Surat Pembaca

Oxygen Melakukan Kecurangan Sistem?

Dear Oxygen,

Saya Bendono, pelanggan OXYGEN HOME dengan ID pelanggan: 20502586. Saya sudah melaporkan ke customer care, baik lewat WhatsApp pelanggan maupun lewat telepon, pada tanggal 6 Februari 2023. Perihal tanggal jatuh tempo pembayaran internet, yang semula tanggal 21 tiap bulan, berubah menjadi tanggal 4, tanpa ada pemberitahuan terlebih dahulu. Yang mengakibatkan koneksi internet saya diputus sebelum tanggal 21.

Saya merasa dicurangi pihak Oxygen, karena pada tanggal 24 Januari 2023, saya melakukan pembayaran dan seharusnya layanan berakhir tanggal 21 Februari 2023, tetapi ini di tanggal 4 Februari 2023 sudah diputus. Pihak Oxygen menjelaskan bahwasanya pada tanggal 21 Desember 2022 sampai dengan 21 Januari 2023, saya tidak melakukan pembayaran.

Padahal sistem tagihan Oxygen pra-bayar, pelanggan melakukan pembayaran dulu baru layanannya aktif. Saya melakukan pembayaran pada tanggal 24 Januari, sehingga layanan akan habis masa berlakunya 21 Februari 2023, tetapi di tanggal 4 sudah putus, dengan dahil tercetak tagihan baru.

Yang saya sayangkan di sini adalah pernah terjadi hal serupa sebelumnya. Yang mana pada tanggal 21 September 2022, saya belum melakukan pembayaran dan baru membayar tanggal 10 Oktober 2022 dan layanan berakhir tanggal 21 Oktober 2022. Saya tidak komplain karna memang masa berlakunya sampai tanggal 21 tiap bulannya, hanya 10 hari kami internet ON, dengan biaya normal, kami tidak komplain.

Anehnya lagi, dari awal pemasangan tanggal tagihan dan cetak tidak bisa diubah katanya. Walau saya sendiri telepon ke call center minta diubah, tetap tidak bisa. Namun sekarang mereka langsung mengubah sepihak dan saya merasa dirugikan oleh pihak Oxygen. Kenapa bisa tiba-tiba berubah sistem tagihannya? Hanya baru pakai 11 hari dari tanggal pembayaran.

Saya minta pertanggung jawabannya sebagai provider layanan internet di Indonesia. Kami pelanggan setia Oxygen, jika belum ada kejelasan kami akan pindah ke provider lain. Kami kecewa bukan karena berapa biaya yang harus kami bayar, akan tapi kami kecewa karena pelayanannya yang selalu mengecewakan pelanggan.

Mohon disampaikan ke tim terkait PT. Mora Telematika Indonesia.

Bendono
Jakarta Pusat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Apa mungkin krn bpk 2 x lewat jatuh tempo.
    Jatuh tempo tgl 21sept baru bayar 10 okt
    =19 hari due (saat telah bayar internet mati ga?)

    Jatuh tempo tgl 21 jan 2023 baru bayar tgl 24 jan =3 hari due
    Terus bln desenber 2022 kata bpk ga pakai.

  • sepemahaman sy, oxygen itu provider berlangganan, jd meski bapak tidak pakai, tetap harus bayar.
    saran sy, kalau bapak tidak selalu pakai internet, beli modem saja, beli kuota pas lg perlu, kl tidak perlu tidak usah beli.
    utk perubahan tangal billing atau jatuh tempo biasanya ada pemberitahuan lebih dulu.kalau memang tidak ada info, ini yg perlu diperbaiki oleh pihak oxygen.

    • Di terms nya oxygen ada sebut "
      Apabila Pelanggan tidak menerima tagihan yang seharusnya telah diterima, maka Pelanggan harus segera menanyakannya kepada Customer Service Moratelindo. Pelanggan tetap berkewajiban untuk memenuhi pembayaran selambat-lambatnya pada tanggal jatuh tempo walaupun tidak/belum menerima tagihan yang dimaksud.

      • Hi oxygen ...
        Kenapa bulan ini pas tanggal 27 mati internet nya , bukan nya setiap mati tanggal 30 ya masa setiap tahun perubahan masa tempo nya ....

    • memang berlangganan, tp pra bayar kaya beli pake telkomsel aja, kalo kita bayar baru on, kalo gak bayar ya off, cuma masalahnya gak akurat batas waktunya

      • Saya juga mengalami hal yang sama pak. Perubahan masa jatuh tempo tanpa pemberitahuan. Tanggal 19 Juni 2023 saya masih terima email mengenai tagihan dan pemberitahuan bahwa jatuh tempo tgl 21 Juni 2023. Tepat memasuki tgl 21 Juni 2023 internetnya mati, seharusnya belum kan, krn tgl jatuh tempo adalah tgl terakhir aktif. Harusnya kalau belum bayar, tgl 22 Juni baru dimatikan. Tgl 21 Juni itu saya komplen ke oxygen lewat whatsapp dan email. Kemudian dibalas dengan invoice baru yg mencantumkan bhw tgl jatuh tempo saya adalah 14 Juni 2023. Jadi menurut mereka, wajar saja modem saya dimatikan tgl 21 Juni 2023. Saya nggak paham. Tanggal jatuh tempo saya diubah sepihak. Kemudian sy juga nggak paham, katanya jatuh tempo tgl 14 Juni 2023 tapi dimatikan krn belum bayar adalah tgl 21 Juni 2023. Saya kecewa sekali dengan Oxygen. Internetnya juga sering putus.

  • Emang ada provider berlangganan kalau gak dipakai gak usah bayar? Balifiber dan Indihome saja pernah saya tinggal 1.5 dan 1 bulan namun tagihan tetap ada walau router dimatikan

  • Kalau masih belum genap 1 tahun pemakaian dari awal pemasangan emang gitu bakalan di tagih walau gak di pakai jadi Aya Aya wae tanya ini, kecuali minta di putus telpon nanti teknisinya yg gituin datang kerumahnya.

  • Ribet jg klu spt itu. Klu saya selama pakai Biznet, misal masa aktif sampai tgl 21, ya tepat tgl 22 jam 00.00 tengah malam internet mati dgn sendirinya jika saya lupa lakukan pembayaran. Kapan kita bayar kembali ya sejak bayar itu terhitung 30 hr kembali. Jadi fair pemakaiannya. Harusnya semua operator menerapkan aturan yg sama. Jd klu 2 bulan berturut2 tdk melakukan pembayaran, ID kita dinonaktifkan permanent & utk mengaktifkan kembali ya hrs registrasi ulang. Jd selama blm tercapai 2 bulan, kapan saja kita bayar ya aktif kembali utk 30 hr ke depan. Kira2 spt itu di biznet.

  • Mungkin sistemnya adalah per periode tapi bayar di muka/prabayar. Tidak sama dengan prabayarnya operator telpon seluler sistem kuota menurut masa isi data. Kalau sperti itu sesuai periode ya soal anda pakai gak pakai ya tetap harus bayar di muka sesuai periode yg disepakati. Kalau gak bayar ya diputus

  • Kasus yg sama menimpa saya, dan beberapa malasah lain yaitu : jatuh tempo berubah jadi di percepat, tapi saya abaikan.
    Kecepatan ditambah tapi kenyataannya sama aja, koneksi sering terputus, nonton di apk vidio putus² ( patah² ).
    Tagihan telah dinaikkan sepihak, tapi saya gak mau bayar..akhirnya diputus, mereka tetap menagih tagihan baru dan akan mengaktifkan kembali internet nya..saya menolak utk membayar tagihan baru karena pelayanan jauh menurun dibandingkan 1 th pertama pemakaian..
    Intinya oxygen ini bagus di awal saja, banyqk keluhan tentang provider ini di perumahan saya..
    Benar mereka ini seperti prabayar, bayar di depan..hasilnya saya tdk mau pakai oxygen lagi..tidak mau bayar, dan meminta perangkat merekan utk diambil lagi

  • Provider yang dramanya aneh-aneh adalah red flag dan mutlak harus ditinggalkan, dari pengubahan tgl tagih sepihak, kenaikan tarif yang tidak sebanding kualitas, customer service yang sangat bertele-tele, stop berlangganan yang dipersulit bahkan tagihan yang masih berjalan ke kartu kredit padahal telah stop berlangganan.