Surat Pembaca

Masalah Aktivasi Tokopedia Card, Saya Kecewa Layanan BRI dan Tokopedia

Salam media konsumen,

Saya Sugeng dari Blitar Jatim. Pada tanggal 11 Januari dapat pemberitahuan kartu toped card disetujui dan akan dikirim. Singkat cerita tanggal 31 Januari kartu sampai di rumah, tapi di dasbor toped belum ada notif aktivasi. Dan tanggal 4 Februari baru muncul tombol aktivasi di dasbor, dan terkejutnya karena sudah diklik aktivasi sukses tersimpan.

Ketika masuk ke dasbor kembali tombol ‘perlu aktivasi’ muncul lagi, dan sampai berkali kali tetap aja balik ke tombol ‘perlu aktivasi’ sampai saat ini mengirim keluhan ke media konsumen.

Sudah lapor ke Tokopedia Care, suruh kirim video kronologi. Sampai 4x pelaporan dan 4x ditutup laporan, 2x ditelepon pihak Tokopedia Care, jawabannya tetap klise dan copas di-follow up ke BRI dan dimaksimalkan proses penanganan. Sementara selain Tokopedia Care saya juga telepon ke BRI call center, diberikan nomor pelaporan dan dijanjikan maksimal 14 hari kerja.

Tanggal 20 Februari tanya lagi ke Tokopedia Care, jawabannya masih klise seperti di atas. Tanya ke BRI kata CS-nya malah mereka mengatakan: Bukannya yang punya apk pihak toped? Kami dari pihak bank hanya penyedia kartu, masalah penyinkronan kartu di aplikasi, urusan pihak toped.

Dari jawaban pihak Tokopedia dan BRI di atas, kesannya kok saling lempar tanggung jawab? Terus saya sebagai user harus lapor ke mana, kalau 2 pihak saling tunggu dan saling lempar? Entah ini harusnya tanggung jawab BRI atau Tokopedia, silakan kedua pihak menanggapi.

Terima kasih.

Sugeng Hariyono
Kab. Blitar, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PT Bank Rakyat Indonesia Atas Surat Bapak Sugeng Hariyono

Sebelumnya kami menyampaikan terima kasih atas kepercayaan yang telah diberikan kepada Bank BRI dan mohon maaf atas kekurangnyamanan yang Bapak...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Saya punya juga Tokopedia Card yg BRI, aktivasinya bisa langsung dari aplikasi atau juga bisa lewat SMS ke 3300 kok, bisa juga lewat aplikasi BRI Credit Card Mobile, coba ajaa unduh lewat PlayStore atau AppStore. Semoga aja bisa membantu

    • Kalau kartunya sudah di aktivasi via bccm, tapi tidak bisa sinkron di dasbor tokopedia, yang saya permasalahkan, terimakasih pencerahannya ...

      • Mungkin dicoba nonton tutorial di YouTube atau medsos yg lainnya, cara yang sampeyan maksudkan . .!??

  • BRI Hanya menyediakan kartu, kartu bisa di aktivasi tanpa menggunakan aplikasi tokped yang artinya BRI Hanya menyediakan kartu dan bisa mengaktivasinya

    kartu sudah bisa digunakan di offline ataupun online, tugas BRI sudah sampai situ

    selanjutnya tokopedia sinkron API ke server BRI untuk melihat aktivitas transaksi dikartu

    1 pertanyaan, sudah coba aktivasi manual dan coba transaksi?

    Kalau sudah bisa tinggal followup tokopedia biar reward gopay poin bisa masuk lewat tokopedia

    • Kalau kartu sudah saya aktivasi, yang saya permasalahkan tidak bisa di sinkron kan di dasbor tokopedia, dan pihak toped care juga sudah tahu permasalahannya, tapi mereka bilang di bantu follow up ke pihak bri... terima kasih pencerahannya

      • Lah siapa tau Handphone-nya bermasalah pakai aplikasi Tokopedia. Memang harusnya mencoba menggunakan perangkat handphone lain, agar ke-refresh akun si Mas Sugeng ini di aplikasi Tokopedia. Trims.

  • Saran aja sih, update aplikasi tokopedia nya, kalo masih belum bisa coba aktivasi lewat sms atau aplikasi kredit card BRI. Kemungkinan ada masalah di sistem Tokped nya.
    Semoga segera aktif karti kredit nya biar bisa nguuuut ........ng

    • Nah mungkin ini bisa jadi, app Tokopedia perlu di update yang versi terbaru.
      Atau mungkin perlu di clear cache dulu atau reinstall mungkin.

  • Mohon maaf, dari semua komentar di atas sudah saya lakuin semua, pihak toped dan bri juga sudah menelepon dan kasih kiat cara mengatasi, setiap saat saya juga rutin cari referensi, dan hampir sebulan(bentar lagi dah akhir bulan) blm ada hasilnya... cc nya tidak bermasalah, bahkan sudah saya pake, cuma tidak bisa sinkron di apk toped, saya kan juga pengen dapet benefit dan keuntungan sesuai namanya bri tokopedia card... ?