Surat Pembaca

Collection Kartu Kredit Bank Mandiri Melakukan Penagihan dengan Meresahkan

Salam saya, Collection Kartu Kredit Bank Mandiri

Saya nasabah CC Bank Mandiri ketika saya kerja di bank, di mana gaji saya payroll di Bank Mandiri, sehingga saya ditawari Kartu Kredit dengan limit 10 juta. Ketika saya sudah tidak bekerja di perusahaan yang terdftar sebagai tempat kerja di data CC Bank Mandiri saya pindah ke tempat kerja sekarang. Kalau tidak salah sejak 2019 CC saya menunggak namun tidak dengan limit pemakaian full.

Saya sejak itu dihubungi pihak collection Cc Bank Mandiri dan saya meminta keringanan dengan cicilan per bulan, namun tidak disetujui. Lalu 2022 saya dihubungi kembali dan saya meminta cicilan per bulan 300rb/bulan namun mereka minta harus 2x cicil dengan keringanan 13 juta. Saya tidak menyanggupi karena gak bisa bayar 2x.

Setelah itu pihak collection menghubungi kontak HP yang tidak saya daftar sebagai nomor darurat, bahkan orang yang baru saya kenal di pekerjaan saya yang baru mereka hubungi (data terlampir). Bahkan surat menyurat dikirim ke pekerjaan baru yang tidak terdaftar. Padahal alamat rumah saya tinggal dan nomor HP saya masih tetap.

Karena saya merasa resah saya mendatangi kantor Bank Mandiri di sini, namun mereka jawab hanya bagian pelayanan kartu kredit dan menyambungkan telepon ke pihak collection. Saya bertanya terkait sebaran data saya, pihak collection jawab data mereka dari “Investigasi”. Karena merasa tidak puas saya menghubungi 2x call center 14000 dan laporan saya diterima, namun tidak ada juga perubahan.

Dengan ini saya ingin bertanya ke Pihak Manajemen Bank Mandiri terkait prosedur penagihannya, kenapa bisa nomor” di HP saya dihubungi pihak collection, bahkan saya saat acara Natal ditelepon dengan jawaban saya 1 jam lagi telepon habis acara kebaktian natal, namun pihak collection bilang tidak ada natal sekarang, jadi saya emosi merasa sampai agama pun dikaitkan mereka.

Jadi pimpinan kerja saya sekarang juga merasa terganggu dihubungi terus menerus yang tidak ada kaitannya dengan data saya. Maka pimpinan usulkan saya untuk melapor ke OJK atau BI disini dengan dasar ini dan Peraturan OJK 6/POJK.07/2022 tentang Perlindungan Konsumen dan Masyarakat di Sektor Jasa Keuangan ditempatkan dalam Lembaran Negara Republik Indonesia Tahun 2022 Nomor 99.

Mohon respon pihak Bank Mandiri, saya mau cicil 300 ribu/bulan namun pihak collection tidak terima.

Hormat saya

Musa F.S
Pematang Siantar

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan Bank Mandiri atas Pengaduan Bapak Musa Fernando Silaen

Menanggapi pengaduan Bapak Musa Fernando Silaen melalui Media Konsumen terkait dengan penagihan Mandiri Kartu Kredit Bapak, kami mohon maaf atas...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Kalau lapor ojk tetep aja harus bayar hutang, kalau dikejer kejer ya gimana lagi sudah 4 tahun hutangnya gak dibayar, kalau bisa nego dengan pembayaran full pasti bisa bayar pokonya aja

    • Kita mau bayar boss, tapi tidak ketemu kesepakatan.. Kalau tidak tau alue full nya gak usah koment. Kalau collection BM ya.. Tunggu aja.

      • Saya juga mengalami hal yang sama, diteror Dc mandiri telp ke nomor orang yg tidak didaftarkan sebagai kontak darurat yang tidak ada hubungannya dan juga mengancam mempermalukan saya
        Dulu awal2 saya sempat melakukan 2 x pengajuan cicilan dan sudah bayar tp tidak mengurangi hutang saya..

        Makanya saya rasa percuma jika bayar melalui Dc. Saya juga sudah bilang ke Dc yg menagih akan bayar sendiri melalui Collection mandiri tp mereka murka, mulai menghina, Meneror ke rekan2 kerja saya, padahal saya jg balas chat dari mereka

        Saya mau lunasin bukan gak mau bayar. Tp Bank Mandiri ini tidak Fleksible cuma terima cicilan max 6 bulan dengan bunga hampir 100% dari pinjaman.

      • Saran ane santai aja om, biarin penagihannya jgn dengerin para DC yg koar2 disini. Mendingan duitnya di tabung dulu. Tar klo ada duit baru dibayar semuanya. Datangin bank nya nego ditempat. Klo ga mau yahhh bulan depan lagi. Jgn Bayat ke DC ga bakalan sampe hehehe

  • makanya hindari pinjol dan cc. mungkin setelah menagih selama 4 th ke rumah tidak ada progress makanya mereka pakai cara lain yg lebih ampuh. setiap aksi bakal ada reaksi tidak akan ada asap kalau tidak ada api mungkin ada baiknya introspeksi diri

    • saya mau bayar. Pertanyaan saya masalah sistem penagihan di luar kontak darurat. Para collection sepertinya koment di surat saya ini ya.... Alamat dan nomor HP saya tidak berubah. Silahkan datang..

  • pernah kerja di perbankan, tp gelap mata malah menunggak menjadi hutang.
    kacau kamu Musa Fernando

    • Kok gelap mata. Kamu tau gak komunikasi atau membaca. Sya minta keringanan cicilan. Kamu Collect ya. Tunggu aja surat laporan OJK saya. Kalian mulai takut ya dengan kesalahan prosedur penagihan bank mandiri ya

      • pak musa, sy pernah berhutang CC 1 salah satu bank plat merah 40jt.
        menunggak 2 tahun.
        herannya mereka bs menelpon ke adik saya ketika nmr sy tdk aktif. hebat mereka dlm melacak.
        diancam akan dipasang plang di depan rumah sbagai nasabah penghutang. malah sy blg , psg aja, bs sy tuntut balik.
        ujung2nya emg sy bereskan semua.
        tp kapok berurusan dgn hal2 seperti itu.
        tetap semangat pak musa. sy hargai itikad baiknya ttep mau membayar utamakan kebutuhan keluarga dl.

    • Mohon maaf buat member media konsumen saya mau kasih tau. Saya buat surat ke media konsumen untuk ditanggapi pihak Bank Mandiri. Mau klian collection liar Bank Mandiri saya tidak butuh itu. Saya mantan orang Bank tau aturan dan saya punya hak mengajukan ke OJK sesuai peraturan OJK. Biar jangan liar diskusinya. Terimakasih

  • kadang2 ada netizen yang malah menyalahkan korban tidak peduli korban salah atau tidak. wkwkwkwkwjw

  • Saya pernah mendapatkan telepon & WA dari DC suatu bank, isinya ampir sama sih dengan yang pak Musa itu. Minta diterusin info ke debitur. Saya bilang "apa urusan saya? tagih aja sendiri!". Jadi saya yg bersitegang dengan DC. ada kali seminggu perang urat syaraf.

    Pak musa emang berhutang dan ada itikad baik untuk bayar, kalem aja pak. Kalau DC dateng ke rumah bapak, bicarain saja blak-blak'an keadaan yg sebenarnya.
    Kalau si DC arogan ke tempat bapak ingin sita barang, dipersilahkan aja pak, tapi jangan lupa ambil video & foto. Terus laporin ke rekan bhayangkara, pasti diciduk tu DC.

    Lapor ke OJK bukan solusi, pak. Masalah pinjol legal & ilegal aja sampe sekarang ga ada kejelasan, bagai 'macan ompong' alias payah!

    Biasanya si DC ini memainkan psikologis debitur biar down. Hadapi dengan kepala dingin.
    Negosiasikan secara alot dengan pihak kreditur, jangan kendor.

  • Katanya tau aturan, hutang tidak di bayar ber tahun tahun itu menyalahi aturan tidak? Bahlul ente

    • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan biar anda ketahui surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

  • Mirip² PINJOL ya skarang cara penagihan perbankan, kalo udh gitu mending gk usah dibayar/galbay kan aja sekalian. Toh hutang piutang ranah perdata.

    • kalau pak musa kuat mental sih bagusnya bgini.
      tp yah balik ke pribadi org masing2.
      secara aturan penagihan mandiri sudah salah.
      pak musa berhak utk komplain.
      walaupun posisi sebagai penghutang, tp ttep ikut aturan dlm penagihan.
      klo bank atau pinjol tdk mau ikut aturan, jgn buka usaha pinjam meminjam

      • Betul sekali saudaraku, harus kita lawan. Mereka cuma berani ngancem lewat chat/tlp doank. Begitu diajak ketemu duel mana berani mereka. Kebanyakan DC DC ini dari SDM rendah, mereka ini korban sebenernya. Saya pernah membuat DC tobat ketika melakukan penagihan kerumah, saya sadarkan agar kerja yg berkah dan halal saja karna mereka ini berdosa sekali bentak2 nasabah seenaknya.

        • Wah mantep sekali mang ini, mungkin besok bisa bikin film dokumenter Mang yang judulnya "kisah penunggak hutang membuat debt collector tobat"
          Saya mau nonton Mang. Kabarin kalau udah rilis.

        • Awal mula Perkeriditan dilindungi pemerintah agar praktek Lintah Darat tidak ada lagi di Indonesia.
          Namun pemerintah melindungi pihak bank dengan OJK nya, dengan syarat2 Debitur org kaya dan tidak Black List Cek BI, itu ternyata.
          Masyarakat Debitur terjebak dalam lintah darat terselubung.
          Bukti2 sudah banyak kejadian, marilah kita tinggalkan untuk Hutang, semampu2 nya kalian ketika kena musibah, kalian akan tetap dianggap Badj***ngan oleh mereka.

          Yang masih punya kaitan hutang segera Lunasi, tutup, ancurin CC nya masukin Youtube. Dan kampanyekan gerakan anti hutang kemanapun.

          Salah satu cara menghancurkan kita jangan jadi Debitur mereka.

      • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

    • Menurut saya, jika tidak bisa membayar selama 4 tahun, dan ada itikat baik untuk membayar. Kenapa selama 4 tahun tidak menyisihkan sedikit demi sedikit, lalu setelah terkumpul baru bayar. Itulah gunanya kebijaksanaan dalam menggunakan fasilitas keuangan. Pikirkan dengan matang² sebelum menggunakan limit CC diatas 50%. Karena kita tidak tau dg resiko pekerjaan kita kedepan. Benar sih DC aturannya mmg dilarang menghubungi di luar kondar, tapi .... 4 tahun, ah sudahlah.

      • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

  • 4 tahun nunggak trus seenak udel mau nyicil 300rb. Coba dibalik posisinya bos, kalo ente minjemin duit, apa ente mau kalo cuma dicicil 300rb. Itu sama aja ente kaga niat bayar woyyy....
    Buat malu aja padahal pernah kerja di bank. Ckckckkck....

    • @Tjap. Saya pernah ditanyai spt itu oleh dc, kebetulan saya nasabah sudah 5thn ke atas. Maka saya jwb dc nya. Kalau anda pinjam duit sama saya dgn bunga 3-5% per bulan dan sudah anda byrkan selama 5 thn. Maka ketika anda tdk mampu lg, tdk perlu lg mencicil, saya anggap lunas semua hutang anda..
      .
      Kau pande hitung2an ga. Kalau 5% itu 5 thn sudah 300%. Anda rugi nya dimana. Malah anda untung 200 kali lipat. Itu pun nasabah masi mau mencicil. Jadi kalau tak pande bertanya lain kali jgn bertanya ya. Tak usah jadi polisi moral

      • Gak gitu bro, ini bank plat merah. Duit rakyat itu. Hutang ya harus dibayar, mending ente susah didunia daripada di akhirat.
        Gak perlunya kau ajarin aku menghitung. Kaw hitung aja sendiri gimana caranya buat lunasin hutang, itu aja udah cukup. Jangan lari dari kewajiban boz

        • @Tjap. Mau bank plat merah kalau takut rugi jgn berbisnis. Kalau sudah siap berbisnis maka hrs siap untung dan siap rugi. Lagian ts mau membayar, kau aja yg ribut. Siapa yg blg mau lari dari kewajiban. Kalau hutang dibawa dibawa ke akhirat itu jg urusan yg punya hutang. Tak ada kaitannya dgn kau. Kau urus aja hidup mu. Buat apa selalu nyinyirin org. Jgn kau jd polisi moral

          • @tjap. Bgs kau jujur aja. Kalau nasabah byr maka bonus kau cair. Kalau nasabah ga byr kau ga makan. Jd tak perlu ajarin moralitas sama org lain

        • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

      • @tjap. Kali ini serius nanya. Apakah kalau nasabah byr dgn cara mencicil, bonus dc ga cair ya. Apakah hrs byr full barusan bonus dc cair ? Makanya kau sewot gt ts mau mencicil. Atau jangan2 kau dc yg meneror ts ya. Jgn marah ya tjap, nanya doank

        • Coba Kembali Ke Awal Problemnya Apa.???
          Pakek CC, ada tunggakan tagihan dari 2019 belum dibayar,,,sdh hub bank keringanan cicilan tapi gak disetujui, bank memberikan solusi bayar 2x, tp TSnya gak setuju,,, ini yg butuh solusi siapa? Bank apa TS.?
          Dan TS gak merinci Sejak kapan dia kooperatif mendatangi Bank.? apa iya tahun 2022 (3 tahun di diemin)
          INTINYA KALO PUNYA HUTANG YA DIBAYAR, Terlepas entah itu alasan Bunganya tinggi atau hal lain,, Mestinya TS uda tau dari awal saat Aggrement.!!
          ini salah contoh Galbay yg mencari dukungan dan membenarkan diri sendiri ketika Hukum AKIBAT belaku.

          • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

        • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

    • Bac0d DC nih kayak duit elu aja yg di utang. Emang lu kontribusi apa ke bank? Modal bac0d ya buat nutupin aib busuk DC?

      • @Mang. Maklum la pak. Mereka cari makan dgn cara membentak2 nasabah. Kalau bentakan mereka tdk berhasil kaluarga mereka tak makan. Kita doain aja spy mereka sadar dan bertobat.

    • ini iq rendah. ga paham konteks.
      pak musa salah? salah karena wanprestasi.
      tp semua sudah ada aturannya. restrukturisasi cicilan pun emag diperbolehkan. ygdimasalah kan disini, bank mandiri menyimpang penagihannya.
      ente kalo hidup suci bersih tanpa dosa, boleh lah merendahkan org. sdh ngaca blm.?

      • Saya sering menangani kasus2 seperti ini namun nominalnya milyaran. Dalam hukum perdata wanprestasi jika dibawa ke ranah hukum perdata umumnya kasus dimenangkan oleh nasabah/debitur. Kenapa demikian? Ketika hakim menanyakan kesanggupan bayar ke nasabah berapa nominal yg mampu dia bayar misal nasabah mampu bayar 100rb/bln ya sudah palu diketok urusan selesai. Dgn pertimbangan penghasilan nasabah perbulan berapa lalu dikurangi dgn kebutuhan2 dan biaya lain2, sisanya baru bisa dibuat bayar angsuran.

        • wah bahaya mang klo sampe nasabah2 galbay pada tau
          bank, leasing dan pinjol pada ketar ketir ?

          • Sekarangpun perusahaan fintech dan perbankan sudah mulai ketar ketir, tahun 2023 saja total nasabah yg galbay di pinjol saja sudah ada sekitar ratusan ribu orang. Dan warning aja utk marketplace yg memakai jasa fintech p2p harus waspada saja agar tidak bernasib seperti JD.ID yg bangkrut. Shopee masih kuat krna dia dpt laba dari marketplace nya namun sebelumnya dia juga sudah PHK besar²an karyawannya.

        • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

        • aduh . km ada baca ga sih apa yg dikeluhkan pak musa?
          kalo ga disetujui restruknya ya silahkan aja berdebat smp alot sama nasabah.
          yg dipermasalahkan penulis, penagihan ke kontakndarurat yg tdk terdaftar dan menghubungi tmpt kerja pdhl yg dicantumkan alamat rmh.
          tp ga heran sih. minat baca org indo emg termasuk rendah didunia.

          • Waduh, jangan cuma dibaca. Dipahamin boz. Bank sampe gitu karna TS gak mau beresin utangnya. Makanya dibayar supaya gak ditagih. Gitu lho, pangkal masalahnya yang diselesaikan. Jangan lari² terus, giliran ditagih playing victim

        • aduh bosku. jgn slhkan pembaca disini klo anggap km dc. karena emg dc2 rata2 minim pendidikan. lbh pakai urat dan otot drpd otak.
          coba dibaca baik2 artikelnya.
          tdk ada masalah bank mau nagih terus menerus. silahkan, asal sesuai sop
          silahkan nego sama nasabah smp alot, tdk mslh
          tp klo sdh keluar jalur, ya lawan. menelpon ke luar kondar, sampai mencari ke tmpt kerja baru.
          pak musa tenpat tggl dan nmr tlp sesuai, knp bs nagih kemana2.
          kita tau modus dc2 itu provokatif dan intimidasi dgn sebar data utk permalukan kita .
          bosku, pangkal masalah itu utang piutang, silahkan selesaikan dgn nasabah. tp ikit aturan hukum.
          klo km tdk ikut aturan hukum gpp, tp jgn sewot kalo nanti ditindak sesuai hukum seperti temen km yg lg dicari polda metro jaya

          • Gini boz, saya bukan dc. Mau sampe kapanpun bac0tmu bilang dc. Sampe sini paham?
            Jangan melebar kemanamana, bank melakukan demikian pasti ada sebabnya kan? Pangkal masalah ini yang harus diselesaikan.
            Kalau TS dicall, ya diangkat. Kalo disuruh bayar ya bayar, tapi bukan semaunya aja bayarnya. Yang masuk akal gitu bukan 300rb perbulan.
            Gakmau berteletele ya beresin semua. Gampang kan? Jangan dibuat ribet boz

          • Gini tjap. Semua kan sudah ada aturannya. Kalau misal nasabah nya dinilai ga bener ya jalankan lah sesuai aturan yg sudah ditetapkan. Dc mana bole meneror org yg tak ada kaitannya dgn persoalan tsb. Besok2 tetangga kau yg hutang, tapi kau dan anak istri mu yg diteror apakah kau terima tjap ? Kalau kau terima berarti uda benar lah kau belain dc. Tapi kalau kau ga terima anak istri mu diteror krn hutang tetangga mu berarti kau masi waras dan normal

        • ya Tuhan. adakah pembaca disini yg bs nurunin grade tulisan saya supaya bs dimengerti org ini?
          "bank melakukan itu ada sebabnya"
          dgn analogi seperti itu, seandainya dc dtg dan dibacok sama pak musa, gpp? kan ada sebabnya karena dia menagih tdk sesuai sop.
          dicall diangkat? itu pak musa ada angkat. mlh didatengin kantornya
          disruh bayar, ya itu mau bayar kok.

          tak usa merasa sok paling suci.
          ga usah menghina 300rb.berdoa aja ente sekeluarga selalu kaya raya, spy ga tertimpa mslh sperti penulis.

          lgan yg ditekankan diawal sama pak musa, penagihan yg tdk sesuai sop. knp ente ngelantur kemana2 ?

        • @lawan secara hukum
          dr td yg sy bahas jg itu om. cuman bahasa saya mgkn ketinggian ga bisa dia paham
          komen ku yg 1 lg , lg dimoderasi.

        • Bukan Pinjol dan Perbankan yang menyalurkan Kredit KTA yang ketat ketir.. Negara juga ketar-ketir karna kemacetan Pinjol dan KTA menorehkan hasil yang wahhh.. Ini akibat kurang dapat manage keuangan pribadi.. Kalau memang saudara Musa punya itikad baik ya sdh bayarin aja terus 300rb perbulan sampai ajal menjemputmu, yg penting sudah ada niat dan tindakan yang dilakukan, kalau DC nanya atau tlpon tunjukin aja bukti tf melalui WA
          Kalau masalah kontak person yang dihubungi tdk sesuai dgn nmr EC, memang menyalahin aturan, tapi baca lagi aturannya dgn jelas, apabila alamat kontak EC tdk bisa lagi dihubungi dan nmr kontak sampean sdh ganti, apa mungkin pihak bank diam aja, emang sampean ngak aktif di SOSMED baik itu FB, IG dan lainnya??? Banyak cara bank utk mencari manusia2 yg menghilangkan secara sengaja data diri ataupun nmr kontak... Sudahlah utang dibayar lah, 300rb perbulan ya tinggal TF aja, htiung2 sendiri klo kira2 sdh tinggal sedikit ajukan Pelunasan khusus.. Itu aja dibuat repot.. Sampean berutang banyak yang repot, mulai dari admin, DC, kordinator dan pimpinan Colection
          Ingat Hukum Timbal-Balik (Dua Sisi)
          Jangan satu sisi aja bosku

      • Colector tau itu tindakan pidana, meneror orang yg bukan berhutang, tapi mereka gak perduli, sampai kapolda metro jaya gerah ama tindakan dep colector, suruh sikat ama pihak yg menyuruh nya, apabila ditemukan dep colector yg kasar dan mengintimidasi maka segera laporkan ke polisi, karena mereka melanggar aturan hukum dan aturan ojk yg sudah disepakati pihak pengusaha pinjol atau bank, jika mereka melanggar maka harus lapor polisi, ini momentun buat anda, karena kepolisian lagi gerah ama tindakan dep colector, jadi segera lapor dan bawa bukti nya

    • Semua tergantung niat, Namanya perusahaan y begitu itu tau nya keuntungan. Saya balik ya. Saya manusia biasa miskin nggak kaya juga nggak. Tetangga minjem duit hampir 40 JT saya tagih belum bisa bayar. Saya g ambil pusing (saya akan anggap sedekah aja dah). Biar Tuhan yg maha bijak, maha adil, maha kaya, yg maha pemberi rejeki, yg akan memberikan jawaban atas hutang piutang saya dan tetangga saya.

    • Sdh2. Si @mang, @lawansecarahukum itu cm 2 org bodoh. Mereka cm tau keluhan si TS tp tdk paham dgn kejadian sehingga pertistiwa tsbt trjdi. Istilah kata, 2 org itu tdk tau hukum sebab-akibat, jd percuma di jelaskan, ga akan paham mereka b2 itu

    • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

  • Pak Musa. Lapor ojk tdk akan berpengaruh signifikan. Lbh baik bpk lapor ke Ombudsman. Hadapi mereka kita hrs bicara hukum. Lawan mereka lewat proses hukum. Daripada lapor ojk lbh baik lapor Ombudsman. Ombudsman akan melayangkan surat utk memanggil mereka dtg menghadap.
    .
    Dgn hutang 10jt. Jika anda meminta cicilan 300rb/bulan menurut saya akan disetujui. Tetapi sblm disetujui, anda akan ditekan dan diteror habis2an, tujuannya agar anda menaikkan angka cicilan atau bahkan melunasi nya. Jika anda sudah tdk mempan diteror barulah permohonan anda akan disetujui. Tetapi yg perlu diingat adlh dlm bbrp kasus pernah terjadi jika anda gagal melakukan cicilan satu kali saja maka cicilan yg pernah anda byrkan semua nya akan dianggap hangus dan hutang kembali ke awal, saya tdk tau utk kebijakan bank ini spt apa.
    .
    Jika oknum dc sudah melampaui batasannya. Anda hrs berani mengambil langkah hukum utk melindungi diri anda, keluarga anda dan pekerjaan anda. Tdk ada yg kebal hukum di negara ini. Semua sama di mata hukum.

    https://media.alkhairaat.id/bank-mega-dihukum-bayar-rp100-juta/

    https://news.detik.com/berita/d-2662729/dihukum-rp-1-miliar-karena-meneror-nasabah-apa-kata-standard-chartered

    • Salam peradi pak,
      Salam kenal sehat selalu utk bapak sekeluarga.
      Perkenalkan saya mang ujang, lawyer peradi jabar.

      • Salam Oficium Nobile pak. Semoga bpk Mang Ujang Lawyer sekeluarga sehat dan berkah selalu.
        .
        Mantap nih ada lawyer, bantu korban2 dc pak. Advokasi mereka, bantu mereka buat gugatan ke pengadilan biar oknum bank dan oknum dc tdk sewenang2

        • Alhamdulilah, ini juga lagi pantau² dulu..
          Memang byk sekali laporan keluhan dr masyarakat tentang tindakan² oknum DC ini.

      • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

      • @Musa. Bole dicoba pak. Pengalaman teman2 saya hasil nya sangat memuaskan. Anda bisa memohon pd Ombudsman utk menjadi mediator antara anda dan bank. Nanti anda dan bank akan dipertemukan di kantor Ombudsman. Kalau Ombudsman yg jd mediator mereka tdk berani macam2, semua akan berjalan sesuai aturan yg berlaku. Kalau anda yg dtg ke kantor collection utk nego habislah anda ditekan2. Tapi kalau nego nya di kantor Ombudsman maka semua akan berjalan sesuai aturan.
        .
        Sekedar tambahan referensi :
        https://ombudsman.go.id/artikel/r/artikel--mediasi-ombudsman-gagalkan-eksekusi-rumah-milik-warga

        • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.

    • OJK sudah saya lapor mas.. Surat pengaduan saya sudah diterima.
      Saya juga akan lapor ke pihak -pihak yang terkait atas keluhan saya. Saya akan coba ke onbudsman, kementerian kominfo, dan mungkin ke polisi. Mengingat statement kapolda metro jaya.

  • Ngerinya tiap ada artikel begini, yang komen kontra langsung di cap DC.
    Lalu, yang komen pro apa bisa di cap penunggak hutang? ?

    • @poco. Lbh ngeri lg ada yg belain dc yg melanggar hukum. Coba kau jwb pertanyaan ini. Kalau tetangga kau yg berhutang lalu kau, istri dan anak mu yg kena teror, apakah kau terima ? Kalau kau terima berarti sudah benar lah posisi kau membela dc. Tapi kalau kau ga terima diteror krn hutang org lain berarti kau masi waras dan normal.
      .
      Tdk perlu bicara soal nasabah nunggak. Nasabah yg tdk menjalankan prestasi sudah ada aturan yg mengatur nya. Silahkan gunakan aturan hukum yg benar utk menyelesaikan sengketa tsb, bukan pake hukum rimba. Paham poco ?

      • Masalahnya saya tidak pernah menerima teror demikian. Karena saya tidak butuh kenal dengan penunggak hutang.
        Yang begitu blacklist aja. Ga kenal pun ga masalah.
        Hidup tenang dengan tidak berhutang dan tidak kenal penghutang, sangat simpel untuk saya. ?

        • Jgn omong bsr poco. Sombong sekali kau. Hidup ini spt roda berputar. Blm tentu kau selamanya diatas. Bsk2 kalau sodara, org tua atau anak mu yg terjerat hutang apa kau juga blacklist mereka. Bagus kau capture omongan gede mu itu kau simpan buat nanti kau baca saat2 kau terpuruk.

          • Bukankah lebih miris hidupmu?
            Di dunia kau pemakan harta riba, melawan debt collector yang menagih hutang karena dianggap merugikan kau dan keluarga.
            Lalu berapa lama kau hidup di dunia?
            - 50 tahun?
            - 60 tahun?
            - 100 tahun?
            Kau pikir kau bisa lawan selamanya? Dan kau bisa lawan pake hukum dunia dihadapan Tuhan?
            Nantinya di hari pembalasan kau akan berkumpul dengan mereka, pihak leasing, debt collector, termasuk kau pemakan harta riba.
            Bukankah itu so sweet?
            Di dunia membenci, tapi di akhirat kau dikumpulkan bersama mereka.
            Dan kau akan merasakan balasan dari Tuhan bersama-sama dengan debt collector tersebut.
            Selama ada harta riba di perut kau dan keluarga, selama itu juga kau tidak akan terlepas dari hukuman riba tersebut. Selamat menikmati bung. Silakan nikmati hidupmu di dunia yang sebentar itu. ?

      • Saya sudah ketemu pihak bank mandiri bagian collection tgl 7/3/2023. Sudah ketemu kesepakatan terkait pembayaran. Namun mereka minta saya mencabut surat saya dimedia online. Saya tidak mau mencabut karena merasakan dirugikan dengan hak-hak saya sebagai konsumen dan jawaban mereka menurut saya melanggar SE BI No. 14. Dan surat pengaduan saya di OJK sudah diterima.