Surat Pembaca

Transfer Bank di Aplikasi DANA Terpending 6×24 Jam

Saya adalah pengguna DANA Premium sudah cukup lama. Saya selalu menggunakan aplikasi DANA, jika ingin mentransfer uang ke bank yang berbeda. Namun kali ini saya kapok sekali pakai aplikasi DANA ini.

Pada hari Selasa, 28 Februari 2023 pukul 08.59, saya mentransfer sejumlah uang dengan nominal Rp6.713.500 dari aplikasi DANA ke rekening BCA saya. Biasanya setiap bulan transferan selalu berjalan normal, tanpa kendala yang berarti. Namun pada hari itu, transaksi tidak langsung berhasil, awalnya pending 10 menit, setelah itu bertambah menjadi 24 jam tanpa penyebab yang jelas.

Saya sudah menghubungi CS via live chat, email, dan telepon, tetapi jawabannya hanya disuruh menunggu 5×24 jam terhitung dari tanggal 28 Februari 2022.Pada hari ini, Rabu, 1 Maret 2023, status menunggu saya jadi 6×24 jam!!

Saya rasa tidak perlu waktu selama itu untuk memverifikasi status transaksi gagal atau berhasil. Kenapa transaksi transferan saya yang nominalnya Rp6,7 itu juta tidak ada kejelasan? Pihak DANA terkesan seperti sengaja ingin mengulur pengembalian dana user, atau pihak DANA menggunakan uang user untuk “diputar”?

Untuk pihak DANA, jangan minta saya untuk menunggu lagi!! Trouble-nya diselesaikan dengan cepat dan be professional! Kembalikan uang saya secepatnya! Nomor tiket pelaporan saya: 24428872.

Ake Raisa
Tangerang Selatan, Banten

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Tanggapan DANA terhadap Keluhan Ibu Ake

Kepada Yth. Redaksi Media Konsumen. Di Tempat Perihal: Tanggapan terhadap Keluhan Ibu Ake dengan judul “Transfer Bank di Aplikasi DANA...
Baca Selengkapnya

Komentar

    • Kalo aplikasi sangat baik seharusnya keluhan dan kendala pelanggan di respon dan di peroses dengan cepat dan tanggap bukan malah sebaliknya

  • Udah gak keitung yang bikin SP tentang dana, mulai sekarang stop deh isi banyak2 di dana isi dikit aja lagian sekarang kalo transfer antarbank udah ada bi fast gpp lah rugi dikit daripada kepending kayak gini

  • Demi gratis biaya admin 6500 bahkan skrg beda bank hanya kena 2500 rela kehilangan waktu tenaga pikiran. Pelit nya dh level Dewa

    • Bukannya saya pelit atau apa.. Setiap bulan saya transferan menggunakan aplikasi ini baik2 saja. Kalau TAU begini saya mendingan pake online, BI Fast, dll sekalian saja.. saya juga rela koq, harus keluar duit 2500, 6500 bahkan 30.000 sekalipun dari pada harus begini.. jadi, jangan asal komentar ya Anda.

      • pa saya juga tggl sgtu isi token smpe skrg udh email g ada balesan d tlp katanya 3 hari ini dah 3 hari tp saldo blm balik

        • gimana pa tokennya dah masuk belum saya juga tggl 28 beli token smpe skrg blm ada pengembalian

  • Mengecewakan,sya jg mengalami hal yg sama membeli token listrik di tanggal 25 februari 2023 smpai hari ini tidak ada kejelasan sama skali.tolong dana bisa mmperbaiki sistem supaya ttep bertahan

  • saya kira sudah banyak user dana yang paham, 1-2 tahun terakhir itu dana sudah sering banget bermasalah, beda dengan dana zaman awal-awal dulu. Saran aja, kalau nominal transfer besar, jangan libatkan pihak ketiga, boros dikit gak papa. BI fast aja kadang masalah, tapi jelas kalau mau komplain bisa ke bank2 di cabang terdekat.
    Kalau saya sih, sekarang ya mending pake BI fast, nominal berapapun itu.
    Kalau nominal di atas 5juta baru pake yang biayanya 6500rp.

    • Iya Bu/Pak.. sepertinya saya kapok pakai DANA. Biasanya tidak terjadi seperti ini, lancar jaya. Yang saya harapkan sekarang, uang saya bisa kembali. Itu saja, tidak lebih.

  • Dear Pembaca semua,
    Pada hari ini, Kamis, 2 Maret 2023, Pukul 13:44, Pengembalian dana saya sebesar Rp6.713.500 telah berhasil masuk ke akun DANA saya. Untuk menghindari hal tersebut terulang kembali, uang tersebut saya pecah menjadi beberapa kali transfer. Terima kasih kepada pihak DANA yang sudah merefund uang saya, dan kepada para pembaca yang sudah mensupport saya. Sepertinya saya sudah tidak akan menggunakan aplikasi ini kembali, karena saya agak "kapok" jika harus mengingat dan merasakan kejadian seperti ini. Untuk pihak DANA, mohon sistemnya diperbaiki, supaya tidak menimbulkan rasa "kapok & trauma" untuk penggunanya, yang akhirnya malah merugikan DANA sendiri. Akhir kata, untuk kasus ini sudah Case Closed. Terima kasih atas kerjasamanya.

    • Saya juga mengalami hal yg sama mas di hari ini tgl 2 maret 2023. dari 10 menit menjadi 1x24 jam waktu tunggu dan sudah telpon CS 2 kali dan buat laporan di aplikasi. Uang mas sudah masuk setelah effort mas seperti apa ya? saya juga sudah email tapi balasan email normatif. Apa harus nunggu lbh dr 2 hari seperti mas? makasih mas

      • Saya mengalami kendala tersebut mulai tanggal 28 Feb 23, pada hari itu saya langsung Live chat, Email dan Telepon CS-nya (Tiga-tiganya saya lakukan). Memang jawabannya normatif; disuruh menunggu 3x24 Jam. Coba saya tunggu sampai besok (tgl 1 Mar 23) dengan harapan transaksi bisa berhasil. Jika tidak, saya akan angkat case ini ke media konsumen. Karena pernah ada case seperti ini juga yang menimpa Ibu Fanny Natalia (kurang lebih hampir 1 tahun yang lalu), dan direspon oleh pihak DANA nya.
        https://mediakonsumen.com/2022/04/13/surat-pembaca/transfer-uang-dari-aplikasi-dana-ter-pending-tidak-jelas-sebabnya

        Keesokan harinya, tanggal 1 Mar 23 transaksi saya berubah menjadi 6x24 Jam. Cukup habis juga kesabaran saya, dan saya langsung telepon CSnya saat itu juga. Tetap jawabannya masih sama : disuruh menunggu. Akhirnya saya upload masalah ini ke surat pembaca. Pada hari ini, tanggal 2 Mar 23, saldo transaksi berhasil dikembalikan ke akun DANA saya.
        Ada 2 kemungkinan menurut saya : 1.) memang benar batas max pengembalian 3x24 jam, atau
        2.) karena masuk surat keluhan.

        Kalau saya baca dari case lain, bisa sampai lebih dari 3 hari. Dan inilah yang menjadi alasan saya utk up ini ke media, supaya cepat ditanggapi. Ngeri juga soalnya kalau sampai 1 mingguan uang saya tertahan tanpa kejelasan.

  • Ini memang fitur unggulan DANA
    Transfer antar bank Normal 6500
    BI Fast 2500
    Nah kalo dana fiturnya
    BI Slow 0 rupiah...
    Selooooooooowwww banget hahaha
    Kalo chat CS DANA, dijawabnya Slow.. Disuruh nunggu 5x24jam selow pokoknya.. Hidup hemat bersama BI Slow by DANA hihihi

  • saya juga mengalami ini kak tgl 2 maret topup 2juta lebih sampe sekarang belum masuk