Surat Pembaca

Sulitnya Membuat Rekening Tabungan BCA

Pada tanggal 2 Februari 2023, saya datang ke cabang Bank BCA Duta Garden Tangerang. Saya bermaksud untuk membuat rekening BCA. Sampai di pintu masuk, saya diarahkan oleh security ke petugas di luar kantor bank (kantin).

Saya coba ikuti, ternyata disuruh buat rekening online. Akhirnya saya ikuti prosedur, setor uang Rp50.000 di ATM, lalu dipandu untuk cetak kartu ATM. Namun ternyata tidak bisa, karena verifikasi finger print gagal. Akhirnya saya diarahkan ke CS.

Oleh CS, KTP saya hanya dipegang saja dan tidak diperiksa. Lalu saya disarankan ke Dukcapil untuk memperbaharui KTP. Padahal KTP saya tersebut bisa untuk buat membuat rekening bank lain. Saya coba menghubungi HaloBCA, ternyata bisa pakai e-KTP asalkan bisa terdeteksi/terverifikasi. Sedangkan saat saya ke CS, tidak ada upaya pengecekan, langsung disuruh ke Dukcapil.

Saat saya pulang saya berpikir, KTP saya bisa untuk membuat rekening di bank lain, kenapa BCA tidak? Kalau sampai di Dukcapil dan ternyata setelah diperbaharui tapi malah sistem BCA sendiri yang masalah, berarti saya hanya buang waktu dan tenaga. Saya pilih untuk ikhlaskan uang saya yang Rp50 ribu.

Yang saya sesalkan:

  1. Saya datang ke cabang mau buat rekening offline, karena lebih mudah daripada online dan menghindari masalah seperti di atas.
  2. Lebih baik verifikasi dulu, baru setor uang. Jadi kalau gagal tidak perlu setor uang, sehingga tidak rugi materi saya. Saat itu ada sekitar 6 orang seperti saya, yang gagal verifikasi finger print.
  3. Untuk karyawannya seharunya punya empati sedikit ya. Saya bawa anak umur dua tahun, jika memang ada prosedur bisa cetak lewat CS, diusahakan dulu.
  4. HaloBCA di Twitter sangat tidak membantu terkait pengaduan ini.

Dewi Irawati
Tangerang, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Itulah BCA. Sistem keamanannya lumayan ketat, makanya jarang kasus penipuan pake rekening BCA karena kalo d BCA terintegrasi lgsg dgn dukcapil sehingga jika ada kejanggalan data KTP maka akan lgsg ditolak. Rekomendasi CS juga sudah benar, untuk melakukan verifikasi ulang data anda di dukcapil, karena itu sudah bukan wewenang pihak bank. Lah kalo anda ngeyel apa maksudnya pihak bank yg harus ngurus KTP anda di dukcapil? Saya dulu pernah mengalami masalah yg sama karena tidak sinkron antara data nama Ibu kandung yg tertera di dukcapil dan di bank, padahal cuma beda 1 huruf. Akhirnya selesai setelah memperbaiki data di dukcapil dengan verifikasi ulang dengan data KK dan akta kelahiran.

    Saya sendiri meragukan pendapat TS ttg CS yg tidak supportif, karena sepengetahuan saya CS BCA benar2 orang yg paham betul tentang pelayanan. Jangankan CS, di tingkat satpam aja memiliki tingkat pelayanan dan pengetahuan produk yg sangat baik.

    Saran saya ya mending pake bank Per**** atau bank B**, mungkin disitu lebih mudah dalam membuat rekening. Karena kebanyakan modus2 penipuan rata2 pake dari 2 bank ini.

1 3 4 5