Paket Hilang oleh Ekspedisi Anteraja dan Dana Klaim Pengembalian Tidak Dibayar Seharga Barang

Pada tanggal 25 Januari 2023 saya mendapat orderan di Shopee dengan nomor pesanan: 230125A6W35VAE dan nomor resi: 10006592112570 Ekspedisi Anteraja.

Pada tanggal 6 Februari 2023 paket yang saya kirim dinyatakan hilang oleh CS Anteraja setelah saya chat via WhatsApp, pihak Anteraja mengatakan akan melakukan klaim ke Shopee. Lalu dana pembeli dicairkan full oleh Shopee dan pada tanggal 10 Februari 2023 dana saya dikembalikan oleh Shopee senilai 10 x ongkir yaitu Rp220.000. Sementara barang yang saya jual senilai Rp413.000, itu pun tanpa ada notifikasi apa pun, sehingga saya tidak tahu dana saya telah dikembalikan.

Setelah saya chat Shopee berkali kali akhirnya Shopee menghubungi saya dan mengatakan dana saya telah dikembalikan dengan nominal tersebut di atas. Saya komplain kenapa hanya Rp220 ribu? Lalu Shopee mengatakan itu sudah keputusan dispute Shopee dikarenakan saya tidak daftar asuransi penjual. Setelah saya cek ternyata fitur link yang diberikan Shopee untuk daftar asuransi penjual memang tidak ada sama sekali. Tercantum bahwa “Hanya penjual terpilih yang bisa daftar asuransi penjual” .

Jika begini saya sangat dirugikan sebagai penjual di Shopee. Memang nominal uang tidak seberapa tetapi keuntungan penjual hanya beberapa ribu saja, dan sekarang saya harus rugi hampir dua ratus ribu rupiah. Kalau memang Shopee ada kesepakatan dengan pihak ekspedisi mengenai pergantian barang hilang hanya ditanggung 10x ongkir semestinya ada pemberitahuan dan semestinya penjual disediakan fitur untuk aktivasi asuransi penjual, tetapi ini tidak ada sama sekali,

Jelas di sini barang yang menghilangkan adalah ekspedisi Anteraja tetapi kenapa dana penjual hanya dikembalikan setengah? Tolong tindak lanjutnya pihak Shopee dan Anteraja.

Terima kasih.

Rini Sabrina
Kab. Kotawaringin Timur, Kalimantan Tengah

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Tanggapan Anteraja atas Surat Ibu Rini Sabrina

Dengan Hormat, Sehubungan dengan surat Ibu Rini Sabrina yang berjudul: “Paket Hilang oleh Ekspedisi Anteraja dan Dana Klaim Pengembalian Tidak...
Baca Selengkapnya

12 komentar untuk “Paket Hilang oleh Ekspedisi Anteraja dan Dana Klaim Pengembalian Tidak Dibayar Seharga Barang

  • 20 Februari 2023 - (05:02 WIB)
    Permalink

    Baru jualan di shopee ya mbak? Mmg shopee gk ada fitur asuransi kok, klo mau asursnsi ya ke ekspedisinya. Shopee mah masa bodo dgn kehilangan / kerusakan.

    • 20 Februari 2023 - (07:03 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah saya udh jualan di shopee sjk awal shopee ada di indonesia , tp baru x ini sy mengalami hal seperti ini, dan alhamdulillah stlh surat pembaca ini naik ke media konsumen shopee langsung call saya dan mengatakan akan ganti kekurangan dana saya dlm 3 hari kerja, let’s see… kl udh msk sy update, semoga shopee amanah dengan janjinya

  • 20 Februari 2023 - (06:20 WIB)
    Permalink

    Perasaan semua ekspedisi kalo gk pake asuransi ya cuma 10x ongkir, kalo di ganti full mah trs fungsi asuransi sendiri buat apa coba? Lagian sudah tau kalo Shopee gk ada fitur asuransi kok ada ya orang nekat jualan barang mahal

    • 24 Februari 2023 - (12:25 WIB)
      Permalink

      Bacot lu cok yang disalahin sini harusnya shopee, udah tau marketplace no 1 kok gobloknya asuransi gak ada fiturnya

      • 24 Februari 2023 - (14:59 WIB)
        Permalink

        Mas itu buzzer shopee kali ???, alhamdulillah mas udh diganti full koq akhirnya sama shopee , mmg ngefek bgt adanya media konsumen ini, shopee lgsg bertanggung jawab, kl gak mgkn uang saya ya gk akan pernah diganti shopee.
        Thanx bgt media konsumen udh approve surat pembaca saya

  • 20 Februari 2023 - (07:00 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf mas/mbak yg comment, bisa di cek di faq shopee bahwa hanya penjual terpilih yang bisa daftar asuransi, lagian sy jg sudah hubungi anteraja, mereka bilang sudah diklaim semua, kata ekspedisi bisa ditanyakan ke shopee nya, nah alhamdulillah update per tanggal 19 feb 2022 surat pembaca ini naik ke media konsumen akhirnya shopee menghubungi saya dan mengatakan akan di refund sisa dana ke saya dalam 3 hari kerja, mdh2 an aja bener balik, akan sy update lagi jika sudah masuk dana nya

  • 20 Februari 2023 - (07:37 WIB)
    Permalink

    Pengalaman saya pergantian memang 10x ongkir ka klo gak pake asuransi.. dan di shopee rata2 mmg g ad layanan asuransi.. trus saran sy coba liat lagi ka expedisinya, spertiny resi yg tertera dicapturean kaka berbeda dgn yg tercntum di keluhan kaka.. klo lihat laporan kaka itu shoppee menggunakan ID express tuh ka bukan anteraja.. krn resi yg tercntum adl resi ID express.. saran aja sich tkutny kaka salah sebut dan salah post nti muncul problem baru..

  • 20 Februari 2023 - (08:10 WIB)
    Permalink

    Mohon maaf sy mmg slh cantumin capture an, itu mmg orderan lain, tp krn udh tayang disini gk bs direvisi, gmn caranya ganti gambar yg dicantumin sy masih bingung krn baru x ini buat laporan di media konsumen, bs bantu mas?

    • 20 Februari 2023 - (08:20 WIB)
      Permalink

      Revisi foto produk yg sy cantumkaan ada kesalahan cantumin yg mana orderan yg sy maksud adalah yg tersebut dibawah ini, sy tidak bs mengganti gambar hanya bisa copy orderan yg sudah diajuin laporan kehilangannya, berikut copian nya :

      Produk tidak diterima/tidak sampai
      Pesanan tidak diterima sampai waktu yang ditentukan, harap
      pengembalian dana ke shopeepay
      Alasan Pengajuan
      Saya telah mengirim barang sesuai dengan pesanan Pembeli
      Saya sudah mengirim barang sesuai pesanan pembeli, tetapi
      memang kalau dilihat di kolom pelacakan nya barang belum
      diantar antar juga, pengiriman jg sgt lama padahal dalam
      kota yg sama, jadi barang belum diterima karena masih
      proses pengantaran ekspedisi
      haryatilubis12
      MS GLOW SERUM ALL VARIAN ORIGINAL 100…
      SEHUJM MS GLOW
      White cell dna
      x1
      Rp165.000
      PAKET VWAJAH MSGLOW WHITE CELL DNA TE…
      r enu R
      Tanpa gift, Pkt dna dgn daycream
      X
      Rp245.000
      No. Pengajuan
      23020304105853K SALIN
      Rp413.000
      Dana Pengembalian
      Diajukan pada
      03-02-2023 22:48

  • 20 Februari 2023 - (09:46 WIB)
    Permalink

    Saya pernah beberapa kali kehilangan paket saya tapi kasusnya dengan ekspedisi JNT Express. Memang benar hanya bisa klaim 10x dari ongkir. Prosesnya lama sekali. Pihak kurir yang lalai dan gak bertanggung jawab tapi saya yang dirugikan. Akhirnya pindah ke sicepat yang meskipun lebih lama sampai di kota saya tapi setidaknya belum pernah paket dinyatakan hilang/nyasar ke alamat lain.

    • 21 Februari 2023 - (13:32 WIB)
      Permalink

      Alhamdulillah shopee udh hbgi saya sejak surat pembaca ini naik , katanya dana saya akan dikembalikan 3 hr kerja, besok hari rabu adalah batas dr janji shopee, kl mmg ada perkembangan saya update lg dsni

  • 22 Februari 2023 - (12:01 WIB)
    Permalink

    Update per hari ini 22 februari 2023 ,
    Alhamdulillah setelah surat ini naik kemedia konsumen shopee langsung menghubungi saya dan hari ini dana saya akhirnya dikembalikan oleh shopee. Terima kasih untuk shopee atas itikad baiknya, semoga kejadian seperti ini tidak terulang lagi dikemudian hari dengan seller manapun??

 Apa Komentar Anda mengenai Anteraja?

Ada 12 komentar sampai saat ini..

Paket Hilang oleh Ekspedisi Anteraja dan Dana Klaim Pengembalian Tidak…

oleh Rini Sabrina dibaca dalam: 1 menit
12