Surat Pembaca

Buruknya Pelayanan Service Center Realme Indonesia

Pertama kali saya klaim garansi ke Service Center Realme Bogor, untuk klaim garansi Realme GT Neo 3 karena tidak bisa WiFi, bluetooth dan hotspot. Ternyata harus indent mainboard. Saya klaim pada bulan Januari 2023, dikabari 18 hari kemudian bahwa hp sudah selesai. Sebetulnya berat hati karena lama menunggu, tapi karena pelayanan Service Center ramah, responsif dan rapi, saya memaklumi dan senang, memberikan “Customer Experience” yang baik.

Namun tanggal 3 Februari 2023, hp kedua saya Realme GT Neo 3T rusak (mati total). Saya klaim garansi di Service Center Realme ITC Depok. Betapa terkejutnya saya, teknisi memvonis hp saya terkena air. Padahal jelas-jelas kertas yang jadi indikator terkena cairan atau tidaknya juga masih berwarna putih (tidak merah). Saya juga paham SOP Service Center itu : tidak ada bocel/dent, masih segel, dan tidak terkena cairan.

Setelah berdebat, akhirnya teknisinya mengajukan indent mainboard dari tanggal 3 Februari 2023, yang sampai sekarang belum ada kabar lagi. Yang membuat saya sangat-sangat kecewa adalah ketika membongkar hp saya, backdoor saya di lempar, lalu hp saya dituduh terkena cairan dan garansi hangus. Juga ketika dibongkar sangat kasar dan tidak profesional.

Cat backdoor mengelupas karena dicongkel pake lempengan besi
Bekas bongkaran yang kasar. Awalnya rapat, rapi, setelah dibongkar jadi renggang dan ada lecet bekas congkelan.
Bekas bongkaran
Bekas bongkaran. Terlihat lecet dan jadi renggang juga

Saya berusaha menanyakan dan konfirmasi ke pihak Service Center Realme Depok, tapi tidak kunjung dibalas. Ketika menanyakan ke CS Realme di website, jawabannya hanya mohon ditunggu. Saya hanya meminta kebijakan dari Realme, karena saya sudah mengorbankan waktu dan tenaga saya. Padahal produk Realme GT Neo 3 dan Neo 3t itu produk flagship-nya Realme, lantas kenapa pelayanannya tergolong tidak baik?

Saya memiliki video dokumentasi ketika hp saya di cek dan dibongkar dan juga CCTV SC. Jadi seandainya pihak Realme meminta bukti, saya bisa menunjukkan bagaimana buruknya pengalaman saya klaim garansi di Service Center Realme.

Semoga pihak Realme bisa lebih memperhatikan bagaimana merawat konsumen agar tetap nyaman.

Muhammad Irwan Hermawan
Bogor, Jawa Barat

Artikel ini adalah buatan pengguna dan menjadi tanggung jawab penulisnya.
Bagikan

Belum Ada Tanggapan Atas Surat Pembaca Ini

Surat pembaca ini belum mendapatkan tanggapan dari pelaku usaha terkait. Jika Anda adalah pihak yang terkait dengan pertanyaan/permohonan/keluhan di atas, silakan berikan tanggapan resmi melalui tautan di bawah ini:

Komentar

  • Itulah kenapa vivo,oppo mahal harganya karena ente beli aftersales juga bukan sekedar hp aja