Surat Pembaca

Tertipu Orang, Semoga Bank BCA Dapat Membantu dalam Pengembalian Uang Saya

Pada tanggal 22 Februari 2023, saya tertipu. Ceritanya, saya melihat di Facebook marketplace ada orang yang mengaku sebagai Gunawan dan istrinya Ernanda Aprita, menawarkan hp dengan harga agak murah. Setelah saya chat, dia minta dilanjut di WA. Setelah saya tanya, katanya bonus istrinya kerja di toko hp besar di Indonesia, saya diminta datang ambil hp tersebut. Saya mulai percaya, setelah saya datang ke toko tersebut, langsung sales-nya membawakan hp sesuai dengan yang diiklankan membuat lebih percaya.

Saya katakan saya akan mengambil hp tersebut. Penipunya mengatakan bayar dan bukti diserahkan, baru hp bisa dibawa, lalu saya dikasih nomor rekening BRI atas nama istrinya. Saya minta rekening BCA dan dikasih rekening BCA 7815608411 atas nama Muhammad Isro.

Kesalahan saya, harusnya saya tanya sales-nya apakah kenal dengan nama Ernanda itu sebelum transfer. Namun saya melakukan transfer sebelum bertanya ke sales-nya. Setelah itu bukti transfer saya kirim dan saya tanya ke sales-nya nama istrinya itu, ternyata dia tidak kenal. Di sana saya mulai curiga dan berusaha hubungi nomor WhatsApp 081351774288, tapi ternyata nomor saya sudah diblokir.

Seketika itu saya sadar dan saya langsung telepon Halo BCA. Seperti biasa Halo BCA menanyakan pertanyaan normatif dan saya diminta membuat surat pernyataan, surat permintaan blokir, bukti transfer dan KTP sambil menunggu laporan polisi.

Setelah saya buatkan semua, saya berharap BCA dapat membekukan nomor rekening penerima transfer BCA 7815608411 atas nama Muhammad Isro dan rekening BCA lanjutan lainnya dari rekening pertama uang hasil kejahatan itu untuk tindakan preventif, sambil menunggu saya memberikan laporan polisi. Pihak Halo BCA hanya mengatakan akan dilanjutkan ke tim terkait, tanpa saya tahu bagaimana progresnya dan saya disuruh tunggu sampai tanggal 3 Maret 2023.

Setelah saya serahkan bukti transfernya ke Halo BCA dan menanyakan bagaimana perkembangan kasus saya, dengan nomor laporan: 2053559770, dijawab sama seperti sebelumnya akan diserahkan ke tim terkait dan diminta tunggu sampai tanggal 3 Maret 2023.

Dalam hal ini saya minta bantuan pihak BCA, agar segera tanggap dan bertindak pemblokiran dulu lalu pemilik rekening penerima transfer, dihubungi lalu teleconference dengan saya. Sehingga pihak Bank BCA dapat mengetahui dengan jelas, apakah saya mengada-ada atau memang benar terjadi penipuan.

Kalau memang terjadi penipuan, maka saya berharap uang saya dapat dikembalikan oleh pihak BCA. Sampai saat ini surat saya buat, saya belum mendapatkan kabar sama sekali tindakan tim Bank BCA. Saya jadi stres, yang mana saya juga memerlukan uang tersebut untuk pengobatan. Dalam hal ini saya ingin mencari tambahan uang pengobatan, malah gak jelas statusnya.

Saya mohon dan berharap pihak BCA dapat segera mengambil keputusan, agar uang saya dapat diselamatkan dari penipu tersebut. Terima kasih dan salam hormat kepada Bank BCA.

Herman Sugianto
Surabaya, Jawa Timur

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan BCA atas Surat Bapak Herman Sugianto

Menanggapi keluhan Bapak Herman Sugianto Gondokusumo di Suara Pembaca Media Konsumen tanggal 28 Februari 2023 dengan judul “Tertipu Orang, Semoga...
Baca Selengkapnya

Komentar

  • Ikut prihatin pak...lagi banyak penipuan dengan berbagai modus
    Untuk kedepannya harus lebih berhati-hati mawas diri

    • Saya hampir kena tipu modus seperti ini
      Kebetulan sy yg punya barang
      Dan untungnya pembeli tanya dulu ke sy sebelum transfer rekening yg di wa oleh penipu. Spontan sy bilang jangan transfer itu bukan rekening sy. Hati2 penipuan kalo gak percaya coba video call pasti gak mau banyak alasan.

      Dan pas sy lacak ternyata posisi penipunya ada di rutan kelas 2 Magetan.
      Alias di dalam penjara.
      Dan liat di channel Mr.beart mantan napi yg pernah menipu di dalam penjara

      • Gimana caranya bisa lacak ya kak? Kok bisa sampai tahu posisi di rutan. Krn saya jg mau ngelacak penipu yg lain nya

      • lebih pintarlah dr pada si penipu,ketika tergiur dngn sesuatu yg di inginkan

      • Iya, biasanya orang ngeliat iklan di situs jual beli, lalu menghubungi orang yg menjual, minta foto dan segala macem. Saya jual motor langsung ada penipu yg wa saya nanya foto2 dan STNK. Dan itu dia pakai buat nipu orang. Agak susah kalau jelasin lewat tulisan.wkwk

        • Ini gimana sih.. Udah ke tokonya.. Udah dikasih liat HPnya sama sales nya.. Harusnya bayar trus ambil HPnya donk..

          • Jadu korban disuruh transfer uang dulu dan bisa ambil hpnya ke Toko yg di rujuk. Nah ketika sampai disana dan menanyakan tipe HP yg dimau tentu saja ada(kan toko HP?) dan kemungkinan penipu tau toko ini menyediakan sistem pembayaran online dan ambil di toko.

    • Modus penipuan ini sebenarnya sudah agak lama terjadi di transaksi jual beli mobil... Ternyata merambat juga ke jual beli elektronik... Semoga ini menjadi pembelajaran bagi kita semua... Untuk tetap hati hati dan waspada

      Saya doakan uangnya bisa kembali...Aamiin

    • Cara bersertia di media konsumen gini gmn ya? Khasusnya sm seperti yg sya alami.

      • Saya pernah begini juga, tapi diposisi saya, saya tidak dirugikan dalam materi hanya saya rugi waktu untuk berurusan dgn orng yg tertipunya.

  • Turut perihatin ya pak, sebenarnya kalau kejadian seperti ini bank tidak bisa asal blokir, itu penipu juga udah langsung cairin uangnya setelah masuk,kejadian penipuan seperti ini sudah banyak pak, makanya kita harus lebih berhati,

    terakhir bapak bilang butuh uang buat pengobatan, tetapi kenapa bapak tergiur untuk beli Iphone, disitu saya masih bingung pak.

    • Iya pak karena ada selisih saya manfaatkan untuk mendapat sedikit keuntungan agar bisa menambah budget pengobatan, semua ini karena keserakahan saya pak

    • Ikut Prihatin atas Penipuan yang menimpa Bapa..ikhlaskan saja..yang jelas Walaupun lapor Bank dan sudah mengirimkan bukti² dan berkas laporan Polisi..Bank hanya sebatas memediasi Bapa dengan penerima Transfer..itupun kalo rekening penerima masih aktif dan no telp bisa di hubungi..biasanya penipu hanya menggunakan rekening 1 kali.. ketika berhasil menipu dan dana sudah di pindahkan Penipu justru lebih cepat minta rekeningnya di Blokir ke BCA dengan berbagai alasan..laporan Bapa diterima BCA hanya saja BCA tidak menjanjikan Pengembalian Dana..dan Proses nya lama tapi tidak selesai² dengan alasan masih di tindak lanjuti Tim Terkait..saran saya ikhlaskan saja dan lapang dada sambil belajar dari kejadian yang menimpa Bapa dari pada terus berharap pada BCA bisa membantu pengembalian uang Bapa..karena itu bukan kesalahan BCA tapi dianggap kelalaian Bapa...

      • ikut prihatin pak dan menjadi pelajaran untuk kita semua.bahwasanya hrus lebih hati hati,semoga dalam hal ini bank bisa memberikan solusi

        • lah kocak yg kena tipu bapaknya sama oknum penipu kenapa BCA yang suruh ganti

      • @Natasha yg kocak ente, yg minta ganti siapa ???
        Baca yg bener jngn bisanya nyela...
        "Minta BCA bantu dana kembali bukan minta ganti" ??‍♂️

        • Betul pak bima terkadang manusia suka membaca terlalu cepat sehingga salah mengartikan kalimat, saya minta bantuan pihak bank bukan menuntut pihak bank, terima kasih pak bima atas ketelitiannya, salam sehat selalu sekeluarga pak bima

        • Kalau memang terjadi penipuan, maka saya berharap uang saya dapat dikembalikan oleh pihak BCA. Sampai saat ini surat saya buat, saya belum mendapatkan kabar sama sekali tindakan tim Bank BCA.

          Disini tertulis apa???

        • Kalau memang terjadi penipuan, maka saya berharap uang saya dapat dikembalikan oleh pihak BCA. Sampai saat ini surat saya buat, saya belum mendapatkan kabar sama sekali tindakan tim Bank BCA.

          Disini tertulis apa???

    • Harus semakin waspada krn modus ini biasanya slalu dpakai jual beli mobil online. Infonya pelaku org dlm pnjara. Jadi harus lebih brhati-hati jgn cpt trgiur dgn hrga lebih murah.

    • Meramabah ke elektronik para penipu itu.. Dulu mobil sekarang elektronik.. Duh makin parah.. BCA lagi aduh.. Saya pernah Ketipu temen sendiri beberapa tahun yg lalu sekitar 2018 ..ratusan juta ..beberapa bulan lalu saya ke BCA karena Laporan Polisi gak jalan saya ke BCA menanyakan apakah no rek pelaku masih aktif dan apakah masih melakukan transaksi?diSitu Pihak bank aja tidak mau kasih tau Lokasi terakhir tranksaksi pelaku padahal masih melakukan tranksaksi berdalil aturan.. Lah aturan ya aturan tapi Sisi kemanusiaan nya harusnya dipake jga kalian pegawai BCA... Dari Semenjak itu saya malas pake BCA

      • Iya pak alasan privasi, kalau tidak ada laporan polisi mungkin kita mengada2 dan ditutupi alasan privasi nasabah tp kalu ada laporan polisi berarti nasabah itu sdh tidak perlu dilindungi pihak bank, tahun 2021 saya pernah kena 700rb dan pihak halo bca sangat2 memperhatikan nasabah yg jadi korban dgn memberitahukan saat itu jg rekening pelaku diblokir dan ditunggu laporan polisi secepatnya dan apabila tidak diberikan laporanbtersebut maka akan dibuka kembali blokirnya, saat ini pihak halobca menjawab dengan normatif yang kita sebagai korban jg tidak tahu perkembangannya kasus kita sampai saya mrnghubungi beberapa kali juga tidak tahu kelanjutannya, setelah saya tulis di media konsumen baru pihak halobca menghubungi saya dan menjelaskan masih di tim investigasi dan disuruh tunggu sampai maksimal tgl 3 maret.
        Semoga pihak bank mau membantu nasabah yg menjadi korban dan saya berharap pihak halobca bisa kembali melayani nasabah seperti tahun 2021 spy korban yg juga nasabah berasa aman dan nyaman dan tetap menjadi nasabah setia

        • Saya kok kurang mengerti ya. Padahal sdh ke Toko ketemu salesnya. Salesnya pun tahu kalau mau ambil barang yg di maksud. Harusnya ada komunikasi sebelumnya.

          • Saya mulai percaya, setelah saya datang ke toko tersebut, langsung sales-nya membawakan hp sesuai dengan yang diiklankan membuat lebih percaya. Kalimat ini yg saya maksud.

      • aturan ya aturan mana bisa pegawai seenak jidat buka data nasabah tanpa ada dokumen resmi kepolisian terkait kasus penipuan begini, penipunya juga bisa lapor terkait pelanggaran perlindungan data konsumen ke pihak BCA. Makanya kalo ada syarat dan ketentuan dalam perjanjian dibaca baik-baik.

    • Dulu kan seringnya d jual beli mobil,itu kan jg mobil orang,sy sering liat video nua di youtub,ada channel yg buka modus2 spt ini

  • uang bapak nggk bakal balik sih. begitu bapak transfer pelaku pasti langsung tarik/pindahkan dana tersebut.

    • Setuju uang nya dk bakal balek. Suami pernah ditipu jg. Pelaku mengaku kawan, tp no hp baru. kebetulan nama nya sama. Menawarkan hp lelang. Suami kena tipu kurleb 9 jt. Sy sdh lapor ke cekrekening@kominfo.go.id dgn melampirkan bukti transfer, ss wa, srt lap polisi. Minta norek pelaku diblokir. Sampai skrg sdh 2 thn berlalu. Ga ada uang sy kembali. Ikhlas kan saja akhir nya

      • Turut prihatin juga dengan keadaan ibu, semoga dapat ganti berlipat2 dan penipu nya mendapatkan sesuai dengan kelakuannya bu, amin

  • 100% ga bakal kembali..walupun pelaku ketangkap..liatlah kasus2 d teve..binomo Dan lain2..uangny pasti suka d pakai pelaku

    • Harus nya pihak bca bisa menelusuri dan langsung bertindak blokir rekening tujuan lain krn saya lapor halo bca seketika

      • Lapor bca seketika..yakin d blokir..aparat hukum aja mao blokir ga bisa Lisan harus ada surat2 permintaan.. orang salah transfer aja bank ga bisa main blokir

        • Iya surat permintaan sudah langsung saya kirim termasuk laporan polisi nya via email dan yang asli sudah dikirimkan ke bank bca pembuka rekening, semoga harapan saya pihak bca bisa melihat yang benar dan yang salah siapa dan membantu saya dalam hal transfer tersebut

        • Sipenipu pasti punya BCA mobile, anda tf sukses, notif masuk ke peniu,
          ya langsung dipindahin dananya. Andai lapor pun dan rek diblokir, rek nya SDH nol. Mau gmn lagi. Apalagi prosedurtf SDH sesuai

      • Bank g bisa asal blokir bg, klau blokir rekening itu harus ada perintah dr pihak berwajib, misal kepolisian, pengadilan, dll. Trur prihatin utk kasusnya

        • Betul nasabah ga bisa melaporkan rekening penipu untuk diblokir langsung oleh bank. Harus ada surat menyurat dari instansi seperti kepolisian dan kejaksaan.

          Itupun proses ga cepat. Lebih cepat penipu memindahkan uangnya. Apalagi kalau uang sudah digunakan atau ditarik. Bank ga bisa ganti karena kelalaian nasabah.

      • Mmang hrs..apapun alasanny dri sisi sbg customer wsjib mmbntu nasabahnya..gak tau alasan BCA ...apa ngeles lagi..?

      • Gak baca verita penipuan2 yg bgtu byk. Kayak BRI ya. Semua jg lapor minta blokir. Ada gak yg di blokir. Wkwkwk. Uda lapor polisi pun gak ada kembali uang nya

  • sebenarnya dari awal sudah curiga, kl mau jual hp bonusan ya jangan di tempat dia bekerja.
    tanya saja dia pulang jam brp. transaksinya diluar jam bekerja. pokoknya ada barang ada duit. sekarang penipuan makin kreatif, ada aja bikin org percaya

    • Khilaf krn sifat manusiawi yaitu serakah, saya berharap pihak bca bisa melakukan tindakakn preventif dan uang yg ditransfer ke rekening lain juga dapat diblokir dgn adanya surat laporan polisi

  • Wah modus ini sempat rame di mobil bekas. Sekarang maen di hape. Memang harus jeli kalo mau beli barang bekas, jangan ragu buat nanya dari A-Z.

  • konsep jual beli yg paling jelas & otentik adalah "ada barang ada uang" kecuali transaksi di pihak ketiga terpercaya seperti marketplace ijo atau oren, itupun kadang kadang masih bisa tertipu/fraud kalo lg lengah... semoga cepat selesai

    • Kejadiannya sama seperti saya ka.udh lpor polisi bolak balik .kekntor bca juga udah.tpi trnyata semua sia sia.modus ini bukan hp sj.mobil,motor dll?

    • Ikut prihatin pak..lain kali berhati hati lagi.penipu2 jaman sekarang sdh gak takut dosa lagi dari pada keluarga nya gak makan..

1 2 3 7