya..temen/anggota media konsumen yg telah memberi masukan dlm diskusi kita.pihak AHM kalsel-teng..terima kasih cinderamata nya..
    Dan permasalahan ini saya anggap telah selesai secara baik..

      • Solusi nya mbak ini langsung dr kepala mekanik AHM kaksel-teng
        Jika terjadi kerusakan lgi..dan ini kerusakan upnormal maka dijamin oleh mrk pergantian spearpart nya gratis.dan bgi temen temen yg mnggunakan Honda dan service rutin di Ahass jika terjadi kerusakan mesin sedangkan kita rutin servis di AHM maka pergantian spearpart nya gratis..jd jika ada pihak mekanik yg minta biaya servis segera laporkan ke AHM care.
        Sebagai contoh
        Kita sudah rutin service di Ahass tiba2 motor kita piston nya rusak..maka sewaktu kita bawa ke bengkel resmi Honda biaya penggantian piston nya gratis..
        Dan lg setiap setelah kita hbs service di bengkel resmi Honda minta buku service kita distempel dimana kita servis motor kita

    • Ahm sekarang kaya ngejar target penjualan saja...
      Masalah kualitas sekarang jadi nomor sekian...
      Masalah chip semikonduktor udah teratasi jadi mereka jor-joran genjot produksinya, di tempat saya aja tiap hari ketemu mobil bak terbuka dealer yg lagi bawa motor buat dianterin ke pembeli, bahkan sampe jam setengah 12 malem saya pernah liat ada mobil dealer yang masih ngirim motor. . .
      Dulu juga suara klotok2 di mesin k56 (cb,cbr,sonic) ga pernah di tanggepin ama honda... Padahal udah banyak pengguna yg ngeluhin...