Surat Pembaca

Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

Pada tanggal 2 Februari 2023, saya datang ke cabang Bank BCA Duta Garden Tangerang. Saya bermaksud untuk membuat rekening BCA. Sampai di pintu masuk, saya diarahkan oleh security ke petugas di luar kantor bank (kantin).

Saya coba ikuti, ternyata disuruh buat rekening online. Akhirnya saya ikuti prosedur, setor uang Rp50.000 di ATM, lalu dipandu untuk cetak kartu ATM. Namun ternyata tidak bisa, karena verifikasi finger print gagal. Akhirnya saya diarahkan ke CS.

Oleh CS, KTP saya hanya dipegang saja dan tidak diperiksa. Lalu saya disarankan ke Dukcapil untuk memperbaharui KTP. Padahal KTP saya tersebut bisa untuk buat membuat rekening bank lain. Saya coba menghubungi HaloBCA, ternyata bisa pakai e-KTP asalkan bisa terdeteksi/terverifikasi. Sedangkan saat saya ke CS, tidak ada upaya pengecekan, langsung disuruh ke Dukcapil.

Saat saya pulang saya berpikir, KTP saya bisa untuk membuat rekening di bank lain, kenapa BCA tidak? Kalau sampai di Dukcapil dan ternyata setelah diperbaharui tapi malah sistem BCA sendiri yang masalah, berarti saya hanya buang waktu dan tenaga. Saya pilih untuk ikhlaskan uang saya yang Rp50 ribu.

Yang saya sesalkan:

  1. Saya datang ke cabang mau buat rekening offline, karena lebih mudah daripada online dan menghindari masalah seperti di atas.
  2. Lebih baik verifikasi dulu, baru setor uang. Jadi kalau gagal tidak perlu setor uang, sehingga tidak rugi materi saya. Saat itu ada sekitar 6 orang seperti saya, yang gagal verifikasi finger print.
  3. Untuk karyawannya seharunya punya empati sedikit ya. Saya bawa anak umur dua tahun, jika memang ada prosedur bisa cetak lewat CS, diusahakan dulu.
  4. HaloBCA di Twitter sangat tidak membantu terkait pengaduan ini.

Dewi Irawati
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Hampir di semua bank sekarang memang mewajibkan e-KTP nya bisa scan sidik jari ketika buka rekening. Malah bank BCA lebih mending, karena sidik jarinya hanya wajib ketika buat rekening saja. Di bank BNI, mau perpanjang kartu ATM saja wajib sidik jari. Kalau tidak bisa, tidak akan dikasih kartu ATM yang baru.

    Untuk bank BCA, kalau e-KTP kamu tidak bisa sidik jari, kamu bisa buat rekening online. Menurut saya ini adalah opsi yang tepat untuk kamu.

  • Ini cabang bca mana? Setau sy pelynan bca bagus,,itu ky,a judulnya salah deh bukn sulit bikin rkening tpi cetak kartu atm itu km sdh stor tunai artinya rekening sdh aktf (d acc) knp dsaranin ke dukcapil munkin ktp nya rijek (patah/poto sdh blur) biasanya sperti itu,ktp yg rijek tdk bs d scan.

  • Coba ke kantor BCA yg lain, apakah prosedurnya sama kayak gitu juga? Kemaren aku bukain rekening online BCA buat adikku ga ada masalah. Bahkan ga perlu nyetor 50ribu. Cuma daftar online via aplikasi BCA mobile, trus verifikasi data diri & verifikasi dgn petugas bank via VC & langsung ke kantor BCA utk ambil kartu ATM di mesin ATM. Ga perlu ke CS dan gam sampe 10 menit selesai....

  • 50 rebu x 6 = 300.000
    Lumayan juga ya klu yg daftar sehari ada 20 orang . Masih lebih jika dibagi2 buat beli lato-lato ??

  • sebelum ke dukcapil, coba cocokan data ktp dengan data kartu keluarga. karena kemarin data ktp saya ternyata berbeda dengan data pada kartu keluarga. saya tidak tahu bagaimana ini terjadi, padahal saya 2x memperbaharui data setelah menikah pecah kk dan rubah status ktp, dan yang ke dua setelah kelahiran anak pertama.

    info tambahan: teman saya baru saja melahirkan anak kedua, saat mengurus KK dan selesai, ternyata hanya anak kedua yang masuk KK sedangkan anak pertama dihilangkan dari KK. terpaksa komplain dan urus ulang.

  • Sudah ada tanggapan dr petugas bca. Tapi saya sudah buka rekening bank lain.
    Dan suami saya menyarankan tidak usah melanjutkan pembukaan rekening di bca
    Thanks media konsumen.

    • TS nya ngawur.. Yg komen gk di pahami dulu ke ngawur an TS..
      Itu rekening udah jadi... Udah punya no rek.. Udah punya mbca... Cuma kurang ATM aja... Duit anda gk ilang.. Haduh... Mau di bilang bodoh takut gk Terima... Wkwkwk

    • Ts katrok, ngambekan wkwkw

      Gk melanjutkan pembukaan rekening katanya, malah mbanking udeh aktif wkwkw

  • Itu sebenarnya sdh jd rekening online nya, cuma mungkin TS mau pke ATM nya.

    Saya malah kartu atm nya ga di ambil sama sekali, Krn kan sdh di permudah mau setor tunai atau tarik tunai bisa pke cardless di aplikasi BCA Mobile, mau transaksi lain nya jg semuanya mudah, malah (menurut saya) aplikasi BCA Mobile lebih sederhana tampilan dan mudah penggunaan nya di banding bank lain (saya pke Brimo juga) maaf, ini bukan iklan cuma sedikit agak bingung dgn TS. Rekening nya kan sdh jd, mungkin masalah nya di alat finger print nya, atau jempol kita ada luka.

    Tapi juga TS bilang sdh bikin rekening lagi di bank lain, jd komentar ini buat pembelajaran aja deh.

  • ini terjadi sama seperti tmn saya saat daftar Online, pilihan kartu pas daftar online cmn tersedia yg GPN, sedangkan saat mau dicetak, kartu di mesin cmn ada yg Mastercard, hasilnya gagal verifikasi,
    akhirnya CS/Teller memverifikasi secara manual tanpa menggunakan mesin.

    dan selesai verifikasi ya sudah CS/teller berikan kartu fisik Mastercard.

    CS/teller cabang yg ibu Dewi sepertinya dia kagak paham bahwa rekening udah berhasil dibuat dan sudah bisa digunakan transaksi... buktinya bisa terima saldo 50 rb

  • "KTP saya bisa untuk membuat rekening di bank lain, kenapa BCA tidak?"

    Sementara screenshotnya gambar m-banking atas nama dia. Berarti rekening dia udah jadi. Kenapa dibilang tidak bisa membuat rekening?

    Soal urusan KTP, dia (TS) tidak menyebutkan masalahnya apa. Ada apa dengan KTP dia? Kalau memang masalah ada di KTP nya (misal. No NIK tidak terdaftar di dukcapil, dst) ya berarti KTP dia yg bermasalah dan memang harus diurus ke instansi terkait. Itu bukan urusan bank.

    Justru kalau (misal) No. NIK tidak sinkron tapi diacuhkan, malah ini bisa jadi masalah di depan nanti. Bisa jadi rekening kejahatan.

    Tapi kalau masalahnya adalah mesin otomatisnya tidak bisa men-scan KTP dan ternyata sistem manualnya tidak tersedia (sehingga data tidak bisa di-input secara manual), ya berarti sistem di BCA yg kurang bagus.

  • Ketika calon nasabah bilang ke security "mau buka rekening", biasanya akan diarahkan ke orang/petugas diluar kantor untuk dibantu prosesnya. Tapi saya pribadi merasa cara ini berbelit-belit, jauh lebih mudah dengan CS yang di dalam kantor. Saran saya ketika ditanya security, bilang saja "mau setor tunai/mau ambil buku tabungan" maka calon nasabah akan diarahkan ke CS yang didalam.
    Saya pernah buka rekening di kantor pondok lestari ciledug, sekitar 10-15 menit semua sudah beres. Yang penting ktp & domisili (bila menggunakan ktp daerah).