Surat Pembaca

Apakah Buka Rekening BNI Harus Punya HP Android?

Hari ini tanggal 2 Maret 2023 saya datang ke kantor cabang BNI Subang Jawa Barat. Perlu diketahui jarak dari rumah ke kantor cabang saya tempuh 2 jam menggunakan sepeda motor.

Sampai di kantor cabang saya ditanya security, saya jawab kalau saya ingin buka rekening BNI. Kata security kalau mau buka rekening harus punya hp Android. Saya gak punya, ini juga pakai hp anak. Saya kira kalau mau buka rekening BNI sama kayak bank lain, bisa tanpa hp Android. Security malah menyuruh saya buka rekening di BRI atau BCA yang bisa tanpa punya hp.

Apakah peraturan BNI seribet itu sekarang? Saya cuma petani, boro-boro buat beli hp Android, buat makan saja sulit.

Mohon penjelasan dari pihak BNI bagaimana cara saya buka rekening BNI, saya gak punya hp Android. Aneh, BCA aja bisa buka rekening cuma dapet ATM, kok BNI ga bisa?

Aris Juniantoro
Kp Mekarlaksana, Kabupaten Subang

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Gimana ini BNI, justru harusnya melayani dan memberi solusi, masa iya sdh effort dtg 2 jam perjalanan d suruh pulang krn ga pny hp android? Kan kalian bukan bank digital jg, bukannya buka rekening bisa di bantu dr CS ya?

    • BNI skrg emang begitu pak.pengalaman saya pertama kali buka tabungan BNI itu disuruh daftar online di aplikasi mrk.setelah daftar di aplikasi, kita disuruh ke bank setor tunai serta ambil buku dan atm dan jg pengaktifan m banking

  • MEMALUKAN itu bank pelat merah. Demi mengejar supaya aplikasinya banyak di donwload masyarakat sampai segitunya buat peraturan. Memang sdh full digital kah? Tutup saja sdh itu semua kantor cabang biar hemat biaya operasional.

    • Gak full digital. Masih ada yang gagal buka online tetap disuruh ke cabang. Dan kartu debit tidak dikirim melainkan harus diambil di cabang terdekat. Itupun terkadang bisa beralasan stok kartu habis.

  • Ha kok ndagel sekali itu BNI. Saya pikir ini bank plat merah yang jarang dikomplain, eh ternyata sama bae. Wkwkwkwk ... Satpam mengarahkan buka rekening BRI, padahal BRI juga sekarang suruh pake BRIMO, kartu ATM aja langka, wkwkwkwk. Dah pak, simpen duit di bawah bantal aja.

  • PARAHHHHH SIIII..

    DULU PERNAH AKU BUKA TAPLUS MUDA, TERUS KATA CS GINI

    MAAF PAK KALO TAPLUS MUFA WAJID TRIAL MBANKING

    PDHL GAMAU MAKE MBANKING AKHIRNYA GAJDI BUKA BNI

  • situ buka rek bni jenis apa ? ayah saya tahun lalu buka BNI rekening jenis tabunganku 30 menit selesai, gak perlu ada hp android segala.

    mungkin SOP cabang yg km datangi seperti itu kali ya.m

    atau satpamnya ada sampingan kerja di bank lain juga seperti BRI atau BCA. jadi kalo nyuruh kesana dia dapat fee :)

    keputusan buka rek tersebut bisa atau tidak kan seharusnya urusan cs & supervisor ya, kok jadi satpam lebih berkuasa gitu ? masa iya SOP dari atasannya ?

    kalo iya wah brati bener bener borok ini, gak bener ini....

  • Mungkin maksudnya buka rekening secara online melalui handphone,kalo di BRI walaupun Ndak punya hp bisa di layani pembukaan rekeningnya,satpam biasanya mengarahkan buka rekening secara online,kalo Ndak ada hp baru di arahkan ke Customer Service.di BCA juga sama,di arahkan secara online dulu

  • Ini harus diedukasi lagi security kok bertindak macam pegawai bank yang tahu segalanya. Maaf bukan merendahkan profesi. Tapi tugas security itu ya sejatinya sebagai satuan pengamanan. Walaupun mereka mengerti sistem perbankan tapi mereka tidak punya kuasa untuk menolak.

    Contoh lah security Bank Swasta yang bekerja sesuai pada porsinya.

    • Hahaha kalo saya lihat sepertinya ts baper dech gak mungkin satpam bni nyuruh bikin rek lain bank lain, ibarat kucing di kasih ikan asin gak doyan di buang saja. Sepertinya anda miss kom dan baper. Buka rek itu jika berhasil satpam dan cs akan dapat poin ,justru satpam akan welcome sekali .huhu

    • Terimakasih kepada pihak BNI cabang subang yang sudah mau klarifikasi kerumah saya. Sementara saya sedang kena musibah jadi belum bisa melanjutkan proses pembukaan rekening. Semoga semua ini jadi pelajaran kita semua.
      Sekali lagi terimakasih kepada pihak BNI yg langsung fast respon langsung kerumah saya.

      • Bagus lah pak kalau begitu ada tindak lanjut dari pihak bank. Pelajaran dari pihak bank juga agar tidak ada diskriminasi terhadap nasabah yang belum memiliki smartphone.

    • Setuju sih kalo sekuriti bank sekarang ini harus banget dikembalikan ke marwahnya : jaga keamanan di bank
      Ga usah deh ditambah²in kerjaan bantuin nasabah / calon nasabah

      • Kemungkinan besar security dijanjikan oleh pegawai bank kalau dapat nasabah dibagi komisi atau fee. Makanya berlomba-lomba mereka jadi CS bank. Security bank paling ok cuma BCA. Selalu kerja on point. Gak pernah ikut campur urusan nasabahnya.

        • Iya bener, sekuriti bca bantu nasabah masih bisa dibilang sesuai porsinya, hanya mengarahkan untuk kemana, ga cosplay jadi cs

  • ditunggu klarifikasinya bank BNI. apakah memang kebijakannya aneh seperti itu atau ada hal lain yang mungkin ada miskomunikasi...

    • Alhamdulillah, tadi pagi tanggal 3 maret 2023, sudah ada dari pihak bank BNI Cabang Subang datang langsung ke rumah saya yang lumayan jauh dipelosok, menyampaikan permintaan maaf secara langsung dan juga tertulis. Semoga kedepannya tidak ada kejadian serupa.

  • Kok bisa ya security-nya malah mengarahkan buka rekening dibank lain...ada peraturan baru kah?