Surat Pembaca

Susahnya Login ke Akun Shopee

Nama saya Mustopa dari Cirebon. Saya ingin membayar tagihan Shopee, tetapi mau login saja sudah, terkendala verifikasi login. Ini gara-gara tablet lama rusak, kemudian ganti tablet baru. Namun nomor pada waktu daftar Shopee tidak support dipasang di tablet baru yang pakai nomor Smartfren atau semacam kartu CDMA. Mungkin karena tablet Cina atau bagaimana, yang jelas tidak support CDMA.

Pada saat login di tablet yang baru, diminta 2 jenis verifikasi. Link dikirim ke nomor WA atau melalui SMS biasa ke nomor Smartfren tadi. Jadi aplikasi Shopee di tablet, sedangkan nomor di hp andromax. Di tablet tidak bisa menggunakan WA, karena WA diblokir oleh developer WA, katanya tablet ini di-root. Jadi ketika ada verifikasi link WA, maka tidak bisa menerima verifikasi login (screenshot kendala WA terlampir).

Pilihan verifikasi SMS biasa ke hp andromax, terkendala link URL, yang mana hp jadul tidak bisa mengeklik link tersebut, hanya bisa membaca SMS. Saya mencoba buka akun Shopee baru dengan harapan bisa menghubungi CS, tetapi dilayani oleh Chokie (semacam bot Customer Service/mesin penjawab ), dan ini tidak menyelesaikan masalah.

Saya mencoba mencari informasi di Google, diarahkan menghubungi CS online dengan menyertakan scan KTP, screenshot kendala WA dan foto selfie pegang KTP. Namun lagi-lagi menemui kendala, padahal semua sudah dilampirkan dengan benar, tapi sistem server Shopee mengatakan: “Wajah terindikasi penipuan”. Apakah karena wajahku kurang ganteng? Bukti ada tulisan ini terlampir.

Jadi saya bingung mau menghubungi ke mana lagi? Sebenarnya solusinya sederhana saja, pada waktu login kirim verifikasi SMS biaya berupa angka token, bukan berisi link. Shopee tidak pernah berpikir tidak semua hp adalah canggih.

Melalui Media Konsumen ini saya berharap pihak Shopee ada yang menghubungi saya. Akun Shopee yang tidak bisa login adalah: mustopedia123, sedangkan nomor hp terkait pendaftaran adalah 08829911**74. Saya sudah putus asa, masalah sepele seperti ini saja memakan waktu, tenaga dan pikiran.

Mustopa
Cirebon, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Link yang dikirim di sms ketik di browser di tablet (tempat shoppe anda terinstall), ketik sama persis termasuk huruf besar/kecilnya

  • Sudah dicoba ketik manual Persis. Tetapi munculnya hasil pencarian google. Malahan karena mengandung kata 'Link' yang muncul produk modem internet TPLink

  • Ini cuma saran saja sih. Jika tablet baru terindikasi "rooted" oleh WA, tidak tertutup kemungkinan aplikasi Sopi mendeteksi hal yang sama yang membuat anda menghadapi masalah di kemudian hari.

    • Memang tablet Pro11 agak aneh. Bisa mengirim SMS sendiri ke Nomor-nomor acak dengan isi SMS serupa yaitu : sk2#510102032579696#@X@hello

      Ini yang buat saldo Pulsa regular terpotong

      • Wah bahaya itu tabletnya, lebih baik ganti saja. Saya selama ini pakai tablet samsung aman tidak pernah masalah

  • Saya kemarin juga ganti perangkat baru. Sebelum ganti, jangan uninstal dl di perangkat lama, termasuk wa nya. Install di perangkat baru, login. Nanti link verifikasinya dikirim ke perangkat lama. Setelah di perangkat baru bisa login lancar, br aplikasi di perangkat lama dihapus. Jika tidak seperti itu biasanya menggunakan verifikasi wajah, dan ini sangat mudah sebenarnya.

  • Susah login salah, kalo mudah login nanti dihack salah lagi,, sebenernya dibuat susah ky gini karna banyak kasus ketipu otp yg diksh penipu. sy pernah ganti perangkat lancar verifikasi wajah tp tdk bisa digunakan utk transaksi selama sehari.

    • Masalahnya mau bayar tagihan shopee pay. Kalau telat didenda, sedangkan mau login Susah. Sampai saat ini dari pihak Shopee belum ada yang menghubungi. Kalau menurut saya sih ada sesuatu yang harus dibenahi mengenai internal Shopee. Terutama masalah system aplikasinya. Masih banyak Bug disana-sini

      • Kl shopee bantu login malah keliru, aneh. Itu perangkat anda sendiri, akun anda sendiri, link verifikasi jg dikirim ke nomer anda, kok aneh tdk bs login, gblkdkdj! Balik lagi ke perangkat lama atau pakai hp tdk usah tablet2an abal2.

      • Yg aneh bnyk bug itu anda, udah gaptek nyalahin shopee pula, makanya beli tablet itu yg bener bener resmi Indonesia, bukan beli tablet murah ( tergiur promo padahal tablet abal abal dari china dengan merek gak jelas!

        Untuk perkara nomor wa gak bisa di pakek, itu tabletnya itu dalam kondisi root, whatsapp tidak bisa di pakek dalam device / perangkat yg di root, kalau nomor hp mati / ilang reaktivasi aja di Galery Smartfren! Simple kan, kalau paham orangnya kalau gak paham ya gitu dah koar kora di media konsumen nyalahin pihak lain!

  • jgn coba2 login hal2 penting di perangkat yg sdh diroot karena kmgkn besar ada malware siap sedot data penting. ganti tablet / unroot dulu. kl awam mending ke servis center/teknisi/ tmn yg bs unroot. kl ga gt gadgetnya seken tdk apa2. sudah bagus shopee deteksi tablet anda diroot

    • Banyak keanehan. Bisa kirim SMS sendiri. Dengan isi angka-angka yang tidak dimengerti maksudnya. Tentu saja saldo terpotong.

  • Sebenernya masalahnya mudah ini. Pinjam hp, login bayar.. Log out delete.. Tunggu ada duit br beli hp/tablet yg bener

    • Sepertinya Ini yang gampang. Pinjam HP teman, pasang kartu SIM, login, nunggu link verifikasi lalu bayar. Cuma kartu CDMA kadang susah support di beberapa hp

      • Ngk juga mas, smartfren skrg sudah banyak hp yang support, smartfren itu emang cdma tp sejak era 4G LTE ga perlu hp cdma khusus lagi kok. Cukup hp 4G yg sudah support LTE band 5 atau 40 dan 95% hp skrg sudah support jaringan ini. Jd harusnya ga susah sih. Dicoba dl aja.. Semoga cepet selesai masalahnya ya

  • Sudah teratasi permasalahannya. Caranya dengan pinjam HP orang lain sambil pasang kartu sim Smartfren. Hanya untuk mendapatkan link verifikasi login. Sedangkan aplikasi Shopee tetap ada di tabletku. Terima kasih untuk Media Konsumen Dan arahan Dari teman-teman

  • next nya mungkin beli perangkat jgn yg abal2, jgn beli imei yg tidak terdaftar di kementrian. kalo buat have fun sih gpp, buat main bocil sih no problem, tp kl buat ginian, buat perbankan, buat belanja online, jangan deh, rawan dibobol tuh paylater2an/rekening bank.
    wa saja sudah menolak dipasang di hp sana, katanya system mendeteksi perangkat telah dirooting, sebaiknya perangkat tsb anda jual lagi atau digunakan sbg cadangan saja, jangan jadikan sbg prime gadget krn terlalu beresiko