Surat Pembaca

Penagihan PT MBA Consult Rekanan SPayLater kepada Selain Kontak Darurat Saya

Pihak PT MBA Consult, sebagai rekanan Shopee SPaylater melakukan peneleponan kepada orang yang tidak pernah saya daftarkan sebagai emergency contact. Saya merasa terganggu dengan adanya tindakan seperti ini, dan saya merasa dirugikan atas tindakan tersebut.

Pihak MBA Consult harusnya dapat lebih bijak dalam melakukan penagihan, apalagi mereka menelepon ke orang yang tidak saya daftarkan sebagai emergency contact. Saya sudah coba complain ke call center Shopee, tapi tidak solusi. Mereka malah melemparkan kesalahan ke pihak PT MBA Consult sebagai rekanan Shopee SPaylater.

Saya sudah melunasi tagihan saya pada tanggal 31 Januari 2023 dan 01 Februari 2023, tapi saya masih terus ditagih dengan cara penagihan yang tidak mengenakan. Saya minta pihak PT MBA Consult untuk membuatkan surat permohonan maaf atas tindakan tersebut. Yang mana sesuai undang-undang yang ada, penagihan tidak boleh dilakukan selain ke nasabah atau emergency contact.

Saya harap ada itikad baik dari pihak PT MBA Consult atas tindakan tersebut!

Elvina Denisa
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Banyak kasus seperti ini soal Nasabah yang Nunggak yang mengeluhkan Tata Cara Penagihan. Solusinya, JANGAN HUTANG. Udah gitu saja.

    Jangan minjem duit orang, gunakan duit hasil kerja keringat sendiri supaya berkah & nyaman di perut nyaman di batin.

    Namanya soal DUIT, hati hati..

  • gausah lebay baru di giniin, kl ada komunikasi baik juga ga bakalan di cari cari, emang dasarnya di tagih ga respon si, giliran di hub kontak luar ketar ketir baru bayar merasa dirinya di hakimi, aneh sama orang yg begini, namanya juga tagihan nunggak ditagih pura pura mati suri, ngomongin ada denda dll, ujung2nya minta denda di apus kl ga di apus ga dibayar, drama sekali si, ga mau seperti ini ya bayar tepat waktu aja si gausah ribet hehe

    • Klo ts sudah bayar masih ditagih gimana? Spaylater juga sdh akui sdh lunas tapi masih juga ditagih. Jadi yg lebay siapa?
      Baca dulu yg bener biar ga kelihatan beg*

    • Elah adira n leasing resmi misal.... Baru ada telf kalo nunggak lebih dari 2-3bln... Klo pinjol belum jatuh tempo aja udah ribut nelf kemana"...

  • pinjem ke keluarga aja mendingan, palingan lebih pedes nagihnya dibanding dbetcoll muehehehehe

    • Kalau itu terjadi dgn saya, pasti saya usut oknumnya. Ingat ya, kalau penagihan tdk sesuai SOP atau perbuatan melanggar hukum seperti cara intimidasi, pengancaman, mempermalukan bisa kena pasal pidana.
      Pasal 45B UU 19/2016

      Setiap orang yang dengan sengaja dan tanpa hak mengirimkan Informasi Elektronik dan/atau Dokumen Elektronik yang berisi ancaman kekerasan atau menakut-nakuti yang ditujukan secara pribadi sebagaimana dimaksud dalam Pasal 29 dipidana dengan pidana penjara paling lama 4 (empat) tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 750.000.000,00 (tujuh ratus lima puluh juta rupiah).

      Jadi bagi pinjol2 yg memakai jasa pihak ke 3 dalam melakukan praktik penagihan pastikan mereka sesuai SOP dan sesuai aturan POJK. jika ini dilanggar resikonya perusahaan fintech/pinjol bersangkutan beresiko dibekukan dan bisa dicabut ijinnya.

  • Sepertinya itu sih resiko berhutang, entah syarat ketentuan nya seperti itu kan kita ga tau juga karna kita tdk baca atau kita yg ga tau, yg pasti pijol punya cara nya masing², jika tidak suka cara nya pinjol seperti itu silahkan untuk di Tinggalkan, jika masih butuh pinjol tersebut mau tdk mau kita harus terima cara pinjol tersebut, walaupun itu sdh berbunga dan tetap di hubungi walaupun bukan kontak darurat ya balik lagi itu adalah bagian dari sarat dan ketentuan/mungkin itu sdh peraturan yg punya uang/yg memberi hutangan,.. balik lagi ke diri kita masing², klo tdk suka ya tinggalkan, jika tdk mau tinggalkan ya terima resiko nya!!!

    Kita berharap semua pinjol di tutup, tapi bagaimana mau di tutup lah wong konsumen nya masih banyak, hukum bisnis itu selama pasar masih membutuhkan bisnis tetap berjalan... selama pinjol masih ada yg gunakan selama itu juga pinjol akan selalu ada, keputusan tetap ada di tangan kita, semua tindakan kita pun pasti ada resiko nya, be smart ya guys semua!

    • Kalo ga di tanggapi,kasih bintang 1 aja si oren nya.. Ntar juga kaya toko sebelah (bangkrut)..
      Biar Si orennya mikir..

      • Kl perlu viralkan disemua medsos smp mrk minta secara terbuka dimedsos & minta maaf secara tertulis ke org yg mrk tlp

  • Biar di takedown lagi MBAnya ko seenaknya hub selain kondar. Kantornya ditutup lagi, pernah dulu di takedown. Gara2 DCnya.. Yg positif biasanya pihak DC wkwkwk. Ketara.. Kalo gak ada tanggapan dr pihak MBA datangin aja kantornya di deretan Setiabudi one jaksel

  • Nasabahnya pasti susah dihubungi atau tidak merespon. Jaman sekarang bisa cari informasi melalui sosmed dll. Tdk mesti ambil kontak.
    Usahakan bayar tepat waktu.

  • Memang begitu semua fintech dan rekanan konsultan penagihan nya,,jangankan telat,,belum jatuh tempo aja sudah di telp baik yg punya hutang ataupun kondar nya apalagi kalo sampai telat,,pasti auto di sebar.kalo sy sendiri memang galbay,,hampir seluruh anggota keluarga sy di telp bahkan anak sy yg di bawah umur juga ikut di telp.Sy jelaskan ke keluarga kondisi sy yg galbay dan meminta mereka untuk mengabaikan nya.kalo sy ambil sikap tenang aja ga mau hari2 sy di teror sama dc,sy hutang lewat aplikasi maka sy selesaikan di aplikasi,untuk pihak ketiga seperti dc ya sy abaikan,,toh data sy juga sudah tersebar dan tinggal sy blokir2in aja no2 dc nya..pernah ada dc yg chat dan sy respon baik,eh kata2 nya sangat kasar dan tidak pantas,sy bales aja " udah sy screenshot ya apa yg km tulis buat bukti sy laporan ke polisi,trus dc balik tanya apa maksud sy?" Sy baca tanpa sy respon,capek sendiri dc nya.Sy punya hutang jadi mending sy fokus byr hutang nya,adapun dc atau orang lain yg hanya memperkeruh suasana pasti sy blokir

  • 3-5 tahun lagi pinjol2 pada bangkrut,
    Usia 20-35 tahun dah banyak yg galbay pinjol.
    Kalau pinjol masuk slik & berpengaruh pada skor kredit dislik ojk maka perputaran uang di bank2 tdk maksimal.