Pihak Shopee Tidak Teliti dalam Melihat Bukti dari Pembeli yang Tidak Jelas

Sebelumnya terima kasih banyak kepada Media Konsumen yang berkenan menerbitkan surat ini. Surat ini saya tujukan kepada manajemen Shopee Indonesia.

Saya sebagai penjual telah dirugikan admin Shopee bagian pusat komplain karena ketidaktelitian mereka dan kemalasan untuk membantu penyelesaian, dengan tidak membantu klaim barang rusak oleh ekspedisi. Kronologinya begini, transaksi pembelian baby lotion terjadi. Saya sebagai penjual, memproses dan packing aman, minimal 3 lapis dengan bubble wrap tebal kualitas 3 Kg, dan pengamanan extra di bagian kepala pompa produk.

Kemudian kurir menjemput dalam keadaan baik dan kering. Namun kurir ekspedisi mengantarkan barang ke pembeli dalam keadaan bocor. Herannya pembeli terima dan komplain ke pusat komplain Shopee, dengan hanya menyertakan 1 foto. Foto pembeli adalah sesuatu produk yang bocor, tanpa kelihatan resi dari penjual. Jadi tidak tahu itu barangnya siapa. Tidak disertakan video unboxing juga.

Nomor pengajuan pembeli: 2301300PAHCHQT9. Penjual menyertakan 3 foto pendukung kondisi produk sebelum di-packing, pengaman/bubble wrap kualitas 3 Kg, label video unboxing yang besar harusnya tertangkap mata. Namun oleh admin Shopee dinyatakan bukti dari penjual tidak berkaitan, dan malah memenangkan pembeli, serta pihak ekspedisi tidak akan diminta tanggung jawabnya.

Pendapat kami sebagai penjual adalah: Dengan fee Shopee yang meningkat drastis, tidak pantas kalau kualitas adminnya menurun. Kami berharap keadilan, siapa yang merusak produk atau yang mendukung pihak yang merusak produk bertanggung jawab, karena nilai produk itu di atas 200 ribu rupiah.

Sekali lagi terima kasih banyak kepada Media Konsumen atas bantuannya.

Sukardi
Jakarta Utara

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

19 komentar untuk “Pihak Shopee Tidak Teliti dalam Melihat Bukti dari Pembeli yang Tidak Jelas

  • 7 Februari 2023 - (15:55 WIB)
    Permalink

    Ekspedisi nya pakai shopee express bukan?? Kalau iya, memang sengaja aja kak. Admin resolusi shopee melindungi shopee express dari segala bentuk ganti rugi. Langsung disalahkan penjual nya. Saya pernah kejadian hal yg sama.

    • 7 Februari 2023 - (16:36 WIB)
      Permalink

      J&t express kak, yang tiap paket retur ke kita penjual penyok2 parah kardusnya.

      • 8 Februari 2023 - (10:22 WIB)
        Permalink

        persis.
        sy beli handwash lifebuoy pake j&t, bocor 2 pcs dari 6.
        pake ekspedisi lain ga pernah bocor. sy tau handwash gitu ga bakal bocor kalo ga ditiban sama yg berat2.
        akhirnya sy kapok pake j&t.

    • 8 Februari 2023 - (01:21 WIB)
      Permalink

      Mohon tidak menyudutkan salah satu expedisi, karna expedisi itu anak perusahaan Shopee.
      Anda lebih baik berhati-hati dalam menyampaikan komentar kalau tidak anda bisa di tuntut. Karna menyudutkan/menuduh salah satu Perusahaan.

      15
    • 8 Februari 2023 - (09:36 WIB)
      Permalink

      Busyet jgn asal tuduh lo… Lo ga tau aja.. Kita sebagai kurir oren selalu dibebanin biaya akibat komplen dari pembeli krn paketnya pengok, rusak atau pecah yg belum tentu disebabkan oleh kita para kurir. Bahkan gue sempet berfikir gue ini kurir atau pihak asuransi….

      • 8 Februari 2023 - (10:40 WIB)
        Permalink

        @agus, iya betul jgn selalu salahkan kurir, kembali lagi ke packingan awal dari penjual tebal, bagus, kuat ga untuk amankan isi di dalamnya? Saya pernah sbg pembeli terima lcd laptop pecah. Saya omelin pembeli krn packing tipis wajar isi retak. Saya yg tanggung itu lcd. Terus saya order lagi ke2 x, ekpedisi yg sama (sicepat) packing berikut nya 2x lipat tebalnya ga retak tuh, aman

      • 9 Februari 2023 - (06:45 WIB)
        Permalink

        Ya klo gak mau disalahin makanya jangan jdi kurir cari kerjaan lain aja. Krn jdi kurir itu ya resikonya seperti itu. Customer itu adalah raja jdi ya gak bisa disalahin

        • 9 Februari 2023 - (10:47 WIB)
          Permalink

          Sebagai seorang pembeli di Tokopedia saya coba menjawab perihal “Customer itu Raja”!

          Analoginya seperti ini:

          Seseorang barulah pantas disebut sebagai “Customer itu Raja” jika berbelanjanya membaca sekaligus memahami deskripsi etalase produk dengan baik, berbelanja tanpa pakai voucher, tanpa pakai bebas ongkir, tanpa pakai paylater, tidak menawar harga turun sebelum checkout, bersedia membayar asuransi pengiriman & asuransi produk, tidak membuat komplain hal remeh padahal tidak ada yg rusak alias komplain mengada-ada.

        • 9 Februari 2023 - (18:43 WIB)
          Permalink

          Ya udah tolong bantu cari kerjaan yg lebih baik yaa mba.. Kan mba raja… Banyak dong chanel buat lowongan kerja nya…..

    • 14 Februari 2023 - (10:50 WIB)
      Permalink

      mungkin produknya di lempar depan rumah makanya produknya pecah. atau pas pengantaran tertindih paket lainnya. harusnya packing produknya di bungkus bubble satu2 biar kaga pecah krn ke tidak sengajaan kurir yg melempar paket krn pembeli tidak kunjung keluar.

  • 8 Februari 2023 - (11:13 WIB)
    Permalink

    @TS
    Ajukan banding dan opsi yang anda pilih salah
    Opsi yang anda pilih itu bahwa Anda telah mengirimkan pesanan sesuai ( kl ga salah opsi 2 apa 3 )

    Pilih opsi terakhir, tidak mencapai kesepakatan dengan pembeli

    Karena opsi banding anda, maka anda kalah
    Why ? Anda bilang sudah mengirimkan dengan baik, benar dan sesuai tapi nyata nya pecah di jalan ( bukan salah seller juga )

    Jadikan pelajaran aja
    Next ada kaya gini, selalu ambil opsi terakhir dan selalu tekankan untuk meminta video unboxing ketika memilih opsi itu

  • 10 Februari 2023 - (00:08 WIB)
    Permalink

    Terima kasih banyak kepada Media Konsumen, Shopee telah menghubungi saya dan menyelesaikan masalah ini dengan penggantian full ke dana penjual oleh shopee, dana sudah masuk per tanggal 8 februari kemarin. Saya cuma ingin menyampaikan terkait komentar teman-teman di atas, bahwa yang merusak paket adalah hanya oknum tertentu yang kasar di lapangan, yang tidak berani tanggung jawab (dalam hal ini j&t, benar-benar harus berbenah karena seringkali paket retur ke penjual semuanya kondisi kardus penyok parah, ya tentulah pembeli COD ga mau terima). Kurir yang baik lebih banyak, kita saling membutuhkan.
    Kepada Media Konsumen sekali lagi terima kasih banyak, solusi telah saya(penulis surat/artikel) terima, jika surat ini mau dihapus/di lock no comment, silakan.

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 19 komentar sampai saat ini..

Pihak Shopee Tidak Teliti dalam Melihat Bukti dari Pembeli yang Tidak …

oleh Hantian dibaca dalam: 1 menit
19