Surat Pembaca

Transaksi QRIS BNI Gagal, tapi Saldo Tetap Terdebit

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Media Konsumen, sebagai wadah untuk menyampaikan komplain.

Pada tanggal 4 Februari 2023, istri saya (a.n. Dwi Andhanari Setiyono) ingin bertransaksi menggunakan QRIS BNI pada salah satu merchant. Pada saat prosesnya transaksi dinyatakan gagal, berdasarkan bukti transaksi pada m-banking serta bukti transaksi yang dikirim ke email terdaftar istri saya. Namun demikian, ternyata rekening istri saya tetap terdebit sesuai nominal transaksi.

Istri saya sudah melakukan pelaporan melalui jalur BNI Call. Namun proses pengecekan membutuhkan estimasi hingga maksimal 45 hari kerja serta membutuhkan kelengkapan dokumen, yang menurut saya berlebihan, seperti surat pernyataan transaksi yang ditandatangani dan mencantumkan rincian transaksi, foto KTP, foto kartu debit serta email pernyataan konfirmasi dari merchant.

Padahal saat pelaporan, istri saya sudah menyampaikan informasi nomor rekening, bukti transaksi gagal dari m-banking dan email serta capture mutasi rekening dari m-banking. Mohon BNI dapat segera memproses keluhan ini, yang menurut saya proses rekonsiliasi tidak perlu membutuhkan waktu hingga 45 hari kerja.

Terima kasih.

Dhani Krisnamurti Yogo SW
Kota Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Kemarin, saya pun mengalami hal serupa dengan kasus pa Dhani di atas. Ketika saya menelpon staf Bank BNI tempat saya membuka rek jawabannya "minta pihak KMN/toko nya aja konfirmasi ke Bank BCA (pengumpul dana Qris) untuk pengecekan transaksi berhasil atau tidaknya" pdhl sdh jelas aku bilang transaksi masih dalam proses. Tapi dana sudah terdebet di rek BNI. Akhirnya disarankan juga menghubungi call center. Dan menunggu maksimal 60 hari proses pengaduan. Cukup sampai disini, aku belajar untuk sabar dulu dan menunggu proses pengaduan berjalan.