Surat Pembaca

Barang Dalam Keadaan Baik Dikembalikan Seenaknya, Tim Shopee Lepas Tanggung Jawab

Kami ucapkan terima kasih kepada Media Konsumen yang telah memuat surat kami. Kami adalah penjual di Shopee dan kami mengirim barang sesuai dengan pesanan pembeli yang masuk di sistem kami. Barang yang kami kirim adalah radio mini portable. Lokasi pembeli di Medan.

Kronologi kejadian adalah seperti ini:

  •  Tanggal 17 Januari 2023, kami kirim barang tersebut sesuai pesanan pembeli.
  • Tanggal 23 Januari 2023 pembeli menerima barang dan langsung mengajukan pengembalian dengan alasan yang tidak masuk akal (“suara kecil tidak bisa tangkap saluran”).
  • Kami jelaskan ke pembeli bahwa hal tersebut bukan radionya rusak, melainkan berarti sinyalnya kurang bagus, dipengaruhi banyak faktor seperti lokasi, cuaca dan lainnya.
  • Lalu diputuskan barang dinyatakan rusak oleh tim Shopee dan dikembalikan ke alamat kami (ini juga tidak masuk akal, karena pembeli hanya mengirimkan chat dan nyatakan bahwa tidak bisa tangkap sinyal, tidak ada bukti video apa pun dari pembeli). Tanpa verifikasi apa pun, tim Shopee dengan mudahnya menerima pengajuan pembeli untuk retur.

Pada tanggal 4 Februari 2023, barang retur sampai di tempat kami, dan langsung kami unboxing:

Terbukti tidak ada masalah, penerimaan sinyal bagus dan radio bisa menangkap saluran radio di tempat kami dengan baik. Ini membuktikan bahwa klaim pembeli salah besar. Analoginya seperti jika kita membeli TV Antenna, lalu siaran TV-nya buram, apakah TV-nya rusak? Kan tidak, ya karena sinyal antena kurang bagus. Hal tersebut sama seperti radio yang dibeli oleh pembeli.

Lalu kami komplain balik ke tim Shopee dan minta solusi atas masalah ini. Intinya kami tidak mau terima returnya karena ini bukan kesalahan kami (lain cerita jika radionya memang rusak atau Faulty dari kami). Lalu tim Shopee dengan gampangnya menyuruh kami untuk mengirim radio kembali ke Medan (lokasi pembeli). Perlu diketahui, harga radio kami Rp40.950, tapi ongkos kirim Surabaya ke Medan sekitar Rp30.000 hingga Rp35.000. Nah itu ongkos kirim disuruh kami sebagai penjual yang menanggung.

Ini kan konyol dan lucu sekali. Pembeli yang salah, Tim Shopee juga tidak melakukan pengecekan detail sebelum diretur (karena dari pembeli tidak ada video bukti sama sekali), sekarang barang terbukti tidak ada masalah, minta kami yang tanggung ongkos kirim balik ke Medan. Logikanya di mana?

Lalu kami sampaikan di halaman diskusi, bahwa keberatan jika menanggung ongkos kirim dengan besaran segitu. Kami menawarkan opsi lain seperti kompensasi biaya pengepakan, supaya paling tidak biaya bubble wrap dan karton yang kami gunakan ter-cover. Namun juga ditolak.

Kami tawarkan untuk negosiasi/cara solusi lain juga tidak digubris. Intinya kami open negotiation agar solusi tercapai untuk semua belah pihak. Tetap juga ditolak. Lalu pada tanggal 09 Februari 2023, kasus ditutup dengan pengembalian dana full ke pembeli, dan kami penjual merasa sangat dirugikan.

Tanpa bukti apapun dari pembeli, tetap tim Shopee menyetujui pengembalian barang
Di sini kami sertakan bukti tes radio, bahwa tidak ada masalah. Dan di sini kami mulai open negotiation untuk menyelesaikan masalah ini
Semua solusi / upaya yang kami lakukan untuk mencapai kesepakatan ditolak dan tidak digubris oleh agen shopee
Kami coba solusi lain, tawarkan opsi lain, juga tidak digubris

Beginikah kebijakan Shopee? Beli barang, kalau gak suka bisa langsung kembalikan ke penjual? Di manakah keadilan untuk penjual? Kami rasa banyak penjual di luar sana juga mengalami hal-hal yang mirip dengan yang kami alami. Mohon tanggapan dari pihak Shopee sehingga masalah ini bisa selesai dan tidak terulang kembali. Terlampir di atas, screenshot percakapan kami dengan pembeli dan juga dengan agen Shopee.

Ivan Adi Susanto
Jawa Timur, Surabaya

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Emang masih zaman radio? Apalagi radio mini portable yg terkenal buruk penerimaan sinyalnya. Kalau pembeli ajukan pengembalian, sebaiknya diterima aja dalam pengembalian dana karena kalau dikembalikan lagi barang yg sama, ya ga bakal kepake di tempat dia. Toh barangnya juga ga dirusakin.

  • Saya udah lama uninstal shopee, jadi tidak tau shopee skrg udh bagus atau tambah brobrok hahaahaha