Surat Pembaca

Lagi-lagi Paket Akrab XL Error dan Tidak Bisa Diselesaikan oleh CS

Saya membeli Paket Akrab dari XL per tanggal 10 Februari 2023 pukul 07:55 AM. Namun sampai saat ini tanggal 14 Februari 2023 pukul 11:06 AM, paket saya masih bermasalah dengan kendala berikut:

  • Nomor XL pengelola: 08778026**80 (kuota pribadi tidak masuk, hanya kuota sharing).
  • Nomor XL anggota 1: 08593741**14 (tidak bisa ditambahkan).
  • Nomor XL anggota 2: 08778026**51 (tidak bisa ditambahkan).

Paket yang saya beli adalah PAKET AKRAB L, seharga Rp180.000 untuk 3 orang anggota. Sampai saat ini hanya 1 orang yang bisa menggunakan paket tersebut.

Selama 5 hari berjalanya paket, saya sudah puluhan kali mencoba menambahkan anggota paket, tapi tetap tidak bisa. Versi aplikasi saya adalah yang terbaru (versi 5.7.2). Saya juga telah berkali-kali hapus cache dan install ulang aplikasi. Namun tetap sama hasilnya, NIHIL. Terdapat error juga di tampilan aplikasi, yang mana pada fitur detail paket AKRAB saya, terdapat rincian masa aktif paket yang berlaku hingga 01 Januari 1970. For God’s sake, 1970! Plus, detail pengguna yang bisa menggunakan paket akrab bukannya 3 orang, melainkan 2 orang.

Pada bulan Desember, error Paket Akrab di aplikasi MyXL ini juga menimpa saya. Jadi ini adalah kali ke-2 saya mengalami error yang sangat merugikan ini dan lagi-lagi berhari-hari penyelesaiannya. Terakhir, Paket Akrab saya dibulan Desember baru bisa normal digunakan pada hari ke-13, HARI KE-13 SEJAK PAKET AKTIF!

Terakhir, komplain Paket Akrab saya dilaporkan oleh keponakan saya (Nurul Husna) di situs Media Konsumen pada tanggal 18 Desember 2022 dan baru dijawab pada 16 Januari 2023, 30 hari setelah komplain. Yang menjawab merasa sangat bangga dengan kinerjanya yang dapat menjawab masalah dalam 30 hari. Padahal masa aktif paket itu sendiri adalah 30 hari. Saya yakin, komplain saya kali ini juga akan dijawab dalam 30 hari kalender.

Berkali-kali dan berhari-hari saya sudah komplain ke CS di My XL, CS 817, dan CS di XL Center, tapi jawabannya sama, hanya akan di-follow up. Lebih parahnya, dari puluhan komplain yang saya ajukan, tidak ada satu CS pun yang menyebutkan durasi follow-up, tidak ada kejelasan apakah paket akan bisa saya gunakan atau hangus begitu saya dalam 30 hari pemakaian tanpa bisa digunakan sama sekali akibat error.

Saya pun sangat bingung dengan SOP CS XL yang jenisnya daring, yang mana customer disuruh menunggu bermenit-menit untuk mereka, tapi ketika mereka menjawab, customer ditinggal begitu saja (mengakhiri chat) dalam 15-30 detik sejak chat mereka muncul, tanpa memberikan waktu untuk customer untuk menjawab dengan benar. Perlu waktu bagi customer untuk mengetik, wahai CS XL yang SOP-nya copy paste jawaban dari template dan Zendesk.

Tindakan pihak XL Center sama sekali tidak berguna, berbeda seperti provider lain. Contohnya Telkomsel, yang semua permasalahan bisa diselesaikan on the spot ketika datang ke GraPARI, tidak ada jawaban template akan di-follow up atau dicek atau diteruskan ke bagian IT, melainkan ditangani dan diselesaikan saat itu juga oleh Desk Customer Support.

Farhana
Bireun, NAD

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan XL Axiata untuk Keluhan Ibu Farhana

Jakarta, 20 Februari 2023 Ref.CM/CU/E/004/0223/IL Kepada Yth. Redaksi Mediakonsumen.com Dengan Hormat, Berikut tanggapan kami atas keluhan Ibu Farhana melalui Mediakonsumen.com,...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Apakakah akan ditambah 7 hr-30 hr lagi. Oleh xl?
    Ibarat sdh di php, di sakitin tapi tetap setia bertahan

    • Prooblemnya hampir sama seperti punya saya, paket akrabnya sama2 diaktifkan di tanggal 10 Februari 2023. Saya masih bisa memasukkan anggota, tapi hanya diberi kesempatan mengganti anggota sekali saja, padahal harusnya bisa gonta ganti anggota sampe 3 kali dalam satu slot. Anggota akrab saya pun ga dikasih kuota lokal/pribadi. Waktu komplain ke cs XL, baik di twitter,fb, dan 817, responnya juga sama seperti artikel di atas, sampai sekarang problem saya juga belum kunjung solved.

  • Sekarang sudah hari ke+7 paket berjalan, Kuota Pribadi belum masuk, penambahan anggota pun tidak bisa
    sudah dicoba dengan 3 device berbeda, dan semuanya tetap tidak bisa menambahkan anggota.

    • @shafiyah. Hanya system dari xl yg bisa solve keluhan anda. Misal solve hari ini masih ada 12 bln lagi. Jika tiap bulan error terus apakah anda akan tulis di mk 12x. Apakah ada kompensasi dari xl yg dari bulan lalu. Apakah worth it uang dan energi yg di keluarkan 180rb di perjuangan tiap bulan hanya utk paket akrab? Saat paket tidak bisa di tambahkan anggota di hp keluarga apakah tetap beli paket lain kah?

    • Sama kak,saya jga pernah,beli kuota akrab,yang 2 nomer bisa menggunakan,yang 1 nomer tidak bisa,padahal sudah di coba berkali kali,akhirnya saya kapok beli paket kuota XL yang akrab lagi

    • masalah yang sama jg saya alami. paket akrab XL saya error. pembelian paket di tanggal 10 Februari 2023. kuota Aplikasi Unlimited (Wa, gmaps) tidak bisa di gunakan oleh anggota, jadi yang bisa menggunakan pengelolah saja.dan sekarang udah seminggu lebih error nya. komplain ke CS XL gadapet solusi. suruh nunggu terus tp masih ga bisa. sampai datang ke XL center di kota saya pun masih gadapet solusi. cuma suruh update apk dan keluarin anggota lalu tambahkan lagi. Berasa rugi saya menggunakan paket akrab XL ini.

  • ngebug, cs xl gak bisa diandalkan. cs xl bodoh. gw dulu pernah sampai disalahkan netizen gara2 xl.

  • Terimakasih kepada media konsumen yang telah memuat keluhan saya. Berikut ini adalah potongan paragraf dari surat keluhan ini yang tidak dimuat oleh media konsumen, mungkin karena terlihat offensif.

    "Menurut saya, dari banyaknya komplain terkait pakett di aplikasi MYXL, sudah dapat menjadi rujukan bagi pihak XL untuk mendemosi atau MENGGANTI head maupun VP teknologi XL-AXIATA INDONESIA khususnya yang menangani bidang apps XL. Juga, tolong gantilah VP atau Head Communication XL-AXIATA Indonesia sekarang. Karena saya sangat yakin keluhan saya ini akan kembali ditangani SANGAT lama dan dijawab JAUH LEBIH LAMA lagi. "

  • Potongan yang lain :

    "Terakhir, komplain paket akrab saya dilaporkan oleh keponakan saya NURUL HUSNA di situs media konsumen pada tanggal 18 desember dan baru dijawab pada 16 januari, 3O hari setelah komplain. Yang menjawab merasa sangat bangga dengan kinerjanya yang dapat menjawab masalah dalam 30 hari, dimana masa aktif paket itu sendiri adalah 30 hari, sungguh tidak berguna,tidak tahu malu, tidak menunjukan simpat & empati serta tidak bertika tim communication XL yang menjawab komplain tersebut. Anda dapat melihat komplain keponakan saya melalui https://mediakonsumen.com/2022/12/18/surat-pembaca/tidak-bisa-menambah-member-dalam-paket-akrab-xl-2. "

    • Setiap surat pembaca yang di post di media konsumen tergolong langsung direspon, tetapi untuk tanggapan dari pihak perusahaan / provider di komentar media konsumen memang di posting balasan nya lama. (Pengalaman saya sendiri)

      Kenapa surat pembaca di media konsumen sangat langsung direspon oleh pihak terkait ?
      Karena media konsumen sebelum kita post akan masuk dulu kedalam list penyunting redaksi dan apabila dianggap layak maka akan diterbitkan, dan media konsumen merupakan publik yang bisa dibaca oleh siapapun yang berpengaruh pada image suatu perusahaan tersebut/terkait

  • Seharusnya XL malu dengan kinerjanya, berbenah diri dan membuat kebijakan refund atau ganti rugi prorata atas jumlah hari mal fungsi paket yang dialami customer. Sudah diberikan ide gratis begini saja, entah kenapa saya yakin ga akan digubris

  • Dari kronologinya sih nampaknya ada kesalahan entah di aplikasi atau di data center XL (kalau kata om @Kata, sistemnya ngebug). Saya belum pernah pakai XL tapi mungkinkah ada cara lain mengakses informasi paket aktif? Mungkin lewat SSID atau website XL?

    Idealnya masalah begini seharusnya bisa ditangani dengan cepat oleh tim CS XL. Tapi kita hidup di dunia yang tidak ideal dan provider yang tidak ideal. Semoga masalahnya bisa diselesaikan segera, atau berlabuh di dermaga lain segera.

  • sampai saat ini belum ada penanganan dari pihak XL, sudah mau masuk H+8 dari paket aktif.
    Ini adalah kali terakhir saya memakai provider XL untuk paket internet sekeluarga. tentu saya tidak akan tinggal diam sampai hak saya yang sekarang dipenuhi.