Surat Pembaca

Masalah Refund Asuransi Jiwa dan Kebakaran KPR Bank BTN oleh PT. Proteksi Antar Nusa (PAN)

Kepada Yth. PT. Proteksi Antar Nusa (PAN) dan Bank BTN,

Pada tanggal 12 Oktober 2022, saya Miftachul Huda suami kreditur a.n. Dewi Ratnawati, nomor debitur: 0000220160719000004, melakukan percepatan pelunasan KPR di Bank BTN cabang Pemuda, Surabaya. Semua berkas dan administrasinya sudah clear.

Setelah itu pihak Bank BTN menginfokan untuk refund asuransi jiwa dan kebakaran, akan diproses oleh pihak asuransi PT. Proteksi Antar Nusa (PAN) yang beralamat di Jakarta. Prosesnya kurang lebih 3 (tiga) bulan dan pihak Bank BTN menginfokan PIC asuransi tersebut.

Pada tanggal 6 Januari 2023, saya menghubungi via WA PIC asuransi PT. Proteksi Antar Nusa (PAN), tapi belum ada respons. Pada tanggal 12 Januari 2023, saya menghubungi kantor asuransi PT. Proteksi Antar Nusa (PAN) tersebut dan PIC menginfokan meminta rekening koran untuk pengecekan dan sudah saya lengkapi via WA pada tanggal 12 Januari 2023.

Tanggal 16 Januari 2023, saya WA dan telepon PIC tersebut untuk update pencairan refund asuransi, tapi tidak ada respons sampai sekarang. Kurang kooperatifnya pihak asuransi PT. Proteksi Antar Nusa (PAN) jelas merugikan nasabah Bank BTN.

Melalui Media Konsumen ini saya ingin menanyakan:

  • Sampai di mana prosesnya refund asuransi kami?
  • Mohon bantuan pihak Bank BTN untuk solusi refund asuransi kami, karena dalam proses KPR penentuan vendor asuransi sudah dipilih oleh pihak BTN. Seharusnya pihak BTN memastikan bahwa klaim atau refund asuransi atas nasabahnya bisa terealisasi sesuai skedul. Kalau asuransi modelnya kayak gini, jelas merugikan banget.

Itu uang kami tolong segera dicairkan.

Miftachul Huda
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sdh bukan rahasia lagi yang namanya asuransi, apa pun itu. Mau klaim mau refund gak akan dipermudah semua dipersulit...Hanya mau ambil uang nasabah

  • Hallo kak.. saya pun mengalami hal yg sama dgn kk nya, saya percepatan pelunasan KPR dr bulan JULI 2022, tp sampai saat ini pun blm ada klaim asuransi yg masuk, semoga klaim asuransi kita cepat cair *Bismillah

  • Bagaimana dng asuransi kebakaran aca ,karena saya juga plunasa sudah bbrapa tahun,lupa itu mnayakan aruransi nya sampai kadarluarsa... apakah bisa d caiirkan. Atw hilang bgitu saka..bantu info ya

  • Haloo kkak semua, saya nasabah KPR BTN Cab Padang, ingin share pengalaman dg teman2 semua...sya pelunasan 5 bln yg lalu dan yg baru di cairkan assuransi kebakaran, utk assuransi jiwa belum ada kabar sma sekali, pihak BTN juga tdk ikut campur dlm pencairan, krn pencairannya dr pihak asuransi lgsg ke rek nasabah, btw saya pakai asuransi bumi putera..semoga sisa hak kita segera di cairkan...salam LUNAS KPR♥️

    • Seharusnya BTN ga bisa lepas tanggungjawab ya, karna pilihan asuransi dari pihak mereka, kecuali asuransi yg milih kita..

    • Haloo kkk semua, alhmdllah hari ini asuransi jiwa saya cair dan masih menunggu pencairan yg atas nama suami...jadi, saya perhatikan mekanisme nya pencairan perorangan dg jarak waktu yg tdk ditentukan...semoga tman2 semua bsa segera di cairkan jga...Salam LUNAS KPR♥️

      • Kak bisa minta no wa pihak asuransinya kah? Saya sudah 6 bulan ini tidak ada kejelasan sama sekali

  • Saya juga sedang mengajukan refund asuransi jiwa dan kebakaran saya ke PT PAN. Per tanggal 3 Juli 2023 dokumen dikirimkan dari BTN pemuda ke PAN setelah pelunasan, di tanggal 26 Juli 2023 dokumen statusnya masih proses verifikasi, tanggal 7 Agustus saya telpon kantor PAN, verifikasi belum bisa diproses karena dokumen tidak lengkap dan diminta melengkapi bukti pelunasan, foto buku rekening, foto KTP, foto mutasi rekening saat pelunasan.

    Sampai sekarang komunikasi baik melalui telpon kantor PT PAN tidak pernah diangkat, komunikasi lewat email tidak ada balasan.

  • Saya juga memiliki masalah yang sama dan tidak tahu Asuransi yg bekerja sama dengan BTN, saya sudah ke bank BTN Denpasar tanggal 26 Pebruari 2024 dan dapat informasi dana sudah masuk tanggal 20 Pebruari 2024 tapi ketika buku tabungan diprint tidak ada transaksi tersebut, kemudian nomor hp saya dicatat + fotocopy rekening tabungan, dan akan dihubungi kemudian (sampai sekarang belum ada konfirmasi)🙏