Tokopedia Membatalkan Cashback GoPay Coins Secara Sepihak

Pada tanggal 01 Februari 2023 pukul 20:28, saya melakukan pembelian 2 voucher fisik Lakuemas nominal Rp1 juta dan 1 voucher nominal Rp5 juta. Dengan nomor invoice: INV/20230201/MPL/3018652416. Saat transaksi ada 2 promo yang bisa saya pilih, yaitu:

  • Potongan ongkos kirim Rp11.000.
  • Cashback GoPay Coins 139.940.

Saya pilih promo Cashback GoPay Coins 139.940. Setelah proses pembayaran, di invoice pembelian juga tertera promo Cashback GoPay Coins 139.940.

Hari Minggu tanggal 05 Februari 2023 pukul 11.55, saya terima vouchernya. Saat saya klik selesai di Tokopedia, tiba-tiba ada email pemberitahuan bahwa saya tidak dapat cashback (cashback dibatalkan), dengan alasan tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Saat saya tanya via Tokopedia Care jalur prioritas, jawabannya sama, cashback dibatalkan karena tidak memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku, bahkan ada penjelasan pasal-pasal. Saya tetap minta saya harus dapat cashback-nya, tapi pihak Tokopedia tetap membatalkan cashback saya.

Saya tetap menuntut hak saya dapat cashback, dengan alasan:

  1. Saat proses transaksi, promo cashback tersedia, bisa dipilih dan dipakai. Jika berdasarkan syarat dan ketentuan yang berlaku, voucher tidak dapat cashback, kenapa saat transaksi promo cashback tersedia, bisa dipilih dan dipakai? Hal ini saya anggap Tokopedia membohongi saya sebagai pembeli. Bisa pilih dan pakai promo cashback saat transaksi, tapi saat transaksi tidak dapat cashback.
  2. Perusahaan sebesar Tokopedia ternyata tidak menghargai surat perjanjian jual beli. Di invoice jelas-jelas tercantum promo cashback GoPay Coins, tapi dibatalkan dengan alasan tidak sesuai ketentuan yang berlaku. Kalau orang, Tokopedia itu seperti menjilat ludah sendiri.

Jujur saya kecewa, perusahaan sebesar Tokopedia bisa tidak menghargai perjanjian jual beli yang sah, membatalkan promo yang ditawarkan serta menjilat ludah sendiri (membohongi customer/pembeli). Untuk pembeli lain harap lebih berhati-hati saat membeli produk voucher di Tokopedia dengan iming-iming promo cashback.

Regards.

Enjum Jumhemi
Kab. Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

26 komentar untuk “Tokopedia Membatalkan Cashback GoPay Coins Secara Sepihak

  • 8 Februari 2023 - (08:34 WIB)
    Permalink

    Cashback tidak berlaku kalau untuk pembelian voucher atau LM.
    Saya juga pernah beli LM, Cashback nya dibatalkan. Kecewa sih..
    Yaa mau gimana lagi sudah ada S& K nya.

    1
    3
      • 8 Februari 2023 - (10:28 WIB)
        Permalink

        Setahu & sepengalaman saya selama 3 thn belanja rutin di toped, kalau suatu promo tidak berlaku untuk pembelian suatu product, promo tersebut tidak bisa di pilih & di gunakan. Ini kenapa saat transaksi bisa di pilih & di gunakan.

        Kalau promo nya dari awal transaksi tidak bisa di pilih & di gunakan, tentu saya juga tidak akan bertransaksi or tidak akan membuat surat keluhan di media konsumen

        • 9 Februari 2023 - (08:04 WIB)
          Permalink

          cashback tidak berlaku untuk beli voucher itu itu ada ketentuan berlaku hampir di semua marketplace dan hati2 investasi emas non fisik, bbrp vendor teridentifikasi mulai bermasalah. yg plg aman beli di antam

    • 8 Februari 2023 - (10:25 WIB)
      Permalink

      Tapi saya beli di blibli untuk product yg sama dengan nilai transaksi yg sama tetap dapat cashback saldo blibli 200 rb. Saya tadi nya langganan beli di toped untuk product ini, tapi karena tidak ada cashback ( promo tidak bisa di pakao ) & di blibli ada cashback.

      Untuk transaksi ini di toped, awal nya transaksi iseng di toped, tapi pas klik promo, ternyata promonya bisa di pakai & di pilih, jadi nya saya transaksi betulan, tapi sayang setelah barang di terima, cashback nya di batalkan oleh pihak toped.

      Pengalaman saya kalau promo nya tidak berlaku untuk pembelian suatu barang, promonya tidak bisa di pilih & di pakai, ini kenapa promonya bisa di pilih & di pakai tapi setelah barang di terima, promo cashbacknya di batalkan.

      Jelas saya kecewa sebagai customer & cukup itu pembelian terakhir product tersebut di toped. Kecewa karena merasa di bohongi dengan promo cashback yg ada

  • 8 Februari 2023 - (09:30 WIB)
    Permalink

    Kalo invoice dilihat sekarang, kemungkinan sudah hilang bagian informasi cashback nya.
    Mekanismenya memang seperti itu, untuk hal2 terkait LM tidak mendapatkan cashback.

  • 8 Februari 2023 - (09:46 WIB)
    Permalink

    “kenapa saat transaksi promo cashback tersedia, bisa dipilih dan dipakai?”

    Yg ditekankan TS sih ini ya. Memang semestinya produk di kategori ‘Voucher & Gift Card’, tidak akan muncul pilihan kupon promo yg bisa di apply. Apakah saat TS transaksi kebetulan sistem ngebug, atau penjual sempat merubah kategori ke yg laen (sesuai anjuran pembeli mgkn? Saya pernah jg jualan voucher belanja dan diminta buyer ubah kategori agar bisa pake kupon namun sy abaikan drpd toko dpt masalah jika terdeteksi). Harusnya pihak Lakuemas ngga akan mempertaruhkan reputasi hanya demi pembeli bisa checkout pake kupon ya.
    Kalau barusan sy coba utk checkout, memang tidak ada kupon yg bisa diapply kecuali potongan ongkir saja.
    Fokus sy malah lebih ke cicilan 12x nya, yg walaupun 0%, tapi biaya layanan nya gede 420.400, apa iya bisa menguntungkan investasinya dgn begitu?

    • 8 Februari 2023 - (10:37 WIB)
      Permalink

      Betul apa yg kakak sampaikan, saya jadi transaksi karena ada cashback sekitar 140 rb, lumayan buat mengurangi biaya layananan cicilan 12 bln. Yg saya keluhan di sini juga itu, kenapa PROMONYA BISA DI PILIH & DI GUNAKAN SAAT CEK OUT PEMBAYARAN, tapi di batalkan saat proses terima barang.

      Kalau pun katakan lah itu kesalahan system, berarti itu menjadi tanggung jawab pihak tokopedia or penjual, bukan cashback customer yg di batalkan.

      Saya pun dlu bekerja selama 20 thn lebih di salah satu ritel terbesar offline di indonesia, saat ada promo & terjadi kesalahan system, perusahaan yg mengaggung & customer tetap dapat hak2 nya, bukan membatalkan hak customer dengan berlindung pada S&K pembeiian barang yg berlaku Bagi saya sebagai customer loyal toped ( MEMBER DIAMON + PLUS ). Saya merasa benar2 kecewa & seperti di BOHONGI, sehingga membuat keluhan ini di media konsumen & jadi tidak mau lagi membeli product tersebut di toped

      2
      1
      • 8 Februari 2023 - (11:04 WIB)
        Permalink

        Apa hebatny diamond?
        Banyak cara mendaptkan diamond.. beli mobil lwt toped..bayar2 tagihan2 lwt toped..

        • 8 Februari 2023 - (11:14 WIB)
          Permalink

          Ga ada apa2 nya, di sini saya hanya menjawab salah satu komentar & salah satu masukan buat toped, bahwa loyalitas customer harus di perhatikan ( apa pun level member nya ).

          Dalam menangani suatu kasus or komplain customer jangan hanya berpatokan pada S&K, dan dari satu sudut pandang, tapi pahami tetlebih dahulu apa penyebab nya, bagaiman solusi nya, bagaiman sudut pandang customer terhadap kasus ini serta jangan sampai hal ini terulang lagi ke siap pun,

          By data yg saya lampirkan pihak toped hanya berpegang terhadap S&K, padahal kalau dari sudut pandang saya sebagai customer, saya mengeluh karena saya jadi transaksi sebab ada promo cashback yg bisa di pilih & di gunakan, walau setelah transaksi promo nya di batalkan oleh toped.

          Saya tau setiap perusahaan punya aturan sendiri2 tapi pihak toped pun harus bisa memahami saya dari sudut pandang customer, jika membandingkan nya dengan blibli ( anggap sebagai masukan untuk perbaikan )

          1
          1
        • 8 Februari 2023 - (12:16 WIB)
          Permalink

          Ga ada hebat nya tapi bagi saya member DIAMOND ,+ PLUS itu merupakan salah satu sumber penghasilan yg lumayan. Implementasi seperti hal2 di bawah

          Teman / Tetangga / Saudara nitip beli barang ke saya, sebab kalau beli sendiri ada ongkir yg rata2 10 rb ( kecuali sedang ada promo gratis ongkir ). Transaksi lewat akun saya mereka free ongkir & cukup tambah 5 rb ( total lebih murah 5 rb ). Saya dapat 5 rb / transaksi. Setiap minggu ada beberapa transaksi

          Kakak ipar saya nitip beli2 barang pesanan customernya seperti HP, Laptop dll. Sebulan minimal ada 4 pesanan. Kakak ipar saya byr cash + ongkir 10 rb setelah barang di terima. Saya byr nya pakai cc full payment. Setiap transaksi minimal 3 jt rata2 dapat cashback 100 rb an. Jadi setiap transaksi saya dapat 110 rb selain dapat uang cash untuk belanja usaha saya baik di offline maupun online sebab saya byr tagihan cc nya bulan depan nya

          Kakak saya & beberapa tetangga biasa nitip minta di bayarin tagihan pasca bayar, listrik & indihome. Saya byr nya pakai cc full payment. Mereka byr saat gajian. Saya dapat untung nya dari cashback + uang tunai untuk tambahan modal usaha sebab saya byr tagihan cc nya bulan depan

          Hampir tiap transaksi ( baik yg nitip maupun untuk usaha saya sendiri ) itu saya dapat cashback ( selain free ongkir unlimited ). Cashback nya biasa saya pakai buat belanja barang2 jualan warung or kios pulsa ( pulsa, paket data & token listrik ). Cashback nya cepat jadi uang tunai + nilai nya bertambah

          3
          1
  • 8 Februari 2023 - (10:02 WIB)
    Permalink

    sudah jelas kok syarat ketentuan tokopedia, cashback tidak berlaku utk semua voucher, baik itu voucher belanja, pulsa, logam emas, dan lain2.
    Sebelum menggunakan tokopedia juga kita disuruh baca & setuju syarat ketentuan yg ditetapkan tokopedia. Kebiasaan orang adalah scroll down sampe abis, centang setuju, next next next. dibaca jg kagak, tp begitu dapat masalah, koar2 nomor 1

    1
    2
    • 8 Februari 2023 - (10:44 WIB)
      Permalink

      Yg saya komplain itu, kenapa saat cek out promo nya ada, bisa di pilih & di gunakan. Harus nya promo nya tidak bisa di pilih & di gunakan untuk product tersebut.

      Pengalaman saya belanja di toped 3 thn lebih ( MEMBER DIAMON + PLUS ). Suatu promo tidak bisa di pilih & di gunakan jika product yg mau di beli tidak sesuai dengan S &K. Yg jadi keluhan & kekecewaan saya, kenapa saat transaksi promo nya bisa di pilih & di gunakan, tapi saat product di terima, promonya di batalkan?

      Kakak berpegang pada S & K, saya sebagai customer berpegang pada saat transaksi saya dapat promonya tapi kenapa setelah selesai transaksi promonya di batalkan. Jika dari awal promonya tidak bisa di pilih & di gunakan, saya akan menggunkan promo yg lain or membeli product yg sama di market place yg lain seperti blibli ( tempat saya rutin berbelanja & beli product tersebut )

      1
      1
      • 10 Februari 2023 - (08:58 WIB)
        Permalink

        Kalo masalah promo bs dipilih mah udh biasa pak, tp setelah pesanan selesai gak dapat cashback. Kalau promo diskon, biasanya langsung terbatalkan, beda dgn promo cashback. Namanya sistem bs aja error atau ngebug. Kalau misalnya cashback udh telanjur cair, kyknya toped gak bakal tarik balik, tp karna blm cair ya msh bs dibatalkan atau disesuaikan. Sy jg sering pas co ada promo2 yg aneh (misalnya promo uob tempo hari yg bs dibayar pake sistem pembayaran apapun) mending gak pake sih ngeri akun sy kenapa2.

  • 8 Februari 2023 - (11:51 WIB)
    Permalink

    Terima Kasih masukannya. Surat ini saya buat sebagai bentuk rasa kecewa saya dengan pelayanan tokopedia untuk pesanan ini juga sebagai masukan dalam menangani keluhan customernya, jangan hanya berpegangan terhadap S&K tapi di lihat terlebih dahulu, apa penyebab nya, bagaimana hal ini terjadi, bagaiman solusi nya, bagaimana hal ini supaya tidak terjadi lagi, lihat dari minimal 2 sudut pandang yg berbeda ( toped & customer ) dll

    Bukan sekedar hak benar atau salah. Walau saya kecewa saya tetap akan belanja di toped ( product ini mungkin tidak beli lagi di toped ) seperti hal nya di blibli, shopee & toko2 offline karena saya rutin belanja untuk di jual lagi baik itu di jual di warung maupun itu pesanan customer saya ( byr tempo or di cicil )

    1
    1
  • 8 Februari 2023 - (15:13 WIB)
    Permalink

    Kenapa voucher bisa dipake ketika chek out? Krn seller buat kategori produknya bukan logam mulia.

  • 8 Februari 2023 - (22:57 WIB)
    Permalink

    Setelah baca artikel ini saya jadi ngeri.

    1. Penulis ini cashback hunter, tapi belinya voucher yang dimana secara logika bisa dicairkan dengan mudah jadi duit kembali karena fisiknya cuma selembar kertas. Ini bisa dikategorikan gesek tunai (gestun) apalagi bayarnya pake cicilan 12 bulan. Entah apa yang terjadi ke akun penulis dan penjual setelah artikel ini dimuat karena pasti penjual taruh kategori bukan di logam mulia makanya bisa “ditempel” voucher. Mudah-mudahan akun penulis ga kena “santet” Tokopedia karena melanggar S&K promo dan akun penjual gak kena moderasi sistem.

    2. Coba lihat bagian alamat & no handphone penulis. Ada yang aneh?
    Yak betul, tanpa sensor.
    Entah apa yang dipikiran penulis, bisa publish full nama lengkap, nomor handphone beserta alamatnya pula di media konsumen.
    Tanpa sensor, tanpa crop, tanpa ditutupin. Baru kali ini saya lihat artikel di media konsumen yang penulisnya secara “sukarela” kasih data diri dia kepada publik. Dan tebak? Yak, artikel di media konsumen ga bisa diedit maupun dihapus. Berdoa saja semoga gak ada penipu atau pun penjual yang hobi bom cod catat data diri tersebut.

    Itu aja sih ya. Moga setelah artikel ini dimuat Tokopedia gak bikin aturan yang makin ribet buat promo cashback.

    Karena makin banyak user yang “ngakalin” voucher seperti penulis ini makin kesini aturan cashback makin diperketat.

    Satu user jadi korban, seluruh user yang kena imbasnya.

    3
    1
    • 9 Februari 2023 - (09:53 WIB)
      Permalink

      Terima Kasih atas masukan & keprihatinannya. Tapi mohon maaf saya bukan hunter cashback, tapi sama seorang penjual juga, jadi wajar jika saat akan membeli barang saya mencari yg memberi keuntungan paling banyak buat saya tapi tetap tanpa merugikan siapapun.

      Saya beli voucher itu juga karena pesanan customer saya. Mereka sudah tau harga yg di jual di tokopedia, saya hanya proses pembayaran sesuai dengan pilihan customer saya. Margin yg saya ambil or dapat kecil karena pembelian memggunakan cc & hitung2 membantu customer saya mendapatkan barang idamannya. Keuntungan terbesar saya justru saya dapat dari cashback or potongan harga, karena itu lah saya selalu berusaha mendapatkan cashback or potongan harga saat membeli barang

      • 9 Februari 2023 - (17:36 WIB)
        Permalink

        Iya itu namanya cashback hunter bang.
        Jual barang ambil keuntungan dari voucher cashback ya namanya cashback hunter.
        Kamu sendiri yang bilang keuntungan kamu terbesar dari cashback makanya kamu selalu cari voucher.
        Itu tandanya kamu pemburu cashback / cashback hunter.

  • 9 Februari 2023 - (09:46 WIB)
    Permalink

    Tapi sebelumnya voucher tidak bisa di pakai saat pembayaran, setelah saya pindah beli ke blibli & saat iseng masukin ke keranjang, kok tiba2 ada voucher cashback yg bisa di pakai selain voucher potongan harga. Makanya saya proses jadi transaksi karena ada voucher cashback. Kalau tau tetap ga ada voucher cashback, saya tidak akan transaksi & transaksi nya di blibli

  • 9 Februari 2023 - (12:15 WIB)
    Permalink

    Klo dari sudut pandang saya sih, si ts kena anti-fraud nya sistem tokopedia. Klo semisal di checkout lolos, belum tentu di akhir bisa lolos.

    Untuk, kenapa voucher nya bisa di gunakan saat checkout? Karna voucher nya dianggap memenuhi kriteria kriteria. Entah itu dari sisi parameter voucher nya atau parameter barang yang dibeli. Bisa juga dapat di gunakan karna kesalahan sistem (seperi kasus voucher yang bisa dipake berkali kali beberapa waktu lalu).

    Ohh iya, anti-fraud ini itu engga peduli status anda itu apa, mau loyalist kek, mo habis juta sampai ber-M an kek, klo ada pelanggaran itu bakal di anggap sama status nya.

  • 10 Februari 2023 - (17:42 WIB)
    Permalink

    Bkn hanya di tokped .di bli2 jg sama ..
    Saya jg pernah ngalami di bli2 baru2 ini…
    Pas cekout dan byr pesanan,muncul dpt cashback..
    Dan stlh 2 hari pesanan tiba ..
    Harusnya cashback SDH masuk…tiba2 dpt email… pembatalan cashback.
    Krn ga sesuai s&k yg berlaku..dan cashback di batalkan ..

 Apa Komentar Anda mengenai Promo Tokopedia?

Ada 26 komentar sampai saat ini..

Tokopedia Membatalkan Cashback GoPay Coins Secara Sepihak

oleh Enjum Jumhemi dibaca dalam: 1 menit
26