Surat Pembaca

Mesin ATM BNI Tidak Mengeluarkan Uang, tapi Saldo Terpotong

Yth. Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk,

Pada tanggal 03 Januari 2023 pukul 16.10 WIB, saya melakukan penarikan tunai di ATM BNI di Kecamatan Pademawu Kab Pamekasan Jawa Timur. Saya melakukan penarikan dua kali. Pertama sebesar Rp2.000.000, dengan nominal pecahan Rp100.000. Uang tidak berhasil keluar, dengan notifikasi layar tidak dapat diproses. Saya mencoba penarikan kedua, berhasil keluar karena menggunakan nominal pecahan Rp50.000.

Saya mencoba ambil lagi Rp 2.000.000 yang gagal, tapi ternyata saldo sudah terpotong pada penarikan pertama. Padahal jelas uang tidak keluar dan keterangan layar tidak berhasil. Saya langsung mengajukan pengaduan secara online langsung ke website resmi BNI dan sudah diberitahukan melalui chat bahwa pengaduan sudah diterima. Namun tidak ada kepastian tentang pemrosesan, kecuali hanya info 10 hari kerja. Sementara dana dibutuhkan sebagai perputaran usaha.

BNI sebagai BUMN sejatinya mendukung UMKM, bukan malah mempersulit dengan membebankan keburukan sistem BNI sendiri kepada nasabah. Ternyata hal ini sudah terjadi bukan hanya pada saya sebelumnya. Saya membuat surat pembaca ini supaya hal yang sama tidak terjadi pada nasabah lainnya.

Semua bank, tak hanya BNI, wajib meningkatkan layanan dan perlindungan terhadap konsumen. Karena masalah yang terjadi di mesin ATM, cukup sering terjadi dan menampar dunia perbankan terkait. Sehingga merusak kepercayaan masyarakat terhadap bank.

Semua memiliki hak mendapatkan perlindungan dari perbankan, apalagi pada bank sekelas BNI. Nasabah akan merasa tidak nyaman menyimpan uangnya dan melakukan transaksi, penarikan tunai, di bank perusahaan negara ini tentunya. Apabila sudah ada penyelesaian dari pihak BNI, maka saya akan langsung menuliskannya di kolom komentar. Terima kasih.

Abdul Azis
Kabupaten Pamekasan, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Sekarang sudah kelar belum masalahnya? Yg namanya ATM kl ga keluar uangnya biasanya masalah jaringan, dan waktu proses emang 10-14 hari kerja. Berlaku utk semua nasabah dan rata2 semua bank di Indonesia kayanya gitu, harap pahami dan maklumi

  • Klo saldo kepotong dan uang tidak kluar pada saat tarik tunai biasanya lgsg balik keesokan harinya soal udah bbrp kali kejadian, saya menggunakan Bank Mand*ri untk tabungan payroll dan juga pakai Livin Mand*ri udah bbrp kali tarik tunai di ATM waktu itu seingat saya ATM Bersama, uangnya tidak keluar tapi saldo kepotong tunggu besok paginya udah balik saldonya.

  • Lah aturannya emang begitu kali....saya juga pernah ngalamin saldo kepotong tapi uang ga keluar. Terus telpon ke call center nya. Habis itu suruh tunggu 14 hari kerja. Akhirnya balik juga saldo nya ?

  • Alhamdulillah..Fast and Good Response dari Pihak BNI, Dana sudah Kembali dengan utuh beserta pelayanan Call Senter yang ramah.
    Semoga pelayanan baik ini, kedepan semakin membaik sehingga BNI sebagai Platform Plat Merah benar2 dapat menjadi Andalan..
    Terima kasih Untuk BNI, khususnya Media Konsumen yang menjadi moderator.

    • Saya baru mengalami ini kemarin, saya langsung datang ke kantor cabang BNI . Pas ketemu cs nya di suruh nunggu 1x24 jam, dan kalau masih belum ada pembetulan saldo di suruh telpon call center nya sendiri sedangkan call center kalau di tlp waiting list terus . Karena saya baru mengalami ini. Pernah saya ambil uang di atm prima, kasus sama uang tidak keluar tp saldo terpotong . Nunggunya cuma 30 menitan saldo udah balik lagi makannya agak cemas waktu kejadian seperti ini di atm BNI sendiri .

  • Sampai jam sekarang jg belum balik saldonya, padahal sudah 1x24 jam . Berarti harus balik ke kantor cabang lagi hari ini .