Surat Pembaca

Pencairan Dana KTA PermataBank Tidak Sesuai dengan Pengajuan

Saya mengajukan KTA PermataBank dengan nominal Rp40.000.000 (nomor KTA : PL23021991045). Namun yang cair ke rekening hanya Rp4.368.000. Itu pun dipotong dengan biaya provisi Rp168.000 dan materai Rp10.000, sehingga total yang masuk hanya Rp4.190.000.

Yang saya harapkan adanya konfirmasi terlebih dahulu sebelum adanya pencairan dana. Namun dari pihak PermataBank langsung mencairkan tanpa mengkonfirmasi. Saya juga sudah berusaha mengirim email, tapi belum adanya tanggapan.

Yang saya inginkan adalah pembatalan saja. Saya juga sudah tidak percaya dengan PermataBank. Saya menolak adanya administrasi apa pun, karena memang dana tersebut dicairkan tidak sesuai pengajuan.

Bagi pembaca, apakah boleh diinfokan soal pelaporan ke OJK? Apakah ada solusi yang lebih baik dari pihak OJK? Mohon infonya.

Aktaviana
Jakarta Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan PermataBank atas Surat Ibu Aktaviana

Berkenaan dengan Surat Pembaca yang ditulis oleh Ibu Aktaviana Soselaku, berjudul “Pencairan Dana KTA PermataBank Tidak Sesuai dengan Pengajuan” melalui...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Update info dari Bank tidak bisa melakukan pembatalan. Infonya akan dilakukan percepatan pelunasan dengan biaya 7%. Maksud saya, inikan kesalahan mereka, kenapa jadi saya yang menanggung

    • Menurut saya, Ojk tdk akan menengahi persoalan spt ini. Krn pada dasarnya ojk adlh lembaga yg membuat regulasi bukan lembaga yg menyelesaikan persoalan nasabah dgn bank.
      .
      Jika ibu merasa dirugikan oleh bank atas kesalahan mereka sendiri menurut ibu, apabila sudah tdk bisa dibicarakan dgn baik2 antara kedua belah pihak maka cara yg tepat utk menyelesaikan sengketa tsb adalah melalui gugatan sederhana ke pengadilan. Simpan bukti pengajuan, surat keberatan anda dan balasan surat dari bank.
      .
      Cara lain selain menempuh gugatan sederhana ke pengadilan, ibu bole coba dtg ke ombudsman dan mohon mereka menjadi mediator.
      .
      Jika kedua hal tsb berat utk dijalankan, maka terima saja keputusan terbaik dari bank. Mudah2an melalui keluhan ibu di MK persoalan bisa teratasi dgn baik utk kedua belah pihak.

      • Agak lucu si komplennya, di mana2 pengajuan kta gk selalu sesuai ekspektasi, bisa aja kurang dikit atau banyak dan biasanya emang gk ada konfirmasi klo cairnya kurang, di bank mana pun gitu ko. Karena analyst melakukan perhitungan sesuai DBRnya nasabah, klo cairnya dikit berarti situ utangnya banyak di luar. Daripada direject, pembatalan bisa aja ko klo gk sesuai selama belum jatuh tempo, dan saran aja si cepet2 batalin telpon call center karena klo udah masuk jatuh tempo tandanya nasabah setuju

      • Setuju,lbh cpt lbh baik baru jk sdh lapor ke pengadilan kirim surat bukti lapor ke pengadilan,pastikan bawa bukti" wkt gugat ke pengadilan,scanned bukti dr pengadilan baru email ke permata br kl perlu dtgin ke permata bukti lapor tsb minta tanda terima bhw mrk sdh terima spy tdk ada dongeng blm terima surat dll

    • Update hari ini (21 Februari) pihak bank menelpon setelah melihat pengaduan ini. Infonya akan diusahakan dan diajukan sesuai dengan permintaan saya

    • Hal yg saya alami juga. Sudah terjerumus. Saya kapok berurusan sm kredit bank. Ini pengalaman pertama dan terakhir Saya berurusan dengan kredit bank, pas bank permata pulak lg.

  • Saya juga sempat tertarik ambil KTA via permata x, kurleb nilainya 50an. Tapi akhirnya cek ombak dulu coba dlu nominal kecil 3 juta. Ternyata yang ditransfer cuman 2650. Hadehhh. Untung belom ambil besar kayak ibu. Semoga cepat selesai masalahnya bu. Kapok ambil KTA permata x.

      • Nah betul, padahal jelas saya baca infonya akan ada konfirmasi via telepon dari pihak bank

          • @ulya, iya sy tau KtA itu apa,.makanya sy tanya, pinjem duit sgtu pake jaminan apa, sedangkan bank sendiri mana mau kasih nominal sgtu gede tanpa ada jaminan apa2. Pinjol aj ga mau kasih pinjam gede2.

          • lucu banget ngegas sendiri, intelnya bank permata ya bang? gak ada yang minta situ komen, kalau suka ngegas komen ditempat lain aja.

          • SAYA MENGAJUKAN 25JT
            KENAPA CAIR 1.9
            TOLONG DONG KALAU TIDAK BISA PINJAMKAN DANA SEGITU DI CANCEL AJA .. JANGAN MAIN TRANSFER TRANSFER AJA

        • Wkwkwkwk, ngakak ma ni org.
          Tulisan cm seemprit gt seolah olah sdh nulis pjg lebar. Ketika di tanya, ngegas. Malah blgnya sy ngegas, dan di bilang sy antek2 permata.
          Sy sj yg pengajuan ke BRI hrs pake bpkb selain SK kepegawaian.
          Asli ngakak ma anda

          • Sip sip sip, semoga cepet dapet kerjaan ya bang. Soalnya jam segini masih ngurusin orang, kayaknya nganggur banget nih. Semangat caper capernya

        • Lain kali, klo mau nulis keluhan dsni hrs siap dgn segala komentar yg akan org berikan.
          Kalo ga siap, mending nulis di buku harian sj.
          Oiya satu lg, mending sekolah lg ambil paket biar tau tanda baca dan artinya.
          Asli ngakak. Wkwkwkwk

          • ohh gitu siap siap. Duh tapi saya ngeluh disini bukan minta komentar anda sih. Hahaha kasian gak tau wadah ini buat apa

        • Asli kasihan ma nih org, sok pintar tp aslinya ........ .
          Jd percuma debat ma anda, ga akan nyampe otaknya.
          Wkwkwkwk

  • Pas pengajuan KTA di aplikasi dibaca yg cermat dulu bu, setau saya di semua bank sama.. Ibu memang pengajuannya 40jt, tapi analis yg menganalisa dari pendapatan, total hutang, cicilan hutang di bank/finance bank lain, kemampuan nasabah untuk bayar. Jadi walaupun pengennya 40jt, tapi analis menilainya cuma bisa kasih 4jt yah itu resiko nasabah karna tanda tangan menyetujuinya di aplikasi

    • Mendingan jangan pernah ajuin pinjaman permata KTA,, nyesel sumpah pasti.. Tahun 2021 saya ngajuin pinjaman permata KTA sebesar 30jt, lewatin prosedur survey, isi data yg banyak, cair hanya 4,5jt sekian.. Tempo 2 tahun, cicilan sebulan 272.000..
      Lebih shock lagi (entah saya kurang notice atau memang tdk disampaikan saat survey), saya pernah pertama kali terlambat bayar satu hari dan baru tahu kalo ada biaya denda keterlambatan sebesar 150.000.. Saya tanya CS dia bilang denda keterlambatan 1 hari saja tetap dihitung bayar denda 150rb,, alhasil bulan itu saya harus bayar 272 + 150 total 422.000..
      Dan untuk kedua kalinya saya terlambat bayar lagi disitu saya telpon CS untuk memohon penghapusan denda keterlambatan,, namun mereka menolak.. Saya bernegosiasi minta waktu untuk bayar biaya denda keterlambatan sebelum tanggal jatuh tempo bulan depan dgn catatan saya minta bagian collection untuk tidak menghubungi saya, tetap tidak bisa juga.. Akhirnya saya putuskan saya bayar denda keterlambatan beberapa hari sebelum jatuh tempo bulan berikutnya, utk menghindari gulungan denda, itupun berkali2 hampir setiap hari saya ditelpon terkait bayar denda nya..
      Dan dari situ jujur saya kapok tidak mau berurusan dengan permata,, bahkan setelah cicilan KTA saya selesai bulan oktober tahun ini saya akan tutup semua akun rekening dan CC permata..

      • Ente msh mending telat sehari ane kurang bayar 3rb krn permata mobile ke blokir dan gk notice pemberitahuan via sms nominal yg terdebit nya brp, kena denda 150rb padahal kl tau kurang 3rb tak kasih lebihan 10rb iklas, nyesek bgt. Udah gitu dendanya diburu2 suruh bayar padahal bayar akhir bulan jg sama aja ttp bayar denda 150rb. Untungnya udah selesai kta ane, gk lagi2 mau urusan dg permata.

    • Masalhnya bukan itu, maksud penulis kenapa tdk ada konfirmasi terlebih dahulu jikalu cuma d approve segitu soalnya di bank lain sebelum pencairan di konfimasi dlu apa mau di ambil atau tidak, CIMB Niaga thebest dia selalu konfirmasi dlu ug bisa cair berapa sebelum di transfer dan persetujian nasabah

    • Biasanya Bank memberi pinjaman kecil selain menilai kemampuan bayarnya jg mungkin si penulis baru kali ini ngambil pinjaman yg tercatat di BI Checking, apalagi pengajuannya KTA yg setahu saya tanpa jaminan sama sekali yg penting ada tabungan payroll di Bank tersebut. yah komen saya hanya berdasarkan pengalaman aja sih, mohon maaf jika ada salah kata. smg masalah penulis bisa cpt selesai.

  • Memang gitu permata. Saya dulu ajukan 100jt yang cair cuma 40jt dipotong biaya ini itu kurang lebih dapat 36jutaan.

      • Koreksi waktu itu saya bukan pengajuan malah. Tapi penawaran. Mereka menawarkan 100jt tapi yang di acc 40jt. Kapok dah. Bunga pun lebih tinggi dibandingkan bank lain.

  • Lucu aja sih cara analisis bank bekerja. Klo seseorang pinjem 40 juta ya artinya membutuhkan dana sekitar itu, bukan jauh dibawahnya. Ujung2nya dana yg cair tdk akan produktif. Klo mmg analisa gk bisa sekitaran 20-40 juta ya sekalian aja gk ksh pinjaman.

  • Masalah sudah clear, pihak permata sudah memyetujui untuk pengembalian dana tanpa adanya penambahan biaya.

    Terimakasih untuk media konsumen, sebagai wadah.
    Terimakasih juga untuk PermataBank dengan fast responnya.

    • Bagus kl sdh balikin simpan buktinya & minta surat keterangan tdk ada pinjaman KTA dll baru simpan kl perlu scanned br email email pribadi jg utk bukti & file

    • Selamat siang ka. Boleh tau untuk clear nya bagaimana??
      Maaf kalo udah di jelaskan tapi terlewat scroll nya. Supaya dapat bermanfaat buat ku atau semuanya ??
      Terima kasih

      • Jadi sebelumnya, saya sempat menghubungi Permata Bank via telpon untuk permintaan pembatalan KTA, info dari mereka bisa, namun dikenakan biaya 7% dari pencairan. Saya merasa keberatan karena, ini kan kesalahan Bank, kenapa saya yang ganti rugi.

        Maka dari itu setelah riset banyak yang komplen va media konsumen ini, maka saya menerbitkan artikel tersebut.

        Tidak lama, pihak Permata Bank langsung menelpon mengenaik keluhan saya ini, info dari mereka akan diajukan untuk penarikan dana tanpa adanya biaya lain lain.
        Setelahnya, di sore hari setelah mendapat telpon itu, dana yang masuk ke rekenig sudah ditarik kembali.

        • Oh. Gitu .
          Saya fikir harus ada yang di urus ??, jadi pihak pertama ya yang ngalah.
          Baik. Terima kasih atas pencerahannya ya ka semoga postingan dan solusinya dapat bermanfaat.? . Terutama di skip untuk ngajuin KTA di bank tersebut ?

        • Selamat pagi kak, saat kakak telepon ke permata itu jaraknya brp lama sejak pencairan dananya?
          Krn sy juga mau komplen neh kak..
          Terimakasih jika sudah menjawab.

          • Langsung telpon kak. Saran saya komplen juga lewat media ini. Karena saya dapat keringanan karena tulis artikel disini

  • Wah ini mah salah telak dari pihak Bank, dong.
    Pengajuannya 40jt, ditransfer tanpa konfirmasi 4.190.000.

    Ada yang gak beres ini karyawannya. Etika nya sebelum transfer nominal yang sangat jauh dari pengajuan itu harus konfirmasi via tlp/e-mail.