Surat Pembaca

Tokopedia Berat Sebelah Soal Diskusi Solusi Komplain, Dengan Menahan Dana Penjualan

Pada tanggal 25 Februari 2023 saya ada penjualan di Tokopedia berupa VGA RTX 2060. Dalam hal ini memang pembeli mengajukan komplain agar Tokopedia meninjau transaksi. Namun sudah jelas komplainnya itu tidak sesuai dengan apa yang terjadi, sehingga pencairan dana ke penjual menjadi tertunda.

Pukul 17.51, seorang pembeli mengirim chat di Tokopedia menanyakan ketersediaan barang dan ingin cepat-cepat dikirim hari itu juga. Setelah saya respons, beberapa menit kemudian langsung saya packing dan hubungi kurir untuk pickup barangnya.

Lalu setelah kurir pickup barang, pembeli ingin membatalkan transaksi, dengan alasan alamat yang pembeli cantumkan salah. Sementara barang sudah di-pickup kurir, jadi saya tidak bisa membatalkan transaksi tersebut.

Singkatnya pada tanggal 28 Februari 2023, pembeli mengajukan komplain dengan alasan produk tidak sesuai. Padahal dia sendiri mengatakan bahwa barang belum dibuka dan dites. Lalu saya tolak komplain, karena memang komplainnya tidak sesuai dengan apa yang pembeli katakan.

Setelah itu pembeli mengajukan banding agar Tokopedia menyetujui solusi komplainnya, dengan meminta waktu lebih untuk melakukan pengetesan barang, karena pembeli beralasan bahwa dia sedang tidak ada di tempat untuk melakukan pengetesan barang.

Awalnya Tokopedia memberikan waktu sampai tanggal 1 Maret 2023 kepada pembeli agar melakukan pengetesan barang,. Namun pembeli minta tanggal 3 dan oleh Tokopedia dikabulkan. Lalu pembeli minta tanggal 5 dan dikabulkan kembali. Ini tentu menyalahi aturan Tokopedia sendiri yang mengatakan bahwa transaksi akan selesai otomatis 2×24 jam jika pembeli tidak mengkonfirmasi penerimaan barang.

Fajar Ardiansyah
Bandung, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

      • Alasan pembeli aneh... Katanya minta dibatalin karena salah alamat... Buktinya barang sudah diterima... Berarti bukan salah alamat... Berarti ada alasan lain untuk batalin atau untuk tujuan lain...

      • Paling pembeli butuh vga itu untuk mengerjakan sesuatu setelah selesai komplain lagi dan barang di return supaya uang kembali hahahaha

    • Tim tokopedia semoga jeli ya menanggapi masalah begini. ini keliatan jelas pembeli rada rada.. ntah mau nipu atau gimana. tokopedia selain melindungi buyer, harus bisa melindungi seller jg dr buyer nakal begini. Mencari berbagai alasan yang ntah apa maksudnya. Hati hati ntar barang dibanting banting pula sebelum diunboxing demi buktiin paket bermasalah.

      • Seringkali admin toped mencurigai/over preventif terhadap seller, tapi mengabaikan perilaku buyer yg jelas2 mencurigakan

    • Rada binggung apabila liat ss nya penjual tentang chat ditokped sya perhatiin tgl 25feb pukul 17.51 pembeli menanyakan stok produk,garansi,bubble,trus 17.57 pembeli minta di balas sama penjual trus ss ke dua pukul 17.57 terlihat sudah pesanan dikomplain(tidak terlihat apakah tgl yg sama 25 feb)akan tetapi pembeli menyatakan sudah order dan menanyakan bisa "dikirim hari ini" dan tgl 28feb masuk komplain.dan untuk tokped mengatasi komplain memang salah mana bisa ikuti sesuai pembeli untuk minta waktu,sepertinya admin nya semenjak ceo tokped di ganti gk ada yg kompeten sudah tidak seperti dlu krn sya pernah dpt komplain dan sya meminta bukti video unboxing dari pembeli dan admin nya menjawab bahwa video unboxing optional sambil lampirkan link syarat2 nya dan ketika sya baca malahan harus ada video unboxing gk ada kata optional ketahuan sudah klo admin nya gk kompeten.dan untuk seller saran sya anda pasang cctv krn fungsi cctv sangat penting untuk mengatasi komplain produk yg kita jual apabila blm ada cctv direkam pakai hp aja dlu krn dengan ada nya bukti video packing atau pengetesan produk sebelum di kirim itu bisa atasi pembeli nakal dan apabila pembeli juga ada video unboxing ternyata kendala berarti rusak dlm perjalanan.klo sya perhatikan agak susah gan kasus agan krn agan sudah kalah dlm pembuktian akan tetapi semoga cepat selesai permasalahan nya dan di menangkan agak

      • Tampilan SS status "Pesanan Dikomplain" itu tampilan Seller saat buka chat terakhir, mungkin saat mau screenshot. Tampilan status ini berubah otomatis sesuai status terakhir saat chat dibuka kembali.

  • Wah parah admin tokped. Melanggar aturan sendiri. Harus nya tegas sesuai SOP aja. Kalau lembek gini nanti malah banyak masalah.

    Anyway. Hanya saran mengenai video testing dan packing seharus nya penjual punya gan. Untuk memproteksi toko dari pembeli nakal. Harga cctv murah skr dibanding barang jualan di rusak / di tukar oleh pembeli, namun agan ga punya bukti nya. Kerugian lebih besar, rugi barang iya jelas, rugi pikiran juga iya (dongkol dikadalin pembeli dan disudutkan admin marketplace)

    • Betul, sy ga ada bukti cctv saat packing dan pengetesan, apalagi rekam video manual karena tidak sempat dan tidak diminta oleh pembeli (klo ada pembeli yg minta biasanya sy selalu dadakan buat video). Tp harusnya itu ga jadi alasan pembeli utk menunda penyelesaian transaksi

  • Kalo lihat mulai dari chat awal sampai argumentasi di resolusi komplain, si pembeli ini emang rada2 aneh ya.
    Barang sudah dikirim, mau cancel dengan alasan salah alamat, setelah barang sampe dia ajukan komplain. Alasan komplain karena belum unboxing.

    Halo Tim Tokopedia care, kredibilitas anda diuji. Kasus sudah dipublikasikan melalui MK.
    Coba anda perhatikan kronologi perilaku si pembeli, mulai dari chat sampai argumentasi di resolusi komplain, tidak sinkron ya.
    Terlihat (istilah dalam S&K Tokped, TERINDIKASI... hihihi) si pembeli ingin pembelian dibatalkan dan dana dikembalikan. Entah apalagi kelanjutannya...

    Mengenai tidak adanya video boxing dari penjual, tidak bisa dijadikan dasar menahan closing transaksi.
    Karena ketiadaan video boxing itu bukan faktor yang menggugurkan transaksi.
    Video boxing sebagai faktor pendukung bagi penjual jika terjadi perselisihan mengenai produk dengan pembeli.

    Ada waktu toleransi setelah terima barang yang menjadi dasar patokan antara penjual dan pembeli.
    Kan aneh, si pembeli tidak komplain barang rusak tapi komplain karena tidak ada video boxing, seolah-olah video boxing merupakan satu paket dengan produk yang dibeli :) :)
    Yang umum terjadi, pembeli komplain barang rusak dan berharap penjual tidak ada video boxing sehingga tidak bisa membuktikan barangnya bagus.

    Buat Toko WB Computer, semoga dananya cepat diterima, tokonya makin laris,
    Oh ya, nama pembelinya nggak di-blur... tengkyu...
    Noted! wajib dihindari oleh seller.

  • 1. Minta batal karena alamat salah
    2. Alasan produk tidak sesuai
    3. Barang belum di test

    Fix ini pembelinya ada bermasalah dalam jaringan otaknya.

    @TokopediaCare
    Lolosin dana nya ke penjual, gak ada alasan untuk nahan dana penjual.

  • Mungkin mau nipu atau Ini kemungkinan dia ga jadi beli. Entah ada rencana lain atau nemu barang lain jadi pakai berbagai alasan agar bisa batal. Pernah kejadian soalny komplain dia kirimin foto barangny blg ga sesuai ( pkoknya ada aja alasan ) tp akhirnya dinyatakan barang sesuai dan dia kalah sampe minta tambahan waktu lagi buat cek ( sudah keliatan ngotot dan ngeyel ). Apanya lagi toh yg mau dicek dan perlu waktu berapa lama. Masa iya seharian cek barang kaga kelar, saya sudah tau dia hanya ga suka barangnya saja bukan barangnya yg bermasalah.

  • makin ngeri aja tokped, saya si ngerasain admin tokped akhir2 ini (mungkin sejak merger jadi goto) jadi makin aneh ga jelas aja.

    lagi rame kasus genteng ilang dana ilang 28.7jt(sudah di tarik penjual) kalo di liat kesalahan sistem toped sepertinya, toped ga mau tanggung jawab + menyuruh pembeli lapor polisi(ga masuk akal). pertanyaan lapor polisi terus dana bisa balik gitu?

    sekarang biaya transaksi tokped makin mahal(baik buyer / seller) promo makin ga ada, tapi kualitas layanan yang saya rasakan sekarang jadi sangat buruk(mungkin udah sekelas shop**)

    makin ngeri aja dah transaksi di toped baik jadi buyer maupun jadi seller

    buat wb computer semoga aja masalahnya cepat selesai
    saran aja si sebaiknya di viralkan saja, kalo perlu minta bantuan youtuber mr bert
    kalo di liat2 toped sepertinya memang lebih suka di viralkan dulu baru di tanggapi dengan serius (ntah apa motivasinya)

      • wajib viral kalo di sini om haha
        om search aja di youtube mr bert tokopedia

        dia kasus drone aja rampung karena dia viral, dana balik dan dia suru hapus video/ buat video klarifikasi(dia pilih ini)

        dia ada mau bantu orang yang ke susahan juga coba aja hubungi orang nya biasa lewat IG kali aja dia mau bantu om

    • buyer dr awal kudh niat ga baek itu, cs toped tumben mabok. samperin buyer hajar bleh ???

  • Kalo barang belum ditest, tau dari mana tidak sesuai, wkwkwkw aneh bgt ini
    Harusnya perpanjangan waktu 1x saja, setelah itu diproses sesuai kebijakan tokopedia, klo minta perpanjangan waktu terus sampai lebaran juga dikabulkan kasihan yg sebagai seller, gak tau barang nya udh diapain aja, dah gitu minta cepet2 kirim,
    Buat seller mending santai klo kau packing barang, terutama elektronik, harus ada segel dari seller buat bukti klo barang blum di oprek2,

    • Saya pribadi juga klo packing barang wajib di segel dlu, jadi klo bukti unboxing dri buyer ada dan segel utuh, gak masalah andai minta dibalikin

  • @Fajar
    Kang bro, sy dpt info dr dua seller di BTM bandung . Itu user emang bermasalah dan modusnya sama. Beli-kirim-gak jadi.
    Makanya mereka nge blok user yg bersangkutan karena cari ribut.
    Tandain aja alamat yg bersangkutan daerah kecamatan mana bisa diposting dimari.

    • Siap Kang, nuhun.....

      Alamat buyer :

      Penerima: OCTA (628*******364)
      Cluster Graha Samala Blok H22 (Rumah
      toren biru)
      Kotabaru, Kab. Karawang