Penagihan Arogan Pinjol KTA Kilat

Tanggal 4 Februari 2023, saya mendapat chat dari pinjol KTA Kilat, bahwa saya ditunggu pembayaran yang sudah jatuh tempo. Saat itu saya memang belum bisa membayar, tapi apa yang terjadi kemudian? Pihak penagih yang mengatasnamakan KTA Kilat melakukan aksinya, akun email saya diberondong email berkali-kali, belum lagi WhatsApp saya.

Dalam hal penyampaian WhatsApp ataupun email, sama sekali tidak menyebutkan jati diri pengirim, sang pengirim selalu memakai identitas KTA Kilat. Cara inikah yang dipakai sebagai SOP dalam berhubungan dengan kami sebagai peminjam, dengan tidak menyebutkan identitas? Bagaimana saya bisa berkomunikasi dengan baik menjelaskan keadaan sebenarnya kalau saya tidak tahu siapa Anda?

Yang saya dapati hanya ancaman, bayar sekarang, harus bayar, bahkan tuduhan terhadap data-data saya yang diragukan. Apakah setiap orang yang terlambat atau belum bayar selalu digolongkan mereka yang akan kabur? Belum lagi kiriman email bertubi-tubi yang dilakukan dengan memakai nama KTA Kilat, aksi dilakukan sampai pukul 20.00. Ini sudah sangat mengganggu dan memberi kesan seenaknya saja.

Tidak adakah SOP memperkenalkan diri dengan menyebut nama dan ID perusahaan? Anda tahu siapa kami, tapi apa kami tau siapa Anda? Tolong perlakukan kami dengan baik, karena kami tetap nasabah KTA Kilat selama belum ada pelunasan/pengakhiran pinjaman.

KTA Kilat saya rasa perusahaan besar, akankah tetap mempertahankan sistem penagihan seperti sekarang? Berhentilah bertingkah laku barbar, apa yang dilakukan crew KTA Kilat saya yakin di kemudian hari menjadi masalah besar. Terakhir, janganlah nasabah yang telat atau belum mampu bayar dianggap pecundang yang bisa ditakut-takuti terus dan dipaksa-paksa. Saya kecewa dengan perlakuan KTA Kilat hari ini.

Andika Wardana
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan KTA Kilat atas Surat Bapak Andika Wardana

Yth., Pelanggan setia kami Bapak Andika Wardana. Menanggapi pengaduan Bapak Andika Wardana melalui media konsumen terkait Penagihan Arogan Pinjol KTA...
Baca Selengkapnya

89 komentar untuk “Penagihan Arogan Pinjol KTA Kilat

  • 7 Februari 2023 - (22:11 WIB)
    Permalink

    Wajar sih Pak klo mereka nagih sprt itu toh mereka jg nyari makan dari hasil penagihan atas pinjaman anda, Saran saja pak lebih baik jgn menggunakan jasa pinjol disaat sdg kekurangan uang apalagi klo kondisi keuangan anda tidak baik2 saja krn sdh tentu cara mereka menagih sprt sdh banyak kok yg merasakan dan sering komplain disini dgn cara penagihan DC pinjol. smg masalah anda cepat selesai.

    27
    8
    • 7 Februari 2023 - (22:44 WIB)
      Permalink

      Wajar ?
      Jangan berhubungan dengan pinjol? Saya rasa terlalu sederhana jika itu yang disampaikan. Terima kasih

      1
      38
      • 7 Februari 2023 - (23:31 WIB)
        Permalink

        Benar komentar-komentar diatas, kalo bisA jangan pake pinjol, kalo terpaksa harus pakai ya harus terima resiko nya apalagi klo menunggak dan telat bayar. Percuma tulis 2000x pun di media konsumen komplain perihal DC pinjol, tetep aja mereka akan berlaku begitu. Jadi ya semua ada resiko nya pak, sekali lagi percuma anda komplain soal tabiat DC pinjol.. ga akan berubah apapun kelakuan mereka

        23
        2
        • 8 Februari 2023 - (11:08 WIB)
          Permalink

          Tak ada yang percuma
          Sekalipun ada yg bilang playing victim ((istilah yang pasti ditemui setiap ada laporan seperti ini) .

          3
          17
          • 8 Februari 2023 - (18:18 WIB)
            Permalink

            Saya yakin penulis ini pintar,tapi nulis di MK pun masalah ini ga akan selesai,karena sebelum nya telah banyak yg nulis hal serupa,seandainya penulis ingin agar ada perubahan mengenai penagihan pinjol alangkah baiknya lapor OJk atau pihak kepolisian,percuma nulis d MK,dan bagi pemberi saran biarlah penulis menyelesaikan masalahnya sendiri soalnya dikasih saran apapun penulis ga bakalan Nerima,malah sok pintar

            10
          • 9 Februari 2023 - (20:11 WIB)
            Permalink

            Jauhi riba.

        • 9 Februari 2023 - (09:02 WIB)
          Permalink

          Hahahah.. mindsetnya jangan dibalik bro.. ente hutang ya emang wajib bayar. Ente nunggak emang uda salah ente.

          Jangan ente yg hutang ga sanggup bayar, giliran ditagih2 malah seolah ente jadi korban.

          Kalau gak mau berurusan ya ga usa hutang ke pinjol, utang aja ke keluarga atau temen. Atau korbanin jual harta ente dr pd hutang pinjol.

          Jangan bilangin org di posisi elu, lah coba elu di posisi yg nagih ke manusia nunggak kek elu wkwkwk.

          Mindsetnya jangan dibalik hahah..

          14
          3
          • 10 Februari 2023 - (10:29 WIB)
            Permalink

            Sobat Sikapi,
            jika menurut UU Perlindungan Konsumen, terdapat beberapa hak yang wajib dipenuhi oleh semua pelaku usaha. Hak-hak tersebut dicantumkan pada Pasal 4 undang-undang dimana konsumen memiliki hak-hak sebagai berikut:

            Hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa;
            Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut;
            Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;
            Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;
            Hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut, sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;
            Hak atas informasi yang benar, jelas, dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa;
            Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan;

            OJK pun mengeluarkan aturan mengenai hak hak konsumen yang kurang lebih sama.
            Saya pun menulis ini di MEDIA KONSUMEN.
            Terima kasih.

            2
            1
          • 13 Februari 2023 - (18:57 WIB)
            Permalink

            Bener mas kalo yang ini, dia aja nunggak ditagih spt itu baru protes…
            Mending dibaca dulu buat penulis ya waktu anda pinjol perjanjian gmn?? ada gak yang dilanggar dr perjanjian?? jangan seolah2 jadi “korban penagihan pinjol”. Yang bener “pinjol ketipu sama perjanjian yang anda setujui”. Coba kalo pas jatuh tempo anda bayar, gamungkin di spam gitu, pinter boleh mas sampai bawa2 peraturan Undang- Undang tapi logika nya dipakai juga, dikit aja tapi dipakai logikanya. ok? hehe
            agak emosi baca postingannya sory ya

            itu kata2 diatas nulis komen nya secara baik..

            kalo yang kasar ini bro…

            klo gaada uang ya kerja tod, malah maen pinjol. lo yang salah, malah sok sok an jadi korban. Otak dikasih sama Tuhan dipakai lah buat mikir biar ga ngeshort itu otak,jangan cuman buat aksesoris aja.Lo pinjol buat apa? gaya hidup?norak bgt jadi orang klo buat gaya hidup..

      • 8 Februari 2023 - (00:48 WIB)
        Permalink

        Dear mas andhika, menurut saya mas andhika bru sekali telat disatu aplikasi atau mungkin dibbrpa aplikasi. Gini lho mas, tindakan penagihan mereka baik via email, telepon, sms itu memang sudah wajar mas. Mengganggu? Iya memang menganggu sangat,.ini legal lho cb mas telat di apliasi ilegal, lebih parah dari ini. Belum lg ada jg aplikasi legal kelakuan ilegal. Klo memang blum bisa bayar, brrti ini konsekuesinya, msti sabar masenghadapinya. Benar yg komen dibawah, mau di bawa ke MK pun masalahnya jg tidak akan selesai. Klo memang blm bisa byar ya galbay atau mau bayar tpi telat ya konfirmasi telepon mereka brrkali2, krn yg nelpon mas andhika bukan hanya satu petugas saja.

        12
        1
        • 8 Februari 2023 - (01:30 WIB)
          Permalink

          Telat berapa bulan?
          Menurut saya ya wajar aja sih kalo di spam pesan penagihan kayak gitu, kan mas nya yang nunggak juga, saran saya jangan main2 sama pinjol

          14
          1
          • 14 Februari 2023 - (14:18 WIB)
            Permalink

            Smua dc pinjol bgtu kok om,,ngeri

        • 10 Februari 2023 - (10:37 WIB)
          Permalink

          Windra, saya tidak sejauh itu utk membahasnya.
          Saya punya bukti ,ada kok aplikasi pinjol yang memberikan Service jauh lebih baik, mereka memberikan informasi jelas, berani menyebutkan jati diri plus ID mereka. Tak ada intimidasi. Nah klo ada yg bisa kenapa yang sejenis tidak bisa?. Satu hal, tidak membayar adalah hal yang tidak di benarkan sama tidak dibenarkan dengan mengancam dan mengintimidasi.

      • 8 Februari 2023 - (04:15 WIB)
        Permalink

        Pernah pinjam di pinjol sehari sebelum tenor benar benar di spam sms dan wa penagihan. Di wa terus suruh bayar padahal belum telat. Ngeri pokoknya urusan sama pinjol. Semoga yang lagi terjerat pinjol semoga bisa segera keluar dari masalah keuangan.

        17
        • 8 Februari 2023 - (18:23 WIB)
          Permalink

          ketika pakai pinjol harus paham sama siapin mental dan tau resiko jika memang bila terlambat atau gagal bayar di pinjol ??

          Semoga Penulis diberikan rezeki untuk bisa segera melunasi pinjaman online nya..
          saran saya jangan terlibat pinjol!!
          masih banyak cara untuk mendapatkan pinjaman

          3
          1
      • 8 Februari 2023 - (11:43 WIB)
        Permalink

        Smoga segera selesai ya pak masalahnya . Jika masuk ke dunia pinjol we play their games, if we don’t like it, then get out of it asap. Nah cuman asap nya ini gimana caranya.

      • 9 Februari 2023 - (02:24 WIB)
        Permalink

        Bayar aja pak.. klo ga sanggup, jual motor atau emas saja (kalo punya). Jgn menyalahkan org yg pernah membantu anda. Sekian

        6
        1
        • 9 Februari 2023 - (05:57 WIB)
          Permalink

          Membantu dari mana bos?
          Mereka bisnis,klo cara penagihan secara baik dan sopan mungkin nasabah akan bayar.klo udh nagihny secara bar bar, intimidasi,teror nasabah akan lari juga dan gk mau bayar..

          Jgn pernah jual aset apapun untuk membayar pinjol ilegal/legal.
          OJK sama afpi aj TDK peduli sama korban pinjol,ngpain kita peduli juga sama perusahaan pinjol.

          Tetap Galbay kn aj.gk usah di bayar semua pinjol.

          Klo udh anda intimidasi lapor ke polisi dgn bawa bukti2 ny.

          DC juga manusia,makan nasi kayak kita.jgb prnh kasih ruang bwt DC/pinjol untuk menekan mental kita smua

          12
          5
          • 10 Februari 2023 - (07:58 WIB)
            Permalink

            galbay tetap ada resikonya, kalau krediturnya bank, akan ada di SLIK OJK kita, akibatnya akan collect 5, alias gk akan bs pinjem ke bank nasional sekalipun, semua ada resikonya, yg bener jgn memulai urusan sm pinjol, karena mereka lintah darat

          • 25 Maret 2023 - (12:16 WIB)
            Permalink

            saya baru membaca forum ini disini saya hanya ingin membagikan pengalaman saya pribadi dimana saya pinjam di apk tersebut jatuh tempo hari ini dan bilang akan membayar di jam 12 siang akan tetapi saya sadar belum gajian mengunggu sore akan saya bayar karena gajian saya di undur sore atau malam hari tetapi merka meneror saya dengan telpon dan wa sampai bilang kepada saya untuk mencairkan dana atau mengadakai kan apa yang saya punya supaya bisa bayar jam 12 siang karena sistem mereka tutup jam 1 siang jika bayar lebih dari jam tersebut pembayaran nya tidak akan ke input lalu saya bilang tidak apa-apa nanti saya bayar 2 kali karena belum gajian sekalian denda nya mereka bilang TIDAK BUTUH DENDA SAYA HARUS BAYAR JAM 12 padahal saya bahkan belum telat sama sekali.. sungguh pelayanan yang buruk di bandingkan pinjol ojk yang lain

        • 22 Maret 2023 - (00:36 WIB)
          Permalink

          Kalau bayarnya sebelum Japo, memang tenang, damai sejahtera, hanya Akulaku yang bersemayam di hatiku yang paling dalam, jarang berisik, malas WA, malas kirim email alias wait and see hihihi.

    • 8 Februari 2023 - (05:13 WIB)
      Permalink

      Wajar dari mana ny bos?
      Aturan udh di kelasnya tidak boleh intimidasi,ancaman verbal maupun non verbal.
      Itu sudh ada di aturan ojk/Bank Indonesia

      9
      9
      • 8 Februari 2023 - (05:21 WIB)
        Permalink

        Yah aturan mah sebatas aturan aja dan lagian jika melapor ke OJK saya pun tidak yakin OJK melakukan tindakan toh pinjol menggunakan pihak ketiga untk jasa DC nya.

        11
        1
      • 8 Februari 2023 - (07:20 WIB)
        Permalink

        Sanggup pinjam sanggup bayar sesuai ketentuan berlaku .kalau uang mas di pinjam dan tidak di bayar apakah mas mau .kalau mau saya mau pinjam mas

        11
        3
        • 8 Februari 2023 - (10:47 WIB)
          Permalink

          Yang niat tidak bayar sapa ya?
          Berdirilah disisi saya, rasakan apa yg ada atau berdirilah ditengah tengah jika tak mau berdiri dikiri atau di kanan.

          5
          18
          • 8 Februari 2023 - (16:20 WIB)
            Permalink

            Dan mas juga mesti bediri di posisi para DC… Biar sma² faham.. ok

            10
            2
          • 9 Februari 2023 - (10:42 WIB)
            Permalink

            Bukan hanya kta kilat.. Akulaku yg jelas legal di bawah naungan Bank BTPN gunung sahari jg sama kok nagih ky bgtu.. Selesain aja tunggakan nya biar gk di ribetin..

          • 11 Februari 2023 - (00:15 WIB)
            Permalink

            Sepertinya sih pak

    • 8 Februari 2023 - (05:27 WIB)
      Permalink

      Karena sdh terlalu biasa kita melihat cara penagihan DC dilapangan yg penuh arogansi dan tidak sopan yg awalnya kita pikir cara penagihan sprt ini tidak wajar krn sdh terbiasa jd saya anggap sdh wajarlah DC nagih sprt itu. Mengapa saya sarankan jgn berhubungan dgn pinjol krn saya lihat mental anda krg kuat dlm menghadapi arogansi penagihan pihak DC, jd yah cm itu saja saran saya jgn berhubungan dgn pinjol.

      7
      2
      • 8 Februari 2023 - (10:52 WIB)
        Permalink

        Jika sudah dianggap hal yang, biasa maka kita akan membiarkan semuanya.
        Membiarkan kita saling bertikai. Rasakan dan katakan.

        1
        11
        • 9 Februari 2023 - (09:52 WIB)
          Permalink

          Membiarkan kita saling bertikai? “Kita”? saya rasa krg tepat katanya mas, hrs itu saya dan DC klo kita kayaknya nggak deh toh yg ditagih ama pinjol dan merasa tidak nyaman adalah anda sendiri, bukan saya dan saya pun tidak akan pernah mau menggunakan jasa pinjol sekalipun butuh uang mending pinjam ke saudara atau klo perlu ambil dari tabungan (bknnya tidak setuju dgn jasa tersebut cm mnrt saya krn beban bunganya terlalu tinggi dan ditambah lg potongan diawal ketika pengajuan)

          • 10 Februari 2023 - (10:42 WIB)
            Permalink

            Sdr Parid, siapa yang membantu?

            Bung HR , Kita Itu untuk teman senasib dan saya tidak pernah membawa bawa anda diluar sana. Bahasa kampung saya, anda terlalu GEER.

        • 9 Februari 2023 - (20:16 WIB)
          Permalink

          Sama dengan yang terbiasa berperilaku riba. Jika dibiarkan semakin jauh dari berkah. Ada duit tapi ga tenang, takut dibawa kabur orang, dapat duit ga tenang juga dikejar2 rente apalagi saat nunggak.

        • 10 Februari 2023 - (10:48 WIB)
          Permalink

          Bknnya Geer kan anda sendiri yg menuliskan kata2 yg bisa bermakna ambigu, kata guru saya berbahasa Indonesia lah yg baik dan benar. ??

    • 8 Februari 2023 - (06:37 WIB)
      Permalink

      Pinjol KTA kilat memang seperti itu, belum jatuh tempo saja kita sudah di teror apalagi nunggak. Walaupun kita sangat butuh duit tak usah minjol terutama KTA kilat, penagihan DC nya sangat sadis tak sesuai dengan aturan OJK hampir mirip dengan pinjol ilegal

    • 9 Februari 2023 - (08:50 WIB)
      Permalink

      Apapun caranya jika ada intimidasi pnyebaran data pribadi ttep slh mskipun itu hukum ny perdata bukan pidana

      1
      1
    • 30 Mei 2023 - (08:39 WIB)
      Permalink

      Saya juga di tagih bahkan dengan fitanahan keji oleh dc kta kilat,awal pinjam saya cuma coba2,saat harus tanda tngan saya sengaja tidak tanda tangan karna saya membatalkan pinjaman,tapi oleh kta kilat uang nya di kirim ke rekening saya sebesar 600rb,saat telat bayar,saya di teror dengan fitnah sebagai penipu emas dan arisan orang,dengan kata2 yang luar biasa kejam fan kasar,saya juga di katain “T*L*L Dan be**ngs**” juga ancaman2 data saya akn di sebar,sms nya sudah saya ss dan akan saya jadikan bukti untuk pelaporan ke ojk secepat nya

  • 7 Februari 2023 - (23:21 WIB)
    Permalink

    Namanya juga pinjol, lapor ojk gak ngaruh, lapor polisi sama aja, pakai pengacara ini baru bisa, gugat aja secara perdata bahwa tidak sesuai sop, saya dukung, tp kalau cuma tulis di mk, ojk, polisi, gak ngaruh

  • 7 Februari 2023 - (23:41 WIB)
    Permalink

    Kalau memang sudah benar2 tdk mampu membayar. Pilihan yg paling logis cuma 2 :
    1. Keberanian. Lawan mereka secara hukum
    2. Muka tembok. Abaikan teror mereka, anggap saja tdk ada teror. Pokoknya muka tembok. Ga perlu takut dipermalukan. Biarkan mereka teror sampai puas.
    .
    Tidak adakah SOP memperkenalkan diri dengan menyebut nama dan ID perusahaan? Anda tahu siapa kami, tapi apa kami tau siapa Anda?
    Di duga dc memang tdk pernah punya id card perusahaan maupun surat tugas dari perusahaan. Kalau ada pun ga akan ditunjukkan. Bila terjadi tindak pidana dan masuk pada proses hukum maka pihak perusahaan tinggal cuci tangan, tinggallah si oknum dc yg menanggung akibat.

    • 8 Februari 2023 - (10:54 WIB)
      Permalink

      Biasa mas pinjol emg kyk gitu saran saya si biarin aja mau mereka telpon kek w.a kek klo blm ada uang ya jgn d paksain bayar, bayar aja ntr klo sudah ada uang nya, tu dc yg tlpon dan wa jg ga bakal datang ke rumah, cuma gertakan doang, sukur sukur ntr malah dapat keringanan buat bayar

  • 8 Februari 2023 - (08:46 WIB)
    Permalink

    Sebenernya tergantung kita nya sih klo menghadapi pinjol yg spam WA ataupun email lah telpon lah..klo kita nya bawaan emosi ngerasa di ganggu atw BLA BLA bla ya pasti pusing.. klo saya sih biasa aja gak pernah d ambil pusing ketika d tagih pinjol malah saya selalu bales baik” WA nya tu DC walopun kadang agak barbar. mereka hanya mengingatkan toh yg baik atau buruk nama kita sendiri sebagai peminjam..jdi lebih bijak lagi karna kita sebagai peminjam sebenernya adalah pelaku utama??????

    5
    1
  • 8 Februari 2023 - (09:45 WIB)
    Permalink

    Anda itu minjam tanpa agunan, tanpa jaminan apapun, hanya bermodalkan kepercayaan 100% kepada anda. Ketika anda tidak tepat janji walau cuma 1 hari, wajar aja mereka terkesan memaksa.

    Anda itu bukan kerabat bos dari si peminjam, lupakan angan2 anda untuk ditagih dengan ramah tamah, senyum, dan sapa dengan sopan santun kl sudah nunggak apalagi anda tidak ada jaminan apapun.

    Sering2 main inet untuk menambah wawasan dan pengetahuan, salah satunya bagaimana kejamnya Pinjol terutama yg ilegal dalam menagih, bahkan penunggak ada yg sampai bunuh diri.

    Kalau anda mau buka wawasan sedikit aja, anda pasti sadar kalau penagihan ke anda masih taraf wajar untuk model pinjol. Turunkan gaya hidup, jauhi pinjol, dan stop playing victim yg nggak beralasan

    14
    2
    • 8 Februari 2023 - (11:00 WIB)
      Permalink

      Terima kasih atas wajar dan sudah biasa. Saya percaya kalian lebih bagus cara berpikir karena sering berada di dunia internet , saya dan teman2 lain yg senasib hanya berharap semua akan berakhir. Terima kasih

      3
      12
    • 10 Februari 2023 - (10:47 WIB)
      Permalink

      Saya punya hak dan dilindungi dalam undang undang konsumen.
      Perdalam lagi mas kemana saya arah saya menulis surat ini.
      Ini MEDIA KONSUMEN

      1
      2
      • 10 Februari 2023 - (16:06 WIB)
        Permalink

        Anda ini omong apa sih?

        Tidak ada yg melarang anda mau menulis di MK, saya tidak punya hak melarang anda menulis MK..bahkan anda mau nulis misal keluhan urusan pacar anda selingkuh sekalipun (contoh) silahkan aja …

        Tapi kan harusnya ada tau, di MK ada kolom komentar yg secara hak diijinkan oleh pemilik MK. Selama sifatnya membangun dan mengoreksi apabila dirasa ada yg tidak sesuai dengan padangan pembaca, maka pembaca pun berhak memberi komentar dan memberi pandangan selama tidak ANARKIS.

        Gitu ya mas …ciauww

  • 8 Februari 2023 - (11:27 WIB)
    Permalink

    Masalah kaya gini sebenernya agak susah ya, si A benar si B salah atau B salah si A korbannya.. Karena selalu ada 2 sisi cerita
    Soal perspektif
    Dari sisi konsumen:
    Yg sy liat penulis msh punya niat untuk melunasi mgkn akan terlambat tp gak seperti akan kabur/galbay
    Dari sisi perusahaan:
    Setiap hari berurusan dengan konsumen yg bilang ibu sy operasi, kakak sy bayar uang berobat, adek kecelakaan dan berbagai alasan untuk menunda bayar/ga bayar.. Lama lama mereka udah ga bs bedain lg mana konsumen yg speak doank atau bener2 kena musibah dan wajar diberi keringanan.. Coba 1 hari 1000 orang x 30 hari lama lama mati rasa hha

    Penagihan
    Dari sisi konsumen:
    Konsumen dl diri sadar telat tp ga berniat kabur, memohon keringanan penundaan dll mgkn msh wajar
    Dari sisi perusahaan:
    DC A baru saja menangani konsumen A dengan alasan keluarga sakit, diberi waktu 1 bulan.. Setelah 1 bulan konsumen A malah galbay/kabur pdhl sdh diberi keringanan.. Lalu DC diberi dokumen B-Z begitu chat dengan konsumen B alasannya sama keluarga ada yg sakit.. Kira kira klo manusia normal baru abis dibohongi konsumen A dengan alasan yg sama dengan si B apakah percaya? Mgkn saja si B jujur.. Tp hati org siapa yg tau? Asumsi lgs buruk sang DC karena tekanan atasan akibat dibohongi konsumen A akhirnya B-Z semua dianggap berbohong dan niat kabur.. Karena pinjol hampir 100% tanpa jaminan mudah kabur asal siap malu saja dan blacklist BI.. Hampir tidak ada pidana hanya perdata..

    Kurang lebih begitu menurut saya, karena penulis meminta untuk tdk di kiri dan di kanan maka sy mencoba berada di tengah dan melihat duduk perkara dan mencoba seadil adilnya

    Semoga cepet beres masalahnya gan

    • 8 Februari 2023 - (12:39 WIB)
      Permalink

      saya dan teman2 lain yg senasib hanya berharap semua akan berakhir.
      @Dika. Anda mau berakhir caranya gampang.
      1. Bayar
      2. Lapor polisi. Bila tindak pidana sudah memenuhi unsur
      3. Go to the court. Ga paham hukum ? Anda bisa belajar otodidak. Datanglah ke lbh mohon mereka ajarin bagaimana cara buat gugatan, replik, pembuktian, dll. Anda cuma butuh modal 1jt buat biaya perkara. Dgn 1 jt itu anda sudah bisa kasi pelajaran buat pihak lawan, seengaknya mereka akan habis puluhan juta byr jasa pengacara gara2 gugatan anda. Syukur2 anda menang, dpt ganti rugi.
      4. Muka tembok. Selama blm mampu byr masa bodoh saja, jgn gengsi, anggap saja tdk ada teror.
      .
      Silahkan pilih cara mana yg paling suka. Kalau keempat cara tsb anda tdk mau lakukan, dan berharap dc sesuai aturan itu adlh hal yg mustahil..
      .
      Mgkn ada yg punya cara lain silahkan di share

      4
      1
  • 8 Februari 2023 - (12:44 WIB)
    Permalink

    jangan memposisikan diri anda seolah korban, anda itu pelaku utama.. bisa dibilang gak tau diri, gaya hidup hedon gak sebanding sama pendapatan

    pinjol itu biasa ngasi waktu pembayaran 1 bulan dan bisa di cicil, kalo gak ada duit sama sekali dan niat galbay ya galbay aja, ganti nomor selesai

    gak usah memposisikan diri sebagai korban tertindas, menderita, gak punya apa apa, biar dikasihani…..

    8
    2
    • 8 Februari 2023 - (12:57 WIB)
      Permalink

      jangan memposisikan diri anda seolah korban, anda itu pelaku utama.. bisa dibilang gak tau diri, gaya hidup hedon gak sebanding sama pendapatan.
      @albert. Kalimat spt diatas sering diulang2 oleh dc seolah2 kalimat sakti yg tdk bisa dipatahkan.
      Tdk ada yg namanya pelaku utama, ini murni transaksi bisnis dimana pihak pembiayaan mendapat untung dari bisnis pinjam uang. Layaknya sebuah bisnis untung rugi sudah resiko. Kalau merasa dirugikan silahkan tempuh jalur hukum, bukan pake hukum rimba.

      1
      6
    • 8 Februari 2023 - (17:59 WIB)
      Permalink

      Disisi anda anda tidak bisa membayar dan memohon pengertian pihak DC.. sementara pihak DC KPI mereka dihitung seberapa besar keberhasilan mereka menagih.. anda akan membayar sesuatu dari apa yg anda dapatkan.. pinjam di pinjol itu mudah.. syarat g sulit.. g ada survey kelayakan kredit dll.. tapi ya anda membayar pinjaman dengan bunga yang jauh lebih tinggi.. tenor yang lebih singkat.. cara penagihan yang menurut anda kejam.. bahkan mungkin ada potensi mempermalukan anda kekerabat atau rekan kerja.. kenapa sih pinjol se”tega” itu ya itu yang anda harus bayar.. mereka menanggung resiko galbay yang tinggi maka itu harus dicegah dan dikompensasi dengan bunga dan penagihan yang “ekstra”.. jika anda butuh uang maka ajukan kredit ke bank.. tapi inget profil resiko anda harus bagus..

  • 8 Februari 2023 - (15:00 WIB)
    Permalink

    Menurut saya sih kl bisa pinjol2 ditiadakan ya..
    Krn sy sering baca disini selain bunga yg fantastis
    klo telat 1 or 2 hr aja ada bbrp pinjol legal memperlakukan nasabah itu ky maling yg hrs dikeroyok dan dipermalukan
    Gak sedikit DC yg melecehkan kreditur perempuan..
    Pdhl keuntungan dr nasabah2 sangat luar biasa buat pinjol2 itu
    Ak liat ada yg bunganya 30% per 14 hr
    Luar biasa..
    Saran ak sih musnahkan aja pinjol2 yg ada di indonesia
    Krn cara merekapun udh jauh dr SOP yg OJK berikan
    Bahkan jauh dr etika

  • 8 Februari 2023 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Sy bbrp kali pakai bbrp pinjol jd tau. gak menganggap kegiatan dc pinjol tsbt wajar. Sbb sdh ada aturan ojk. Dan yg terbaru ada poin penagih tdk boleh mempermalukan dan mengganggu orng lain selain nasabah. Tp syng aturan2 ojk gak bermanfaat. Gak ada kekuatannya. Dan kl ada sanksi prcuma mereka sdh dpt mangsa. Juga kelakuan dc trsbt sdh disetujui perusahaan. Mereka tdk bergerak semaunya sendiri. Dan ketika anda klik setjju dg persyaratannya kl membaca dg teliti, mereka sdh bekerja sesuai sop. Cm carany sj yg tdk benar dan itu tdk tertulis yg bnr gmn. Cm iklannya sj. Penulis gak akan bermanfaat curhat disini. Kasih rating jelekpun mereka pnya robot naikin rating. Sebaiknya segera lunasi bgmnpun caranya dan mulai sekarang jauhi pinjol.

  • 8 Februari 2023 - (20:32 WIB)
    Permalink

    Kalo pengen tidak terganggu simple sih jawabannya, bayar tunggakan anda atau lunasi. Kalo belum mampu bayar, mau ga mau, suka ga suka pasti akan ditagih seperti itu. Mau lapor polisi? Mau lapor OJK? Silahkan coba aja, pasti jawabannya harus dibayar, kecuali kalo anda tidak pernah meminjam, data anda tiba2 dipake tanpa anda tau, atau anda sudah bayar tapi diklaim belum bayar, nah baru tu bisa jadi kasus yg bisa dilaporkan ke polisi atau bahkan viralkan. Kalo ini karena anda menunggak ya pasti semua jawabannya lunasi segera.

    • 9 Februari 2023 - (08:41 WIB)
      Permalink

      Yupp setuju,
      Biarkan saja pinjol selalu ada dan meraja lela.
      Tapi kita yang sering baca di MK sudah maklum
      Jadi silahkan pinjam, dan gagal kan bayar, biar mereka bangkrut berjamaah.
      Kenapa demikian?
      1. OJK maupun pemerintah ga niat buat nutup mereka, jadi kalau bukan kita sendiri yang nutup, siapa lagi?
      2. Jumlah DC juga ga banyak, kalau jumlah peminjam yang gagal bayar 1000x atau bahkan 1jt x lipat jumlah mereka, mereka pasti akan kewalahan dan jadi kurang fokus, akhirnya cuma bisa bikin template, karena untuk transport penagihan dilapangan mereka ga ada budget sudah. Begitu ganti nomor, selesai lah sudah kita aman sentosa.
      3. Sistem pinjol itu kan digital, pastikan pada saat meminjam, kontak kita steril dari orang lain, sehingga penagihan hanya tertuju kepada kita. Tinggal kuat2an mental saja, kalau ditagih bilang tar sok tar sok. Lama lama mereka kasih bunga mencekik, kita bilang ga sanggup, mereka kasih keringanan, tetep bilang kita ga sanggup. Dan boom akhirnya mereka ga bangkrut.

      Semoga ini menjadi terealisasi dan jauh lebih realistis ketimbang ngandelin OJK atau polisi atau pengadilan di negara rimba ini.

      1
      1
      • 9 Februari 2023 - (08:53 WIB)
        Permalink

        Kalo sistemnya kaya gitu, anda pinjam tapi ga mau bayar, tetep aja itu akan mempengaruhi nanti di BI checking, anda akan diblacklist, dan utang itu akan terus mengejar anda sampe anda mati. Bahkan ke keluarga anda akan diganggu juga. Saran saya, kalo mau pinjem ke pinjol silahkan, asalkan sesuai kemampuan dan mampu bayar, tapi lebih baik dijauhkan sih.

  • 8 Februari 2023 - (21:48 WIB)
    Permalink

    Terima kasih atas masukan yang bijak dari kalian semua .Sangat bermanfaat buat saya pribadi. Semoga kita semua tetap dalam lindunganNYA diberi kesehatan. Salam hormat saya.

  • 9 Februari 2023 - (07:04 WIB)
    Permalink

    Memang begitu caranya. DC tidak punya kewajiban untuk memperkenalkan diri, bertukar alamat, ataupun bertukar Akta Kelahiran dengan nasabah.

    Dan dari bahasa yg ada di email yg di-screenshot, juga masih baku dan relatif bukan ancaman. Memang sudah ada pressure (Akan menghubungi kontak darurat. Akan menginvestigasi manipulasi, dll.), tapi itu bukan ancaman. SOP-nya memang begitu. Telat bayar, ya pasti ditagih.

    Tempo hari ada yg sampai mengirimkan foto anak nasabah dan menyertakan kata2 yg mengancam keselamatan si anak. Ada yg memakai kata2 tidak sopan. Ada juga yg menyebarkan foto editan (porno) nasabah, dll. Itu baru ngga bener.

    Jadi coba tanya saja ke pihak KTA Kilat atau ke nasabah2 mereka, bagaimana alternatif solusi yg ada dan memungkinkan.

  • 9 Februari 2023 - (07:16 WIB)
    Permalink

    Sabar sabar, kta kilat masuk slik tp ga ada dc lapangan, kalo merasa kta kilat kelewat batas digalbay kan aja,jamin aman

  • 9 Februari 2023 - (08:03 WIB)
    Permalink

    Memang berurusan dengan pinjol memang sangat kesal,anda telat saja di teror itu mungkin wajar,lah saya masih 6 hari lagi jatuh tempo di teror setiap hari berxx ga kenal waktu,padahal legal kalau bisa jangan lagi berurusan pinjol,saya juga ingin stop maka dari itu ga tenang hidup kita

  • 9 Februari 2023 - (08:24 WIB)
    Permalink

    Saya juga sedang terjerat di beberapa pinjol,dan saat ini sedang mencoba melunasi dgn mencicil,tapi dasar pihak dc ,sudah data saya di slik di buat buruk ,masih aja main ancam ,semoga teman2 yg dlm kondisi sama bisa melunasi pinjol dan tdk akan telibat dgn pinjol ,krn Ojk pun seperti kata pihak dc ,tidak mengurusi masalah keterlambatan bayarc pinjol ,padahal kita telat bayar bukan tidak mau bayar

  • 9 Februari 2023 - (16:50 WIB)
    Permalink

    Jangankan anda yg telat bayar bbrp jam, dlu sktr tahun 2017-2018 pernah sekali coba pinjol nggak telat sama sekali. Dr semenjak lunas sampai sktr tahun 2020-2021 hampir setiap hari no hp d brondong sms penawaran pinjaman dr yg pinjol sampai koperasi dan rentenir sekalipun. Itulah resikonya mau anda tertib atau nggak data anda tetap akan d ekspose. Dr situ saya kapok pakai yg begitu2. Untung slik ojk nggak sampai bermasalah. Sudah kepalang tanggung jual saja apa yg anda punya atau minim cri pinjam dr kawan nominal ya kn tdk terlalu besar, drpd anda semakin masuk lubang kubur sendiri. Atau gak ush dbyar sekalian hrus siap semua kontak hp anda d teror. Percuma anda mau berkicau d media tdk akan menyelesaikan masalah.

  • 9 Februari 2023 - (18:13 WIB)
    Permalink

    Memang sistem tagih pinjol bikin mental kita turun.
    Hiraukan saja toh nanti 1- 2 minggu mereka nagih suruh bayar pokoknya aja.
    Yg penting jgn sampai gali lubang…
    Kata2 dc cuma itu2 aja, kata2 sudah ada disistem mereka untuk membuat mental peminjam down.

  • 13 Februari 2023 - (08:33 WIB)
    Permalink

    mohon maaf ya gan,
    disini saya sebagai pihak ketiga,
    dan kalau saya lihat disini tidak ada yang salah dan tidak ada yang benar

    dan melihat dari komentar2 sepertinya anda ingin ditagih secara sopan,
    okey ini saran saya,
    meminjam lah ke bank/koperasi dengan jaminan(entah itu jaminan sepeda motor atau perhiasan, atau rumah dsb)
    kenapa saya menyarankan ini, karena anda ingin ditagih secara sopan,
    para dc mungkin keterlaluan dalam menagih(terkesan mengancam) karena itu adalah pekerjaan mereka,
    dari pihak pemberi pinjaman pun hanya bermodalkan kepercayaan terhadap anda, coba anda pinjam ke orang lain(kecuali teman atau keluarga) dengan modal percaya, saya rasa tidak akan ada yang memberi pinjaman tanpa harus ada jaminan, kecuali pinjol.
    jadi saya rasa itu wajar bagi pihak mereka melakukan teror berupa chat atau yang lain(yah meskipun saya tidak setuju sampai penyebaran identitas ktp si peminjam)

    mohon maaf ini pendapat saya sebagai pihak ketiga

    apabila saya ada salah kata saya mohon maaf, dan sekali lagi saya tidak membenarkan dari pihak pinjol dan dc + dari pihak penulis,

  • 1 Maret 2023 - (11:22 WIB)
    Permalink

    hutang tetaplah hutang yang akan dibawa mati. mau pinjam di pinjol pun tetap harus dibayar, ya bayar pokoknya saja terus galbay. berarti hutang lunas, gak ada ditagih di akhirat.

  • 15 Maret 2023 - (09:42 WIB)
    Permalink

    Kta kilat memang arogan. Say jg punya pinjaman di kta kilat. Selama inj pembyrn lancar. Sampai pada akhirny saya di PHK dan sisa pinjaman tersisa 2 x angsuran sebesar 1.7 yang hrs di bayarkan dalam sebln. Saya sdh mengirimkan email ke cs kts kilat utk merescheduling pinjaman saya krn saya terkena phk. Sebagai itikaf baik saya utk tanggung jwb dengan pinjaman saya. Tp jawabannya sangat mengecewakan. Sedangkan ketentuan OJK dan Afpi nasbah memiliki hak utk mengajukan relaksasi atw rescheduling atw rekstrukturisasi pembayaran angsuran.

 Apa Komentar Anda mengenai KTA Kilat?

Ada 89 komentar sampai saat ini..

Penagihan Arogan Pinjol KTA Kilat

oleh Dika dibaca dalam: 1 menit
89