Surat Pembaca

Lazada Seenaknya Menuduh Toko Kami Melakukan Pelanggaran

Dear Lazada, perkenalkan saya adalah salah satu seller dari banyak seller di Lazada, dengan ID Toko: ID67XCCYSE. Tujuan saya menulis artikel ini adalah untuk menegakkan keadilan bagi seller seperti saya, yang telah dibuat rugi dan mengganggu pikiran.

Singkat cerita, saya adalah seller Lazada dari tahun 2019. Akun saya aktif berjualan produk hand made bikinan sendiri, di bidang spare part motor. Toko saya naik begitu pesat saat awal-awal berdiri dan stabil selama beberapa tahun. Toko saya juga sudah masuk level 5 dengan omset yang lumayan.

Pada awal bulan Januari 2023, akun saya tiba-tiba mendapat peringatan keras bahwa saya melanggar aturan, yaitu melanggar kebijakan akun sehingga mendapat PEMBATASAN PRODUK. Padahal akun jualan saya atas nama sesuai KTP dan nomor rekening cuma satu.

Sungguh aneh dan merasa ada ketidakadilan di sini. Saya berulang kali chat ke SC meminta keadilan untuk dicek, tapi selalu dengan jawaban yang sama menunggu proses yang tidak jelas. Toko saya sekarang jadi sepi akibat pembatasan 10 produk, yang biasanya traffics sampai 1.800, sekarang jadi 200 dan level pun turun jadi level 3.

Mohon pihak Lazada berpikir ulang dan memperbaiki toko saya agar produk-produk toko saya bisa ditampilkan kembali. Kembalikan akun saya seperti semula Lazada. Jadilah marketplace yang jujur dan tidak semena-mena.

Herdiansyah Ansori
Karawang, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Mungkin ulah saingan. Bisa lewat fitur pengaduan produk atau secara sengaja menjajal login berulang-ulang (meski gagal) di aplikasi seller Lazada menggunakan username milik TS.

    Kelemahan bisa di aplikasi Lazada. Bisa juga di SOP investigasi yang asal-asalan. Semoga pihak Lazada merespon masalah ini dan ada investigasi yang lebih akurat dan bermartabat.

    • Persaingan & ke ngelantur cs lazada tdk menyelidiki dgn baik krn males jd bt keputusan ngelantur,ntar kl d bt bintang 1 utk lazada br deh pihak lazada bt dongeng indosiar spt kadrun

    • sudahlah . gk usah jualan lagi di online shop. banyak masah online shop itu. penjual itu gk dihargai sama aplikasi . udah biaya layanan naik gk dihargai pulak kasihan yg jualan untung dikit 7-10% ajg . gitu kok para seller masih ngeluh apalagi bertahan jualan online . untuk para seller sadar diri aja kalian tuh cuma diakalin aja. lu jualan untung diambil aplikasi dan lu ngeluh aplikasi gk adil sadar aja lu tu cuma di manfaatin hhh.

  • Mungkin ada yg ngadu ke cs lazada.. dan tanpa investigasi yg jelas langsung ambil tindakan.. sulit kalo msh pake sistem pembeli adalah raja

  • Sama toko saya Uda 2,5 tahun tiba2 kena pelanggaran tidak jelas dari mana..komplen chat ke lazada semua sama jawabannya tidak jelas..

  • Selalu berjualan di berbagai marketplace untuk mewaspadai kejadian seperti ini. Namanya juga numpang berjualan pasti selalu berisiko kena pelanggaran walaupun kita ga tau salahnya apa.

  • Saya sarankan buat marketplace website sendiri pak, produknya unik karena handmade

    Bikin web juga tdk mahal2 sekarang, cocok utk mengatasi kebijakan marketplace yang sewenang-wenang

  • Iya bener, buat website trus ramaikan di IG, tiktok dan fb. Marketplace tambahin toko ijo juga, melihat barang2nya unik2.
    Sukses selalu usahanya

  • Sabar kak.. sama sy juga kena pelanggaran jualan dibatasi.. udh ga kena pelanggaran sampe skrg ga ningkat2 kaya dl... Memang mau rame atau ngga.. gimana marketplace... Dia bisa ngeramein... Bahkan bisa mematikan juga.. apalagi kena pelanggaran... Semua trafik di tutup.. dibatasin..

  • Lazada.
    Marketplace pilihan paling akhir dalam ceklis belanjaan kalo mau belanja online.

    Jualan di marketplace lain aja bang