Barang Dalam Keadaan Baik Dikembalikan Seenaknya, Tim Shopee Lepas Tanggung Jawab

Kami ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat kami. Kami adalah penjual di Shopee dan kami mengirim barang sesuai dengan pesanan pembeli yang masuk di sistem kami. Barang yang kami kirim adalah radio mini portable. Lokasi pembeli di Medan.

Kronologi kejadian adalah seperti ini:

  •  Tanggal 17 Januari 2023, kami kirim barang tersebut sesuai pesanan pembeli.
  • Tanggal 23 Januari 2023 pembeli menerima barang dan langsung mengajukan pengembalian dengan alasan yang tidak masuk akal (“suara kecil tidak bisa tangkap saluran”).
  • Kami jelaskan ke pembeli bahwa hal tersebut bukan radionya rusak, melainkan berarti sinyalnya kurang bagus, dipengaruhi banyak faktor seperti lokasi, cuaca dan lainnya.
  • Lalu diputuskan barang dinyatakan rusak oleh tim Shopee dan dikembalikan ke alamat kami (ini juga tidak masuk akal, karena pembeli hanya mengirimkan chat dan nyatakan bahwa tidak bisa tangkap sinyal, tidak ada bukti video apa pun dari pembeli). Tanpa verifikasi apa pun, tim Shopee dengan mudahnya menerima pengajuan pembeli untuk retur.

Pada tanggal 4 Februari 2023, barang retur sampai di tempat kami, dan langsung kami unboxing:

Terbukti tidak ada masalah, penerimaan sinyal bagus dan radio bisa menangkap saluran radio di tempat kami dengan baik. Ini membuktikan bahwa klaim pembeli salah besar. Analoginya seperti jika kita membeli TV Antenna, lalu siaran TV-nya buram, apakah TV-nya rusak? Kan tidak, ya karena sinyal antena kurang bagus. Hal tersebut sama seperti radio yang dibeli oleh pembeli.

Lalu kami komplain balik ke tim Shopee dan minta solusi atas masalah ini. Intinya kami tidak mau terima returnya karena ini bukan kesalahan kami (lain cerita jika radionya memang rusak atau Faulty dari kami). Lalu tim Shopee dengan gampangnya menyuruh kami untuk mengirim radio kembali ke Medan (lokasi pembeli). Perlu diketahui, harga radio kami Rp40.950, tapi ongkos kirim Surabaya ke Medan sekitar Rp30.000 hingga Rp35.000. Nah itu ongkos kirim disuruh kami sebagai penjual yang menanggung.

Ini kan konyol dan lucu sekali. Pembeli yang salah, Tim Shopee juga tidak melakukan pengecekan detail sebelum diretur (karena dari pembeli tidak ada video bukti sama sekali), sekarang barang terbukti tidak ada masalah, minta kami yang tanggung ongkos kirim balik ke Medan. Logikanya di mana?

Lalu kami sampaikan di halaman diskusi, bahwa keberatan jika menanggung ongkos kirim dengan besaran segitu. Kami menawarkan opsi lain seperti kompensasi biaya pengepakan, supaya paling tidak biaya bubble wrap dan karton yang kami gunakan ter-cover. Namun juga ditolak.

Kami tawarkan untuk negosiasi/cara solusi lain juga tidak digubris. Intinya kami open negotiation agar solusi tercapai untuk semua belah pihak. Tetap juga ditolak. Lalu pada tanggal 09 Februari 2023, kasus ditutup dengan pengembalian dana full ke pembeli, dan kami penjual merasa sangat dirugikan.

Beginikah kebijakan Shopee? Beli barang, kalau gak suka bisa langsung kembalikan ke penjual? Di manakah keadilan untuk penjual? Kami rasa banyak penjual di luar sana juga mengalami hal-hal yang mirip dengan yang kami alami. Mohon tanggapan dari pihak Shopee sehingga masalah ini bisa selesai dan tidak terulang kembali. Terlampir di atas, screenshot percakapan kami dengan pembeli dan juga dengan agen Shopee.

Ivan Adi Susanto
Jawa Timur, Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pelaku usaha yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Kirimkan Tanggapan

27 komentar untuk “Barang Dalam Keadaan Baik Dikembalikan Seenaknya, Tim Shopee Lepas Tanggung Jawab

  • 24 Februari 2023 - (12:13 WIB)
    Permalink

    Elu mending bos barang dibalikin ga rusak, lah gua dirusak terus dibalikin pembeli, modal foto doang disetujui, saran sih pindah mp lain aja, shopee emang paling bangke admin mediatornya

    20
    2
    • 24 Februari 2023 - (15:52 WIB)
      Permalink

      Tulis surat pembaca aja kak, kita sering mengalami kejadian kaya gini. Tapi dulu ngga tahu kalo bisa nulis keluhan ke media konsumen 🙁

      • 24 Februari 2023 - (17:49 WIB)
        Permalink

        Sama gan. Saya juga. Barang diretur dalam keadaan cacat oleh buyer, eh Shopee malah minta video saat packing barang dan saat kirim,
        Eh ujung ujungnya malah saya dikalahkan karena tidak kirim barang balik ke buyer.
        Sampe skrg masih saya kejer tuh tim Shopee nya

        • 24 Februari 2023 - (21:56 WIB)
          Permalink

          Seharusnya para seller kompak nih buat video di upload ke YouTube dan Facebook kita perlihatkan berapa bobrok nya shopee bagi penjual .

      • 25 Februari 2023 - (10:46 WIB)
        Permalink

        banyak keluhan Shopee di MK atas kelalaian tim Shopee nya.

        Memang tim Shopee lalai dalam bekerja, entahlah karena apa.

        Jadi dampak negative ke situs Shopee atas kelalaian para pekerjanya, sayangnya pimpinan Shopee tidak mau membenahi para pekerjanya yg lalai tersebut.

        padahal saat itu ada pengurangan / PHK masall, tapi mungkin ini salah sasaran, sehingga sisanya yang lalai dalam bekerja.

        Coba pimpinan Shopee sekali-kali turun gunung untuk memeriksa masukan, problem dsb dari para member/user Shopee, jangan di atas gunung terus jadi begini akibatnya, apakah tidak sayang anda dengan situs Shopee yang sudah masuk S’Asia yang dibangun dari 0

        • 25 Februari 2023 - (15:11 WIB)
          Permalink

          Klo ga ditanggepin jg ma pihak Shopee coba download aplikasi LinkendIn trz tulis permasalahannya disitu sambil km tag para petinggi shopeenya, karna disana bnyk profile para petinggi shopee, pengalaman dr complaint yg saya tw lebih cepet di up klo lewat petinggi nya langsung

  • 24 Februari 2023 - (14:27 WIB)
    Permalink

    kalau dr cerita anda sih pusat resolusi shoppe emang ngk beres sy jg dl begitu tp sebagai pembeli ada item yg kurang tp karena ngk ada video unboxing maka sy kalah, tp bisa jg mereka menilai atau melihat dr track record toko anda dr review, jumlah kompalin dan lain2nya sehingga anda kalah

    1
    2
  • 24 Februari 2023 - (16:09 WIB)
    Permalink

    Kek nya uda “kebal” admin nya
    Mau berapa banyak pun yg masuk MK uda gak berasa sama merek
    Atasan pun tidak memperbaiki
    Sepertinya bakal “nyusul” kawan nya yang uda cabut duluan

    7
    1
  • 24 Februari 2023 - (16:14 WIB)
    Permalink

    Mungkin sudah puluhan ribu komplain mengenai pelayanan Sopi dalam kurun setahun terakhir ini di Media Konsumen. Saya saja sampai bosan baca kasus terkait Sopi karena nyaris tidak ada feedback penyelesaian. Klarifikasi juga ditulis “si korban” yang mungkin sudah diimingi voucher dan secercah senyum manis girlband Korea.

    To the point aja, marketplace satu ini masih sangat layak untuk jualan stiker modal 100 perak dijual 2.000 rupiah. Kalau jualan elektronik sih aca-aca nehi-nehi.

    • 24 Februari 2023 - (16:37 WIB)
      Permalink

      100 perak dijual 2000. Abis kena fee potongan jk ikut program ongkir Xtra, cashbacks Xtra, admin Dan potongan lainnya Blum nanti kedepan potong ppn lg

  • 24 Februari 2023 - (16:35 WIB)
    Permalink

    Shopee konsumen ya jelas rendah semua . Adminnya jg kelas rendah.. jd jgn jual barang yg kelas rendah ga mengerti. Mungkin bisa jual barang bekas atau rongsokam di shopee atau undian asal kirim, Dan semacamnya cocok win win solution penjual Dan pembeli ?. Radio walau murah ga Masuk market shopee soalnya . Semoga penjual tabah saya jg pernah diretur gitu…dgn alasan ga Masuk akal.

  • 24 Februari 2023 - (17:41 WIB)
    Permalink

    Itu mah masih mending, paket saya malah sering diretur shopee xpress tanpa dikirim ke alamat buyer, jadi begitu sampai DC tujuan langsung diretur, udah gitu barang balik kondisinya rusak, mau complain juga gak bisa, statusnya dibuat dibatalkan dengan alasan gagal kirim. Padahal paket NON COD lho.

    • 24 Februari 2023 - (22:41 WIB)
      Permalink

      @yudi biasa itu kurir nya antara males atau di area tdb hasil operan ke ekspedisi lain.

    • 25 Februari 2023 - (13:47 WIB)
      Permalink

      Saya kesel sama si sopi. Pernah beberapa kali paket saya digagalkan oleh kurir dan dikirimkan kembali ke penjual. Dengan alasan rumah saya tidak tercover area, padahal pembelian ke 2 dari toko yg sama. Trus metode pembayaran COD dibekukan karena terdeteksi 60 hari menolak COD, jelas jelas mereka yg nolak nganterin. Dan chat CS jawabannya cuma sistem dan sistem. Jd pelanggan yg disalahkan dibalik kesalahan mereka.

      • 27 Februari 2023 - (08:04 WIB)
        Permalink

        Miris juga lihat masalah ini…buang2 wtk n tenaga buat komplain..semuanya pake sistem…saran saya …next time agak hati2 aja…

  • 24 Februari 2023 - (21:52 WIB)
    Permalink

    Lu enak barang dalam keadaan baik. Lah gua barang udah dirusak dikembalikan shopee GK bertanggung jawab . Ada lagi barang ku balik cuma di kantongin plastik Indomaret wadahnya GK ikut dikembalikan .

  • 24 Februari 2023 - (23:00 WIB)
    Permalink

    Tokped ada fitur asuransi pihak ke 2 berlaku 3bln setelah paket diterima, jadi klo rusak di bulan ke 2 bisa ajukan klaim

    Klo sope kyknya blm ada, cuma asuransi pihak exedisi

  • 25 Februari 2023 - (05:32 WIB)
    Permalink

    Saya dukung kalau Kalian mau pindah ke “IJO”. Saya sendiri juga sempat punya Case. Sebagai pembeli barang yg saya terima dalam keadaan cacat. Video unboxing ada, tapi tetep aja saya kalah. Bisa kalian nilai sendiri kwalitas CS Shop** seperti apa. Yg unggul di Shop*” dr MP lainnya hanyalah voucher gratis Ongkir nya.

    • 25 Februari 2023 - (13:50 WIB)
      Permalink

      Gratis ongkirnya jg sekarang banyak syarat dan ketentuan ga kaya dulu belanja berapapun bisa jd nol ongkirnya. Belum skrg ada biaya 1.000 tiap belanja pake semua metode pembayaran.

  • 25 Februari 2023 - (08:12 WIB)
    Permalink

    Emang masih zaman radio? Apalagi radio mini portable yg terkenal buruk penerimaan sinyalnya. Kalau pembeli ajukan pengembalian, sebaiknya diterima aja dalam pengembalian dana karena kalau dikembalikan lagi barang yg sama, ya ga bakal kepake di tempat dia. Toh barangnya juga ga dirusakin.

  • 3 Maret 2023 - (06:16 WIB)
    Permalink

    Saya udah lama uninstal shopee, jadi tidak tau shopee skrg udh bagus atau tambah brobrok hahaahaha

 Apa Komentar Anda mengenai Pusat Resolusi Shopee?

Ada 27 komentar sampai saat ini..

Barang Dalam Keadaan Baik Dikembalikan Seenaknya, Tim Shopee Lepas Tan…

oleh Ivan Adi dibaca dalam: 2 menit
27