Surat Pembaca

Sulitnya Pasang IndiHome di Kota Jayapura, Papua

Yth. PT Telkom Indonesia Tbk,

Di zaman sekarang yang sangat membutuhkan akses internet untuk berbagai keperluan. Saya telah jauh-jauh hari mengajukan permohonan pemasangan baru IndiHome sejak tahun 2019 melalui berbagai cara seperti datang ke Plaza Telkom terdekat, via website. Dan terakhir melalui salah satu sales IndiHome yang menawarkan promo internet IndiHome pada tanggal 16 Februari 2023 dengan nomor permintaan layanan MYID-4052302161166 dan telah melakukan cek ketersediaan jaringan terlebih dahulu.

Hasilnya menunjukkan bahwa lokasi rumah saya sudah ter-cover oleh layanan Indihome (saya di sini merasa terharu karena perjuangan menunggu bertahun-tahun untuk merasakan layanan IndiHome terbayarkan).

Akan tetapi saat teknisi datang untuk memasang pada tanggal 20 Februari 2023, alasannya masih tetap sama sejak pertama kali saya mengajukan pemasangan baru yaitu tidak dapat dipasang karena ODP (Optical Distribution Point) terlalu jauh dan akan diinfokan secepatnya untuk pemasangan ODP baru. Padahal di permintaan pemasangan saya yang terbaru salesnya mengatakan rumah saya sudah ter-cover sehingga saya sudah bisa merasakan layanan IndiHome.

Saya memakluminya jika pada tahun 2019 dengan alasan tersebut sehingga saya bersedia menunggu dan memberi waktu agar ODP baru tersedia dan menjangkau rumah saya. Namun ternyata sampai pada permintaan pemasangan yang terbaru saya masih sangat dikecewakan. Apakah dengan kurun waktu 4 tahun pihak Telkom tidak bekerja apa-apa untuk memasang ODP baru? Padahal info yang dijanjikan akan secepatnya disampaikan kepada saya terkait pemasangan ODP baru?

Dan terlebih lagi saya terkejut ketika mengetahui tetangga saya yang rumahnya dari rumah saya jaraknya tidak sampai 50 meter sudah terpasang layanan IndiHome. Sedangkan saya saat ini masih kesulitan dan sampai menunggu bertahun-tahun untuk bisa segera mendapatkan akses layanan IndiHome di rumah dengan alasan menunggu pemasangan ODP baru yang tidak ada kejelasan sampai saat ini.

Lalu saya juga mendapatkan info bahwa untuk dapat menikmati layanan IndiHome saya diharuskan mengajak minimal 10 orang agar ODP atau line baru bisa terpasang dengan cepat. Dari sini timbul pertanyaan terkait dengan hal mengajak minimal 10 orang agar ODP bisa dipasang merupakan keharusan customer? Apa kelebihan yang akan didapat customer setelah mendapatkan 10 orang untuk hal tersebut? Potongan tagihan bulanan kah atau  apakah hanya agar bisa dipasangkan ODP baru?

Lalu apakah regulasi tugas marketing sudah dipindahkan kepada customer sekarang?? Mohon bantuan dan kejelasannya minimal berapa tahun lagi saya menunggu agar fasilitas IndiHome dapat dinikmati di rumah saya.

Terima kasih.

Regards,

Heri Irianto
Kota Jayapura, Papua

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Turut prihatin om, smoga sgera terselesaikan case nya

    Jangankan di papua, di denpasar bali juga memakan waktu. Dulu (saya lupa tahun brp) saya pengguna speedy, kala itu ingin migrasi ke indihome. Karyawan telkom bilang untuk migrasi butuh waktu lebih lama dibandingkan tutup speedy dan buat id baru di indihome. Migrasi kalau dulu dikatakan butuh waktu 1 bulan dan untuk buat id baru butuh waktu 2 minggu (lalu penarikan kabel serta pemasangan).

    Tapi ini kan Indonesia ya, kala itu saya minta cepat dan ga mau ribet menunggu lama. Akhirnya deal harga (costnya mungkin bs cover 10 org sperti yg situ tulis). Ga pakai lama, hari itu langsung tarik kabel dan pemasangan, besoknya internet udah jalan d 10 mbps, di hari ketiga speed sudah mulai naik ke kecepatan yg sya mau

  • Yth. Teknisi yang fotonya dimuat pada surat keluhan saya diatas.

    Saya Heri Irianto, dengan komentar ini saya ingin mengajukan permohonan maaf sebesar-besarnya dikarenakan telah menggunakan foto Anda tanpa seizin dari Anda sebelumnya pada surat yang saya sampaikan pada MediaKonsumen dengan judul "Sulitnya pasang IndiHome di Kota Jayapura, Papua. Saya juga telah meminta maaf secara langsung kepada yang bersangkutan melalui sambungan telepon dan tidak ada niat sama sekali untuk menjelekkan atau mencemari nama baik Anda. Selanjutnya dengan hal ini, akan menjadi pelajaran kedepannya bagi saya untuk tidak mengulangi perbuatan tersebut.

    Sekali lagi saya memohon maaf.

    Terima kasih.

  • PT. Telkom Indonesia
    Sulitnya Pasang IndiHome di Kota Jayapura, Papua

    Memperhatikan Surat Pembaca atas nama Heri Irianto  tanggal 22 Februari 2023 perihal Sulitnya Pasang IndiHome di Kota Jayapura, Papua, kami atas nama Telkom menyampaikan permohonan maaf atas ketidaknyamanan yang dirasakan oleh Bapak Heri.

    Kami sampaikan bahwa untuk memenuhi kebutuhan layanan Internet masyarakat, Telkom telah melaksanakan pembangunan jaringan di sekitar lingkungan Bapak Heri pada tahun 2022, namun khusus untuk pembangunan jaringan menuju daerah lokasi rumah Bapak Heri, pada saat itu tidak memungkinkan dikarenakan kendala penanaman tiang. Sehingga permintaan pemasangan Jaringan Indihome oleh Bapak Heri pada saat itu belum dapat terpenuhi.
    Oleh karena itu, Telkom melakukan survey ulang dan melakukan mediasi kepada penghuni sekitar yang huniannya dilewati oleh jaringan kami sehingga saat ini permohonan dari Bapak Heri sudah dapat terpenuhi.
    Demikian disampaikan, atas perhatian dan kepercayaannya kepada TELKOM kami ucapkan terimakasih.
    Hormat kami,

    Agus Widhiarsana
    General Manager Witel Papua
    Jl. Kayu Batu, Base-G
    Jayapura- Papua