Surat Pembaca

Pengembalian Dana (Refund) Tokopedia Belum Saya Terima

Pada tanggal 14 Januari 2023, saya berbelanja di Tokopedia dengan nomor invoice: inv/20230114/mpl/2975580153. Pesanan langsung diproses pengiriman menggunakan kurir Anteraja, dengan nomor resi 10006536225935 dan estimasi tiba 17 Januari 2023.

Sampai dengan tanggal 18 Januari 2023, pesanan belum saya terima. Saya mengajukan komplain ke penjual dan meminta bantuan Tokopedia untuk investigasi pengiriman. Hasilnya barang dinyatakan hilang saat pengiriman dan dana akan dikembalikan.

Pengembalian dana seharusnya maksimal tanggal 27 Januari 2023, tetapi belum saya terima. Tanggal 31 Januari 2023, saya komplain ke tim Tokopedia Care karena belum ada pengembalian dana yang saya terima.

 

Tanggal 03 Februari 2023, saya kembali menghubungi pesan bantuan Tokopedia dengan ID: 45019999, layanan prioritas untuk pengembalian dananya. Namun sampai saat ini belum saya terima pengembalian dananya.

Kepada tim Tokopedia, butuh waktu berapa lama untuk pengembalian dana ke pembeli? Dari tanggal 18 Januari 2023 komplain, hasil investigasi tanggal 24 Januari 2023, tapi sampai saat ini saya tulis di Media Konsumen tanggal 06 Februari 2023, tidak selesai masalah pengembalian dananya.

Terima kasih,

Kriswanto
Jakarta Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Update per Hari ini tgl. 08.02.2023
    Pengembalian dana sudah kembali ke limit kredit saya.

    Terima kasih kepada Tokopedia dan Media Konsumen atas bantuannya dan respon yang luar biasa cepat.

    Dengan ini masalah ini sudah selesai.

    Terima kasih,
    ??

    • Berapa hari dari estimasi klaim pihak asuransinya bang? Saya juga mengalami hal yang sama, di laporan pusat resolusi harusnya tanggal 8 maximal sampe sekarang uang refund belum masuk juga.

  • Cepet juga nie tokped, responnya terhadap keluhan pelanggan nya.

    Kalo gw baca di MK paling sering expedisi Anteraja yg sering bermasalah hilang paket di saat pengiriman... jangan jangan ada oknum pegawainya yg nakal tuh.
    Coba di investigasi dah.

  • Saya punya problem yang sama, makin kesini kualitas tokped ko malah turun ya. Refund dana sudah hpir 1 bulan ga selesei2

  • Mungkin saya juga harus bikin surat pembaca disini ya, biar cepat refund dananya atau gimana sih

  • permasalahan yang sama kak.... beda ekspedisi saja.. ini saya pakai sicepat halu... sama kasusnya..barang hilang...dana refund ga' balik"....
    Customer Care responnya luama bgt.... chat jam 05.00 WIB... jam 13.00 belum ada balasan