Surat Pembaca

Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

Pada tanggal 2 Februari 2023, saya datang ke cabang Bank BCA Duta Garden Tangerang. Saya bermaksud untuk membuat rekening BCA. Sampai di pintu masuk, saya diarahkan oleh security ke petugas di luar kantor bank (kantin).

Saya coba ikuti, ternyata disuruh buat rekening online. Akhirnya saya ikuti prosedur, setor uang Rp50.000 di ATM, lalu dipandu untuk cetak kartu ATM. Namun ternyata tidak bisa, karena verifikasi finger print gagal. Akhirnya saya diarahkan ke CS.

Oleh CS, KTP saya hanya dipegang saja dan tidak diperiksa. Lalu saya disarankan ke Dukcapil untuk memperbaharui KTP. Padahal KTP saya tersebut bisa untuk buat membuat rekening bank lain. Saya coba menghubungi HaloBCA, ternyata bisa pakai e-KTP asalkan bisa terdeteksi/terverifikasi. Sedangkan saat saya ke CS, tidak ada upaya pengecekan, langsung disuruh ke Dukcapil.

Saat saya pulang saya berpikir, KTP saya bisa untuk membuat rekening di bank lain, kenapa BCA tidak? Kalau sampai di Dukcapil dan ternyata setelah diperbaharui tapi malah sistem BCA sendiri yang masalah, berarti saya hanya buang waktu dan tenaga. Saya pilih untuk ikhlaskan uang saya yang Rp50 ribu.

Yang saya sesalkan:

  1. Saya datang ke cabang mau buat rekening offline, karena lebih mudah daripada online dan menghindari masalah seperti di atas.
  2. Lebih baik verifikasi dulu, baru setor uang. Jadi kalau gagal tidak perlu setor uang, sehingga tidak rugi materi saya. Saat itu ada sekitar 6 orang seperti saya, yang gagal verifikasi finger print.
  3. Untuk karyawannya seharunya punya empati sedikit ya. Saya bawa anak umur dua tahun, jika memang ada prosedur bisa cetak lewat CS, diusahakan dulu.
  4. HaloBCA di Twitter sangat tidak membantu terkait pengaduan ini.

Dewi Irawati
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Berarti sistem BCA yg salah, masa gak sinkron sama data kependudukan dukcapil, habis gitu petugasnya dari CS sampai security gak menolong samsek, double impact ??

    • mungkin ektp kamu yg gk singkron dgn sidik jari yg tersimpan dalam chips ektp. yang kedua kamu mungkin pernah punya kasus di bca, banyak ektp skrng saat di verifikasi dgn sidik jari tidak cocok, dan biasanya ektp palsu. alias data bajakan.! ini sebenarnya bentuk kehati hatian pihak bca. karena kalau rekening nanti disalah gunakan, BCA juga yg pusing dipanggil polisi bolak balik

      • sekarang banyak ORNG coba memakai data bajakan, untuk buka rekening , makanya bank perlu mencocokannya dgn sidik jari yg tersimpan didalam chips ektp, jika gak cocok dgn sidik jari, sekalipun nik nya aktif , sudah pasti itu data bajakan alias PALSU.!!

        • Utk kantor cabang yg anda datangi udah 6 org yg tdk bs buka rek.BCA. dikalikan 50rb ssma dengan 300rb. Ada brp kacab BCA yg bisa membuka rek. tabungan di indonesia? Wooowwwww... saya bertanyèk?

      • Jangan salah dukung bung, foto yang ditampilkan aja itu sudah rekening mbca, artikel salah judul,

    • Loh anda rugi 50 ribu? Itu rekening anda udah jadi, saldo 50 ribu masuk di rekening anda, anda udah ada M Banking nya. Trus anda bilang sulit buat rekening? Anda salah judul harus nya anda bilang sulit dapat kartu ATM bukan buka rekening karena dari foto yang anda lampirkan itu adalah rekening anda

      • Mbaknya katrok....mau nyalahin orang, JUDULNYA BETULIN DULU BOS....REKENING UDA JADI ITU...

    • Jika d tempat saya, untuk membuat rekening BCA untuk bisa M-banking di arahkan untuk nomer telp yg pascabayar. Untung saja dulu saya bisa buat rekening sblm ada anjuran yg sperti itu.

    • Double kill.. Trus uang setoran gk balik.. Triple kill.. Bawa anak bocah 2 th pula ke bang.. Maniac.. Pulang dengan rasa kecewa.. SAVAGE...

    • Sebenernya lebih gampang bikin online.
      Itu kan jg udah terbikin rekeningnya.
      Cm tinggal ATMnya aja.
      Lagipula bs tarik duit tanpa ATM.jd sebenernya ga terlalu masalah utk urusan ATM.

  • Ternyata bank yg 1 itu problematik juga ya, hahaha. Bank lain aja bisa buka rekening online tanpa ke cabang. Tapi ini sdh buka online gagal, trus si cs gak bisa ngasih solusi. Ditambah di twitter juga ga ada solusi. Mending skip aja om, buka rekening digital bank lain byk yg lebih bagus.

    • Inilah sistem keamanan yg baik, ada kecurigaan langsung ngeblok, dan hebatnya bca itu apa2 digital, hilang atm mudah, ngeblok salah tranfer langsung dilayani dgn baik, bagi saya bca adalah bank terbaik

  • Kacau sih sampai miss info begini, kek dilempar-lempar padahal udah antri smpe setor loh, masih sempet" nya saranin ke dukcapil harusnya dari awal dong jan asal suruh setor dulu, mending buka di tempat lain yg gak ribet dan jelas gak ngerepotin ...

    • Kalau anda cermat itu rekening nya udah jadi cuma yang jadi masalah dia gak bisa dapat kartu ATM

  • Ah gak bener itu. Seharusnya bisa.

    Kalau eKTP gak bisa di verifikasi, bisa pakai SIM atau NPWP atau Kartu Keluarga.

  • Seabnk aja mudah dan free tranfer msukan kode reff: XC7TDK
    Buat dpt bonus dan msh bnyk promo lainya

    • Ini masalah buka rekening atau apaan dah?
      Kalonrekening, itu anda sudah dapat no relening dan uang setoran sudah masuk ke rekening anda?

      Apakah yg bermasalah cetak buku tabungan atau atm kah?

  • Kasus yang sama cuma beda bank aja sih, kalo ane beberapa waktu lalu bank bumn casenya. Daftar online sampe udah jadi rekening pas ke bank offline, bilangnya ktp gabisa terverifikasi, padahal beberapa bulan lalu bisa dipake buat ganti kartu atm bca di mesin CS digital.

    • Saya juga pake BCA, bikin lewat online,
      Kemudian bikin ATM nya lewat cabang BCA
      Dan berhasil

      Turutin saja saran BCA nya datang ke dukcapil,
      Atau kalo masih penasaran bikin ATM sendiri lewat mesin ATM, kalo masih gagal mungkin fix cip dan sidik jari tidak sinkron..

  • Yang jadi pertanyaan mbaknya melakukan proses transfer 50rb itu ke rekening siapa ya ?
    Klo ke rekening atasnama mbak sendiri berarti mbak sudah buka rekening secara tidak langsung.

    • Di beberapa tempat pelayanan BCA sebenarnya di bawah bank lain gembar gembor nya saja baik pelayanan nya , saya juga punya pengalaman buruk buka tabunganku di BCA bg junction Surabaya...manyun cs nya

    • Wkwkwkwk... Udah ada no rek nya, udah ada mbca nya... Bilang susah buka rekening.... Ketawain aja TSnya

    • Dibaca om bro, yg bermasalah saat mau cetak kartu ATM Krn untuk cetak kartu lewat mesin harus scan KTP.

  • 1 Bulan yg lalu saya buat rekening BCA untuk Ibu saya yang umur 60thn via online gampang. Diminta isi data diri, Upload KTP & NPWP, Foto, Verifikasi melalui Video Call sekitar 10 menit setelah itu rekening jadi dan langsung transaksi.

    Minggu kemarin akhirnya datang juga ke Cabang karena orang tua maunya pakai ATM.

    • Katanya Satpam BCA bisa membantu ??? Pelayanan terbaik. Kok malah bikin kecewa nasabah?

      • Loh, satpam bisa bantu apa?? Satpam kn udah sesuai prosedur... Mau buka rek BCA emang d arahkan ke mesinnya dulu dg pertimbangan nunggu antrian di cs lama.. Dr pd nunggu mending pke mesinnya... Nah begitu ada problem di mesin satpam arahin ke cs... Kelar tugas satpam... Selebihnya urusan yg berwenang... Emang cs harus maksa cs nya?? Komen di MK yg berbobot dikitlah, jgn kek komen di tiktok

  • Aku mau buka rekening perusahaan saja susah minta ampun. Di mandiri hitungan menit clear.

    #bcagedangansidoarjo

1 2 3 5