Surat Pembaca

Ganti Kartu ATM BCA Dipersulit

Pada tanggal 16 Februari 2023, saya datang ke kantor Cabang BCA di Cileungsi, Bogor, bermaksud ingin mengganti kartu debit BCA yang sudah habis masa berlakunya. Saya coba melalui ATM cetak kartu, akan tetapi gagal.

Akhirnya petugas sekuriti membantu dan mengarahkan ke CS. Dari antrean nomor 50 sampai 93, saya dengan sabar menunggu 3 jam dan akhirnya ketemu dengan CS BCA. Namun lama penantian tidak sebanding dengan layanan yang diberikan.

Maksud saya untuk dapat pengganti kartu, tapi malah langsung disuruh ke kantor cabang awal membuka rekening. Langsung hopeless deh, cuma dilayani kurang dari 5 menit. Sia-sia penantian 3 jam. Langsung negative thinking untuk tutup rekening dan ganti bank lain.

Saya kecewa banget sama BCA, tidak sebanding dengan biaya administrasi tiap bulannya.

Aris Hendratmoko
Kab. Bogor, Jawa Barat


Update (24 Februari 2023): Terkait surat pembaca di atas, penulis memberikan klarifikasi dan apresiasi atas tanggapan dari pihak Bank BCA sebagai berikut:

 

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Wahhh parah itu CS nya.
    Kudu diinget itu nama CS nya.
    Saya ganti kartu (dlm hal ini kartu gesek ke chip) di BCA ndak harus ke BCA cabang dimana saya buka rekening. Seharusnya Satpam konfirmasi dLu ke bagian CS sebelum memberikan nomor antrian. Sehingga tdk merugikan nasabah seperti ini. Parahhhh ini CS sm Satpamnya.

    • Assalamualaikum

      Setelah surat di terbitkan, tanggal 23 Feb jam 14.30 saya selaku penulis dipanggil pihak Customer Service BCA Cab. Cileungsi untuk dibantu penggantian kartu Debit ATM. Alhamdulilah dilayani dengan baik dan permasalahan data nasabah di selesaikan dikantor cabang tanpa harus ke kantor awal saat buka rekening. saya merasa sangat senang bisa terselesaikan dengan cepat dan Pihak CS BCA menjelaskan bahwa untuk data nasabah bisa di minta di kantor cabang lainnya akan tetapi saat kejadian terjadi gangguan listrik dan mengganggu sistem.
      Demikian atas kerjasama dan bantuannya terimakasih.

      Wasalam,

  • sempat dijelaskan tidak alasannya apa kok harus ke cabang pembuka ?

    setau saya semua bisa online dan misal butuh/perlu update datapun dicabang manapun bisa memprosesnya, di cimb, danamon, bri, dll kyk gitu, sy sendiri update foto krn ga bs verifikasi foto di app mybca jg dicabang beda kota tetap dilayanani dengan cara cabang tersebut yg konfirmasi ke cabang saya, bukan malah nasabahnya yg dilempar lempar.

    bca kok malah mundur dan jadi mempersulit nasabah gitu, padahal dulu pelayanannya paling bagus.

  • saya pernah kerja di Bali, ATM saya hilang saya coba utk cetak ditolak oleh CS, harus d KCP yg saya buka rekening padahal saya bawa KTP asli.

    besok nya saya Coba lagi minta di cetak KCP lain yg sepi, ternyata bisa ???
    tanpa harus pulang kampung.

    • kalo dulu Buat rekeningnya Offline, ngurusnya ke KCP saat buka rekening,,, Itu sdh SOPnya, Jika kemudian ada yg bisa di proses di KCP lain brrti CSnya melanggar SOP dan siap dengan Resikonya,,,,
      Mesti TSnya tau diri lah,, dia ikut antri bukan pada tempatnya, giliran gak proses cuap cuap di Medkom,,
      lagian jaman sekarang sdh Cardless, ngapain masih ngurusi ATM

      • Kalo lagi piknik hapenya tiba2 rusak atau hilang di jambret maling, gimana mau pake cardless..???

        • Hp di jambret, tas di curi, dompet di copet. Maka ambil uangnya ya manual pakai buku tabungan. :D

      • Ini kata siapa ya? Pengalaman pribadi atau cuma katanya saja?
        Aku di tahun 2010 buka rekening BCA offline di Pondok Indah Jakarta untuk kebutuhan payroll, sampai sekarang rekening rekening masih aktif dan skr tinggal di Karawang. Setiap kali ke KCP yang deket tempat kerja di Karawang tidak pernah tuh di tolak untuk disuruh ke Pondok Indah. Terakhir minta penggantian BCA key dilayanin dan langsung dapat tidak sampai 1 jam. Awal awal memang iya pernah tidak dilayani dan harus ke kantor cabang awal buka rekening, itu sebelum eKTP. Setelah eKTP tidak pernah tuh disuruh ke bank awal buka rekening.

        Terkait cardless, bukannya untuk login BCA Mobile itu perlu input nomor ATM, lah kalau nomor ATM expired ya tidak bisa login bukan? Coba saja situ uninstall apps nya terus install ulang, pasti diminta input nomor ATM deh?!?!?!

      • Kamu itu gimana sih. Ini jaman sdh canggih. Pikiranmu mundur kebelakang. Mobilitas warga RI sdh tinggi gmn kl yg sdng rantau nomaden atau pindah domisili. Semua sdh dibikin mudah kamu maunya yg sulit.

  • Temen saya pernah gitu. Disuruh ke cabang asal. gataunya ada yg ngelaporin rekening temen saya jadi cuma cabang asal yg boleh info. gatau dah kenapa

      • Ya gimana, emang belum dapet pengalaman pahit aja sih, ganti kartu di bank lain, lebih ribet, pake segala minta laporan kehilangan, di BCA ganti kartu, modal ektp (yang walau buluk sekalipun KTPnya tetep bisa) udah beres, bisa self service pula. Jadi ya cuman bisa turut prihatin aja sih kalo ada kejadian gini

  • Yang saya tau dan saya rasakan dicabang BCA Lampung khususnya cabang pasar tengah Bandarlampung,,pelayanan nya sangat baik dan memuaskan,SDM security maupun karyawan bank sangat berwawasan dan bersahabat kepada semua konsumen,apalagi cuma ganti kartu ATM butuh waktu 3 menit saja kartu ATM kita telah tergantikan yg baru..

  • Bulan lalu ganti atm mandiri tinggal buka web terus atm dikirim ke rumah, 2 hari lalu request atm permata dan baru saja atm nya sampai. Masa bca gak bisa ajuin online sih hmm

    • Bank mandiri cabang UGM jogja ada mesinnya, tinggal masukin kartu atm lama, pencet2 data, 5 menit kartu baru keluar dr mesin..
      Canggih sekarang..